Sebetulnya sudah banyak orang yang menulis artikel yang bertajuk seputar menangkarkan murai batu, semuanya sudah diulas dengan bagus dan jelas jadi SKL BF hanya memberikan support tambahan saja, diantaranya :

1. Jangan gampang putus asa, misal keduanya tidak mau jodoh-jodoh ya tinggal diperpanjang saja proses penjodohannya jadi tinggal adu kuat saja antara kita penangkarnya dan burungnya, burung juga kayak kita menusia yang PASTI kapan-kapan datang masa birahinya. Tapi kita juga harus berusaha agar supaya siburung bisa cepat menjadi birahi misal dengan pemberian makanan yang cukup, yang kaya akan protein.

Sebagai contoh kita tingkatkan kualitas makanan untuk jangkriknya misal dengan pemberian kecambah/tokol atau tahu putih yang sudah diblender atau kacang hijau yang sudah diblender dan sebagainya.

Sediakan Ekstra Fooding lainnya yang cukup sebagai alternativ, misal ulet Hongkong, kroto. Dari pengalaman kami yang terbaik adalah belalang hijau yang belum/tidak ada sayapnya, kalau ternyata kita dapatkan yang ada sayapnya ya tinggal kita buang saja sayapnya. Belalang hijau ini memang datangnya musiman. Intinya si burung kita beri makanan yang berkualitas.

Bisa kita tambahkan vitamin-vitamin yang tersedia di toko-toko burung atau dari produk omkicau atau apapun mereknya.

2. Jika setelah segala upaya diatas sudah kita jalani siburung tetap tidak mau jodoh juga ya tinggal kita ganti saja betinanya, mungkin menurut murai jantannya murai betina yang kita tawarkan itu kurang menarik. Memang hal yang lumrah jika kita sebagai penangkar, khususnya murai batu, harus memakai ratio perbandinngan untuk seekor murai jantan kita siapkan minimal dua ekor murai betina dimana yang seekornya duduk dibangku cadangan kalau-kalau sijantannya tidak suka dengan murai betina yang pertama.

3. Jangan terlalu senang jika kapan-kapan murainya itu telah bertelur, menurut pengalaman kami biasanya telur pertama itu banyak gagalnya bahkan bisa juga dengan telur-telur berikutnya. Kita harus siap mental dulu dengan kemungkinan yang paling pahitnya tetapi jika telur pertama sudah berhasil menetas ya Syukur Alhamdulillah kan…

4. Dari awal kita harus tahu dan sadar bahwa menangkar murai itu adalah salah satu bentuk kesenangan saja jadi bukan sebagai mata pencaharian kita atau bahasa pokrolnya usaha sambilan gitu lho karena banyak sekali hal-hal yang tidak terduga yang bisa terjadi terutama yang membikin hati kita kecewa, tentunya banyak juga yang bisa bikin kita bahagia tetapi tidak perlu kita ulas karena yang terpenting dalam hidup ini adalah kita harus bisa tanggap menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang terpahit.

Kalau ternyata sampai telur keempat bahkan kelima tetap gagal juga ya kita bongkar lagi saja pasangannya tetapi jangan sekali-sekali menganggap usaha kita ini gagal karena setidaknya kita telah mendapat pengalaman meskipun pengalaman pahit, yah kita syukuri saja lah??? Kita mulai dari awal lagi dengan proses menjodohkan tetapi sekarang kita sudah bertambah pengalaman dengan pengalaman pahit sebelumnya, yah kita pakai pengalaman itu sebagai studi banding. Disini baru terasa seninya menangkar yaitu bongkar pasang indukan persis sama seperti jika kita nyetel atau ngeTune Up motor/mobil untuk racing.

Mohon maaf sebelumnya…sebetulnya ini yaitu proses mulai dari menjodohkan sampai membuat simurai kawin, bertelur dan menetas adalah tahapan-tahapan yang masih gampang karena burung murai itu mahluk hidup seperti kita juga yang kapan-kapan mempunyai kebutuhan biologisnya dan ingin membentuk keluarga sakinah, mawadah warrohmah, nalar semua mahluk hidup. He…he. Jadi jangan kagum dengan melihat murai kawin, bertelur dan terakhir telurnya menetas, itu semuanya hanya proses alami saja.

Tahapan yang susahnya kita share dilain kesempatan supaya jangan bosan membacanya, to be continued…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

163 Comments

  1. hmm…
    jadi termotivasi dan tambah bekal nih..

    • @Ugik, wah Norman Jr jadi ditangkarkan?

      • blm pak haji…mnunggu cukup umur dulu, sambil menunggu mapan nya juga….sesuai saran pak haji

      • blm pak haji…msh menunngu cukup umur, dan mapan nya juga,
        sesuai saran pak haji….

  2. Pak Haji. Mau tanya, klo mb dkasih makan laron (tau ga ya) gmn? Musim hujan kan banyak laron.., trmkasih ilmunya!!!

    • @Jibi, jangan memberikan makanan yang macam macam untuk murai batu, misalnya kalau nanti simurai batu tersebut doyan makan laron/ketagihan laron terus bagaimana usaha kita nanti untuk mendapatkan laron jika lagi tidak musim laron???? He…he.

  3. Super sekali om…saya menangkap poin pentingnya : Sabar dan Kesenangan
    sabar…mudah diuca[pkan tapi praktiknya sulit dilakukan secara konsisten
    sementara, kesenangan (hobi) yang menghasilkan tentu lebih baik, hehehe…sebab kalau orientasinya melulu untung-rugi, kalau tidak kunjung berhasil malah stress, hehehe

  4. Selamat malam Pak Haji.. saya mau nanya dan curhat ke Pak Haji.
    Saya punya murai betina umur -/+ 1 tahun dan murai jantan umur -/+ 1,5 tahun, sepasang murai saya sudah mulai jodoh setelah hampir 2 bulan lebih, tapi buat saya gak masalah.. karena saya pakai wejangan dari Pak Haji SABAR. (Slow but sure) hehehe…
    Tapi dibalik itu ada pembelajaran yang saya dapatkan yang tidak bisa saya dapatkan selain praktek langsung.. hehehe
    Sekarang saya ada kendala yang mana murai betina saat bertelor, koq berdiri ditangkringan dan telornya pun akhirnya jatuh ke dasar kandang yang akhirnya pecah, dan setelah jatuh dan pecah telornya langsung dimakan oleh murai jantan.
    Saya saat melihat kejadian itu langsung mengusir murai jantan dan mengambil sisa telur yang pecah dan membuangnya, dengan alasan saya kuatir si murai jantan akan kebiasaan memakan telornya sendiri nantinya bila suatu hari nanti si murai betina mau bertelur di sarangnya. (Ngarep.com)
    pertanyaan saya :
    1. Mengapa murai betina bertelur sembarangan ?
    2. Mengapa murai jantan langsung memakan telor yang pecah tadi ?
    Mohon info dan petunjuk dari Pak Haji yang sudah mumpuni dalam urusan berternak murai.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Dan mohon maaf kalau curhatnya kepanjangan.

    • @Tristanto, kemungkinan si betina belum berpengalaman dalam hal membina sebuah keluarga. Kemungkinan lain telur tersebut tidak dibuahin oleh pejantannya sehingga si bety tahu jikalau diangremipun tetap saja tidak akan jadi, sehingga telurnya dibuang begitu saja. Praduga yg paling ekstrem adalah, dia mempunyai karakter yg jelek.
      Setiap burung itu membutuhkan kalsium, kulit telur itu termasuk yg banyak mengandung kalsium. Jadi insting dia berkerja otomatis.

      • Ooohhh.. bener tuh Pak Haji.. banyak teman2 yang lain bilang kayak gitu juga, terima kasih masukannya Pak Haji dan sekedar info Hari ini pun tadi pagi masih berlanjut kejadian serupa.
        Menurut Pak Haji.. Apa langkah terbaik yang harus saya lakukan ?
        Mohon wejangan dari Pak Haji agar ilmu beternak Pak Haji bisa bermanfaat buat kami2 para breeder pemula. (Ngarep.com) Hehehe
        Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  5. Assalamualaikum pak haji
    Ada yg mau sy tanyakan seputar murai betina, menurut rekan2 sy jika ingin memilih murai betina carilah yg berwarna bulu kusam/klawu, karena murai betina yg memiliki bulu dominan hitam (klawunya sedikit) aga sulit berjodoh, malah dibilang tidak akan berjodoh, mohon pencerahannya dr pak haji atas pendapat rekan2 sy tersebut, karna sy baru saja beli betina yg bulu hitamnya dominan, karna sy tertarik melihat dr Katuranggan murai betina tersebut
    Atas jawabannya sy ucapkan terima kasih, wassalam

    • @Eko, kan sdh saya sering ulas pada beberapa artikel di website sklbirdfarm.com bahwa, bagi saya pribadi tidak ada pengaruhnya.

  6. Trima kasih pak haji atas pencerahannya,

  7. Pak haji..burung murai sy telur pertama 2 telur 1 menetas..kemusian anak nya mati saya ambil kemudian sarang sya buang didasar supsya menyusun sarang kembali..tapi sekarang indukan bertelur di tempat mandi..sekarang saya tambah sarang 1 lg..mohon saran nya pak aji..apa indukan murai tskut melihat suren ya pak aji

    • @Ronny, maksudnya “melihat Suren” itu, dia melihat burung Jalak Suren atau gimana?

  8. Pak sy mau tnya,sy pnya mb medan x aceh. Sy beli ktny sudh pernah produksi. Trs sy bw plng sy masukin dkandang ternak. Sudh sebulan lebih g nelor, malah yg jantan keliatan kalah sm betina. Jantan keluar masuk glodok dan ngriwik kasar trs. Makananannya sy ksih cacing, UH, UK, JK, kroto. Tapi yg di makan cuma JK sm uler. Cacing sm krotoo g di sentuh. Makannya jg cm dikit. Gmana pak solusinya.

    • @Aeif R, kita manusia juga punya selera makan masing2 kan?
      Jangan dibikin pusing sendiri, selama mereka masih mau makan yg lainnya.

  9. punten pahaji mau shearing:
    penyebab murai sering bertelur tapi jarang di erami & ga mau netas. penyebabnya apa ya, pa haji?

    • @Bani, tidak dikawini/dibuahi oleh pejantannya Mas Bani.

  10. Mantapp..tahap berikutnya kita tunggu Pak Haji..terutama ulasan mengatasi masalah2 yang timbul dan pengatasanya usia trotol dibawah 2 bln…he3x

  11. Pak haji sy mau tnya murai jantan sy kdng2 msh ngejar betina tp ngg bgtu agresif cm sekali2 aja,brti proses pnjodohan sy sdh berhasil blm?pdhl jntan trkdng jg ngeluarin suara2 pelan dan betina ny jg merespon dg mbggerakkan syap2 ny…

    • @Jufri, selama tidak membantai berarti tidak bermasalah.
      Kejar- mengejar itu kemungkinan seperti pada kita manusianya sedang bercumbu rayu.

    • Pak haji sy mau tnya,kl jantan sm bety msh rebutan makan dan tdurny blm berdekat,si bety jg msh tkut2 sm jantany tetapi si jantan sdh ngg galak lg pd bety ny itu sdh d ktakn jodoh ap blm??mksh sebelumny pak haji…

      • @Mashuri, gak apa2, biarkan saja selama tidak saling bantai.

  12. Pak haji knp y murai beti sy sdh buat sarang tp ngg kunjung bertelur?kl pakan perangsang birahi ap y pak haji?

    • @Hafied, disabarin saja…

      • assalamualaikum pak haji.
        pemula dunia breeding murai.
        punya satu pasang murai sudah jodoh sudah cukup umur. sudah bikin sarang ( bunderi )
        yg mau saya tanyakan proses sampai bertelur dan menetas tahapan nya bagaimana ya pak. apakah kawin dulu baru bikin sarang / bikin sarang dulu baru kawin ?
        trimakasih sebelumnya mohon bimbingannya….

        • @Saiful, bisa dua2-nya.
          Jadi, kalau seekor MB sdh mencapai birahinya maka biasanya dia langsung beresin sarang, meskipun belum terjadi perkawinan.
          Bila dua2-nya bersamaan datang masa birahinya, maka mereka akan kawin, kemudian beres2 sarang dan tidak lama kemudian langsung betelur.
          Begitulah kira2…

          • maaf pak tanya lg….murai saya sudah bertelur….apa saja yg perlu diperhatikan dalam proses bertelur sampai menetas….trimakasih atas jawabannya….😄

          • @Saeful, mudah sekali, yg terbaik saat ini dilakukan adalah tidak berbuat apa2. Jangan kita lihat gelodoknya, jangan kita sering2 memperhatikan burungnya kecuali saat memberi makan dan minum saja agar siburung bisa mendapatkan kenyamanannya yang maksimal.
            Semoga sukses. Aamiiinnn…

  13. Pak haji mau tny,murai jantan sy bulu ekorny ngg sengaja kecabut semua pas mau d tngkp,itu bs brpengaruh pada birahiny ngg pak?soalny sdh brjodoh sdh prnh produksi,apa hrs nunggu bulu ekorny tmbuh lg br bs birahi pak?trmksh pak haji

    • @Jufri, biasanya tanpa ekr seekor MB jantan tidak mau kawin Om.

  14. Mau tanya pak, kenapa murai betina saya setiap bertelur cuma 1, apakah ada vitamin atau suplemen kusus agar produksi telurnya meningkat, dari segi usia betina saya tidak terlalu tua maupun muda, terima kasih.

    • @Mudi, mungkin sdh bakat alaminya begitu. Vitamin sih banyak macamnya, semuanya hampir sama kok.
      Banyak didapat di kios burung.

  15. asslm, pak haji.. mohon pencerahan ni,, murai sy sejak kemarin sudah mengangkut sarang jantan terlebih dahulu,, kemudian dilanjutkan si betina,,klw murai biasaanya kawin dulu baru buat sarang, atau buat sarang dulu baru kawin… menu EF gimn pak haji,, di sediakan sebanyaknya atw pake takaran. mohon di jawab pak haji..baru belajar pertama sy.

    • @Rubay, bisa kedua duanya, tapi kalau jantan dan betinanya sdh bergantian ngangkut sarang, itu sdh merupakan pertanda baik.
      Pemberian jangkrik cukup 25/25 ekor unt sepasang, kroto bisa seminggu 3x, UH 20/20 ekor.

  16. Salam baik pak..saya coba menangkar murai batu medan..saya asal medan..1hari saya pertemukan langsung cocok,tidak saling berantam..sijantan saya dapat dari hutan..1minggu sudah rajin bunyi siang malam..sibetina tanpa ekor..knapa setiap jantan mendekat,betina ingin mematuk?..apakah murai betina tanpa jantan bisa menelur?coba sarannya agar murai medan saya bisa membuahkan hasil pak..

    • @Muhammad Yunus, biasanya burung MB tanpa ekor jauh dari birahinya, makanya si betinanya agak galak.
      Bisa bertelur jg.

