RONTEK ini kami peroleh dari seorang kerabat di JAKARTA yang memang sering bolak balik ke MEDAN, saat itu kami menerima RONTEK dalam keadaan tanpa ekor diakhir tahun 2010. Ekornya copot dalam penerbangan dari Medan ke Jakarta tetapi meskipun tanpa ekor siRontek ini tetap masih kelihatan gagah dan sangar dikarenakan bentuk kepalanya yang cepak rata sama dengan paruhnya. Disamping itu berkumis tebal seperti Abang Jampang (foto nomer tiga dari atas dan paling bawah).

Kala itu kami sangat terpesona dengan tembakan cililinnya yang panjang dan dilanjutkan dengan tembakan lovebird, typikal suaranya tajam dan speednya rapat. Kami sempat bertanya apakah murai ini di daerah asalnya sana pernah berprestasi???.

“Walaaah…yang penting mental, volume dan isian burungnya dulu”, dijawabnya dengan sinis. “Ok, kalau mau berprestasi saya pelihara 4 bulan dulu sambil menunggu ekornya normal kembali dan setelah itu akan saya lombakan, tetapi nanti harga sesuai dengan harga pasaran di lapangan” katanya lagi agak sewot. He…he, bukan rahasia umum lagi bahwa harga MB di lapangan akan sangat fluktuativ. Karena sudah jatuh cinta sejak pandangan pertama akhirnya kami bungkus cepat cepat saja tuh MB, takut pemiliknya berubah pikiran lagi.

Seperti ada motto, “Janganlah membeli MB Juara tapi belilah MB Berkualitas!!!!”. Ternyata kalau direnungkan memang artinya sangat sangat luas dan sampai hari ini kita pegang teguh pedoman tersebut.

Diminggu pertama di rumah kami Rontek ini hanya ngeriwik saja, setelah satu mingu istirahat baru dia unjuk gigi dimana setiap dia mendengar suara MB lain maka dia akan membalasnya spontan. Terus terang waktu itu saya kerepotan karena ulahnya, akhirnya saya putuskan untuk membawa Rontek yang tanpa ekor ini ke penangkaran kami agar supaya tidak menggangu MB-2 muda lainnya.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

6 Comments

  1. Mantap sekali pak haji gaya tongkrongan nya.

    • @Victor, yah begitulah kira kira Mas Victor, hampir sama dengan penampilan anaknya yang pernah kami posting tempo lalu.

  2. Ini dia indukan dari ring SKL 466… like father like son…

  3. Bos mb ring akan kalah sama mb hutan

    • @Akia, kalah dan menang hal yang sangat LUMRAH dalam suatu lomba burung. Jika tidak siap menghadapi kenyataan yah lebih baik jangan nimbrung le lomba kan? Sangat sederhana dan simple sekali bukan? He…he.

  4. @akia ada contoh mb hutan yang pernah lomba dan menang? tolong infonya dong penasaran ingin liat profile dan suaranya nih, ditunggu ya…..thx

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>