Trotolan anakan SENOS ini untuk pelipur lara seorang rekan kami yang burung MB momongannya terkena semacam penyakit tetelo mirip seperti pada ayam.

Penyebabnya mungkin pergantian musim atau bisa juga udara yang terlalu lembab yang mangakibatkan kondisi burung melemah sehingga lebih mudah terserang penyakit-penyakit tertentu.

Gejala semacam ini juga telah menyerang seekor burung MB remaja jantan kami yang sudah mamasuki usia 8 bulanan.

Tapi mau gimana lagi, itu sudah risiko kita memiliki binatang peliharaan atau bermain dengan barang bernyawa. Jadi dalam hal ini yang berkaitan dengan burung tentunya risikonya kalau tidak mati, terbang yah dicuri orang. Kita harus sudah siap mental dulu menghadapi ketiga risiko tersebut sebelum kita memutuskan untuk memeliharanya.

Terus terang selama ini kalau dihitung secara kasar kami telah kehilangan (mati) trotolan MB tidak kurang dari 125 ekor dan puluhan indukan MB. Hhmm…angka yang fantastis bukan??? Tapi mau gimana lagi, itu sudah risikonya.

Memelihara burung itu kan untuk memenuhi salah satu kesenangan kita, nah kalau kita terlalu banyak memikirkan kematian burung-burung kita bahkan sampai tidak bisa tidur dan sebagainya itu namanya bukan kesenangan lagi bukan?? Jadi usahakan sebisanya untuk segera melupakannya, anggap saja memang itu bukan milik badan kita tetapi jangan lupa kita memikirkan solusi yang terbaik untuk mengatasinya.

Semoga saja pencerahan ini bisa membantu rekan-rekan Kicaumania yang sedang mengalami hal yang sama.

Trotolan anakan SENOS ini menyandang ring SKL 243 warna merah/hijau, lahir pada tanggal 18 Juli 2012 dan sudah menjadi milik seorang Hobis dari JAKARTA.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. Wuih… mantabs pa Haji..
    Terima kasih pak Haji mohon titip sebentar insyaAllah yang ini panjang umur, sehat selalu,menjadi yang seperti yang diharapkan pa haji… Amin. Hehehe…

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>