Sekali lagi kami ulas beberapa burung masteran yang pada umumnya cepat bisa diterima oleh Murai Batu dan tentunya saja sebatas yang kami kenal dan ketahui. Untuk awal pemasteran lebih baik tidak usah sekaligus menyodorkan ke burung murai kita banyak pilihan meskipun memang kita mampuh membeli banyak jenis burung masteran, disamping bisa ngirit uang, tenaga dan biaya pemeliharaan yang lebih ringan hasilnya tetap optimal.

Biasanya kita tempel dulu anakan murai tersebut dengan 2 ekor Lovebird dan sepasang Parkit selama kurang lebih satu bulan, kedua burung Lovebirb kita gantang terpisah dan diusahakan tidak saling bisa melihat agar supaya lebih sering berbunyi sahut2-an. Untuk yang sepasang Parkit itu kita campur saja dalam satu sangkar supaya kalau mereka sedang bercumbu bisa mengeluarkan suara2 crecetan2-nya yang khas, tajam dan kasar. Untuk tahapan awal lumayan ngirit se gala2-nya kan??

Setelah satu bulanan baru kita tambahkan 2 ekor burung Cukcak Jenggot yang terpisah sangkarnya dan juga diusahakan tidak saling melihat, untuk tahap awal pembelajaran anakan murai sebetulnya jumlah burung yang kami sebutkan di atas tadi sudah cukup.

Jika nanti setelah beberapa bulan mendatang ada tanda-2 anakan murai tersebut mulai jatuh bulu pertamanya (ada tanda2 mau moulting/mabung) baru kita tambahkan 2 ekor Cililin sebagai pelengkap masterannya. Sampai di sini sebetulnya untuk sementara sudah cukup, kalau nanti burung kita di lapangan bisa membawakan suara Lovebird, Parkit, Cukcak Jenggot dan Cililin ini saja dengan sempurna dijamin bisa juara minimalnya masuk nominasi  tapi dengan catatan terpantau oleh Juri lho. He…he.

Dari hasil pe mantauan kami ke empat jenis burung ini memang paling favorit bisa bersamaan diterima oleh murai karena typikal suara, irama dan lagunya mirip atau hampir sama. Jangan gatelan tergoda untuk membeli semua burung masteran, sebetulnya hal ini tidak jauh2 beda dengan kita manusia…bolehlah kita memiliki koleksi buku yang begitu banyaknya terpajang di rak buku kita, pertanyaannya apakah kita sempat atau mampuh membaca semua isi semua buku itu??? Atau godaan lain juga bisa datang ketika kita main ke rumah teman sesama penggemar burung murai yang koleksi burung masterannya banyak atau menurut pendapat orang awam sih super komplit terus tersirat di benak pikiran kita “Waduh mak…burung masteran saya kalah komplit, jangan2 isian burung murai saya kalah komplit juga?”, jangan risau dulu. Pilih mana yang isiannya banyak tapi dibawakannya pendek2 karena sering ber-ganti2 lagu atau isiannya cukup saja tetapi membawakan lagunya panjang2 dan sempurna?

Nah kalau murai kita setelah ditrek kelihatan sudah bisa membawakan keempat burung masteran yang kami sebutkan di atas tadi dengan fasehnya baru bisa kita tambahkan burung2 masteran lainnya, misal Jalak Suren, Kenari, Sirih2, Rambatan/Casper dan lain2-nya yang cocok untuk murai tetapi dengan catatan jangan sekaligus jadi tetap bertahap saja agar supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal lagi.

Beberapa burung masteran yang kurang cocok untuk murai batu (susah masuknya) di antaranya Tengkek Buto, Ekek Keling, Pelatuk Bawang. Untuk Jalak Suren jangan memilih yang ngoceh atau siul2 karena kurang bagus untuk murai, pilihlah yang memiliki suara-suara alasan atau suara alaminya atau yang ngekrek saja.

Jangan lupa…burung murai yang bisa membawakan suara Cililin belum tentu bisa membawakan suara Kenari tetapi sebaliknya burung murai yang bisa membawakan suara Kenari pasti bisa menirukan suara Cililin.

Silahkan menambahkannya karena kemampuhan kami tentunya terbatas juga…..

Kontak kami: Toko Mas Shakila Putra, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

6 Comments

  1. salam kicau…
    om saya mau tanya..
    apakah burung yang dimaster melalui hand phone,mp3 atau mp4 bisa membuat burung mengisi juga.??

    mohon penjelasannya om..
    terimakasih..

  2. pertanyaan saya idem ^^

  3. Asalamuallaikum Pak Haji, Salam kicau..

    Mengenai burung jalak suren untuk masteran mb, yang cocok jenis jalak suren jawa atau malaysia/kalimantan yah pak?

    Terima kasih sebelumnya

    • @Dian Setiawan, Jalak Suren Sumatra, yang warnanya di dominasi putih dan hitam itu. Tapi tidak gampang mencari Jalak Suren yang bagus untuk masteran MB, karena kebanyakan Suren itu pasti ada ngocehnya.
      Kalau bisa cari yang suaranya alasan.

      • Terima kasih banyak untuk informasinya pak, so helping..

Leave a Reply