Asal usul RENGGONG ini kami tidak tahu jelas karena kami dapatkan dari seorang Hobbies di Bandung, ketika itu kami dapatkan dia dalam keadaan mabung total tetapi masih rajin bunyi dengan sesekali mengeluarkan isiannya Cililin, Lovebird, Siri-siri. Melihat burung seperti ini yang dalam keadaan mabung total masih rajin bunyi kayaknya gak punya uangpun (amit2, jangan sampai…) kayaknya berani hutang tetangga kanan, kiri, depan, belakang atau bagaimanapun caranya. He…he. Kapan lagi bisa mendapatkan burung model kayak gini dengan harga yang relatif miring jika si pemiliknya lagi gak kepusingan tujuh keliling atau si burung lagi mabung total dan si pemiliknya lagi punya kebutuhan tertentu.

Suaranya tajam-tajam, besetannya panjang-panjang padahal (sekali lagi) kondisinya sedang mabung total, harus diakui kala itu volumenya belum maksimal bahkan ada suara serak–seraknya tetapi itu wajar untuk burung yang kondisinya sedang mabung. Karakter burung tenang tapi muka perang, prediksi kami burung model kayak gini typikal Pembunuh Berdarah Dingin. Ternyata menurut penuturan pemiliknya memang si RENGGONG ini typikal menutup suara musuh, maksudnya apabila burung tetangganya berbunyi si RENGGONG ini masih tetap diam tetapi begitu musuhnya berhenti mengeluarkan suara maka dia langsung meneruskannya, jadi istilahnya kayak copet gitu. He…he. Saya sangat senang sekali bisa mendapatkan burung dengan karakter special ini terutama yang berkaitan dengan harganya yang sangat bersahabat, jarang menemui model burung kayak gini, kadang ada tetapi harganya minta ampun mahalnya.

Usia burung baru selesai 2 kali mabung, semua burung istimewa di tempat kami selalu masuk penangkarn dulu, jadi kalah menang dapat keturunanya dulu karena kita tidak tahu usia burung kan??? Musibah bisa datang tiba-tiba, kapan saja dimana saja dan tidak melihat siapapun orangnya (amit2…). Kejadian apes ini pernah kita alamin sendiri, apalagi burung bisa mati, terbang ataupun dicuri. Gampang nanti sewaktu burung tersebut mabung lagi kita master lagi dan selanjutnya dipersiapkan untuk ke arena lomba, tidak ada pengaruhnya. Di alamnya juga begitulah keadaannya.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Tambah mantab-mantab aja nih koleksi indukan SKL.. jadi bingung calon konsumen milihnya karena banyak pilihan.. hehehe..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *