BARONG ini kami dapatkan dari seorang kerabat dekat di Banda Aceh yang ber kumis tebal yang sudah di kenal banyak oleh khalayak Muraimania. Konon Barong di peroleh langsung dari se orang pemikat yang berdomisili di Indrapuri-Aceh Besar yang awalnya di beli oleh se orang TNI yang saat itu sedang ber tugas di NAD.

Selama 2 tahun di pegangnya akhirnya Perwira TNI itu me lepaskan murai ke sayangannya karena harus di pindah tugaskan ke Pulau Dewata Bali sehingga murai ini kami namakan Barong sesuai nama salah satu tarian di daerah tempat baru tugas sang Perwira TNI tersebut.

Setelah di take over  langsung di terbangkan ke Tanah Jawa tetapi sayangnya selang se bulan se sampainya di tempat kami murai Barong ini turun bulu, mungkin karena pengaruh perubahan cuaca dan perbedaan suasana. Ber untung kami masih bisa me nikmati suaranya karena meskipun burung ini lagi men jalani proses mabung tetapi masih tetap rajin berbunyi. Memang murai ini mememiliki typikal suara yang tajam, pedas dan menekan sesuai deskripsi yang di ceritakan kerabat kami tempo hari. Penampilannya tidak macam2, gaya tarungnya di dominasi hanya dengan mem busungkan dadanya yang padat ber isi sambil mengeluarkan suara2 tembakannya yang kuenceng dengan se-kali2 me mecutkan ekornya yang panjangnya relativ sedang saja.

Kami jodohkan murai Barong ini dengan murai betina asal Tangse-Aceh yang nama besar daerahnya se bagai habitat MB ber mentalkan baja tidak perlu di ragukan lagi.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>