Sering kita menemui burung murai batu yang bulunya sudah kering dan kondisi ekornya sudah pecah-pecah atau sudah nyisir atau bahkan sebagian ujungnya tinggal batangan ekornya saja seperti lidi tetapi tak kunjung turun bulu juga. Di artikel ini mari kita share untuk mengatasinya berdasarkan pengalaman masing2 selama melihara murai batu.

Berdasarkan pengalaman kami bisa di tempuh beberapa solusi, diantaranya :

Pertama : kita ungsikan/pindahkan burung murai tersebut ke suatu tempat baru yang bener2 steril dari suara murai lainnya, bahkan kalau kasusnya sangat parah…jangan sampai terdengar suara burung masteran apapun juga supaya si murai tersebut bener2 merasa tenang dan tidak ter provokasi adrenalinnya. Sebagai contoh saja kita titipkan ke rumah saudara/rekan yang tidak memiliki burung atau bahkan ada salah satu rekan kami yang sampai extra mengambil satu kamar di tempat kost2-an yang ber beda yang aman dari predator.

Burung murai adalah salah satu burung fighter sejati, kadang ada yang rewel  mabungnya tetapi ada juga yang bagus mabungnya yaitu serempak sekaligus. Yang susah mabung ini kadang sangat sensitiv terhadap suara burung sejenisnya, ibarat kita manusia sih ada yang gampang sekali tidur alias PELOR : nempel bantal langsung molor meskipun suasana di sekitarnya gaduh tetapi ada sekelompok orang yang susah tidur meskipun sudah sangat lelahnya tetapi gampang terjaga jika ada suara, sekalipun suara itu relativ kecil bagi sebagian kebanyakan orang dan kalau sudah terjaga akan sulit lagi untuk malanjutkan tidurnya. Kurang lebih begitu juga kejadiannya dengan murai yang susah mabung, meskipun sudah ada beberapa bulu sayap yang jatuh terus tiba2 dia mendengar suara murai lain dan dirinya merasa ter tantang/ter provokasi maka jatuh bulunya akan tersendat bahkan turun bulunya berhenti cukup sampai segitu saja.

Kedua : setingan EFnya di rubah, misal awalnya setingan hariannya pagi dan sore masing-masing 5 ekor jangkrik coba kita turunkan menjadi masing2 waktu/jam makan 2-3 ekor jangkrik saja, pemberian kroto secara bertahap di kurangin dari awalnya setiap hari di minggu pertama terapi ini menjadi seminggu 2 kali saja kemudian bila perlu (untuk kasus yang parah) di minggu berikutnya pemberian kroto kita stop sama sekali. Bagi sebagian Hobis merasa tidak tega untuk mem berhentikan total pemberian krotonya, padahal ini kan sifatnya temporel yaitu selama kita bikin ronrok bulunya saja.

Bisa juga di tambahkan di waktu  pagi dan sore ulet Hongkong masing-masing 5-7 ekor untuk mempercepat rontoknya bulu karena sifat ulat Hongkong bisa membuat panas tubuh si burung sehingga bisa mempercepat pengeringan akar2 bulu di dalam tubuhnya (memang untuk yang satu ini belum ada pembuktian secara klinish tetapi yang ada hanya pembuktian langsung di lapangan). Jangan lupa kepala ulet Hkg itu di buang sebelum kita berikan kepada si burung.

Jangan khawatir mati burungnya asal burung tersebut sudah makan voor total, tapi ada yang berkomentar nanti burungnya ngedrop. Lha justru terapi ini di jalankan dengan harapan agar supaya si burung itu ngedrop yang pada akhirnya bulunya pada rontok. Gampang nanti kalau ngerontokin bulunya kira2 sudah mencapai 80%-an atau mulai ngedorong ekor kita genjot lagi pemberian EFnya, bahkan bisa juga di tambahkan vitamin2 yang di perlukan sebagai faktor penunjang.

Ketiga : methode yang ketiga ini relativ radikal yaitu dengan membawa si burung rutin ke arena lomba setiap 2 minggu sekali. Ada yang bertanya : “Lho nanti burungnya rusak gak Pak?”, jangan kuatir…TIDAK AKAN RUSAK, asal kondisi bulu si burung bener2 sudah kering atau kusam. Bisa jadi nanti si burung di lapangan hanya bengong2 saja tapi gak apa2 lah karena tujuan kita juga bukan untuk mengejar prestasi kan? Kapan ancer2 si burung tersebut kita berhentikan di bawa ke arena lomba? Jika si burung sudah menunjukan tanda2 banyak diam di dalam sangkar, melamun dengan leher di tekuk seperti burung sakit tetapi kotorannya tetap menunjukan bahwa burung itu dalam kondisi sehat-sehat saja.

Coba perhatikan saja semua burung, khususnya murai batu, yang sering atau rutin di lombakan pasti akan lebih cepat me masuki masa mabung berikutnya. Sebagai contoh yang gampang burung MB nama DMC 99 milik Andy Chriesna Madiun yang oleh pemiliknya di genjot di bawa ke arena lomba secara rutin setiap 2 minggu sekali (atau tepatnya setiap 17 hari) yaitu dari tanggal 31 Maret s/d 25 Juni dengan menggondol 5 prestasi (3 kali Juara ke-1, 1 kali Juara ke-2 dan sekali juara ke-4 ), nah sekarang apa yang terjadi dengan DMC 99? Ya lagi me masuki masa mabung lagi padahal selang belum lama DMC 99 baru tuntas dari mabungnya.

Ketiga tips ini bisa di kombinasikan sesuai dengan ke butuhan, mohon maaf sebelumnya apabila masih banyak kekurangan-kekurangan karena saya masih manusia biasa yang tidak luput dari kekhilafan dan kesalahan maka dari itu silahkan menambahinnya demi kepentingan sesama Kicaumania. Semoga sukses selalu…Amin.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

30 Comments

  1. Klo caranya begitu..
    Murai batu yang dpakai cara pertama itu..gak boleh dperdengarkan suara masteran dlo dong om.

    • @Tri, sudah diulas semua disitu. Silahkan dibaca lagi dg seksama…

  2. Om mo nannya lagi dong..

    1. Bagaimana cara mngatasi bulu patah,tp tdk cpot smpai pngkalnya.. Tips dan trik nya dong om..
    Krna saya sdh brusha cabut pke pinset dan air hangat tdk kcabut jg..trs da efek smping nya gak,klo dbiar kan..

    2. Bagaimna cra mnjinakkan murai yg susah jinak,akibat slah prawatan..krna sya stress om..sdh sya coba brbagai cara,dr mtode bsah kuyup,mndi dgn cra dpegang..tetep aja msh giras..bahkan yg lbih prah,sya dktin dgn jrak 2mter aja sdh grabak grubuk..tlg om ksh tau ilmunya.

    • @Tri, waduh ceritanya panjang. Singkatnya, bulu tsb biarkan saja jatuh secara alami.
      Unt menjinakan MB yang masih giras hanya perlu kesabaran dan proses waktu saja Om. Tidak ada cara lain.

  3. Oh ya om lupa nanya 1 lg..
    Om jual murai medan aja..pa smua jnis murai..
    Klo jual smua jnis murai,ada murai lampung om..sya mo bli..tp brp hrga untuk murai anakan betina..

  4. Om kira” brp harga murai sumut or NAD..
    trs klo mau bli,tp pake sistem kirim bs ga..

  5. Om Mb lepas trotol skitar 20 bulan, belum jg ada tanda2 mw mabung.. apakah wajar om? trims

  6. gampang gan pur nya ganti ajj sementara di jamin ambrol bulu nya atau semprot keja lepek langsung krodongin jangan di jemur

  7. maaf om,, saya mau minta pendapat dan solusi dari masalah mb saya d’rumah..!! mabung udah 2bln lebih.. berawal dari kepala rontok abis.. ekor rontok.. kepala udah bersih,, ekor udah mulai ngedorong,, tapi sayap masih belum rontok om,, yg ada malah kering kusam g beratuan,, gimana pendapat dan solusi dari permasalahan mb saya om..?? (rejeki saya lahir dari dia ngamen om).. tolong om..

    • @Dadung, beberapa solusinya sdh saya tulis pada artikel terkait. Tinggal disabarin saja Om…

  8. menarik dan banyak manfaatnya,, suwun boss

    • @Komunitas Murai Batu Jombang, Alhamdulillah…
      Sami2 Om…

  9. maaf om sbelumnya mau tanya
    sya punya mb yang masih giras dalam kondisi mabung
    yang sya tanyakan apakah sebaiknya penanganan untuk tidak giras dulu apa perawatan burung mabung dulu?
    dan bagaiamana membedakan kebotakan karena mabung dengan kebotakan karena kutu atau penyakit?

    • @Athenk, bisa bareng, paralel.
      Kalau mabung kan tumbuh buku jarumnya. Terus terang, sy belum pernah lihat MB ada kutunya, yang sy tahu terserang jamur.

  10. udah mulai tumbuh bulunya om
    apakah sebaiknya perawatan agar jinak dlu apa perawatan untuk tumbuh bulu dulu?
    mkasih bnyak ya om atas responnya
    satu hal lgi om
    klo bsa sya mnta daftar harga utk mb skl dari trotol bahan atw jodoan om
    sya mau cba cocokin sma isi dompet om
    bsa krimin aja ke email sya
    thenxhepe@gmail.com
    mudah2an ada yg cocok
    hehehhh
    mkasih bnyak ya om

  11. Permisi om SKL Bird Farm, Saya mau sharing info….

    Pakan alternatif pengganti jangkrik untuk murai mabung. Praktis, higienis, mudah dicerna dan telah teruji kandungan nutrisinya.

    Klik link dibawah ini untuk detailnya
    Pakan alternatif pengganti jangkrik untuk murai mabung

    Terima kasih om, sudah mengijinkan saya berkomentar. Salam kicau…. Sukses selalu

  12. misi om, maaf nunmpang tanya. saya baru 2 minggu yg lalu ngambil murai. katanya baru mau mabung, bulu ekor bagian atas ga ada. terus banyak bulu jarum putih di wajah…masuk minggu ke 2 disaya, bulu ekor sudah sepanjang 2 ruas jari, bulu jarum diwajah sudah menghitam tinggal dikit…nah saya bawa ke temen katanya ini sih bukan baru mulai, tapi baru kelar karena bulu bulunya hitam bersih…krn itu saya full kroto, jangkrik dan cacing ama belalang…buat nambah vit..lah kok tadi pagi saya mau berangkat kantor, bulu ekornya lepas 1 ….
    bingung nih om..mohon pencerahan, apa itu namanya macet mabung, padahal saya udah masterin dr pertama disaya setiap hari pagi siang sore malem…gak pernah dijemur ama mandi karembah juga ga….ada bahanya ga om…pliss jawabannya ya..maklum anak baru om…

    • @Hani Kurniawan, yang barusan jatuh lagi itu satu helai bulu ekor yg masih nyisa (lama) atau yg barunya?

      • yang lama om…jadi ekornya ada lembar atas sudah 2 minggu lalu, sekarang tumbuh sepanjang 2 ruas jari. nah dibawahnya ekor yang baru tumbuh itu ada 2 lembar ekor lagi om…td pagi yang itu jatuh sebelah kiri nyisain 1 lagi…kira kira bisa saya kirim foto kemana ya om..WA atau LINE or BBM..maaf om..nubi asli baru nyoba punya murai malah dapetnya mabung. orang yg jual dihub hpnya mati didatangi kekontrakannya udah pindah…

        • @Hani Kurniawan, kalau bulu yg lama yg jatuh itu berarti masih dalam proses mabung, atau mabungnya belum selesai.
          Kalau saya lebih suka dapat MB yg lagi mabung, jadi rawatannya bisa diatur lg sesuai dg pola rawat kita.
          Apalagi mabungnya sekarang ini, nanti kan selesai mabungnya pas sdh selesai musim hujannya, jadi bisa langsung kita rawat lagi.

  13. oh iya ya om..jadi pas musim hujan, pas banget jarang jemur..iya iya..makais banyak om..oh iya om, kmren sore pulang nguli saya liat bulunya sudah lepas 3…akhirnya saya ambil air hangat..murainya kan jinak banget om, saya tangkep pegang..terus usap usap halus air hangat pake kapas ke bagian ekornya..eh pada lepas om, padahal ga ditarik..yang tinggal bulu ekor paling bawah yang paling pendek 2 lembar. saya ga berani narik takut luka…kira kira itu bahaya ga om? terus apa nanti bakal numbuh bulu bagus lagi?? terima kasih banyak om udah bisa sharing ilmu gratis….hehe

    • @Hani Kurniawan, gak apa2. Nanti juga akan tumbuh bagus lagi.

  14. Om mau tanya nih… saya punya mb bulunya udah kering ekornya udah nyisir tapi susah bgt tuh mabungnya.. sempet ada bulu2 halus yg jatoh tapi ga ada lg, apa itu pertanda mabung ya? Terus selama ini burung saya cuma ksh jangkrik 1 ekor pagi saja gmn tuh..

    • @Dendidi, gak apa2 disabarin saja.
      Sy pernah punya beberapa ekor MB yang 2 tahun belum mabung2 juga. Ditunggu saja.

  15. salam kicau….
    Sebelumnya saya berterima kasih pada om SKL Bird Farm,
    Begini Om,saya mau numpang bertanya,, Mohon bantuan jawabannya ya…
    1. Murai saya kaki nya pas persis di tengkuk lutut/pergelangan lutut terdapat benjolan tulang yang bengkak,itu uda kaku dan berdirinya tetep napak tapi kadang di angkat 1 kakinya yang di lututnya bengkak itu, Kira2 masih bisa sembuh ga om ? kalaupun masih bisa sembuh obatnya apa ya Om.. ?
    2. Murai saya mabung nya per 4 atau 6 hari bulu nya baru rontok satu,nah besoknya lagi 6 atau 5 hari rontok satu lagi,untuk Ef karena takutnya mau mabung jadinya di kurangi,yg tadinya 5:5 skrg 2:2,,, Bisa di bantu kasih solusi dari pengalamannya Om mungkin biar mabungnya jarak jatuh bulunya ga selama itu Om… ?
    Demikian pertanyaan saya,
    Terima kasih sebelumnya atas izin bertanya nya,dan Di tunggu jawaban solusi terbaiknya ya OM.
    Salam cuit cuit….

    • @Noto, 1. Sdh berapa lama burungnya menderita gangguan ini?
      2. Memabungkan seekor burung tidak bisa diatur semau kita. Dalam hal ini kita hanya sebatas mengupayakannya saja. Itu semacam ada siklusnya.

  16. mau tanya om biar cepet ambrol bulunya gomna om.. teroma kasih pencrahnya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Mengatasi Susah Tidur | Kumpulan Cara dan Pengetahuan - […] Tips mengatasi murai batu yang susah mabung… | skl bird farm […]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>