Hal ini kelihatannya sangat sepele : “Ah…wong tinggal mindah aja kok repot2 sih?”, tetapi per siapan sangkar lomba yang tidak cermat/tidak matang bisa men jadi salah satu faktor penyebab kinerja murai di lapangan misalnya si burung tidak tenang kerjanya di bandingkan se waktu masih di sangkar hariannya atau  ber kerja tapi tidak optimal atau bahkan bisa ber dampak fatal alias si murai tidak ber kerja sama sekali alias diam seribu bahasa.

Be berapa hal yang perlu di perhatikan antara lain :

1. Alangkah baiknya me mindahkan si Jagoan kita dari sangkar hariannya ke sangkar lomba 1 minggu sebelum hari H-nya, jangan men dadak dua atau se hari sebelum jatuhnya hari lomba karena ini bisa ber dampak kurang baik ke Murai kita misalnya jagoan kita menjadi bengong atau kinerjanya tidak se optimal seperti yang kita harapkan.

2. Semua aksesoris dari sangkar hariannya kita pindahkan ke sangkar lomba, mulai dari karpet, kerodong, cepuk makan dan minum dan ter akhir yang ter penting adalah ke dua tangkringannya atau minimal tangkringan atasnya saja. Mengapa hal yang ter akhir ini (masalah tangkringan) kami sebut terpenting??? Karena kalau me makai tangkringan yang baru otomatis dia harus ber adaptasi lagi, jika dia merasa tidak nyaman maka hal ini bisa menjadi salah satu faktor si burung tidak tenang ber kerjanya, seperti kita ketahui setiap burung khususnya burung murai batu apabila mau me nembak/me ngeluarkan suara dia harus men dapatkan pijakan yang nyaman.

Nah bagaimana si murai akan nyaman nangkring apabila ukuran/diameter tangkringan itu ber beda seperti hari2 biasanya, ini kan murai peliharaan yang setiap harinya bahkan sampai tahunan hanya mengenal dua tangkringan saja di dalam sangkarnya jadi sama halnya seperti kita pegang raket badminton yang ber-beda2 ukuran gripnya pasti pukulan smash kita juga tidak bisa maksimal, kita juga harus adaptasi lagi. Tidak bisa di samakan dengan burung liar di alam sana yang memang setiap harinya selalu terbang ber-pindah2 tempat dari dahan yang satu ke dahan pohon yang lainnya tetapi kalau kita perhatikan di hutan sana tetap saja merekapun mencari se suatu pegangan yang mereka anggap ideal dan nyaman untuk bisa mengeluarkan suara/tembakannya yang maksimal.

3. Di sarankan me milih sangkar lomba untuk murai yang relativ berat untuk meng antisipasi datangnya angin kencang selama ber langsungnya lomba, di harapkan dengan sangkar yang berat goyangan sangkar yang tertiup angin kencang bisa di minimalisirkan agar supaya kinerja si murai tidak terganggu.

Demikian be berapa tips ringan dari kami, mudah2-an bisa ber manfaat. Silahkan me nambahkannya demi kepentingan ber sama…..

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *