Sebetulnya sudah banyak orang yang menulis artikel yang bertajuk seputar menangkarkan murai batu, semuanya sudah diulas dengan bagus dan jelas jadi SKL BF hanya memberikan support tambahan saja, diantaranya :

1. Jangan gampang putus asa, misal keduanya tidak mau jodoh-jodoh ya tinggal diperpanjang saja proses penjodohannya jadi tinggal adu kuat saja antara kita penangkarnya dan burungnya, burung juga kayak kita menusia yang PASTI kapan-kapan datang masa birahinya. Tapi kita juga harus berusaha agar supaya siburung bisa cepat menjadi birahi misal dengan pemberian makanan yang cukup, yang kaya akan protein.

Sebagai contoh kita tingkatkan kualitas makanan untuk jangkriknya misal dengan pemberian kecambah/tokol atau tahu putih yang sudah diblender atau kacang hijau yang sudah diblender dan sebagainya.

Sediakan Ekstra Fooding lainnya yang cukup sebagai alternativ, misal ulet Hongkong, kroto. Dari pengalaman kami yang terbaik adalah belalang hijau yang belum/tidak ada sayapnya, kalau ternyata kita dapatkan yang ada sayapnya ya tinggal kita buang saja sayapnya. Belalang hijau ini memang datangnya musiman. Intinya si burung kita beri makanan yang berkualitas.

Bisa kita tambahkan vitamin-vitamin yang tersedia di toko-toko burung atau dari produk omkicau atau apapun mereknya.

2. Jika setelah segala upaya diatas sudah kita jalani siburung tetap tidak mau jodoh juga ya tinggal kita ganti saja betinanya, mungkin menurut murai jantannya murai betina yang kita tawarkan itu kurang menarik. Memang hal yang lumrah jika kita sebagai penangkar, khususnya murai batu, harus memakai ratio perbandinngan untuk seekor murai jantan kita siapkan minimal dua ekor murai betina dimana yang seekornya duduk dibangku cadangan kalau-kalau sijantannya tidak suka dengan murai betina yang pertama.

3. Jangan terlalu senang jika kapan-kapan murainya itu telah bertelur, menurut pengalaman kami biasanya telur pertama itu banyak gagalnya bahkan bisa juga dengan telur-telur berikutnya. Kita harus siap mental dulu dengan kemungkinan yang paling pahitnya tetapi jika telur pertama sudah berhasil menetas ya Syukur Alhamdulillah kan…

4. Dari awal kita harus tahu dan sadar bahwa menangkar murai itu adalah salah satu bentuk kesenangan saja jadi bukan sebagai mata pencaharian kita atau bahasa pokrolnya usaha sambilan gitu lho karena banyak sekali hal-hal yang tidak terduga yang bisa terjadi terutama yang membikin hati kita kecewa, tentunya banyak juga yang bisa bikin kita bahagia tetapi tidak perlu kita ulas karena yang terpenting dalam hidup ini adalah kita harus bisa tanggap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terpahit.

Kalau ternyata sampai telur keempat bahkan kelima tetap gagal juga ya kita bongkar lagi saja pasangannya tetapi jangan sekali-sekali menganggap usaha kita ini gagal karena setidaknya kita telah mendapat pengalaman meskipun pengalaman pahit, yah kita syukuri saja lah??? Kita mulai dari awal lagi dengan proses menjodohkan tetapi sekarang kita sudah bertambah pengalaman dengan pengalaman pahit sebelumnya, yah kita pakai pengalaman itu sebagai studi banding. Disini baru terasa seninya menangkar yaitu bongkar pasang indukan persis sama seperti jika kita nyetel atau ngeTune Up motor/mobil untuk racing.

Mohon maaf sebelumnya…sebetulnya ini yaitu proses mulai dari menjodohkan sampai membuat simurai kawin, bertelur dan menetas adalah tahapan-tahapan yang masih gampang karena burung murai itu mahluk hidup seperti kita juga yang kapan-kapan mempunyai kebutuhan biologisnya dan ingin membentuk keluarga sakinah, mawadah warrohmah, nalar semua mahluk hidup. He…he. Jadi jangan kagum dengan melihat murai kawin, bertelur dan terakhir telurnya menetas, itu semuanya hanya proses alami saja.

Tahapan yang susahnya kita share dilain kesempatan supaya jangan bosan membacanya, to be continued…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

31 Comments

  1. hmm…
    jadi termotivasi dan tambah bekal nih..

    • @Ugik, wah Norman Jr jadi ditangkarkan?

      • blm pak haji…mnunggu cukup umur dulu, sambil menunggu mapan nya juga….sesuai saran pak haji

      • blm pak haji…msh menunngu cukup umur, dan mapan nya juga,
        sesuai saran pak haji….

  2. Pak Haji. Mau tanya, klo mb dkasih makan laron (tau ga ya) gmn? Musim hujan kan banyak laron.., trmkasih ilmunya!!!

    • @Jibi, jangan memberikan makanan yang macam macam untuk murai batu, misalnya kalau nanti simurai batu tersebut doyan makan laron/ketagihan laron terus bagaimana usaha kita nanti untuk mendapatkan laron jika lagi tidak musim laron???? He…he.

  3. Super sekali om…saya menangkap poin pentingnya : Sabar dan Kesenangan
    sabar…mudah diuca[pkan tapi praktiknya sulit dilakukan secara konsisten
    sementara, kesenangan (hobi) yang menghasilkan tentu lebih baik, hehehe…sebab kalau orientasinya melulu untung-rugi, kalau tidak kunjung berhasil malah stress, hehehe

  4. Selamat malam Pak Haji.. saya mau nanya dan curhat ke Pak Haji.
    Saya punya murai betina umur -/+ 1 tahun dan murai jantan umur -/+ 1,5 tahun, sepasang murai saya sudah mulai jodoh setelah hampir 2 bulan lebih, tapi buat saya gak masalah.. karena saya pakai wejangan dari Pak Haji SABAR. (Slow but sure) hehehe…
    Tapi dibalik itu ada pembelajaran yang saya dapatkan yang tidak bisa saya dapatkan selain praktek langsung.. hehehe
    Sekarang saya ada kendala yang mana murai betina saat bertelor, koq berdiri ditangkringan dan telornya pun akhirnya jatuh ke dasar kandang yang akhirnya pecah, dan setelah jatuh dan pecah telornya langsung dimakan oleh murai jantan.
    Saya saat melihat kejadian itu langsung mengusir murai jantan dan mengambil sisa telur yang pecah dan membuangnya, dengan alasan saya kuatir si murai jantan akan kebiasaan memakan telornya sendiri nantinya bila suatu hari nanti si murai betina mau bertelur di sarangnya. (Ngarep.com)
    pertanyaan saya :
    1. Mengapa murai betina bertelur sembarangan ?
    2. Mengapa murai jantan langsung memakan telor yang pecah tadi ?
    Mohon info dan petunjuk dari Pak Haji yang sudah mumpuni dalam urusan berternak murai.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Dan mohon maaf kalau curhatnya kepanjangan.

    • @Tristanto, kemungkinan si betina belum berpengalaman dalam hal membina sebuah keluarga. Kemungkinan lain telur tersebut tidak dibuahin oleh pejantannya sehingga si bety tahu jikalau diangremipun tetap saja tidak akan jadi, sehingga telurnya dibuang begitu saja. Praduga yg paling ekstrem adalah, dia mempunyai karakter yg jelek.
      Setiap burung itu membutuhkan kalsium, kulit telur itu termasuk yg banyak mengandung kalsium. Jadi insting dia berkerja otomatis.

      • Ooohhh.. bener tuh Pak Haji.. banyak teman2 yang lain bilang kayak gitu juga, terima kasih masukannya Pak Haji dan sekedar info Hari ini pun tadi pagi masih berlanjut kejadian serupa.
        Menurut Pak Haji.. Apa langkah terbaik yang harus saya lakukan ?
        Mohon wejangan dari Pak Haji agar ilmu beternak Pak Haji bisa bermanfaat buat kami2 para breeder pemula. (Ngarep.com) Hehehe
        Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  5. Assalamualaikum pak haji
    Ada yg mau sy tanyakan seputar murai betina, menurut rekan2 sy jika ingin memilih murai betina carilah yg berwarna bulu kusam/klawu, karena murai betina yg memiliki bulu dominan hitam (klawunya sedikit) aga sulit berjodoh, malah dibilang tidak akan berjodoh, mohon pencerahannya dr pak haji atas pendapat rekan2 sy tersebut, karna sy baru saja beli betina yg bulu hitamnya dominan, karna sy tertarik melihat dr Katuranggan murai betina tersebut
    Atas jawabannya sy ucapkan terima kasih, wassalam

    • @Eko, kan sdh saya sering ulas pada beberapa artikel di website sklbirdfarm.com bahwa, bagi saya pribadi tidak ada pengaruhnya.

  6. Trima kasih pak haji atas pencerahannya,

  7. Pak haji..burung murai sy telur pertama 2 telur 1 menetas..kemusian anak nya mati saya ambil kemudian sarang sya buang didasar supsya menyusun sarang kembali..tapi sekarang indukan bertelur di tempat mandi..sekarang saya tambah sarang 1 lg..mohon saran nya pak aji..apa indukan murai tskut melihat suren ya pak aji

    • @Ronny, maksudnya “melihat Suren” itu, dia melihat burung Jalak Suren atau gimana?

  8. Pak sy mau tnya,sy pnya mb medan x aceh. Sy beli ktny sudh pernah produksi. Trs sy bw plng sy masukin dkandang ternak. Sudh sebulan lebih g nelor, malah yg jantan keliatan kalah sm betina. Jantan keluar masuk glodok dan ngriwik kasar trs. Makananannya sy ksih cacing, UH, UK, JK, kroto. Tapi yg di makan cuma JK sm uler. Cacing sm krotoo g di sentuh. Makannya jg cm dikit. Gmana pak solusinya.

    • @Aeif R, kita manusia juga punya selera makan masing2 kan?
      Jangan dibikin pusing sendiri, selama mereka masih mau makan yg lainnya.

  9. punten pahaji mau shearing:
    penyebab murai sering bertelur tapi jarang di erami & ga mau netas. penyebabnya apa ya, pa haji?

    • @Bani, tidak dikawini/dibuahi oleh pejantannya Mas Bani.

  10. Mantapp..tahap berikutnya kita tunggu Pak Haji..terutama ulasan mengatasi masalah2 yang timbul dan pengatasanya usia trotol dibawah 2 bln…he3x

  11. Pak haji sy mau tnya murai jantan sy kdng2 msh ngejar betina tp ngg bgtu agresif cm sekali2 aja,brti proses pnjodohan sy sdh berhasil blm?pdhl jntan trkdng jg ngeluarin suara2 pelan dan betina ny jg merespon dg mbggerakkan syap2 ny…

    • @Jufri, selama tidak membantai berarti tidak bermasalah.
      Kejar- mengejar itu kemungkinan seperti pada kita manusianya sedang bercumbu rayu.

    • Pak haji sy mau tnya,kl jantan sm bety msh rebutan makan dan tdurny blm berdekat,si bety jg msh tkut2 sm jantany tetapi si jantan sdh ngg galak lg pd bety ny itu sdh d ktakn jodoh ap blm??mksh sebelumny pak haji…

      • @Mashuri, gak apa2, biarkan saja selama tidak saling bantai.

  12. Pak haji knp y murai beti sy sdh buat sarang tp ngg kunjung bertelur?kl pakan perangsang birahi ap y pak haji?

  13. Pak haji mau tny,murai jantan sy bulu ekorny ngg sengaja kecabut semua pas mau d tngkp,itu bs brpengaruh pada birahiny ngg pak?soalny sdh brjodoh sdh prnh produksi,apa hrs nunggu bulu ekorny tmbuh lg br bs birahi pak?trmksh pak haji

    • @Jufri, biasanya tanpa ekr seekor MB jantan tidak mau kawin Om.

  14. Mau tanya pak, kenapa murai betina saya setiap bertelur cuma 1, apakah ada vitamin atau suplemen kusus agar produksi telurnya meningkat, dari segi usia betina saya tidak terlalu tua maupun muda, terima kasih.

    • @Mudi, mungkin sdh bakat alaminya begitu. Vitamin sih banyak macamnya, semuanya hampir sama kok.
      Banyak didapat di kios burung.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>