  17. Ass,pak maaf mau nnya,mb jantn Punya saya,setlh anaknya di ambil jd galak.kira2 apa penyebabnya?

  18. assalamualaikum pak. mau tanya murai saya telur pertama jadi kedua dan ke tiga gagal,ke empat jadi. trus yang ke 5,6,7 kok gagal terus ya. minta sarannya. padahal makanan dari jangkrik,ulat hongkong dan cacing saya berikan full dan selang seling. terimakasih

    • @Hasan, cacing tidak perlu diberikan.
      Cacing dampaknya akan menurunkan birahi pada Murai Batu.

  19. Ass Pa haji, saya pemula, MB sudah 3 bulan disatukan akur ga brantem, menu stiap hari cuma jangkrik, UH full & vitamin, kroto gak dimakan, sampai skarang belum bertelur, apa yang harus saya lakukan agar cepat bertelur? Perlukah diberi campuran pakan pur? Mohon pencerahannya, Terima kasih Pa

    • @Budi, apa yang sdh dijalankan semuanya sdh benar.
      Yg diperlukan hanya bersabar saja.
      Hal seperti ini pasti pernah dialami oleh semua penangkar MB.
      Sekali lagi, bersabar saja yah.

  20. Assalamualaikum pak haji,mohon pencerahan nya.. Betina saya kalo di dekati sama jantanya kok sering lari ya, pdhl udah dikandang selama 8bln,tapi tetep saja yg betina lari terus,matur suwun

  21. Salam kenal pak..sy dari solo pemula yg mencoba beternak mb.mau tny seputar mb sy sudah 3 minggu buat sarang rapi tapi belum jg bertelur untuk setelan harian ef jangkrik kroto cacing UH mhon bimbinganya pak haji sukron jazakallah khoiron

    • @Dadang, harus bersabar saja.
      Pemberian semua EF ditingkatkan saja, mulai dr jangkrik, kroto, Ulet Hkg selama sebulan. Setelah sebulan diturunkan lagi seperti biasanya.

  22. Maaf pak haji apa ada kemungkinan murai batu yg sy tangkarkan mematuk telurnya sendiri soalnya sudah 3 minggu buat sarang tp blm ada telurnya..syukron atas jawabanya jazakallah khoiron

    • @Dadang, kemungkinan kesitu masih sangat kecil. Kalau baru menunggu 3 minggu itu belum ada apa2-nya Om.
      Saya pernah menunggu sampai setahun loh. Jadi HARUS lebih banyak bersabar.
      Saran saya…jangan selalu ditunggu tunggu, nanti malah senewen sendiri. Biarkan saja apa adanya yah…

  23. Terimakasih pak sarannya..

  24. Ass pa haji..maaf saya pemula pa haji..saya pemula pa..mb saya sudah 3 kali terpantau bertelur dan terlihat ada telur di sarangnya.namun hari berikutnya telur tersebut hilang tanpa ada bekas..
    Mohon pencerahan apa penyebab dan cara menanganinya ya pa haji?
    Sebelumnya terimakasih pa haji..

    • @Ade Gunawan, kalau kapan2 pasangan itu bertelur lagi, coba yg jantannya langsung ditangkap dan dipisahkan dr betinanya agar kita tahu siapa yg memakan telornya.

      • Oke di coba pa haji..terimakasih banyak pencerahannya..

  25. Assalamu’alaikum..pak haji menyambung permasalahan mb sy yg sudah buat sarang hampir 1 bln ini..tadi pagi sekitar jm 6 induk betina mengeram dlm sarangnya setelah beberapa waktu betina keluar dan sy pantau telurnya sudah pecah dibawah dan dimakan sendiri oleh betinanya..mohon bimbingannya pak langkah yg hrs sy lakukan selanjutnya.tks jazakallah khoiron

    • @Dadang, kemungkinan telor tersebut tidak dibuahin oleh pejantannya sehingga si betina tahu tidak akan menetas jika dierami sekalipun.
      Dicoba lagi saja sampai 4x bertelur, jika masih saja terjadi hal yg sama maka diganti saja dulu betinanya.

  26. Mks pak haji..

  27. Pak saya ingin bertanya, mb saya pernah 2 netas tlur dan d ambil kmudiannya tdak mau lagi bertelur d sarangnya,knapa ya??

  28. Pak haji mau tnya biasany smpai brp jumlah telur murai yg brtelur tnpa d buahi?soalny murai betina sy bertelur smpai 5 biji tp belum terpantau kawin sm saya.trmksh pak haji…

    • @Jufri, tidak bisa dipastikan kapan akan bertelur dg dibuahin oleh sang pejantannya.
      Saya pernah mengalami sampai 6 periode bertelur semacam itu, akhirnya Alhmadulillah…

  29. Pak haji mau tny,berapa biasany jumlh telur murai yg tdk di buahi,murai betina sy bertelur sampai 5 biji tp blm terpntau kawin,…trmksh

  30. Assalamualaikum pak haji
    Mau tanya,knpa MB saya yg jantan kurang birahi.. pdhal yg beti sudah bikin sarang
    Dan bertelur 1 tp aku lihat bening..
    Yg saya tnyakan bgaimana cara bikin MB jantan birahi di kandang? Tanpa di pegang..
    MB jantan saya udh umur 5 tahun lebih.. tp kok kurang birahi.. karna gk suka makan jangkrik

    • @Wahyu Fahrizal, Coba dikasih EF lainnya misal UH atau kroto dan yang sejenisnya.

  31. Assalammualaikum Pak Haji, maaf mau tanya, Murai jantan saya ketika didekati betina seperti kelihatan menyerang, kadang juga kejar2an..apakah sudah berjodoh? Pola makan apa dan porsi yg diberikan seperti apa ya? Terimkasih

    • @Agung, kalau tidak saling bantai berarti masih terbilang aman, cuman perlu pendekatan yg lebih lama lagi saja.

  32. Assalamualaikum.Pak Haji mau nanya masalah Mb saya pada waktu Mb jantan di dekati mb betina tiba2 ngelowo dan mau mematuk betina mohon pencerahanya Pak haji masih pemula.

  33. Tidak manja Pak Haji.mulai kemarin porsi jangkrik dan kroto sy kurangi dan betina sdh menyusun undel tadi pagi saya lihat si jantan di dekati bulunya mengkorok dan buka paruh.

    • @Darmawan, ada dua kemungkinan.
      Pertama, dia baru saja mengawini betinanya. Hal ini bisa terlihat, jika selera makannya masih tinggi.
      Kalau sebaliknya yaitu selera makan menurun berarti dia lagi kurang fit.

  34. Terima kasih Pak Haji atas masukan dan sarannya.Semoga SKL BF kedepannya tambah sukses selalu.Amin….

  35. Pak haji mau tanya murai batu sy setiap selese bertelur 3 biji langsung dibuang..ini sudah berlangsung 3x.padahal dulu belinya sepasang udah pernah produk netas semua.mhon pencerahanya.tks

    • @Dadang, kadang bisa terjadi begitu meskipun sepasang burung itu sdh pernah berproduksi di tempat asalnya. Itu karena faktor adaptasi dengan kandang dan lingkungan barunya.
      Apakah di tempatnya Om Dadang ada pasangan MB lainnya yg sang pejantannya sangat dominan gacor?
      Jika ada, maka hal itu bisa mengganggu ketenangan burung lainnya.
      Sebetulnya burung MB itu jenis burung teritorial sehingga pasti akan menemui beberapa masalah jika kita tangkarkan secara massal, maka dari itu semuanya hanya butuh waktu saja untuk saling beradaptasi.

  36. Ass..Pak Haji mohon bimbingannya,saya sebelumnya pelihara MB untuk rawatan harian,saat ini mencoba untuk ternak.Mohon arahan setting EF Pak Haji apakah sudah tepat :
    Jangkrik saya berikan sepuasnya
    Kroto 2 sendok (terpisah menjadi 2 tempat)
    Ulat Hongkong 2 sendok (terpisah menjadi 2 tempat)
    Kadang saya berikan ulat jerman untuk tambahan
    Saya berikan masing2 di 2 tempat karena saya perhatikan saat MB Betina mau makan selalu di kejar MB Jantan tapi tidak sampai mengahajar

    Ukuran kandang 1×1 meter..bentuk kotak

    Apakah setting EF saya sudah tepat Pak Haji,mohon masukan dari Pak Haji..Terima Kasih Pak..

    Salam

    • @Reza, sudah cukup Om.
      Cuman ukuran kandang saja yang masih kurang ideal. Meskipun begitu dicoba saja dulu.

      • Terima kasih pak haji..Saya mau ubah dulu kandangnga dgn ukuran ideal klo begitu..

  37. assalamualaikum pak haji. mohon pencerahannya, saya lagi jodohkan murai sudah seminggu digabungkan. permasalahannya jantan selalu mengusir betina kalau mau makan padahal kalau malam sudah tidur berdekatan. apa sebab dan solusi dari pak haji. tks

    • @Don Lohanta, belum serasi betul. Hanya butuh proses waktu saja.

  38. Pa apakah murai batu betina yg sudah tua sudah macet produsi atau gimana yaa

  39. Pak mohon bimbingan nya
    Saya wahyu
    Murai punya masalah Murai Batu saya sudah 3 periode berhasil namun betina bertelur 3 telur namun yg menetas hanya 1
    Mohon percerahan nya Pak..terimakasih

    • @Wahyu Cahyanto, apa yg harus saya bantu lagi?
      Bersyukur saja, karena itu sdh sukses berhasil loh. Siiippp yah Om…

      • Kira2 penyebab telur tidak menetas semua ap y Pak?

        • @Wahyu Cahyanto, bisa karena faktor pakan, bisa juga karena tingkat kehidupan Zygote dr sperma jantannya kurang lagi kurang bagus, atau sebaliknya yaitu indung telor betinanya lagi kurang bagus.

          • Apakah Ada Cara meningkatkan kehidupan zigote pak bail jantan atau indung telur biar lbh fertil?
            Maaf pertanyaan saya banyak…
            Mklum pemula Pak…terima kasih
            Semoga SKL BF making sukses

          • @Wahyu Cahyanto, bisa dicoba dg ditingkatkannya kualitas makanan siburung.

    • Pak haji mohon di jawab mb saya dijodohkan g tarung tapi koq tidure g berdekatan tros kalau makan masih berebut g berani itu tanda jodoh gak gimana solusinya.

      • @Dhigo Perwira, masih perlu proses lagi Om. Tapi, terpenting tidak saling membantai kan?

  40. Ass..Pak Haji,saya Reza yg sebelumnya pernah konsultasi..Kandang sdh saya ubah total pak,skrng lebar 1×75 tinggi 2 meter..saya jodohkan ulang burungnya skitar 2mingguan..permasalahannya saat saya gabung dikandang ternak jantannya galak sekali pak..ngebatman dan mengejar, mematuk betina klo betina terbang keatas (shg betina dibawah terus dekat jangkrik)..Kmarin terapi semprot pak,tiap jantan mengejar saya semprot basah..malam hari saya semprot mandi malam..pagi ini ef kroto saya cabut dan hanya jangkrik saja posisi didasar kandang (krn jantan selalu diatas dekat sarang)..Mohon arahan pak haji,apakah penaganan sdh tepat atau harus diulang jodohkan (jantan disoliterkan dikandang kecil)..terima kasih pak haji

    • @Reza, lebih baik dijodohkan ulanh saja, tapi betina yg dilepaskan dan yg jantan di sangkar hariannya, tapi tetap digantang di dalam kandang ternaknya.
      Dicoba berulang ulang sampai mereka pada akhirnya berjodoh. Jangan gampang putus asa.
      Saya sendiri pernah mengalami hal begini dan akhirnya berjodoh tapi membutuhkan waktu sampai 2 bulanan.

      • Terima kasih pak haji arahannya,malam ini saya coba masukkan kandang soliter sesuai arahan..suwun pak

  41. Ass.. Pak Haji, murai jantan saya terpantau membuang telur sdh 2 kali.. apakah itu karakter? Umur 2 tahun betina 1,5 th.. solusinya gmn ya pak.. jantan kl saya masuk kandang dipatuk dan diserang.. Trims

    • @Agung, saat sibetina bertelur sijantan langsung ditangkap dan dipisahkan saja dr betinanya. Nanti dr situ akan ketahuan siapa sebenarnya yg membuang telor.

  42. SIap Pak Haji, sudah saya karantina tp masih jadi satu didalam kandang ternak dengan betina.. Tapi apakah setiap akan bertelur harus ditangkap dan dikarantina ya jantannya? Atau karakter buang telur tsb bisa berubah ya pak? Maturnuwun

    • @Agung, kan tadi sdh sy bilang, belum tentu jantannya yg buang telor, bisa juga yg betinanya. Maka dari itu kita pisahkan sekarang agar kita bisa tahu dg pasti siapa yg buang telor.

  43. Pak haji mau tnya cara membedakan murai batu sumatra dg murai malaysia ato impor gmn..tks

  44. kalau menagkarkan MB apa harus lebih dari satu pasang ya pak ? bnyak yg bilang kalau lebih dari satu akan mempercepat proses produksinya….

    • @Saiful, betul Om. Itu disebabkan karena saling memotivasi antara kandang yg satu dg yg lainnya.

  45. tanya terus pak….bener bener pemula soalnya….perlukah telur kita lihat isi atau enggaknya ya pak….atau kita biarkan sampai batas pengeraman ???indukan belum pernah produk sebelumnya…

    • @Saeful, biarkan sampai usia telor mencapai 2 minggu teehitung mulai dr telor pertama dikeluarkan.
      Intinya, jangan gatelan ingin mengetahui terlalu dini. Biarkan berjalan alami saja.

      • siap laksanakan….sabar sabar dan sabar 😆 terimakasih atas jawabn jawaban yg sangat membantu….sukses buat jenengan pak

  46. aslmkm pak haji..murai batu saya sudah saya gabungkan..pernah 1 x kawin setelah itu sudah 1 bln kog malah ga mau kawin..bahkan kalau tidur berjauhan…setiap mereka sehari2nya saya perhatikan jantan setiap dekat ke betina kog malah kesannya jantan takut…tapi tidak sampai berantem..masih aman…kira2 sarannya bagaimana ya…pakan poor dan harian jangkrik rutin..1 minggu sekali kroto.

    • @Riswan, kebetulan saja salah satu burungnya lagi bete, jadi sama seperti yg terjadi pada manusia saja.
      Dan kejadian ini bisa menimpa penangkar manapun juga, termasuk saya sendiri. Jadi masih dalam batas2 kewajaran saja.

  47. Ass..Pak Haji saya reza yg tempo hari pernah konsul sebelumnya..mau konsul lagi pak haji..mohon berknan masukannya..kmarin pagi saya iseng cek glodok dari luar kandang (posisi glodok tembok dibelakang)terpantau sdh tersusun sarang,siang saya coba masukkan cemara lagi 1 bungkus..lngsung diangkutin lagi sm betinanya..hari ini saya cek lagi kandangnya betina sdh tdk susun sarang..saya intip glodok kmarin dan hari ini blm ad telurnya..
    EF msh blm saya ubah pak,jangkrik sepuasnya,ulat hk,dan selang seling cacing atau kroto..
    Mohon arahan pak haji bagaimana saya selanjutnya?apakah ef harus diubah..dan apakah bermasalah jika glodok saya lihat?krn kwatir sdh ad telur tpi.ef blm.diubah..suwun pak

    • @Reza, gak apa2 masuk ke kandang saja dan tengok apakah sudah ada telornya apa belum.
      Tapi sering terjadi juga sarang sdh tersusun rapih, tapi si betina belum bertelor juga. Itu masih dalam batas kewajaran. Disabarin saja…

      • Terima kasih pak haji arahannya..saya coba besok lihat glodoknya lagi..sementara ef saya teruskan..suwun pak

        • @Reza, sama2 Om…

          • Pak Haji maaf mau konsul lagi krn bener2 buta ternak murai..hehe..saya cek blm ad telurnya,memang indukan baru,awal penjodohan masuk kandang akhir desember..hehe..mungkin msh belajar jadi induk..yg mau saya tanyakan mengenai glodok pak,wajibkah jml glodok dalam kandang lebih dari 1?saat ini glodoknya hanya satu bentuk kotak biasa..perlu ditambah lagi 1 atau sdh cukup pak..terima kasih byk pak haji atas waktunya

          • @Reza, satu juga cukup.

  48. Pak haji, maaf mau tanya, baru pertama belajar ternak 1 pasang, sudah jodoh selama sebulan, jantan betina kadang suka ngecek gelodok, kadang ngangkut sarang tapi diturunin lg, kira2 penyebabnya apa ya pak? Ef jangkrik, uh. Dan yg jantan kalau ef kebanyakan sering mekar bulu kaya ob,sementara yg betina stabil… Solusinya apa ya pak, terimakasih

    • @Jati, coba dicek apakah di gelodoknya banyak gangguan.
      Kalau bulu ngembang itu bisa saja dia baru ngawinin betinanya.
      Gak perlu galau kalau burung tersebut selera makannya masih bagus.

  49. Iya pak haji, nafsu makannya bagus, Memang kalo malam banyak tikus main dloteng… Mungkin itu ya penyebab kurang nyamannya, kalo bgitu saya basmi dulu tikusnya pak, terimakasih banyak saranya

  50. Maaf pak haji, mau tanya lg, betina sudah ngangkut sarang banyak ke gelodok dan tidak diturunin lg, tapi cuma dtebar (bentuknya tidak bulat) apa memang begitu ya pak prosesnya?

  51. Pak hajiiiiii….. Makasih banyak masukannya kemarin, tadi pagi sibetina sudah nelur 1

  52. Pak mb saya tidak ada tanda2 ingin bertelur selama 1 thun pdahal kandang penangkaran udh ok makan nya jg…solusinya apa pak? Apa emng betina nya yg krang bagus

  53. Mau nanyak lg…klo sarang nya dari alang2 gak pp ya…?

    • @Egy, gak masalah, tapi alangkah baiknya kalau sarangnya terbuat dr cemara.

  54. Assalamulaikum pak haji..Saya Reza yg tempo hari konsultasi dgn pak haji..Alhamdulillah murai saya sudah 2x bertelur..namun tdk pada kotak sarangnya,setelah menyusun sarang 3 hari kemudian telur ad didasar kondisi pecah..Saya cek kotak sarang aman dri semut dll..Apa yg harus saya lakukan pak,apa bahan sarang perlu saya tabur lgi didasar atau didiamkan saja..Untuk EF Jangkrik sepuasnya,selingan kroto dan UH..
    Terima kasih sebelumnya pak

    • @Reza, biarkan begitu saja dulu.
      Yg saya khawatirkan si betina tidak dibuahi oleh indukan jantannya Om.

      • Terima kasih byk arahannya Pak Haji,sementara saya diamin begitu dlu..sukses selalu pak

  55. Ass..Pak Haji maaf mau konsul lagi..saya diksh tmn betina 2 ekor..yg mau saya tanyakan saran dari pak haji, lebih baik saya jadikan kandang lagi (beli jantan lagi) atau dgn pasangan lain dipoligami murni dlm satu kandang..terima kasih pak

    • @Reza, tergantung budget.
      Kalau budgetnya mumpuni, beli jantan dan bikin satu kandang lagi.

  56. Maaf mengganggu pak haji
    Saya pengen tanya
    Murai jantan dan betina saya sudah 1 bln di satukan
    Kondisinya, jantan bulu nya mekar dan membulat trus kayak mau matuk saat betina mendekati
    Itu kenapa ya ?
    Apakah hal tersebut dikarenakan jantanya kurang fit ?
    Klo kurang fit solusinya gimana ?
    Jantan mb saya sering bunyi pas malam hari

    • @Rokar, si jantan belum jatuh hati sepenuhnya ke betina itu. Biarkan saja selama tidak mengejar ngejar seperti mau membantai betinanya.

  57. Pak haji..saya baru mulai mnangkarkan murai batu…porsi makanan yg baik utk penangkaran..mohon infonya

    • @Bayu, ada artikel terkait tentang itu di website sklbirdfarm.com Om.
      Ini Bayu yg mana, pemilik BP bukan yah?

  58. Bukan pak haji…saya org medan…pertama menangkarkan burung.. jodohan yg pertama sudah buat sarang mgkin porsi makan kurang jd betina tewas….dn ini saya ganti betina..sudah susun sarang tp tak semesra jodohan pertama..stelah keduany mmbuat sarang apakah sudah birahi

    • @Bayu, belum tentu sama birahinya. Coba dilihat beberapa hari ke depan.

  59. Pak haji ulat hongkong baik ga utk murai batu yg d tangkar..dn porsinya gmn y…mohon bantuannya

    • @Bayu, bagus. Sehari bisa diberikan maksimal 30 ekor unt sepasang.

  60. Pak haji murai yg saya tangkarkan keduanya sudah susun sarang..bahkan sarang sudah rapi…tp ga kejar2n..lw brdekatan pasti patuk2n…seperti mau brkelahi…jodoh ap ga tu y…makasih sebelumnya

  61. Pak haji murai betina tak kunjung bertelur..ap karna tidak d kawini jantan..soalny jantan tangkapan hutan saya pelihara sudah 7 bulan..to masih takut ma org….tp dh bunyi2 juga…lw betina jinak gacor…jantan rada giras ap bisa utk jd pejantan..makasih

    • @Bayu, kalau baru dirawat 7 bulan secara teori masih susah unt bisa berproduksi.

  62. Pak haji nh malah murai betinanya kelihatan lemes dn sakit….apa krna ga kena sinar matahari d kandang penangkaran..krna saya d dlm ruangan dn hanya memakai bola lampu

  63. Pak haji rupanya lemes krna mau keluar telur..dn akhirnya twlurnya pecah…krna saya tarik dr kandang penangkaran ke kandang harian..bertelur d kandang harian dn pecah…jantan ekornya putus semua..krna mau saya tangkap kna ekor…haduuuhhh krna kurang sabar saya..

  64. Assalamualaikum.
    Mohon pemcerahan pak haji. Utk mb yg sdh jodoh tp tdk jg mau kawin bgmn solusinya? Tks

    • @Kevien, harus sabar menunggu birahinya datang bersamaan. Atau, bisa saja keduanya tampak berjodoh tapi tidak saling mencintai.
      Solusi pertama, butuh kesabaran sampai keduanya saling jatuh cinta.
      Kalau sdh menunggu lama msh saja spt itu maka disarankan ganti pasangan.

  65. Pak haji mohon infonya….murai yg saya tangkarkan mengalami eeg binding…telor pertama bisa keluar dn pecah….krna burung lemas dn saya jemur keluar telornya…ini gejalanya sama…burung lemas sllu d dasar sangkar…gmn caranya biar ga eeg binding atau telur susah keluar…makasih

  66. Om mau nanyk ..burung mb saya kan gak betelur2 ..terus saya pisahkan..berapa lama waktu memisahkan nya om..mohon jawabannya

  67. Mau tanyak om, solusi jantan selalu buang telur gmna yah?. Saya cobak pisah jantan nya malah betina nelur sembarangan

    • @Alan, sdh pernah nyoba berapa kali? Kalau masih tetap begitu ganti pasangan saja.

  68. Pak haji mohon pencerahannya murai saya telor pertama tp saya tdk pernah tau klo kawin.tp bercumbu. tp sibetina aktif mengerami apa bisa netas

    • @Mustofa Harianto, masak iya kalau mereka mau kawin harus kirim WA ke Njenengan Om, laporan gitu??? He…he.
      Ditunggu saja Om. Ngadu milik badan saja. Kalau iya menetas berarti rejeki kita, kalau tidak yah disabarin lagi saja.

  69. Hehehe…makasih pak haji atas pencerahannya…

  70. Pak haji mohon pencerahanya, pnya murai batu baru dijodohkan d.masukan kekandang tangkar tetapi sibetina selalu didasar kandang tpii gak ada perkelahian apakah muari batu saya sudah jodoh?

    • @Johan, belum. Sang betina masih ketakutan terhadap si jantannya. Lebih baik dijodohkan ulang, tapi yg betina tetap dilepas di kandang ternaknya. Yg jantan dimasukan kembali ke dalam sangkar hariannya.

  71. Sijantan tetap d.dlm kandang tangkar ya pak haji tpi sijantan d.masukan kandang harian

    • @Johan, betul. Kalau masih belum pas juga, terus diulang ulangi lagi saja kecuali ada MB betina/MB cadangan.

  72. Siap pak haji, sama porsi makananya gmna ya pak haji, pakai jk,uh,kroto aja ya pak haji, sama porsi jk nya brpa pak per hari jantan/betina, maaf pak haji bnyak tnya

    • @Johan, unt betina sekitar 8/8 ekor saja jangkriknya, jantan cukup maksimal 5/5 saja.

  73. Pak haji mohon, pencerahan sudah 20 hari telur masih dierami betina tidak menetas, bagaimana baiknya pak haji

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *