Banyak pemilik burung cililin mengeluh : “Kenapa burung cililin itu sensitiv gampang mati sih Om?”, bahkan ada yang sampai kapok memelihara burung masteran cililin ini karena menurut ceritanya dia sudah 2 kali memiliki cililin tetapi tiba2 mati begitu saja, “Matinya dadakan Om”. Ini beberapa tips rawatan burung cililin yang kami dapat berdasarkan pengalaman pahit yang pernah kita alami juga.

Pertama : memberi makan burung cililin yang sudah ngevoor tidak boleh kekenyangan atau bahkan kekurangan karena kalau kekenyangan cililin akan malas berbunyi tapi juga jangan kekurangan karena akan mengakibatkan kematian. Standar pemberian jangkriknya (EF) pagi jam 08.00 sebanyak 8-10 ekor dan sore jam 15.30 juga 8-10 ekor, siang hari jam 12.00 alangkah baiknya dikasih kroto segar sebanyak 1 sendok makan jika ini tidak memungkinkan maka bisa diganti dengan pemberian jangkrik lagi sebanyak 4 ekor saja.

Apabila kita membeli seekor cililin yang sudah ngevoor total dari seseorang alangkah baiknya kita tanyakan menu makannya karena kadang ada yang memberikan makan jangkriknya sampai 20 ekor setiap waktu makannya, nah kalau sampai segitunya begitu kita take over menu makannya langsung kita rubah saja perlahan-lahan seperti yang kami sebutkan diatas karena pemberian makan jangkrik yang berlebihan bisa membuat si burung lebih banyak diamnya atau bahkan bisa mengakibatkan kematian juga, disamping itu juga pemborosan yang sia2.

Kedua : penjemuran cililin cukup singkat saja sekitar 10 menit atau paling lama 15 menit. JANGAN LEBIH! Dan itu tidak harus setiap hari, cukup 1 minggu 2- 3 kali saja. Survei membuktikan cililin yang jarang di jemur justru lebih bertahan hidup dari pada yang sering dijemur. Apabila jadwal penjemuran tiba dan angin agak bertiup kencang lebih baik niat menjemurnya di urungkan saja karena (terutama) cililin sangat peka terhadap angin, sama halnya dengan murai batu.

Ketiga : penempatan cililin di dalam rumah jangan di posisi angin lewat, misal lurus di antara dua pintu atau jendela. Akan lebih baik apabila kita taruh di salah satu sudut ruangan. Di malam hari tidak usah di kerodong.

Keempat : cepuk/tempat air minum harus sering di periksa karena hampir semua cililin yang sudah makan voor akan rakus makannya, jadi sehabis makan voor dia akan langsung minum setelah minum dimana kondisi paruhnya sedang dalam keadaan basah dia langsung melanjutkan makan voor lagi dan begitu seterusnya, otomatis kondisi air minumnya akan menjadi keruh tercampur voor.

Kalau kondisi air minum tidak terkontrol (kotor) dikhawatirkan cililin tersebut tidak mau minum yang akhirnya kalau kondisi ini terus menerus berlanjut otomatis bisa mengakibatkan kematian. Menjelang malam hari cepuk pakan voornya harus di kontrol kalau ternyata berkurang harus segera di tambahkan, kadang ada cililin yang suka main2 dengan voor atau dia memilih-milih voor yang mau dimakannya sehingga voor bertebaran kemana-mana dan voornya akan berkurang drastis tanpa sepengetuhan kita.

Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat apabila ada kekurangan2 mohon di tambahkan saja…

Kontak kami: Toko Mas Shakila Putra, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

51 Comments

  1. Thanks om bermanfaat sekali krn saya baru mau perliahar cililin

  2. trims sangat bermanfaat, yng ingin saya tanyakan apakah burung cililin harus dimandikan setiap hari (pagi-sore), jika pakai cara semprot spayer apa harus full basah atau sekedar embun-embun saja….. trims om

    • @Syaifudie, merawat cililin itu sebetulnya paling gampang dan tidak merepotkan sekali karena tidak perlu dijemur setiap hari. Adapun kalau jadwalnya menjemur tiba juga tidak perlu lama lama, begitu juga dengan aturan mandinya cukup paling banyak seminggu 2 kali saja bagi cililin yang sudah terbiasa mandi di keramba mandi atau cukup main semprot embun saja tapi mulailah selalu dari kaki dulu. Tidak perlu mandi setiap hari apalagi pagi dan sore, burung cililin gampang masuk angin dan yang jelas ngirit air ledeng. He…he.

      • terimakasih banyak om atas infonya, karena saya baru 1 minggu merawat cililin gacor , tapi bukan jinak (semi liar),takaran jangkrik sdh saya kurangi, mulai kemarin sdh kembali rajin bunyi,……. trims sdh bantu

  3. mau tanya.. gmna cara merawat cililin yang masih belum makan voer,, butuh berapa lama baru mau makan voer….

    • @Hendra, voor salah satu merek ditumbuk halus kemudian voor tadi dicampur dengan kroto atau ulat Hkg yang sudah dipotong potong kecil dan setiap pemberian pakan jangkrik sebelumnya jangrik tadi dicelup di air kemudian diaduk dengan tumbukan voor halus tadi supaya tumbukan voor tadi menempel di tubuh si jangkriknya. Pokoknya diusahakan setiap pemberian pakan EF selalu di cepuk voor supaya cililin tersebut terbiasa dengan bau dan rasa voor. Untuk waktunya variativ sekitar 10 hari sampai 2 minggu tergantung ketelatenan kita masing masing.

  4. Om apakah ada therapi khusus untuk membuat Cililin jd gacor?

    • @Ramon, kalau therapie yang khusus atau “yang pasti” bisa membuat seekor cililin bisa menjadi gacor terus terang tidak ada karena setiap mahluk hidup dari sananya sudah membawa wataknya masing masing tetapi kita sebagai manusia bisa mencobanya, hanya sebatas berusaha, salah satunya adalah memberi makan cililin tersebut jangan terlalu kenyang. Pada umumnya cililin berbunyi kalau porsi makan EFnya mulai dikurangin bertahap tapi bukan sengaja dibuat kelaparan yah dan dengan syarat cililin itu sudah mau makan voor. Bisa dicoba juga selama 1 minggu pada malam harinya dikasih 1-2 ekor cicak kecil, mudah mudahan berhasil…

  5. Salam… Pak Haji, saya sempat membaca diatas bahwa ternyata MB sangat sensitif dengan angin… apakah ini yang menyebabkan MB saya membisu sejak pindah rumah ? angin dirumah saya saat ini sangat kencang dan dingin… pengaruhnya ke MB apa saja ya pak ? apakah ini berarti tiap hari saya tidak perlu mengeluarkan MB saya dari dalam rumah ?

    • @Rio, salam juga…salah satu dampaknya ya memang begitu lah kira kira, kalau kondisinya kurang fit otomatis ya jarang bunyi bahkan diam membisu. Apalagi anginnya kencang dan dingin, bahkan bisa membuat murai menjadi serak. Kalau seekor MB sudah kena serak dan bahkan sampai hilang suaranya untuk mengembalikan kondisi seperti awalnya memerlukan waktu yang lama, bisa sampai satu kali mabungan. Kalau cuaca lagi kurang menguntungkan lebih baik berhati hati. Saya pribadi lebih baik untuk sementara tidak saya keluarkan dari rumah dulu, saya buka saja di dalam rumah. Mungkin ada yang bilang nanti program rawatan burungnya terganggu, lha lebih baik begitu dari pada sampai jatuh sakit atau kena serak…

      • Terima kasih sekali atas masukannya, aduh jangan sampai MB saya hilang suaranya… :(

        Apakah kalau suara tek tek tek nya sudah berubah jadi trrreek trreek trreek itu tandanya terkena serak pak (terutama pagi hari) ? kalau betul apakah harus langsung saya treatment dengan obat2an atau cukup saya tingkatkan asupan gizi pada makanan (kroto & jangkrik) ?
        Mohon sarannya lagi..

        • @Rio, waduh saya mesti denger suaranya yah???? Kadang kalau masih terlalu pagi bisa saja suara cetrekannya agak ada serak seraknya, tetapi itu masih wajar lah seperti kita manusia yang baru bangun tidur saja untuk bicarapun kadang masih kaku atau malas malasan, hanya beberapa saat kemudian normal kembali sih. Perhatikan saja suaranya agak beda gak jika dibandingkan suara awalnya/normalnya? Kalau lagi serak jangan dikasih kroto dulu.

  6. saya punya cicilin hitam. makan rakus tp kok badanya kurus ya. padahal dah cukup bgt pakan voer,EF, & vitamin. apa mmg cicilin itu badanya kurus gt, apa emang ga sehat?

    • @Tapol, burung cililin memang hanya tebal bulunya saja. Sudah berapa lama cililin tersebut sudah dipelihara?

      • om salam kenal, saya mau nanya, sudah 1 minggu saya beli burung cililin dari teman saya kaatanya burungya masih muda,br selesai mabung, trus di peliharanya udah 2 mingu , blum makan por, jadi yang saya ingin tanyakan:sekarang ekornya baru mau keluar,untuk memperinda bulunya tetap di kasih kerotoh yang banyak atau langsung aja kerotonya langsung dicampur
        por klu saya ingin mengajarinya makan por

        • @Muslich, kalau kondisinya sudah tampak fit bisa langsung dicampurkan dengan krotonya saja tetapi kalau sudah 2 mingguan seharusnya sudah fit. Dikasih ulat Hkg sebagai alternativ juga bagus.

  7. Cililin saya kok awalnya rajin bunyi skarang malah ga bunyi… Apa obatnya kalo cililin masuk angin

  8. Oom,,,Bagaimana membedakan jenis kelamin cililu. Saya punya dua baru lepas trotol (Cirebon, Komplek Purisejahtera-Pemuda)

    • @Hardianto, terus terang sampai tukang pikatnyapun masih berselisih pendapat. Ada yang berpendapat bahwa yang betina bintik putihnya hanya satu yaitu yang diatas matanya saja sedangkan yang jantan bitiknya atas dan bawah. Ada juga yang berpendapat yang jantan jambulnya lebih besar, yang betina relativ lebih kecil. Yang melegakan baik jantan maupun betina kedua duanya tetap bisa mengeluarkan suara yang keras alias nembak.

      Dirumah saya ad 25 ekor cililin tetapi saya pribadi tidak pusing pusing memikirkan mana yang jantan maupun mana yang betina, yang penting gacor kan? Silahkan mampir ketempat kami nanti bisa melihat lihat untuk belajar membedakannya, kan dekat Cirebon ke Jatibarang.

  9. om mksi banyak saranya sekarang dia sdh mulai makan por di lihat dari kotoranya, tapi bulu ekornya ada 3 lembar yang rontok, apa pengaru mkan por ya om? trimaksi

    • @Muslich, sama-sama…bisa juga nyulam, rontok bulu yang mendadak karena perbedaan udara. Atau juga mungkin mau memasuki masa mabung, coba saja dipantau lagi beberapa hari ini.

      • halo om tanya2 sedikit ini saya baru beli cililin,yg mau saya tanyakan cililin saya g punya jambul brp lama ya om nggu jambulnya tumbuh????

        • @Jasmen, tidak ad kepastian waktunya tetapi sekitar hitungan bulannan saja. Yang jelas nanti juga pasti akan tumbuh kembali, yang terpenting kan suaranya dulu.

          • ty om,tp suaranya pendek aja n kalau dia kaget baru agak panjang om.soalnya punya teman agak panjang suara hariannya,nah timbul pertanyaan dlm hati mngkin g ada jambulnya kali.

          • @Jasmen, suara gak ada hubungannya dengan jambulnya. Memang begitulah Cililin jika kaget langsung bunyi. Karena lapar juga bisa rajin bunyi. Jadi sabarin saja yah…

  10. ok deh makasih ya om atas sarannya,sukses selalu buat om.

  11. Matursuwun pak tipsnya, numpang nanya sedikit, kebetulan saya punya cililin coklat masih MH, giras tetapi sudah mau makan por, bagaimana cara menjinakan burung cililin tsb, apakah sangkarnya cukup 1 tangkringan saja dengan ukuran sangkar kecil atau langsung sangkar besar dengan tangkringan 2, matursuwun, ditunggu tips menjinakannya

    • @Rahmansyah, untuk menjinakkannya tidak ada tips khusus, hanya perlu waktu dan kesabaran saja. Sebagai burung masteran yang penting rajin bunyi, giras atau sdh duduk itu masalah nomer berapa.

  12. om mau nanya : kl cililin sedang mabung perludi kerodong ga?trus bemberian EF dan krotongnya gimana?tq

    • @Ring, dua-duanya bisa dijalankan, tetapi ditempat kami dibiarkan terbuka saja karena perlunya punya Cililin adalah untuk memaster MB. Pemberian EF seperti biasa saja.

  13. om yg bagus tu tembakan cililin suaranya tu warna apa sedangkan saya punya warna coklat mksh om atas infonya

  14. Om,,saya mau tanya,,,,saya baru beli cililin sepasang,,bakalan,,,gimana cara merawatnya,,,apa perlu di krodong sampai dianya bisa makan vor,,apa harus d pisah laki sama perempuannya tolong pencerahannya om trims

    • @Ahmad Dani, betul…ditaruh ditempat yg tenang dulu, lebih baik untuk sementara full kerodong saja dan lebih baik dipisahkan. Perlahan lahan secara bertahap buka kerodongnya.

  15. om ngobatin cililin yg tiba tiba ngedrop gimana ya takut mati nih om burung rawatan lama jinek tp belum ngevoer supaya dia fit lg seperti biasa

    • @Sandhi, coba kasih makan full kroto saja dulu dengan ditetesin obt burung yang banyak dijual di toko burung. Full kerodong dan jgn dijemur dulu.

  16. Bos mau nanya saya punya burung cililin,habis di mandiin kok,jatuh2 kaya mabok…
    Trs jambulnya patah,bagusnya di bagaima’in? Trima kasih bos

    • @Dicky, kemungkinan terserang semacam tetelo seperti pada ayam. Full kerodong saja dulu, jgn dimandikan atau dijemur dulu.

  17. aswrwb pak haji, pak haji saya punya cililin coklat dirumah, sudah hampir 2 bulan lebih cililin saya belum terlalu jinak masih takut orang kalo sangkar diturunkan atau digantangkan, mohon sharing tips/trik untuk menjinakan cililin pak haji, dan baiknya kalo malem di krodong atau tidak, soalnya setiap mau dikrodong cililin grabak grubuk ga karuan, matur suwun pak haji,
    salam – ario

  18. Bner tuh,saya pernah piara cililin coklat.sering dikasih cicak tp ngk tiap hari,seketemuny aj.
    Burung jd gacor bngt.

    • Om gmn kabaar breeding cililinnya? Klo ada anakannya mau dong klo dijual…

      • @Arie Mamba, belum sempat menangkarkannya tetapi kalau butuh Cililin kami juga menyediakannya kok.

  19. tangkringan cililin sebaik nya berapa satu atau dua om
    trims

  20. Ass pak hj, 1 hari kmarin saya baru beli cilililn awalnya sudah ngevoer
    tp smpai drmh sya lhat ktorannya gak ada tanda” ngevoer ,..
    dan trs pak mau tanya juga untk settingan JK + UH CL brpa ya baiknya
    soalnya yg pnya cililin 15 / hri .. untk JK UH sekiranya ajah mohon di bantu pak
    thx ..

    • @Hans, kalau tiba2 gak ngevoer lagi, bisa jadi karena perpindahan tempat. Setingan JK cukup 10/10, UH 5/5. Kalau kebanyakan EF otomatis ke kenyangan, sehingga kurang selera makan voernya.

      • Om saya punya cililin..tapi kok gak mw bunyi2 ya..udh 2 mggu gak ad bunyi2nya..ap karna umur atw ap??

        • @Yuri Serenade, lha waktu belinya sudah bunyi belum?

          • Assalmualaikum om.. Mw tanya harga cililin coklat yg sudah rajin brapa ya om..makasih..faisal bogor

Leave a Reply