Inilah salah satu Murai Betina oleh-oleh hasil hunting kami diBohorok beberapa waktu yang lalu, hampir pasti semua orang yang melihat Murai ini berkata Jantan, jangankan hanya seorang Hobbies bahkan 98% Pawang burung/Pemikat Murai yang saya kenal diBohorokpun menilai Murai ini Jantan, hanya segelintir Pawang Burung bahkan hanya satu orang saja yang memberitahu saya bahwa MB ini 120% Betina. Tercengang lah saya ini, saya mendapatkan MB ini masih dalam keadaan ngedorong ekor. Cetrekannya luar biasa kenceng, bukan double lagi bahkan triple sampai beruntun. Kepalanya gede, berbentuk kotak dan cepak abis. Bola matanya luar biasa guede kayak jengkol, bahkan beberapa Murai Jantan kami matanya sampai kalah besar bila dibandingkan dengan si Myrna ini. Panjang ekor 16,5cm dan perbedaan ekor hitam pertama yang paling panjang dengan ekor hitam yang no. 2 perbedaannya cukup signifikan yaitu sekitar 5,0 cm (seperti yang terlihat digambar dibawah), persis seperti model ekor MB Jantan saja. Kami sempat menghela nafas : “Kok bisa yah?”. Memang menimba ilmu tidak ada batasan waktunya, sampai detik-detik terakhir sebelum kita dikuburpun jangan merasa sudah pintar. He…he. Memang Murai Bohorok pantas mendapat julukan sebagai salah satu Legenda Murai Batu diBumi Indonesia ini. Lha wong MB Betinanya saja kayak begini apalagi MB Jantannya….Silahkan rekan-rekan menilai apakah si Myrna ini berjenis kelamin jantan atau betina, saya pribadi sih  tentunya kepingin menjadi jantan tetapi kalau memang ternyata betina yah harus diterima dengan lapang dada dan tentunya MB ini bukan sembarang MB Betina lagi. Rekan kami sampai berkomentar : “Kalau ini ternyata betina berarti Perfect”. Ya udah apa aja lah yang penting sehat dulu saja. Amin…

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. si myrna uda masuk kandang penangkaran pa haji?…

    • @Nunung Effendi, belum lagi karena sekarang lagi mabung.

  2. pa haji kira2 siapa nih jodohnya mirna?kalau sdh naik pelaminan kabari saya ya…trims

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *