Kadang ada yang bertanya, “Bagus mana ya Om, Cukcak Jenggot atau Kapas Tembak untuk memaster burung murai batu?”. Saya jawab singkat saja, “Keduanya bagus”.

Baru timbul masalah kalau yang bertanya menimpali, “Tapi kocekku hanya cukup untuk membeli satu burung lagi saja nih Om?”.

Jawaban saya ini hanyalah mewakili pendapat pribadi saya sendiri lho, “Ok, kalau bagitu lebih baik ambil Jenggot saja jika uangnya hanya terbatas untuk membeli seekor burung saja”.

Dari hasil pemantauan kami selama ini dan pada umumnya suara gesekan dan tembakan Jenggot lebih mudah/lebih cepat diserap oleh murai batu ketimbang suara Kapas Tembak dan tembakan Jenggot lebih tajam (memang tergantung dari kualitas masing masing Jenggotnya) dan irama naik turunya lebih ngelagu. Salah satu kelebihan Jenggot lainnya adalah burung Jenggot bisa menirukan suara Kapas Tembak tetapi Kapas Tembak tidak bisa menirukan suara Jenggot.

Suara pembukaan Jenggot atau gesekannya yang kasar amatlah enak didengarkan jika dibawakan oleh murai batu yang typikal suaranya sama kasarnya juga. Tembakan Jenggot yang speednya rapat lebih cenderung mirip atau notasinya satu type dengan suara Cililin atau juga ada kemiripan dengan suara Lovebird.

Tetapi semuanya dikembalikan lagi kepada selera pribadi masing masing. He…he.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>