Terus terang masih banyak Muraimania yang menganggap enteng penyakit serak ini, mungkin karena penampilan burungnya masih tetap lincah atau seperti burung yang tidak sakit saja. Tetapi secara pribadi saya, salah satu Muraimania, justru paling takut menghadapi penyakit yang satu ini. Masalahnya….meskipun suara murai tersebut terdengar seolah olah sudah normal kembali/sembuh dari seraknya tetapi kalau kita perhatikan dengan seksama yaitu ketika si murai sedang membawakan nada rendahnya masih akan tetap ada serak seraknya atau suaranya tidak lepas sama sekali seperti semula jadi jangan tertipu dengan suara teriakannya saja yang sudah kencang kembali.

Proses mengobati murai yang terkena serak ini tidak sebentar, kadang bisa membutuhkan waktu sampai satu kali mabung untuk memulihkan suaranya kembali seperti semula tetapi kalau badan kita lagi apes mungkin juga suara/volume murai kita ini tidak bisa pulih 100% seperti semula, apalagi kalau sudah sampai batuk batuk….tinggal menunggu nasib saja.

Maka dari itu usahakan sebisa mungkin agar supaya murai kita tidak sampai terserang penyakit yang satu ini, beberapa penyebabnya diantaranya :

1. Penjemuran yang berlebihan akan mengakibatkan dehidrasi, selanjutnya kondisi physik burung akan menjadi lemah sehingga rentan sekali terhadap segala serangan penyakit, diantaranya serangan virus yang bisa menyerang saluran pernafasan.

2. Pemberian kroto yang sudah basih/rusak.

3. Sirkulasi udara di ruangan tempat penyimpanan murai tidak bagus, misal terlalu panas sehingga udara di ruangan tersebut terlalu kering.

4. Kebersihan ruangan tempat penyimpanan murai tidak terjaga, misal terlalu berdebu.

5. Tidak teliti dalam mencermati udara/angin pada musim panca-roba/pergantian musim, lebih baik tidak dijemur dulu selama musim angin kencang yang dingin yang terasa tidak enak di badan kita atau cukup diangin anginkan saja di dalam rumah. Atau apabila tetap ingin mengeluarkan burung dari rumah kita bisa disiasati setelah murai kita dimandikan kemudian kita jemur tetapi dalam keadaan dikerodong, jadi udara hangatnya bisa didapat tetapi angin yang masuk bisa diminimalisirkan.

Untuk mengatasi burung murai yang sudah terkena gejala serak alangkah baiknya secepatnya saja langsung dibawa kedokter hewan terdekat yang biasa menangani penyakit burung, awas…tidak semua dokter hewan paham/biasa menangani masalah burung. Untuk pertolongan pertama bisa diambil langkah langkah sederhana diantaranya :

1. Memberikan obat serak kepada burung yang banyak dijual di toko toko burung.

2. Untuk sementara STOP dengan pemberian krotonya, jadi pemberian EF hanya jangkrik itupun yang ukurannya agak kecil saja.

3. STOP dengan penjemuran burung untuk sementara waktu, burung setiap harinya full kerodong tetapi kotoran burung harus dibersihkan setiap harinya 2 kali yaitu pagi dan sore hari.

4. Burung harus diungsikan atau disendirikan untuk menghidari burung tersebut rajin berbunyi atau usahakan bagaimana caranya agar burung tersebut tidak sering berbunyi agar supaya radang di tenggorokan atau di pita suaranya tidak menjadi semakin parah saja. Disarankan hanya sendirian tanpa burung masteran juga.

Sementara itu saja dulu share dari kami, lebih dan kurangnya silahkan tinggal menambahkannya saja…..

 

Kontak kami: Toko Mas Shakila Putra, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

115 Comments

  1. Pak Haji… kalau MB saya selalu mengangkat kakinya satu itu tanda penyakit atau normal ya ? sy sudah coba lihat di kakinya tidak ada yg bengkak.. ataukah karena tidak nyaman dengan kayu tangkringan ? Mohon saran… matur nuwun

    • @Rio, umumnya itu pertanda bahwa MB tersebut tidak dalam keadaan fit. Coba perhatikan saja salah satunya apakah memang bulunya sudah kering, tanda tanda mau ganti bulu atau jangan dijemur dulu untuk beberapa hari dan usahakan full kerodong saja sambil dipantau perkembangannya. Burung masih mau berbunyi tidak?

      • MB saya baru selesai ganti bulu 3 bulan yg lalu pak, sebelum sy pindah rumah ke malang (dr surabaya) MB sudah gacor tp sekarang cuma mau ngriwik hampir sepanjang hari cuma mau bunyi kalau pagi dalam sebulan ini, itupun cuma ngeban2 sebentar saja… bunyi ngriwik itupun dalam keadaan kaki diangkat 1.. hehe.. saya bingung harus di treatment seperti apa yg betul.. makin banyak membaca ulasan dan artikel tentang problem dan penyakit pada MB makin bingung saya pak.. :(

        • @Rio, supaya tidak menambah bingung, coba MB tersebut full kerodong saja dulu dan jangan dijemur atau dimandiin dulu. Taruh di tempat yang tenang, kalau memungkinkan ditaruh di kamar mandi dengan kran air dibuka sedikit saja. Pemberian EF, jangkrik pagi 5 ekor dan sore hari 5 ekor, kroto segar cukup 1 sendok makan saja. Kalau kerodongnya tipis lebih baik didouble saja dan meskipun di dalam rumah usahakan jangan terkena sentoran angin langsung. Kalau burung masih mau ngeriwik itu masih lumayan, jadi belum parah keadaannya, dia cuman perlu ketenangan dan istirahat saja. Apakah dulunya setelah selesai mabung sudah langsung dipelihara intensiv dengan mandi dan menjemurnya?

  2. Betul pak ketika selesai mabung dan bulu ekor jg tumbuh sempurna mandi jemur tiap 2 hari sekali plus tergantung cuaca karna d malang walopun sinar matahari panas tp angin dingin skali kalau pagi.. cuman kemarin waktu puasa rawatan agak kacau terutama pemberian pakan tp untuk mandi jemur tetap sy usahakan 2 hari skali.. (MB sy suka sekali mandi air di malang, masuk keramba lgsg nyebur pak) itu yg membuat sy berpikir MB saya ini sehat tp koq kakinya d angkat 1 dan kerjanya cm ngriwik..

    • @Rio, saya sudah menduga dari awal bahwa faktor penyebabnya adalah hanya salah rawatan saja karena burung masih mau ngeriwik. Sebetulnya rawatan setelah mabung cukup nyantai saja dulu, itu ibarat orang sih baru sembuh dari sakit jadi olahragapun hanya terbatas bahkan untuk sementara tidak olahragapun sebetulnya tidak masalah. Sangat berlebihan kalau sampai dimandikan setiap dua hari sekali terutama untuk murai yang baru saja selesai mabung. Sekarang untuk sementara full kerodong saja dulu supaya kondisinya bisa pulih kembali, bukan menakut nakutin yah tapi paling pahitnya semabungan lagi bisa pulih karena dipeliharapun tidak akan bisa mencapai Top Formnya, istilah di ayam aduan sih “pedot daging” atau “siang”.

  3. wuaduh.. baiklah kalau begitu pak, matur nuwun sekali atas sarannya.. kemudian untuk full kerodong ini apakah maksudnya sampai mabung lagi dikerodong terus tanpa dimandikan dan dijemur pak ? lalu patokan pulih itu bagaimana nggih ?

    • @Rio, iya, untuk sementara tidak usah dimandikan dulu selama 2-3 minggu apalagi dijemur dan full kerodong saja, setelah itu kita lihat perkembangannya. Ini terpaksa mulai dari awal lagi dan anggap saja seolah olah Mas Rio tidak punya burung lagi supaya tidak terasa menunggu-nungunya. Dan jangan gatelan untuk diintip-intip agar supaya burungnya bener-bener bisa istirahat full. Semoga sukses…

      • Pak Haji terima kasih banyak atas ilmunya.. akan saya terapkan smoga MB saya segera pulih.. sekali lagi matur nuwun pak… salam

  4. om mau tanya …. murai sy tiba2 kelihatan agak lesu, suaranya serak, kotoronnya pun berair dan paruhnya sering digesek-gesek ke tangkringan serta skrg jadi tidak mau makan voer, klo di beri jangkrik atau hanya dipatok2 saja tidak dimakan…..jd sy hanya los ef pake kroto…..kira2 apa yg harus sy lakukan dan obat apa yg cocok ??

    • @Doel_Halim, sudah berapa hari terserang gejala begini?

      • kurang lebih 1 minggu mas…..kira2 apa yg harus sy lakukan dan apa obat yg cocok ?????

        • @Doel_Halim, waduh agak repot yah karena katanya jangkrik sudah tidak doyan. Coba kontak saya saja langsung ke 081220072191.

  5. Mau tanya pak..murai mh saya kok akhir2 ini sering angkat kakinya ya padahal kakinya gk bengkak…itu gejala ap ya pak and cara ngobatinya gmn

  6. Pak numpang tanya, saya sekarang lagi galau mikirin MB saya, sudah 1 bulan terakhir burung tidak keluar bunyinya. Padahal 2 hari sebelum mulai bisu burung dalam keadaan fit saat di Latber. Sudah saya kasih obat Soluprim, minumnya saya kasih Larutan Penyegar (kata orang2 sih bisa menyembuhkan) tapi masih saja bisu/cenderung ngembang, apalagi kalau lihat burung sejenis. Memang dalam 1 rumah ada 2 ekor MB, 1 ekor yang dewasa (yang sekarang bisu) 1 ekor lagi baru belajar gacor. Gimana cara mengatasinya Pak Haji, bingung nih?

    • @Ahmad Mahmudi, coba murai tersebut disendirikan dulu beberapa hari atau minggu..

  7. pak sy mo tanya nih,2 hari yg lalu sy beli MB jenis jambi.suaranya ko ngeriwik trs ya?apa emg karakter MB jambi seperti itu atau ada penyebab lain??tlg di bantu pa,thx sblmnya

    • @Tantan, kalau masih dua hari yah harap dimaklumi saja, masih perlu adaptasi beberapa hari.

  8. kalo utk karakter nya MB jambi ngerol ga & klo misal kan masih ngeriwik terus bgaimana cara mengatasinya,thx

    • @Tantan, dari semua wilayah pasti ada MB yang bagusnya, begitu juga dengan MB Jambi. Mengatasinya hanyalah dengan kesabaran, merawat MB untuk bisa menjadi moncer tidak bisa instant.

  9. pak. haji maf ni saya boleh call gk?? saya ingin pencerahhannya dari pak haji,terima kasih.

  10. pak,saya mo tanya,saya pnya MB lampung ring raja,tapi dia pnya kuku beda warna ( kuku anjing ) apa benar burung yg berkuku beda mentalnya tdk bagus dan ekornya pecah2 bagaimana mengatasinya pa.tksh

    • @Masri, terus terang saya sendiri belum pernah memiliki MB yang berkuku anjing atau boleh dibilang lebih baik dihindari. Ditunggu mabung lagi saja, kemudian dipindah ke sangkar kotak atau bentuk persegi yang agak besaran.

  11. pak saya mau tanya,,, saya kan puna MB hutan udah 2 minggu sch drumah… gmna ea pak cara na biar MB saya bisa makan voer,,, MB na sch kalo dikash ulet ma kroto ga mau… mau na jangkrik yg idup,,, bagaimana ea pak…
    makash ea pak…………….

    • @Kopok, sederhana saja. Voor ditumbuk halus, kemudian jangkriknya diletakan didalam cepuk voor tersebut. Memang ada burung yang cepat mau makan voor tetapi ada juga yang agak lama. Semuanya hanya perlu kesabaran saja.

  12. trimakasih pak atas informasi yg sudah di share..

  13. permisi numpang tanya om
    saya mempunyai MB,waktu saya membelinya suaranya uda tipis bahkan kecil sekali, sekarang MB saya lagi mabung
    bagimana om agar MB saya dapat bersuara dengan dengan keras.
    mohon bantuannya
    terimakasih.

    • @Mukhlis, Mengapa sdh tahu suaranya begitu msh dibeli??? Kan yang suaranya normal msh bnyk,ya udh gak pa-2 unt pengalaman. Kebetulan sekrng lg mabung kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti setelah mabung. Umumnya MB selama mabung suaranya mengecil bahkan ada yang terdengar agak serak tetapi nanti jg menjd normal kembali. Jika awalnya MB Om memang ada gejala serak InsyaAllah setlh selesai mabung ini bisa mendekati/menjd normal kembali. Tidak perlu diapa-apakan yah, untuk sementara kroto distop total dulu. Menu kroto unt sementara bisa digantikan dengan jangkrik tetapi selama therapie ini pilihlah jangkrik yg ukurannya agak kecil-kecil.

  14. salam kenal om…
    MB saya yg baru selesai mabung suaranya serak dan batuk2, sudah saya coba therapy dengan larutan penyegar selama 4 hari kemudian saya coba dengan siladek (untuk batuk berdahak) selama 5 hari lalu saya berikan anti biotik + b-combion selama 5 hari tapi belum sembuh juga
    mohon pencerahannya om…
    terima kasih

    • @Fikar, umumnya MB yang baru saja selesai mabung PASTI suaranya agak serak atau mengecil, salah satu penyebabnya adlh krn kondisi MB selama mabung ngedrop, kurang mengenal matahari krn difull kerodong selama mabung, jg krn pengaruh amoniak dr kotoran burung yg sengaja jarang dibersihkan selama MB mabung dll.

      Tetapi kalau sampai batuk-batuk itu masalah lain lagi, Anda yakin disertai batuk-batuk?

      • Terimakasih om atas tanggapannya…
        menurut penglihatan saya yg masih pemula ini, sepertinya batuk2 om
        karena pd saat bunyi khik… khik… saya perhatikan dr hidungnya tdk mengeluarkan cairan atau lendir, dan juga tdk pernah membuka paruh atau mangap (sesak nafas).
        makannya juga masih lahap om… cuma kalau dikasih jangkrik kelihatannya agak susah ditelan (jangkrik yg agak kecil).
        atau mungkin ini cuma cegukan aja om
        mohon bantuan bagaimana therapy yg sebaiknya saya lakukan om ???
        besok kalau bisa saya coba rekam videonya, dan semoga saja tdk merepotkan dan mengganggu waktunya om…
        Terimakasih

        • @Fikar, gini saja…telpon saya langsung ke081220072191.

          • salam kenal om….mau nanya ne….Murai Batu saya ciri-ciri seraknya sama seperti murai batu om fikar pak haji….bagaimana solusinya om?

  15. Pak haji,sya beli MB MH,brung udah jinak sama orang g takut,mkan juga lahap di kasih jangkrik lgsung datengin.brung sehat,aktifan nangkring trus.tp ko suara kretekanya kecil ya bahkan g pernah muncul.knpa ya apa pita suaranya kena ya,pengananya gmn pak?mksih

    • @Yudi, kretekannya semenjak awal begitu atau gimana? Apakah siMB sdh mengeluarkan suara ngeriwik bahkan ngeplongnya? Perlu dipahami, MB dengan kretekan yang kenceng PASTI volumenya kenceng tetapi MB yang kretekannya pelan BELUM TENTU volumenya pelan juga. Jadi kalau memang baawan suara kretekannya begitu jgn berkecil hati.

  16. Murai batu saya sama kayak punya om fikar pak haji…..gimana ya solusinya biar bisa normal kembali?

  17. salam kenal om, mau nanya…..murai batu saya suaranya serak dan sering bersin-bersin siaranya kayak khik…khik….khik…..apa ya penyebabnya dan bagaimana penanganannya om? terima kasih atas masukannya

    • @Fatriadi Hamid, langkah pertama full kerodong, stop dg kroto, jgn dimandikan atau dijemur dl, pemberian Super N sesuai aturan. Langkah selanjutnya telpon sy langsung saja yah.

  18. Saya dapat br 1 mgg lebih dari awl dpt emng bgtu,brng blm ngriwik/ ngplong,brng msh ada trotolny di syap.apa krn bwaan trotl y?sy tgg pncerahannya,trus bgmn penanganannya?mksih

    • @Yudi, ya sudah disabarin dulu saja apalg itu baru 1 minggu. Memelihara MB tidak bisa instan maka dari itu MB jadi mahal harganya aplg yang sudah berprestasi. Untuk sementara dibuka kerodongnya separoh dulu dan bertahap saja. Telpon sy lngsung saja deh soalnya kalau dijelaskan ditulis disini akan terlalu panjang.

  19. Salam pak,saya mau nanya soal MB yg lagi mabung perdana (bulu trotol)…apakah harus diberi perawatan mabung (full kerodong, dan ga dijemur apalagi dimandikan)….karena cenderung seperti nyulam. Thank you atas waktu nya pak

    • @William, salam jg…betul, lbh baik full kerodong saja dulu sambil dimaster full. Mksdnya full kerodong adlh tdk lain spy siburung mendpt rasa nyaman dan aman sehingga diharapkan proses mabungnya lbh cepat dan sempurna.

  20. Assalamualaikum Pak Haji,,
    Saya punya murai batu dirumah kebetulan posisi lagi dorong ekor dsini muncul permasalahan suaranya tiba2 serak dan seperti batuk2 berat sekali waktu ngluarin suara kecil tpi klo ngeplong keras masih bisa beberapa hari kemarin saya kasih minyak ikan yng saya oleskan ke jangkrik apakah seraknya karena itu atau karena yang lain Pak? mohon dengan amat sangat Pak Haji sarannya saya kuatir banget..

    Salam

    • @Callid, full kerodong, stop dg kroto, gunakan larutan cap kaki tiga dg dicampur Super N sesuai aturan. Lain kali kalau mau memberikan vit atau apaun yg bersifat cairan lbh baik disuntikan keperut jangkriknya, lebih efisien dan tidak mengganggu selera makan siburung atau hanya sedikit mengganggu. Semoga cepet sembuh…

      • Terimakasih atas sarannya Pak Haji akan segera saya praktekkan dirumah.

        Salam

  21. ass. salam kenal pak haji mohon pencerahannya, bagaimana treatment MB MH yg ngriwik supaya cepat ngemplong? trm ksh.

    • @Agus, kalau mau jujur, sebetulnya tinggal menunggu waktu saja. Jika MBnya bagus pasti akan cepet ngeplong juga kok meskipun tidak diapa-apain. Bisa sih ditune sedikit, misalkan dikasih kroto diatas takeran standard atau ulet Hkg agak banyakan tapi terus kalau sudah ngeplong memeang mau langsung dilombain??? Tidak mungkin toh???
      Jadi biarkan berjalan alami saja, kalau siMB MH itu sdh merasa nyaman dg lingkungan barunya dijamin akan rajin ngeplong kok. Perlu diingat bermain MB MH tidak bs instan makanya MB yg sdh jadi harganya tentunya relativ mahal.

  22. pak haji maaf saya pemula didunia murai lom lama saya beli murai MH kok selang waktu 5 hari sayap murai saya turun sebelah yach tuch knp waktu beli’a sehat mohon petunjuk’a….

    • @Adhi, kalau mbnya msh liar kemungkinan dia nabrak2 sangkarnya. Nah biasanya sayapnya masuk diantara jeruji sangkarnya kemudian ditarik paksa oleh siburungnya sendiri tanpa sepengetahuan pemiliknya dikarenakan burungnya msh liar.

  23. Pak saya mau nanya,murai saya di gantung di teras rumah ,karna tebatas nya ruangan
    Di rumah kakak saya,pagi siang mau pun malam tdk pernah di pindahkan tapi klau
    Malam hri pasti full kerobong,pagi dibuka kembali
    Klu pagi hari kena matahari langsng kra-kra nyampe jam11 kurang keadaan
    keadaan bulu udh tua ekor udah nyesir tapi ngak mau rontok,burung udh rajin
    bunyi,atas penjelasa say tadi bermasalah ngak terhadap murai saya.
    Terima kasih atas penjelasanya.

    • @Uchok, sebetulnya kurang baik. Lebih baik ditaruh didalam saja, yang bermasalah dipagi hari karena setiap pagi burung terkena panas rutin sampai jam 11.an kurang. Kondisi burung setiap harinya tidak selalu fit, kita menjemur burung juga setiap harinya tidak pakai waktu tertentu, semuanya tergantung kondisi burung dihari itunya.

  24. Asslkm.Pa Haji saya pemula kebetulan saya kemarin beli murai dalam kondisi kurang fit(nangkring agak sempoyongan)sayap agak turun apa yg harus saya lakukan agar murai bisa sehat kembali.
    Sementara ini saya rawat ful krodong dan ful kroto nerusin dari pemilik pertama karena kata pemilik pertama tadinya murai udah gak mau nangkring nyungsup dibawah skrg di ful serangga baru mau nangkring kembali walaupun msh sempoyongan

  25. pak saya mau tanya, setelah mabung mb saya suaranya jadi gak variatif lagi, terdengar cuma kokk, kokk,, kretekanya tetap tapi. kronologisnya dari awal mabung ampe selesai berbarengan dengan rehap rumah, awalnya saya kira cuma infeksi sal pernfs, hidungnya pun terlihat ada yang menyumpal, jadi saya korek2, dan memang ada yang mentup jalur pernafasan di hidungnya. saya beri obat antibiotk su***N hampir 1 bulan, tp suaranya tetap aja kayak suara ayam gitu, padahal burung masteran banyak dirumah. kira2 kenapa ya pak mb saya, salah master, infeksi atau kenapa ya pak?! tks sebelumnya atas perhatian dan bantuanya.

  26. Permisi pak mau tanya. Saya punya MB dan Kacer. saya taro di belakang rumah say membakar sampah kebetulan asap nya banyak. kacer saya mati dan MB saya masih hidup tetapi suara nya mengecil. apakah suara MB saya masih bisa kembali normal seperti biasa…

    • @Abdul, kalau infeksinya tidak terlalu parah masih bisa sembuh tetapi agak lama, kemungkinan semabungan.

  27. mohon pencerahanya pak…mb sya klo d trek suaranya kecil tpi mainya ngotot dan stabil d tangkringan..padahl klo d rumah suara full

    • @Muray Enda, harusnya terbalik yah, jd kalau dirumah suaranya biasa/pelan tetapi kalau lihat musuh yah harusnya lebih kenceng lagi karena ngotot itu. Dan kalau ada gejala serak biasanya pada suara tinggi tidak akan terdengar seraknya.
      Kemungkinan suara burung tersebut memang standard, jd kalau didalam ruangan suara burung akan terdengar lebih kenceng tetapi diruangan terbuka apalagi di lapangan terbuka akan terdengar lebih pelan. Coba perhatikan nada rendah siburung ketika mengeluarkan suara, kalau ada seraknya pasti akan terdengar.

  28. murai sy persis spt yg dikatakan pak Haji, serak tak terdengar utk suara rendah, ttp kenceng dgn suara tinggi. waktu pertama kali seraknya ada sdkt suara spt ngik kayak batuk.. sy stop jemur, full kroto tanpa jangkrik, plus sy kasih obat soluprim (obat serak) lbh krg seminggu dan batuknya hilang. 1 minggu kemudian sy kasih cacing pagi 2 d sore 2 pcs, tetap stop jemur, dan lumayan suara jd lbh keras, cmn suara rendah tdk terdengar. sampe sekrg sdh berjalan lbh krg 8 bln seraknya masih ada dan sempat mabung tuntas, ttp msh serak juga. mohon solusinya pak . Catatan : obat serak & antibiotik sdh byk yg sy coba : tetrachlor, soluprim dsb…

    • @Iwan, silahkan kontak langsung saya saja. Banyak yang memganggap enteng penyakit serak ini, jadi sewaktu siburung teriak kenceng seakan-akan normal tetapi jika burung ini ada penyakit seraknya dijamin tidak akan bisa membawakan nada rendah dengan sempurna.
      Ini pertanda belum sembuh 100%, jika dibiarkan terus akan menjadi kronis.

      • ass.wr.wb. maaf pak mengganggu… sy mau tanya mb sy seperti bapak iwan suaranya serak…. sy momong sudah sekitar 6 bulan waktu 3 bulan pertama sempat serak dan sy gurah sempat hilang seraknya tapi setelah sebulan berikutnya kembali serak lalu sy coba gurah kembali tetapi tidak sembuh …. sekarang lg habis mabung sedang proses dorong ekor… kalau ngeriwik tidak terdengar serak tapi pas ngeplong baru terdengar serak…sudah berbagai macam obat antibiotik sampai air rebusan kunyit dan jahe …

        • @Jibril, optimis saja. MB selama proses mabung dan sebulan setelah selesai mabung biasanya memang menjd serak karena beberapa faktor diantaranya, karena MB yg sedang mabung kondisiya kan memang lg ngedrop, pengaruh amoniak dari kotorannya sendiri yg biasanya selama proses mabung sangkar lebih jarang dibersihkan dan selalu full kerodong.
          Coba nanti pantau kembali setelah MB tersebut sudah mulai dirawat intensiv lagi, kalau memang masih ada seraknya silahkan telpon sy.

  29. pak haji saya mau tanya GIMANA caranya mengatasi burung mb yang nyekrukuk.ngantuk dan gak mau mkn.tolong bantuanya

    • @Azis, mudah mudahan smsan kita tadi bisa membantu. Amin…Jgn lupa bnyk doa juga karena tanpa uluran tanganNYA semuanya mustahil.

  30. tadi abis telepon pak haji, perkenalkan diri trus curhat soal MB saya yg sakit.
    makasih ya pak haji.. udah luangkan waktu buat saya curhat dan membantu permasalahan burung saya, sementara MB saya full kerodong, stop mandi dan stop kroto, EF jangrik yg tdk terlalu besar.
    mohon doanya, pak …
    trims

    • @Surya Irawan ( Palembang ), Amin…semoga cepet sembuh.

  31. Trims pak atas waktu dan pemecahan yg sdh diberikan utk saya hari ini, sesuai arahan bapak via telp, murai yg sdh 8 bln serak ini sy krodong dan kasih obat sesuai anjuran bapak. Perkembangannya akan sy info ke Bapak. Salam dr Palembang.

  32. pak MB saya di awalny sangat bagus dgn segala isian sudah ada…
    di watu saya beri EF kroto dan penjemuran, suaranya sudah mulai serak..
    nah gmn solusinya MB saya tidak serak lg kecuali pengobatan ke dokter hewan.
    apakah ada obat yg alami..
    karena di daerah sayah tidak ada dokter hewan.

    • @Rudy Alamsyah, silahkan telpon sy langsung ke081220072191.

  33. mau nanya om gmn cara mengatasi mb sy klu di siang hari suaranya serak sedangkan di malam hari suaranya bagus…. tq om

  34. Pak haji… saya mo nanya ni… saya pemula hobby burung…. saya baru beli mb 1bulan yg lalu.. semejak beli ampe sekarang mb saya tidak berbunyi tapi ada suara keretekannya dan kaki yg 1nya sering diangkat karena dikit bengkak… bagaimana supaya mb saya bisa bunyi dan normal ya… tolong pencerahannya ya pak haji…. thx

    • @Jhony, hampir semua pemilik burung menginginkan burungnya cepat bunyi Om Jhony. Kalau kitanya beli yang masih bahan/bakalan bagaimanapun jg butuh proses, ada yang cepat bunyi tapi ada juga yang agak lambat. Yang penting jangan gampang putus asa, dirawat baik2 dan intensiv saja. Kalau kaki burung diangkat satu masih wajar2 saja, belum tentu sedang sakit, yang penting tidak ada ganguan dengan selera makannya. Semoga sukses…

  35. Pak haji saya mau tny.. kenapa MB saya kok serak y suaranya?? ud 2 hari ini seraknya.. tp mb bunyi terus tiap hari wlpun di krodong.. bagi tipsnya donk pak haji buat ngilangi seraknya

  36. Pak haji saya mau tanyani…. apa penyebab Mb saya kok tiba2 copot 2 bulu ekornya yang panjang padahal baru siap mambung sekitar 2 blanan dan gimana tu solusinya? maaf beribu maaf kalo ada kata2 saya ada yang salah maklum baru pemula

    • @Julianto, hal seperti itu bisa terjadi pada siapapun juga. Salah satu penyebabnya adalah faktor cuaca, misal yang awalnya udara panas tiba2 datang musim hujan atau sebaliknya, jadi metabolisme burung terganggu atau bahasa burungnya NYULAM. Bisa juga sebelum mabung terlalu banyak mengkonsumsi obat2an tertentu. Tetapi dominan karena faktor cuaca.

  37. salam kenal om
    om saya punyak mb mb saya itu sering kali kayak ngelamun gth terus disaat di tangkringan tidak gagah yg ada ngungkruk dan sering kali dia muntah yg di muntah kan nya itu sejenis kotoran yg membeku

    • @Rio, itu masih wajar dan memang begitulah dengan murai, itu istilahnya serpahan. Tidak usah khawatir.

  38. yang aneh nya lagi kalok bunyi pagi hari dan malam hari bila ada orang tidak berbunyi solusi nya bagai mana om

    • @Rio, itu berarti mentalnya belum mapan.

    • serpahan itu apa om maklum om masih pembelajaran dan tolong om kasih penjelasan mengobati katarak dengan melatih mental mb saya om dan

  39. bagaimana solusi nya om dan saya mintak tolong kasih penjelasan muray yg buta dan katarak ciri ciri nya seperti apa

  40. Pak haji, numpang tanya donk, saya ada mb, suaranya mengecil, kadang2 masih keluarin suara kenceng cma ttp ga sekenceng biasanya.. Tapi seharian masih aja gacor abis, kira2 knp ya pak haji?
    Dan ya mau tanya juga, mb saya klo diperdengarkan suara rekaman mb lain knp hanya diam saja mematung ya? Tapi di lapang mau fight..
    Thanks pak haji :)

  41. boleh minta info gak ya, saya punya MB yg serak, mohon info obat dan cara mengatasinya, terima kasih

    • @I Made Bali Timur, kan sdh ada kami ulas di artikelnya. Kalau masih kurang jelas silahkan telpon langsung saja.

      • Ass,pak mohon sarannya murai batu saya baru beres mabung baru dorong ekor,5hari ini kl bunyi kayak ada batuk 2 atau kyk cegukan volume nya jg nggak spt sebelumnya,gmn solusinya biar bisa normal spt semula ya pak.terimakasih banyak sebelumnya pak

  42. selamat malam,…saya baru beli murai batu 2 minggu yg lalu. MB saya bodinya sangat proporsional, kretekannya sangat keras dan sangat aktif. kalau liat gerakan sedikit aja langsung nyentak2 sambil mengeluarkan suara kretekannya.
    tapi sayangnya tdk mau berkicau. biasanya hanya mengeluarkan suara ngeriwik yang keras seperti suara ayam betina atau seperti suaran burung jalak

  43. mlm om…saya mau nanya saya punya mb black jack…setinga untuk lomba ef.nya kyak gimana? trus supaya murai ngotot dan ngeplay di beri obat apa…?

  44. assalamuallaikum pak,haji ,,,maaf menganggu mau nanya ni,muaray saya hialng suaranya nga seperti biasanya dah gitu terdengar suara klic-clik ,bukan suara ketrekanya,tp kl saya cermati hidungnya kering nga ada ledir,gimana solusinya pak,haji mohon bantuanya,,,wassalamuallaikum,,

    • @Sirbudi, itu pertanda terserang Snot. Coba untuk obat-obatannya share dg Om Duto omkicau.com.

  45. assalamuallaikum,,,maaf saya curhat lg pa,haji ,mau jelasin muray saya akir-akir ini suaranya dah agak mendingan/muali ngriwik2 lg,tp masih ada suara kaya cegukan gitu lho,pa,haji makan normal,minum sya ganti full larutan,trus kasih obt S****N,maaf ditempat saya susah mencari produk om,duto,pa,haji,apa yg mesti sya perbuat pa,haji agar muray saya bisa normal kembali ,makasih atas respon /pencerahanya.makasih banyak,wassalam,,,,,

    • @Sirbudi, coba saja pesan via telpon ke Om Duto, pasti akan di layani kok.

  46. assalamuallaikum,,,maaf saya curhat pa,haji burung mbku kok belum bunyi ya? apa bener jenis kelaminnya cewek? katanya dulu belinya kata penangkarnya laki2 , ciri2 mb cewek itu gimana pak Haji? mbku sekarang sekitar umur 7 bulan abis ganti bulu trotol ,makasih Pak Hji atas respon /pencerahanya.makasih banyak,wassalam,,,,

  47. assalamu’alaikum…..maaf pak haji numpang tanya nih…….saya pemula lg edisi galau nih kmrn muarai saya pas lagi dorong ekor kena tetelo….tp sekarang alhamdulillah dah sehat kimbali…tp yg bikin saya agak galau tuh ekor tumbuhnya gak rapi kayak sebelum ngurak…apa karena pas wktu dorong ekor kena tetelo itu ya….dan bs kembali rapi gak ekor murai saya……trmksh atas pencerahannya….wassalamu’alaikum….

    • @Hasan, mungkin waktu terserang Tetelo si burung biasanya jungkir balik, jadi ekornya pada berantakan. Yang jelas nanti pada mabung berikutnya pasti akan kembali rapih lagi.

  48. ya nanti sya,coba pa,haji,sya ,kl sya mau bli lgs daerah tangerang dimana p.haji ??? makasih sblnya,,,,

  49. Assalamualaikum pak haji., mau tanya pak haji, kalau murai batu suka ngangkat kaki sebelah kenapa ya pak trus apakah murai batu trotolan untuk perawatan nya harus full krodong?. Mohon pencerahaan nya pak. Maklum pemula
    terima kasih pak haji

    • @Iyun, kondisi burung tdak 100%.
      Tidak harus full kerodong, tergantung karakter burungnya.

  50. Untuk pemasteran melalui Mp3, waktu sebaiknya kapan pak???? Ada yg bilang 24 jam

    • @Iyun, jujur sampai hari ini saya hanya pake burung ASLI saja, jadi saya tidak mempunyai pengalaman dg MP3 dan sejenisnya.

  51. ass pak haji,saya mau tanya burung murai kalau dari jaringan bagus ga?

    • @Redo Octama, pasti ada yg bagus juga, tergantung milik badan/rejeki kita saja.

  52. Assalamualaikum pak haji., saya mau tanya.
    Kenapa murai trotolan saya suka mencabut bulu sayap sampai putus dan memakan nya trus bagaimana cara perawatan nya sehingga murai batu trotolan saya bisa normal kembali.
    Mohon pendapat dan masukan nya pak haji. Terima kasih

    • @Iyun, silahkan cari artikel tentang ini di website kami ini.

  53. ass pak haji, saya punya MB kalau pertama2 bunyi suranya bagus,tp sekitar 5 menit ngeplay suaranya serak dan gak mau bunyi lagi..mohon masukanya…

  54. ass pak haji,saya mau nanya madah2an ada solusinya.sy punya mb dah sy pelihara dari trotol smp sekarang usianya dah 1,5 th.yg saya tanyakan kenapa mb saya suaranya pelan ga ngotot kebanyakan ngriwik aja trus agak serak.mb saya memang terlalu jinak dan galak juga.apa kira2 solusinya pa aji biar mb saya suaranya bisa ngemplong,mohon tipnya pa haji.sebelumnya saya ucapkan banyak trimakash.Gun TSM.

    • @GUN TSM, umumnya MB yg terlalu jinak kebanyakan ngriwik melulu, karena dia kepingin berinterksi dg kita manusia. Kalau memang ad gejala serak, silahkan coba dg solusi pada artikel kami yg sesuai dg kebutuhan.

  55. Omm burung sy lg bunyi ngik2 saat bernafas..kdang2 jg bersin2..gmana tips ny??trimss..

    • @Avian Habibi, itu semacam kena senot atau juga radang saluran pernafasan.

  56. Pak numpang tanya kalau murai diadu pada awalnya ngebetmen sambil mulut menganga setelah dua menit kemudian baru main apa solusinya pak..mohon pencerahannya pak. Trmkash

    • @Jhoni Indra, kalau akhirnya MBnya tampil maksimal, atau bahkan sampai meraih nominasi yah gak usah dirisaukan lagi lah Om.

  57. Jadi gmana solusinya pak biar awal2 digantang gk ngelowo? Mohon solusinya pak. Trmksh

Leave a Reply