Kami mendapatkan berita dari rekan kami di NAD bahwa saat ini sedang terjadi krisis pengadaan jangkrik di sana, “Wah Pak Haji saat ini sangat susah untuk mendapatkan jangkrik disini (NAD) bahkan kosong sama sekali” tuturnya. Masih menurut ceritanya hal ini di sebabkan karena terputusnya distribusi dari Medan karena indukan-indukan jangkrik di Medannya sana banyak yang pada mati karena cuaca panas yang tidak terkendali ini.

Sekedar untuk tahu saja pasokan jangkrik di Aceh sepenuhnya dari Medan, atau bisa dikatakan “kalau di Medan mati lampu ya di Aceh juga pasti ikut mati lampu”. He…he. Jadi di Aceh sendiri sama sekali tidak ada penangkaran jangkrik, informasi ini kami dapatkan langsung dari beberapa hobbies murai setempat sewaktu kami (Tim SKL) tempo hari berkunjung ke Aceh. Harga jangkrik di sana 1 kardus isi seribu ekor jangkrik kisaran Rp. 120 ribu bahkan saat ini bisa mencapai Rp. 130 ribu per kardus atau identik dengan harga di Tanah Jawa Rp. 200 ribu sampai Rp. 300 ribu per paket isi sekitar 2400 ekor jangkrik, sedangkan kenyataannya harga jangkrik di Jawa per satu paketnya hanya sekitar 50 sampai 60 ribu saja. BAYANGKAN teman-teman selisih harganya!!! Berminat menjadi pemasok jangkrik ke Aceh??? Ini peluang bisnis yang besar lho…..

Dampak dari ke kosongan jangkrik dan ulat Hongkong di Aceh otomatis krisisnya merembet ke pemikat-pemikat murai disana yang tidak bisa ber buru/memikat murai tanpa adanya ke dua umpan murai tersebut di atas yang akhirnya pasokan murai ke Jawapun dari Tanah Rencong tersendat pula.

Jangankan di Aceh sana yang sama sekali tidak ada penangkaran jangkriknya di Jawa yang jumlah penangkar jangkriknya men jamurpun sempat terjadi krisis juga kok, kalaupun ada masih kecil-kecil. Ini di sebabkan karena panas bumi yang bukan main-main lagi terutama di tahun ini dan bukan rahasia lagi kalau di bulan Juli ini memang sudah menjadi langganan krisis jangkrik dari tahun ke tahun.

Kami di SKL BF -pun ber juang mati-mati-an untuk bisa mempertahankan kelangsungan hidup indukan-indukan jangkrik beserta baby-babynya di penangkaran jangkrik kami, masalah lain yang muncul di bulan Juli ini banyak telur jangkrik yang gabug atau tidak di buahi yang otomatis jumlah baby jangkrik yang dihasilkan tidak banyak seperti bulan-bulan sebelumnya. Beruntung dari pengalaman yang sudah-sudah kami mengantisipasinya dari jauh-jauh hari yaitu dengan menggenjot produksi telur jankrik semaksimal mungkin (tentunya secukupnya) di bulan-bulan sebelumnya sehingga di bulan Juli sekarang ini kami hanya perlu mem besarkan jangkrik yang sudah usia remajanya saja. Jika kami tidak memiliki penangkaran jangkrik sendiri sepertinya penangkaran murai kami sudah ke limpungan pusing tujuh keliling karena kebutuhan jangkrik kami saat ini bisa mencapai 6500 sampai 7 ribuan ekor per harinya.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

5 Comments

  1. kami suplier jangkrik dri bekasi / jakarta..hubungi kami di 081318956221

  2. assalamualaikum..
    saya peternak jangkrik dilangsa., kalau kita bisa kerja sama saya siap masok jangkrik untuk anda.,
    hubungi saya di 082167811210

  3. saat ini saya sedang mencoba ternak jangkrik
    sepertinya mudah, tetapi belum juga berhasil

    ada saran?

    • @Mamad, saya rasa untuk ternak jangkrik cuman butuh ketelatenan saja, pemberian makan yang rutine, penyemprotan air yang rutin sebagai air minumnya, hindari hama-hamanya seperti cicak dan semut. Sudah begitu saja, banyak kok artikel-artikel yang lebih detail membahas mengenai ternak jangkrik. Nanti kapan-kapan saya akan tulis mengenai ternak jangkrik ala SKL BF.

  4. Saya peternak jangkrik di daerah binjai sumatra utara . Saya siap memasok kebutuhan jangkrik 082324124337

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *