Secara mengejutkan sepasang murai BLOROK ini (jantan dan betina) lahir dari kandang unggulan PHANTOM, anakan yang jantannya diambil oleh orang Bekasi sewaktu masih trotol, tiba-tiba si pemiliknya Mas Wahid menginformasikan bahwa anakan murai yang beliau ambil dari penangkaran kami ternyata setelah moulting (ganti bulu trotol ke bulu cokelat) warna bulunya menjadi BLOROK dengan memiliki keistimewaan kedua ekor panjangnya hampir berwarna putih semua seperti yang terlihat difotonya. Disamping warna bulunya yang unik, BLOROK anakan PHANTOM ini memiliki tembakan-tembakan istimewa seperti suara cililin, love bird, jenggot, dan jalak suren, diselingi ngeroll srindit itu suara-suara yang saat ini baru terdengar maklum, karena si burung dalam kondisi masih ngedorong ekor, juga tidak ketinggalan volumenya kuenceng sekali, ini menurut penuturan si pemiliknya lho…..kami hanya bisa berkata ALHAMDULILLAH.

Kemarin pagi kami menginspeksi deretan gantangan anakan-anakan murai betina hasil produk kami, ternyata kami menemukan anakan murai betina yang masih ngedorong ekor warna bulunya (terutama di sekitar lehernya seperti kalung) BLOROK. Setelah kami melihat no ringnya di file kami ternyata anakan murai betina ini adalah anakan murai dari kandang unggulan PHANTOM yang merupakan pasangan dari anakan murai jantan milik Mas Wahid itu. Kami juga baru mengalami pertama kalinya bahwa dari satu indukan baru mengeluarkan sepasang anakan (jantan dan betina) yang berwarna BLOROK. Dari sini kami berkesimpulan; kemungkinan nenek moyangnya dari PHANTOM ini atau istrinya ada yang memiliki warna BLOROK (cenderung mempunyai kemampuan bisa bermutasi).

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

7 Comments

  1. Oh ini ya yang pak Haji ceritain… keren pak, yang cowoknya umuran berapa ya pak…?
    Jadi da ga sabar nih…ngecesss…

  2. @Lebani, iy betul…usia sekitar 7 blnan.

  3. Wah mantab gan, bisa jadi calon indukan baru nih….. sapa tau turunannya bisa putih semua hehehe……
    salam & sukses SKL BF nya

  4. assalamuallaikum
    maaf pak klo mb blorok di jadikan indukan apakah ada peminatnya?

    • @Hendry, itu selera masing2 individu, tapi pasti ada yg suka lah.

  5. terima kasih pak?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *