CHAMP ini kami peroleh semenjak trotolan dari seorang kerabat dekat yang berdomisili di kota Bandung, sejak masih trotol CHAMP sudah menunjukkan bakat-bakat burung istimewa terutama mentalnya. Jadi ketika itu apabila kerodongnya kita buka pasti dia akan langsung nembak terus menerus (bukan ngeriwik lho yah) di selingi cetrak cetrek kuenceng dan tidak akan berhenti berbunyi sebelum kerodongnya kita tutup kembali dan selama dia nembak matanya selalu melotot marah menatap muka kita, tidak pernah membelakangi kita dan heubatnya lagi burungnya tetep liar sampai-sampai ujung ekornya gak pernah rapih.

Kebiasaan ini semakin menjadi-jadi sampai dia selesai moulting pertama dan terus berlangsung sampai sebelum dia di masukin kekandang ternak. Wuah…jarang-jarang sekali saya menemukan murai yang mempunyai karakter seperti ini, mentalnya minta ampun. Usianya sampai hari ini masih sangat-sangat muda sekali, jadi  sampai hari ini baru moulting pertama, yaitu baru ganti bulu dari trotol ke coklat saja, belum ganti bulu dewasa dari coklat ke coklat.

Setelah moulting pernah kita trek dengan burung teman hanya untuk melihat tampilanya saja dan isian burung masteran apa saja yang sudah masuk ke kepalanya, hasilnya suangat-suangat memuaskan. Jadi begitu melihat musuh dia mengawali dengan cetrak cetrek dulu (mungkin karena pertama kali melihat musuh) tetapi begitu si musuh mulai mengeluarkan suaranya si Champ langsung membalas nembak dengan bukaan cililin hingga 3 sampai 4 kali dilanjutkan dengan tembakan Lovebird, Jenggot, Kenari, Rio-rio kemudian kembali Lovebird dan begitu seterusnya diulang-ulang, pokoknya tembakannya bukan muntah lagi melainkan (ma’af !) mutaber sampai musuhnya hanya diam seribu bahasa saja. Setelah 15 menit rekan saya ini minta berhenti. He…he.

Terus terang sangat seneng sekali saya bisa memiliki murai ini, terutama karena usianya yang masih sangat muda sekali jadi jangkauan kedepannya masih sangat panjang tetapi kita juga jangan takabur mentang-mentang punya burung istimewa terus kita trek atau bahkan langsung di lombain, sayang burungnya. Saya sudah pernah mengalami pengalaman pahit ini, biasanya godaan yang paling besar justru datang dari temen sendiri yang mendorong kita untuk melombakan burung kita. Pada kesempatan ini saya sarankan sayangilah burung kita ini apalagi murai kita benar-benar prospek, uang bisa di cari tapi untuk mendapatkan burung yang istimewa kadang uangnya ada tapi burungnya yang tidak ada. Karena pengalaman pahit ini si Champ langsung saya masukin saja ke kandang ternak disamping untuk menghindari godaan2 setan yang datangnya bisa tiba-tiba yaitu di aduin alias gatel untuk di lombakan juga di suruh berkarya sambil menunggu usia yang mapan. Terutama yang kami harapkan sebagai penangkar adalah keturunan betinanya yang sebanyak-banyaknya karena bisa kita pake sebagai Basic Blood, kalau indukan jantan yang bagus gampang bisa kita dapatkan selama kita ada uangnya. Si CHAMP ini semenjak dari trotolan sudah banyak dari kalangan pelomba-pelomba yang mau meminangnya tapi saya pertahankan karena ya itu tadi tidak gampang untuk mendapatkan murai istimewa apalagi jaman seperti sekarang ini.

CHAMP berasal dari wilayah PADANG, kepalanya guede buanget, paruh dan mataya juga tidak kalah guedenya, tampangnya bebel alias bandel. Panjang ekor hanya 15,5 cm saja jadi sangat aerodynamis, badan nge-jantung pisang dan tulangan badannya kasar sekali. Champ sampai hari ini sudah tiga kali berproduksi, lumayan produktiv untuk seekor burung muda belia. Anakan jantan pertamanya persis seperti bapaknya jadi baru diambil sangkarnya saja sudah teriak-teriak padahal kala itu usianya baru 2 bulan saja.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

9 Comments

  1. oke makasih pak haji…
    di tggu trotolanya dri bapak syarip,…

    • @Syarip, ok…nanti pada saatnya akan saya tampilkan.

      • pak Haji Syamsul ikut meminang anaknya CHAMP minta dikabari kl sdh waktunya

        • @Ali Abdullah, ok…untuk selanjutnya silahkan hubungi saya langsung ke 081220072191.

  2. di tggu profil trotolan saiia…

    • @Syarip, ekornya masih terlalu pendek karena usia masih sangat muda sekali nanti kalau sdh di tampilkan akan saya kabari…

  3. oke…
    makasih pak haji

  4. Mau pesen anakan champ indent sampai kapan ya pak haji?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *