Program “Sekolahan Burung SKL BF” sengaja kami dirikan untuk membantu/mensupport para Pemula, Eksekutif, Bisnisman yang sibuk dengan akivitas sehari-harinya tetapi tetap ingin mencoba memiliki burung murai batu dan mereka tidak tahu langkah-langkah apa yang harus mereka tempuh agar burung murai prospek yang mereka telah beli ini kelak menjadi murai batu yang handal. Selama ini kami prihatin melihat kenyataan bahwa mereka tahunya hanya bisa membeli murai yang bagus istimewa terus anggapan mereka urusannya selesai sampai disini saja, mereka tidak tahu bahwa memoles murai prospek harus melalui proses-proses yang memang harus dijalani dan PASTI akan mengeluarkan uang yang justru lebih besar dari harga seekor anakan murainya.

Sangat ironis bukan??? He…he. Mereka tercengang setelah mendengar penjelasan kami, kebanyakan hanya bisa berseloroh: “Oh gitu ya Pak”, bahkan tidak sedikit yang berpikir bahwa untuk memiliki seekor murai batu bagus yah tinggal beli saja seekor anakan murai yang berkualitas, di besarkan dengan diberi makan yang cukup terus kalau sudah dewasa tinggal di tenteng ke lapangan dengan keyakinan bisa menjadi juara karena selama ini dirumahnya rajin bunyi/gacor cor dan kenceng suaranya.

Ala mak…tidak sesederhana begitu, tetapi ada juga yang berterus terang, “Aku kepingin beli anakan murai yang istimewa, harga terserah tinggal di atur saja tapi aku gak mau punya burung masteran di rumah karena aku gak mau mengurusnya”, atau …istriku gak mau ada banyak burung di rumah”, pokoknya macam-macam-lah versinya. Kalau saya ceritakan semua alasan-alasan mereka kayaknya tidak cukup di ceritakan satu harian. He…he.

Jika kita sudah memutuskan untuk membeli seekor murai, dimana saja, dan orientasi kita fokuskan untuk lomba bahkan lomba-lomba besar maka konsekuensi yang harus kita pikul (tidak bisa tidak) adalah kita harus memiliki burung-burung masteran/pelatih yang handal yang harga keatasnya relatif tetapi harga-harga burung masteran yang kita sebutkan dibawah ini adalah gambaran yang sederhana saja:

  1. Harga seekor Cililin yang cukup handal Rp. 3 juta, disarankan memiliki 2 ekor supaya bisa saling sahut-sahutan tapi yang seekornya lagi kita ambil yang biasa saja karena fungsinya hanya sekedar untuk memancing Cililin yang handalnya itu, harga Rp. 1,5 juta. Total untuk 2 ekor Cililin saja. Total Rp. 4,5 juta.
  2. Burung Lovebird juga sebaiknya kita ambil 2 ekor, @ Rp. 1,5 juta. Total Rp. 3 juta.
  3. Burung Cukcak Jenggot 2 ekor, @ Rp. 1 juta. Total Rp. 2 juta.
  4. Burung Kenari jenis F1 cukup 1 ekor, @ Rp. 2 juta. Total Rp. 2 juta.
  5. Burung Kenari Lokal cukup 1 ekor, @ Rp. 650 ribu. Total Rp. 0,65 juta.
  6. Burung Parkit sepasang kualitas menengah. Total Rp. 0,35 juta.
  7. Burung Jalak Suren sepasang. Total Rp. 2 juta.

Total keseluruhannya mencapai Rp. 14,500 juta.

Jumlah yang fantastis jika kita bandingkan dengan harga seekor anakan murainya, sekalipun yang berkualitas “A” yang akan kita master dan jangan lupa jumlah segitu belum termasuk harga sangkarnya lho. Tradisi di dunia perburungan jika kita membeli seekor burung adalah tanpa sangkar terkecuali ada deal-deal tertentu sebelumnya antara pembeli dan penjual. Misal kita pukul rata harga sangkar kualitas pasaran 100 ribu/biji dari situ saja sudah ada tambahan biaya untuk 13 ekor burung masteran yang kita sebutkan diatas Rp. 1,3 juta lagi, jadi sekarang totalnya sudah Rp. 15,8 juta.

Nah dengan tambahan jumlah momongan burung masteran diatas apakah bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian mau merawatnya sendiri??? Kalau tidak sanggup gampang solusinya yaitu panggil saja perawat burung, gaji perawat burung “standar” Rp. 600 ribu/bulan tapi itu belum termasuk uang makan dan uang transportasi. Kok jadi bertambah banyak yah, itu belum terhitung biaya pakan semua burung yang kita miliki lho..apalagi kalau dihitung risiko burung yang kapan-kapan bisa mati, terbang atau di curi orang yang berarti uang kita juga bisa ikut terbang kan???

Artikel yang kami tulis ini bukan sulap atau sihir tapi realita, nah…pasti tambah pusing bukan setelah membacanya???. Jangan berkecil hati yah Pak, Bu…Setelah mendengar keluhan-keluhan dari konsumen kami akhirnya SKL BF memberikan solusi yaitu dengan didirikannya “Sekolahan Burung SKL BF” dimana setiap konsumen kami bisa menitipkan anakan murainya yang telah dibeli dari kami untuk selanjutnya disekolahkan di master dengan burung-burung masteran handal di tempat kami yang juga tentunya akan diterapkan tekhnik pemasteran kami agar supaya bisa tercapai hasil yang optimal. Biaya per bulan saat ini HANYA Rp. 250 ribu/bulan.

Mungkin ada yang berpikir SPP anak saya yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama saja tidak sampai segitu. Ok, akan saya jelaskan lagi rinciannya.

“Biaya pemeliharaan untuk seekor murai dengan harga pakan Extra Fooding (EF), khususnya kroto yang saat ini fluktuatif, berikut voor dan vitamin-vitaminnya di kisaran Rp. 3 ribu sampai Rp. 5 ribu/hari, kita ambil tengah-tengahnya saja yaitu Rp. 4 ribu/hari, jadi kalau dihitung sebulan menjadi Rp. 120 ribu. Nah, sisanya dari Rp. 250 ribu kan tinggal Rp. 130 ribu saja. Pertanyaannya apakah cukup dengan sisa yang Rp. 130 ribu itu untuk merawat burung-burung masteran yang kami sebutkan diatas tadi??? Di jamin pasti tidak akan cukup apalagi kalau diperhitungkan dengan harus membayar gaji perawat burung dan lain-lainya termasuk keindahan dan kebersihan rumah kita yang pasti akan terganggu.”

Penawaran kami tidak sampai disini saja, biaya sekolah burung yang Rp. 250 ribu/bulan itu sudah termasuk Asuransi Jiwa untuk si burung, maksudnya apabila sampai terjadi musibah (amit-amit) selama pendidikan di tempat kami misal sampai burung itu mati, terbang atau di curi orang maka kami akan menggantinya dengan yang baru. Jadi bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian tahu BERES saja karena SKL BF yang akan mengatur dan bertanggung jawab penuh untuk semuanya. Anda-anda bisa tenang berkonsentrasi dengan pekerjaannya masing-masing tetapi ada sayangnya, maaf…kami tidak menerima pindahan dari sekolah lain bukan semata karena beda kurikulumnya melainkan khawatir tidak bisa menggantikan burung anda yang mungkin harganya mencapai ratusan juta rupiah apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin ada yang bertanya-tanya kalau menurut hitungan dagang itu kan sangat mepet keuntungannya atau tidak ada untungnya atau bahkan bisa tekor alias buntung Om kalau burung tersebut sampai mati di tangan SKL BF selama pendidikan, bahkan ada rekan pelomba sejati kami berkomentar: “Kamu tuh kayak kurang kerjaan saja, kan akan sangat merepotkan sekali”, jawaban saya sederhana saja: “Itu cuma tanggung jawab moril dari SKL saja, bagaimana akan muncul Generasi Baru kalau bukan kita yang lamanya yang mensupportnya?”….

Untuk saat ini kami hanya bisa menampung 25 siswa saja karena faktor tempat dan guru pengajarnya yang masih terbatas, saat ini siswa kami sudah mencapai 16 ekor. Mudah-mudahan kedepan kami bisa menambah kelasnya. Program kami kedepan akan mengajukan ke Pemerintah Pusat (Depdiknas) agar supaya sekolahan kami ini bisa dimasukan ke dalam daftar kurikulum RSBI. He…he. Minta doanya saja agar semuanya bisa lancar seperti yang kami harapkan. Amin…

Pemberitahuan : Dikarenakan pertimbangan banyak hal, maka mulai terhitung bulan Oktober 2013 biaya SPPnya menjadi 300ribu/bulan. Harap menjadi maklum adanya. Terima kasih.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

41 Comments

  1. SKL BF Emang mantaaappp.
    sangat berguna bagi yang sibuk bekerja n para pemula.
    SKL BF emang top.

  2. artikel ini membuktikan bahwa skl mmg benar2 ingin memajukan dunia perburungan bukan sekedar mengejar keuntungan semata,jadi buat temen2 jng ragu untuk pesen murai di skl. . .sukses trus buat pak haji,maju trus SKL!!

    • @Deni, mksh Mas Deni, momongannya/siswanya itu sekarang lagi ngedorong ekor, sudah sekitar 3 cm. Bulu dada sudah coklat semua, moultingnya bagus serempak. Nanti saya kirim fotonya yang paling aktuel via E-mail yah.

      • Semoga semakin sukses dan dikabulkan Allah SWT apa yg Bapak cita2kan, kl murai borneo gimana bisakah disekolahkan Pak..?

        • @Ali Abdullah, seperti yang kami uraikan di artikelnya bahwa kami hanya me nerima anakan murai produk kami saja karena biaya SPPnya itu sudah ter masuk Asuransi Jiwa.

  3. Istimeewaaaa om” ini SKL BF Toobht banget dah…

  4. wonderful publish, very informative. I wonder why the opposite specialists of this sector do not notice this. You must continue your writing. I am confident, you have a huge readers’ base already!

    • @Blackhat Software, thank you…
      We just try to do the best for the peoples who interesting in birds.

  5. selamat pak haji atas dibukanya SB-MB SKL(Sekolah Burung Murai Batu) smoga makin josss,perlu ditrial ni pak haji….klo dah dpt jatahnya.suwun

  6. wah…
    kayaknya “RSBI” SKL BF sudah resmi di buka nih, berarti nanti sudah dpt “ijazah” resmi, he he …sukses pak haji.
    o iya gimana kabar Norman Jr pak haji?

    • @Ugik, mksh Mas Ugik…Kondisi terakhir Norman Jr bulu dadanya sudah ganti warna coklat semua dan ekornya sudah jatuh semua jadi kondisi ekornya sekarang protol. Nanti kalau ekornya sudah ngedorong fotonya akan sy kirim via E-mail.

  7. Ada syarat-syarat apa aja nih pa Haji untuk masuk SKL Bird School…?
    mungkin bisa di jelasin sekalian, tesnya apa aja…hehehe…

    • @Lebani, tidak ada syarat apa2 cuman memang kami hanya menerima burung produk sendiri saja, jadi kalau terjadi sesuatu yang tidak di inginkan gampang urusannya yaitu tinggal di ganti dengan yang baru saja. Dan tidak ada Bea Siswa karena belum ada subsidi dari Depdiknas! He…he.

  8. Permisi Pak Haji
    Numpang tanya nih:
    Kira2 sampe brp Bulan untuk Seekor MB dengan kecerdasan rata2, untuk bisa meniru suara masteran sampai bisa semuanya.
    mkasih pak
    sukses SKL

    • @Yongki, ini bicara apa adanya (tidak ada rekayasa umur yah) dan tingkat kecerdasan burung standar saja. Kalau anakan burung kita master semenjak usia 1 minggu sampai selesai moulting (ganti bulu dari trotol ke coklat) kira2 usai 8-9 bulan itu belum mampuh mengeluarkan suara2 isian karena butuh recovery (1-2bln) stlh moulting. Jadi di usia 11 bulan si burung baru bisa mengeluarkan isian2, itupun kadang masih ter-bata2 ibarat anak kecil yang baru bisa ngomong. Jangan harap di usia segitu sudah bisa mengeluarkan suara cililin karena menirukan suara cililin butuh power yang gede, biasanya isian cililin di keluarkan kalau murai tersebut melihat musuh. Jadi jangan risau kalau murai kita di rumah tidak mengeluarkan isian cililin, yang penting kita jangan sampai putus menempel burung masteran cililin disamping murai kita.

      • Waaa,..h benar2 Penjelasan yg sangat memuaskan
        salut buat SKL yg sangat2 terbuka n mensupport generasi2 junior sperti saya,,(walaupun anakan murai saya bukan dari SKL)
        Tapi smakin sering saya baca n kontak via Web. dan Email, membuat saya semakin tertarik dengan SKL yg sangat Trbuka dan jujur dengan smua ilmu2nya.
        insyaAllah kedepannya saya akan mengadopsi anakan dari SKL.
        saya Harap tidak Bosan dengan pertanyaan2 dari saya.
        Trima Kasih SKL.

  9. salam om
    mo nanya.. harganya berapaan anakannya???
    sapa tau minat mo sekalian disekolahin disana…

  10. ane mau nyobain bisnis burung om tapi ane takut nanti gagal,,soalnya itu kan dibutuhkan gak sedikt modal juga bozz….

  11. wah ini SKL bener2x bidrfarm yg handal

  12. waduh pak haji jadi penasaran juga sama sekolahan skl nya…..mantaf nih

  13. bener juga y om,,bole juga neh back to scool mb nya…
    jd dpt meringankan waktu juga..

  14. I was very interested to read the contents of this website, especially for birds school so I want to keep the birds MB from you, when there is time to meet with you?

  15. bener bener ide brilian,ga kepikir sebelumnya…salut 2 jempol buat SKL…!

  16. Impian saya punya burung dari SKL BIrd Farm,, mudah2an ada jodoh dan ada maharnya yang pass…Tunggu Pa Haji.. Lg ngrayu dulu istri heheheee.

  17. Ruar biasa ni pak haji disamping hoby jg punya visi yg jelas setuju!!

  18. Numpang Nanya nie pk haji
    Kalau belajar/sekolah cara mengurus burung di SKL BF bisa ngk yah buat orangnya.brapa lama jadi fiur kita bs menimba ilmu di SKL BF.
    thanks.

    • @Musa, sebetulnya gampang sekali, via telpon sambil berjalan juga pasti bisa.

  19. di malang ada ta?

  20. wah setelah membaca artikel ini,,, makin tertarik aja saya buat adopsi anak” sekolahan dari SKL,,, salam kenal pak haji… mudah”an jodoh saya ada di SKL..
    saya hobis MB sejak kuliah dulu,, namun stop sejak punya anak.. krn repot ngurusnya,, skarang minat itu timbul kembali … heheheee

  21. Mantabbbb bgt,,,,,,,,,, sukses trus buat SKLBF.

  22. wah memang SKL birdfarm benar2x ok banget ndak ada duanya, mohon doanya pak haji biar cepet punya produk dr SKL

  23. kira-kira brp om anakan murainy…posting hrg nya donk om…

  24. wuihhhh bagus2 yaw SKL, t nabung dulu bwt belinya….

  25. SKL memang Best is The Best…penangkaran di SKL memang berkualitas ..

  26. SKL memang Best is The Best.penangkaran SKL memang banyak yang menonjol dan berkualitas..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *