Trotol ini salah satu anakan dari kandang BARONG, saudara kandung betinanya mati karena kelalain perawat burung kami yang terlambat mendeteksi sedini mungkin sifat agresiv anakan yang jantannya ini yang sempat mem bantai saudaranya sendiri di sangkar sewaktu masih di jadikan satu.

Menurut penuturan perawat burung kami se betulnya sudah ter lihat setiap mem beri makanan untuk ke duanya maka yang jantannya ini selalu merebut makanan dari yang betinanya bahkan merebutnya langsung dari mulut/paruh saudara kandungnya. Tidak tanggung2 bahkan sampai me-matuk2 area mata dan paruh saudaranya meskipun dia sudah men dapatkan makanannya tapi perawat burung saya saat itu menganggapnya sepele saja.

Tidak terasa burung cepat ber tambah besar otomatis tenaganya juga ber tambah besar dan mungkin di malam hari se waktu lapar dan tidak ter kontrol oleh kami yang jantannya ini muncul sifat agresivnya sehingga emosinya di lampiaskan kepada saudara betinanya. Kronologis semua kejadian ini kita cocokan dengan olah TKP dengan terlihatnya si betina tergeletak di salah satu sudut sangkar dengan luka2 bekas patukan di pangkal mulut dan pinggiran sekitar mata, bahkan yang sebelah matanya bengkak.

Yang bisa mengakibatkan kematian ke mungkinan besar leher si betinanya di injak oleh salah satu kaki yang jantannya sehingga susah untuk ber napas di tambah lagi  se belumnya mungkin sudah dehidrasi karena di-kejar2 dahulu. Se betulnya karakter ke biasaan  murai jantan mem bantai murai betina ini bukan se suatu yang baru tapi ini anehnya kok ter jadi pada murai yang usianya relativ masih muda. Kesimpulan kami memang burung murai batu bener2 fighter sejati.

Maka dari itu ber hati-2 lah dan jangan menganggap remeh usia murai,  kalau memang ada gelagat2 seperti yang saya ceritakan di atas tadi segera lah untuk me misahkan anakan2 murai yang ber tikai atau murai yang dominan selalu merebut makanan saudara2-nya.

Anakan Barong ini sudah menjadi milik se orang Hobis dari Bekasi dengan me makai ring SKL 489 warna coklat pada kaki sebelah kanan, warna hijau pada kaki kirinya dan lahir pada tanggal 10 Mei 2012. Mudah2-an anakan murai yang satu ini kelak bisa menjadi murai handal se suai harapan. Amin…..

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

7 Comments

  1. Assalamualaikum Pak Haji, Satu Kata Mantapppp! dah gak sabar nih pingin lihat burung….Mudah2han kedepannya bisa membanggakan… Terima kasih udah di Posting

    • @Yayat, makasih sama2 Pak Yayat…

    • pak Yayat yg di PT. MS bukan?

      • Bukan Om Ugik

  2. bekasi nya mana om yayat…
    sama saiia jgaa bksi…

    • Di Daerah Mustika jaya, Om Syarip dmn?

  3. saiia di depan unisma….

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>