Trotolan ini saudara kembaran (sekandung) anakan Rontek lainnya SKL 466 yang tempo lalu pernah kita tampilkan, perbedaannya postur badannya yang ini lebih kecil. Awalnya generasinya ini berjumlah 4 ekor sehingga untuk mengurangi risiko kematian anakannya kita ambil 2 ekor dari sarangnya diusia 8 hari untuk kemudian diloloh oleh kita manusia, sedangkan sisanya yang 2 ekor kita tinggalkan untuk diloloh oleh indukannya.

Ternyata setelah beberapa hari anakan 2 ekor yang kita loloh itu tewas semua, kemungkinan saat itu sedang terjadi perubahan cuaca dan faktor lainnya adalah saat itu krotopun sangat sulit didapat sehingga kita agak kesulitan  untuk membuat makanan racikan untuk meloloh siburung.

Burung ini adalah sebagai pengganti burung indenan seseorang yang tewas juga sebelum burung indenanya kami kirimkan, yah begitulah risikonya jika kita bermain dengan barang bernyawa. Burung ini sangat-sangat aktiv karena selama ini kami liarkan disalah satu kandang ternak milik kami.

Perhatikan saja disekitar kepalanya mulai dari paruh, sorot matanya yang galak dan bentuk kepalanya yang mirip bapaknya. Trotolan ini menyandang ring SKL 246 warna merah pada kaki sebelah kanannya, sedangkan pada kaki sebelah kirinya kami pasangi ring warna hijau dan burung ini sudah menjadi milik seorang Hobis dari Kota Bekasi.

 

Kontak kami: Toko Mas Shakila Putra, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. terima kasih pak haji….

Leave a Reply