Ini adalah salah satu indukan Murai Batu kami yang baru saja selesai mabung, kami beri nama burung ini SAMIAJI. Usia SAMIAJI ini relativ masih muda yaitu baru mabung dewasa (dari coklat ke coklat) 2 kali saja. Kami dapatkan SAMIAJI ini dari wilayah Keudebieng Aceh dari seorang sahabat kami disana.

Sebetulnya awalnya SAMIAJI ini tidak untuk ditangkarkan melainkan awalnya dipersiapkan untuk lomba. Tapi kadang kenyatan berkata lain, kami mendapatkan musibah sewaktu membawa pulang burung ini yang kemungkinan terjadinya didalam pesawat. Jadi ketika kardus pengepaknya kami buka ternyata semua ekornya sudah copot semua, wah lemas badanku ini.

Burung yang tadi begitu indah dilihatnya ternyata sekarang ekornya protol alias buntung semua, jadi dari awal hunting Murai ini rekan saya yang berkumis tebal itupun sudah sangat suka sekali akan burung ini. Musibahpun berlanjut di area penangkaran kami yaitu dengan terbangnya si SAMIAJI ini sewaktu kami buka kerodongnya dengan ceroboh, waktu itu kami kelupaan mengunci/mengikat pintu sangkarnya sehingga pintu sangkar berbarengan ikut terbuka ketika kerodong kami tarik tanpa membuka risletingnya lebih dahulu dan langsung saja si burung wuusss terbang keluar. Beruntung kami menangkarkan murai-murai ini ditempat indoor yang memang sudah diantisipasi sebelumnya yaitu menutup semua celah dengan kawat ram jadi kalau ada burung yang terbang maka si burung tersebut tidak bisa terbang keluar ke alam bebas.

Alhamdulillah burung bisa tertangkap lagi…tapi tetap saja si burung mendapatkan stres karena kami kejar-kejar dan disemprot dengan air shampoo. Otomatis kami butuh waktu lagi untuk menenangkannya sekalian memberi kesempatan agar supaya ekornya bisa tumbuh lagi, yah kadang segala sesuatunya yang berkaitan dengan hobi memang memerlukan kesabaran. Jadi selama ini murai SAMIAJI banyak menganggurnya alias dilombakan tidak bisa karena jatuh bulu dan ekornya saling bergantian saja, ditangkarkan juga gak bisa karena kondisinya yang tidak memungkinkan. Baru sekarang bulunya mulai tumbuh sempurna dan mendekati tuntas. Mudah-mudahan si SAMIAJI sekarang bisa berproduksi, kami akan berusaha sekuat tenaga untuk itu karena si SAMIAJI ini mempunyai suara yang jernih, kristal dan tajam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>