Burung murai batu yang mulai mendekati masa mabungnya akan tampak dari penampilan bulu-bulunya yang sudah mengering, hal ini juga bisa kelihatan dari perubahan perilakunya yang sangat mencolok yaitu banyak berdiam diri dengan leher ditekuk seperti burung yang sedang kurang sehat tetapi bedanya selera makan siburung tidak berubah sama sekali, kotoran burung juga bagus/keras. Umumnya sudah jarang berbunyi.

Jika kita pada suatu saat melihat burung MB dirumah mempunyai gejala seperti ini maka tindakan yang paling aman adalah full kerodong burung tersebut, jangan dijemur ataupun dimandikan sambil kita selalu pantau bentuk kotorannya.

Apabila beberapa hari kedepan kotorannya masih selalu tetap bagus berarti siMB akan memasuki masa mabungnya, biasanya paling lama dua mingguan setelah itu akan tampak bulu sayap atau bulu halusnya mulai berjatuhan.

Langkah-langkah yang kami ambil biasanya :

1. Full kerodong,

2. Jika memungkinkan isolasikan siburung dari suara burung murai lainnya agar supaya proses mabungnya lancar, tidak tersendat-sendat,

3. Full dimaster ulang karena ini adalah kesempatan terbaik untuk memperbaiki dan menyempurnakan isian MB tersebut.

4. (Maaf ini versi kami dan siburung mau makan voer) Kami STOP untuk sementara dengan pemberian krotonya. Kroto salah satu EF yang memiliki kandungan nutrisi tinggi terutama  proteinnya. Praduga kami kroto bisa menghambat proses mabung siMB, maksudnya tidak lain supaya ambrolnya bagus brol begitu. Juga menghindari overwight karena selama mabung otomatis siburung seolah-olah kita sekap alias tidak banyak aktivitas didalam sangkarnya.

Lain halnya dengan di habitatnya yang masih harus terbang kesana kemari untuk memenuhi kebutuhan makannya sehingga masih dibutuhkan nutrisi untuk asupan kalorinya. Sekalian untuk menetralisirkan tubuhnya dari segala macam bentuk doping, meskipun kroto masih termasuk kategori doping ringan.

Pemberian kroto mulai diberikan lagi apabila bulu ekor sudah jatuh semua dan mulai tampak bulu ekor yang barunya, kira-kira 0,5 cm.

5. Pemberian jangkrik kita turunkan, misalnya awalnya pagi 5 ekor dan sore 5 ekor menjadi 3 ekoran saja. Kalau setingan harianya sudah masing-masing 3 ekor jangan diturunkan lagi.

Hindari pemberian ulet Hongkong selama proses mabung, jadi cukup jangkrik dan voer saja, DIJAMIN tidak akan mati dengan penyebabnya kekurangan makanan.

Ada yang bertanya, “Lho Om nanti burungnya bisa ngedrop?”, justru itu yang kita harapkan agar proses mabung/turun bulunya bisa lebih cepat. Logikanya dengan perubahan menu makanan yang drastis diharapkan metabolisme burung terganggu sehingga kondisi bulu yang sudah kering/tua diharapkan akan ambrol.

6. Sangkar dibersihkan cukup setiap 4 hari sekali, air minum perlu diganti setiap hari.

7. Usahakan jangan sering sering melihatnya karena MB yang sedang menjalani proses mabung membutuhkan ketenangan yang full.

8. Kapan boleh memandikan MBnya? Selama bulunya masih lagi ngerotokin lebih baik jangan dimandikan dulu supaya proses mabungnya berjalan lebih cepat selain itu biasanya siburung juga tidak mempubyai selera untuk mandi karena kondisinya lagi kurang fit.

Kami mulai memandikannya jika ekor barunya sudah mulai tumbuh panjang sekitar 5 cm, itupun hanya 1 minggu sekali saja dan melihat kondisi burung serta cuaca juga.

Semoga pencerahan ini bisa berguna. Amin…

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

172 Comments

  1. Pak haji,

    Kalo kondisi mb yang nyulam bagaimana pola rawatnya…apa full krodong dan tidak mandi jemur juga? Kondisi Prabu jr saat ini nyulam bulu sayap…total sudah 9-10 lbr bulu sayap jatuh bertahap pasca mabung trotol beberapa waktu lalu. Kondisi Prabu Jr sehat, full ngeriwik ngeplong seharian…..terima kasih.

    • @Erwin, lebih baik full kerodong saja dulu, untuk sementara tdk perlu mandi dan jemur dulu karena meskipun nyulam dia perlu energi untuk mendorong bulu bulu barunya itu, yah sekalian istirahat dan dimaster ulang lagi saja. Kan tidak buru-buru untuk dilombakan, dimaster full saja.

      • Ok pak haji,

        Tks sharingnya…..wass

  2. mohon petunjuk pak haji

    apakah penanganan murai batu mabung, apabila kita punya ada 4 ekor ( kondisi bahan semua ) bisa 1 rumah .

    murai batu saya kena penyakit kutu an dan terkena penyakit spt tetelo ( kondisi kaki tdk bisa mencengkram sempurna ) apakah bisa sembuh total ?

    terimakasih atas pencerahannya

    • @Budiman, jelas bisa krn MB yg sedang menjalani proses mabung lebih cenderung bnyk diamnya.
      Yg terserang penyakit lebih baik dijauhkan saja, yg terkena kutu bs disembuhkan tapi yang terkena tetelo tdk bisa pulih 100% lg.

  3. Assalamu alaikum,
    Mohon petunjuk pak haji, MB Borneo saya mabung sdh 3 mingguan, bulu halus,bulu sayap dan ekor sudah rontok.selama mabung EF cuma jangkrik P/S 2 ekor + voer. Sekarang bulu ekor sisa 1 pasang yg putih dan bulu ekor hitam yg baru sudah mulai kelihatan muncul sekitar 1/2 cm dan bulu halus masih ada yg rontok. apakah sekarang sudah bisa saya beri kroto atau gimana?, tks
    Wassalam

    • @Syamsul, mulai sekarang sudah bisa diberikan krotonya lagi atau pemberian EFnya bisa digenjot kembali.

      • Kapan boleh mulai dimandikan? tks

        • @Syamsul, ketika panjang ekor sudah ngedorong 6cm burung sudah mulai dimandikan agar tampilan ekor lbh rapih tetapi jangan dijemur, jadi cukup diangin anginkan saja. Dimandikan cukup seminggu sekali atau maksimal 2x seminggu.

      • Dan kapan boleh mulai dimandikan pak haji? tks

  4. aslmlkm….
    posisi mb sy lg nyorong ekor,kira2 pnjng ekor nya skrg 12 cm,trus saya letak kan di sebelah tembok yg berdekatan dengan burung gacor2 semua sprti kps tmbk,cucak ijo, kenari,lvbird,ciblek,kacer,apakah akan mengganggu proses nyorong ekor nya,dan apakh mb saya bisa drop??mohon solusinya,trms..

    • @Arif, lebih baik dijauhkan dari burung Cukcak Ijo dan Kacernya saja.

  5. mohon petunjuknya gan..MB say baru 1 minggu ini kan baru mabung ne om tapi kok slma mabung gak mau mkn jangkrik ya???tiap tak kasih jangkrik cuma dibuat mainan aja gak dimakan>>???jangkriknya utuh berserakan dibawah mua om.trimksh sblmya

    • @Henry Gombelz, burungnya makan voer kan? Coba dilihat kotorannya saja Om, kalau ada voernya di kotorannya berarti gak masalah tapi kalau sama sekali gak ada voernya yah kalah menang dikasih obat untuk burung saja. Atau coba dikasih full kroto, perhatikan mau dimakan gak?

  6. nanya om…

    tanda2 burung yang mabung/ganti bulu apa om, selain bulu halus yang berjatuhan dan berdiam diri?MB saya juga terlihat menjatuhkan bulu2 halus yang kecil, tapi masih lincah, nafsu makan tetap dan rajin bunyi…

    apakah mabung membuat si burung enggan kawin/dijodohkan?

    makasih

  7. wow, terimakasih infonya gan. saya ada murai medan sedang dorong ekor, tips diatas saya ikuti sejak sebelum mabung, memang benar nafsu makan si krenget tetap normal, saya ga pernah kasih kroto, cukup jangkrik 3 pagi 3 sore plus voer kasar saja, sekarang dia sudah fit kembali walau belum ke top performanya…thnx info nya gan…keep on movin

  8. kayanya sya slah prwatan. MB sy udah 1bln mbung yg rontok bulu2 daerah mata(udh tmbuh lg),. sayap turun cuman 2 helai (lgi mmanjang) dan ekor turun 8 (tp udh tumbuh lg skitar 5cm ekornya yg atas). dan smua bulunya blum pada turun. emg sya kasih kroto stiap sore dan jgkrik 5 pg/ 5sore. jd bgaimn nih prawatanya pak haji?? apkah hrus spert bpk td? jika emg harus apakah nti akan normal lg mbunggya??????? plisss.. mhon bmbngannya pak

    • @Angga, terpenting, di usahakan agar supaya tidak mendengar suara MB yang lain agar supaya proses mabungnya lancar.

      • gk ada MB lain d rmah bapk, cman MB nya mskpun mbung ttep bunyi ngrwik trussss. jdi pmbrian pakan slanjutnya bgaiman pak????

  9. iya pak doyan voer, jggkrk, kroto, ulat, cacing. byak lahh.

    • @Angga, Coba setingan jangkrik diturunkan pelan-pelan sampai hanya 3 ekor pagi dan sore 3 ekor saja, dan tidak ada pemberian EF lainnya. Tujuannya agar supaya si burung lebih banyak makan voer, agar supaya metabolismenya terhentak kaget sehingga bisa mengakibatkan bulunya rontok. Mudah-mudahan, namanya saja orang lagi berusaha kan. Semoga sukses…

  10. Pak haji,murai batu saya td saya lihat kutuan dn posisi nya skrg msh mendorong ekor dan sayap sebagian,trus saya paksa mandi semprot di campur pake sampo pembasmi kutu,ap salah ya pa haji,trus sy lihat ad bulu sayap nya ad yg blum jatuh sedang kan ekor nya sdh lumayan memanjang,ap kah salah rawatan saya pakk haji

    • @Nurulhakimi, terlihat ada kutunya di bagian mana pada burungnya? Apakah di kepalanya burung atau Anda melihat jepas ada kutu yang lagi berjalan-jalan di bulu si burungnya? Karena terus terang saya sendiri sampai hari ini belum pernah melihat kutu burung.

  11. MB Saya td nya sewaktu blum rontok agak ganas karakter nya pak haji,trus waktu sekarang saya turun kan EF 3/3 jangkrik nya PLUS pur kasar ,trus cara nyeting ulang nya gimana ya pak haji,td nya sblum rontok sy kasih harian3/3 jangkrik nya,apa tetap di lanjutin 3/3 pagi sore nya EF Nya,trus pemberian kroto nya gimna pa haji supaya MB Sy nanti nya bs stabil lagi setelah selesai rontok nya pak haji

    • @Nurul, tinggal di lanjutkan saja begitu, apalagi kata Anda sendiri karakter burungnya agak ganas. Jadi pemberian jangkriknya perlu di turunkan, cukup 3/3 saja untuk seterusnya. Untuk kroto bisa di berikan lagi, tp untuk sementara cukup 2x seminggu satu sendok makan atau satu setengah sendok teh saja.

      • tksh saran nya pak haji,ini ekor nya yg baru tumbuh udah mau full trus pd sobekan ky kena gunting ujung2 nya pak haji maka nya saya semprot pake obat pembasmi hama dan kutu trus di jemur 30 menit lgsung sy angin2 kn pak haji sanpai bnr2 kering,yg jadi bikin sy pusing ad beberapa lembar bulu sayap2 nya yg blum jatuh yg terlihat agak kecoklatan,dan td pagi hbs sy semprot lg pake pembasmi kutu sampe basah kuyup,mau kering bulu nya sdh trus sayap yg tua di patokin mau nyopot si MB saya dan sampai patah lagi bulu sayap nya,baik nya g mn pak haji saran baik nya.tksh

        • @Nurul, biarkan saja semuanya berjalan alami, jika sudah waktunya copot yah tentunya akan copot dengan sendirinya. Jangan sembarang main semprot karena jika tidak memahami tehniknya justru malah bisa bikin jatuh mental si MBnya.

          • ingih pak haji,ky nya kutu nya udah pada hilang sy lihat,pak haji tanya lagi,ini knp kok MB saya kurang doyan sama jangkrik klo pagi cuma 3 ekor bs habis trus klo sore cuma 2 ekor aja mau nya,itu juga ditungguin baru dia mau mkn jangkrik nya,klo kroto sangat suka ky nya saya kasih,ap oleh karena waktu rontok sy stop kroto dan udah terasa kroto mungkin nafsu nya ke jangkrik kurang ya pak haji,trus td sore hbs d kasih kroto pada ngamuk2 fighter sendiri dengar kacer yg fighter juga,jarak nya berjauhan dan tdk berlihatan,ap MB saya msh ad mental nya ya pak haji kira2,trus g mn supaya tambah suka lagi mkn jangkrik nya pak haji

          • @Nurul, seberapa banyak pemberian krotonya? Kalau terlalu banyak porsinya bisa jadi sdh kekenyangan makan kroto, jadi tidak ada selera lagi makan jangkriknya. Tp nanti juga pasti ada selera makan jangkrik lagi jika kondisinya sdh fit.

          • kroto nya cuma 1 sendok susu bayi aja pak haji,takut aja klo cacingan atau ganguan penceraan nya pak haji, seandai nya saya kasih obat obat tan yg di jual di kios2 burung utk obat cacing nya atau antibiotik klo aja pencernaan kurang sehat apa ngak pp kh pak haji

  12. Oom, MB BT sy yg mabung, bbrp hari ini ga tampak bulu yang rontok, padahal 2 ekor paling panjangnya sudah rontok 1 minggu lalu, harian full krodong, EF jangkrik 4/4, no kroto, UH 10/10. kondisi ini normal ga oom, pls advise…

    • @Dwi, masih wajar.

      • Thx, yo oom. 2 hr lalu sudah mulai rontok lagi bulu sayap dll…
        Trus kalo MB mabung dipindah ke sangkar kotak 35cm x 35cm menurt si oom terlalu sempit ga ya, tangkringan 1 saja di tengah…sebelum mabung MB di sangkar bulat no.2…

  13. Salam pak haji, maaf nih lagi-lagi saya koment disini. Pak haji murai saya baru umur 2 bulan lebih, dah 2 hari ini saya pantau kotorannya tidak ada voernya, atau hanya sedikit kotoran voernya gak kaya sebelumnya. Apakah murai saya tidak doyan voer lagi pak haji, padahal saya amvil dari penangkar yang dah biasa kasih voer dan voer saya sama kaya biasanya yang sama dengan dari penangkar. Terimakasih pak haji

    • @Komenk KM, Apakah pemberian EFnya terlalu berlebihan, sehingga burung sudah merasa kenyang dahulu?

      • Mungkin juga pak haji, karena pas itu saya menambahi porsi kroto tidak seperti biasanya. Kalau setelan pakan umur dibawah mabung perrama gimana bagusnya pak haji??????

        • @Komenk KM, silahkan baca artikel-artikel sebelumnya.

          • Siap pak haji, akan saya coba cari artikel di sklbirdfarm.

          • Salam pak haji, maaf saya koment lagi, hehehe
            Sudah saya cari artikelnya kok gak ketemu yah pak haji, maaf kalo boleh cantumin link-nya, atau judul artikelnya pak haji. Maklum online cuma pake hp, dengan banyak artikel di pak haji jadi susah nyari artikel yang di sarankan pak haji. Terimakasih

  14. Assalamualaikum pak haji. Pak haji apakah burung trotol usia 2,5 bulan wajar mabung. 4 hari yang lalu sangkar trotol saya sempat jatuh dari atas. Setelah itu bulu-bulunya pada berjatuhan untuk 4 hari ini saya pantau pak haji. Kalo trotol dah kayak gini apa boleh saya terpakan tritmen seperti artikel pak haji?????

    • @Komenk KM, itu trotol tangkapan hutan atau hasil tangkaran?

  15. Hasil tangkaran pak haji

    • @Komenk KM, tidak umum kalau usia 2,5 bulan mabung.

      • Terimakasih pak haji…….! Maklum murai pertama, jadi masih bingung dan banyak tanya.

  16. Om mau nanya ni
    Mb sya udh ada tnda” mau mabung udh hmpir 3minggu tp rontoknya 3 hri 1lembar trkadang udh 3hri g ada rontok lg pdahal kondisi blunya udah kering mb pun udh mles berkicau mandi jg g mau jd gmn prwatannya…mhon pnjlsannya…makasih

    • @Iwan, kan sudah di ulas semua di artikelnya. Gak usah di mandikan lagi, full kerodong saja.

  17. permisi..
    om, saya mau nanya ni
    MB saya udah sebulan mabung tapi knp ekornya sehelaipun belum ada yang gugur?
    mohon penjelasannya ya om..
    makasih

    • @Pardon, masih wajar-wajar saja. Kemungkinan MB tersebut nyulam, atau belum waktunya ekornya jatuh. Jadi biarkan saja berjalan alami.

      • Om, perawatan selama mabung ini bisa di aplikasikan sama murai yg mabung pertama ga/trotol ke bulu dewasa.. matur nuhun om.

      • untuk menangani MB yg nyulam bagaimana om? Tolong beri saran donk om..
        ^_^

  18. Assalamualaiqum pak Haji..MB sy ko ga doyan kroto ya..itu sebabnya knp ya ? trus gmn caranya supaya dia jd mau makan kroto..terimakasih banyak pak Haji..lancar jaya terus SKL Bird Farm

    • @Donny, porsi pemberian EF lainnya, seperti jangkrik, UH atau yg lainnya dikurangin saja.

  19. siap mau dicoba pak..trims atas saran nya

  20. murai batu ku lagi dorong ekor..patut di coba..makasih infonya

  21. Assalamualaikum pa haji saya butuh penceraha,, apakah mb trotol kalau mabung bulunya keseluruhannya rontok pa haji??
    Dan membutuhkan waktu brpa lama?
    Mb trotol saya sudah 3 minggu lebih mabung tp hanya bulu halus dan bulu sayap4 helai saja yg rontok
    Mohon pencerahannya pa haji
    Terimakasih

  22. Assalamualaikum pa haji saya butuh pencerahan mb saya trotol sekitar usia 4 bulan sekarang kondisi ganti bulu apa untuk perawatannya sama dg mabung pak? mohon pencerahannya

  23. Salam Om!!
    sya mau tanya nih,sya baru bli Murai MH -/+ 1bln sdh sya rawat..tp bulunya agak sdkit kusam sih,anehny tuh burung sering bngt bunyi tp gak buka paruh..yg pngen sya tanyakan,apa murai mh sya sdg mau memasuki masa mabung / butuh brp lama merawat murai mh smpe dia mau mabung..abis klo burung sdg sya mandiin dgn cara dpegang,trkadang bulunya bnyk yg rontok..makanya sya mau bertanya dgn Om,apa/kpn murai mh sya mulai mabung,apa bs sya prcepat proses memasuki masa mabungnya..
    makasih Om wasallam..

    • @Tri Pemula Kicau, melihat kondisinya, seperti yang diulas Anda sendiri, si burung sudah mendekati masa mabungnya. Biasanya proses mabung seekor mb berjalan +/- 3bulanan, bisa lebih cepat, tapi bisa juga lebih lambat dari itu, tergantung metabolisme masing2 burungnya, tetapi juga tergantung pengkondisian si burungnya.

  24. pak, saya punya 2 mb mabungnya hampir bersamaan saya seting jangkrik 3/3 tapi mb yang satu gak mau ngedrop malah sering memancing mb yang satu bunyi. dlm satu rumah jarak mb 7meter sekarang kedua mb macet mabung jadi saya inisiatif kedua mb tdk saya kasih jangkik dan kroto sama sekali kira2 ada cara lain gak pak. terimakasih

  25. Assalamu’alaikum pak haji
    Pak MB saya baru beberapa hari ini mabung, selama masa mabung, mb itu tdk boleh d jemur sama sekali atau harus d jemur juga pak, kl mmg harus d jemur durasinya berapa lama & tiap hari atau berapa hari sekali. Mohon pencerahannya.

    • @Soleh S, silahkan baca artikel tentang hal tersebut pada website kami.

  26. Ass pak haji.. saya ada MB medan hasil penangkaran, usia 4 bulan, belum mabung, setelan jangkrik dan uh p/s 5, kondisi bulu kering, pernah liat bulu dada dan sayap jatuh entah alami apa dicabut sendiri, tapi krn setiap bulu yg jatuh dimakan siburung maka ga tau sdh mabung alami atau blm ? Apakah pola rawatnya harus menggunakan rawatan mabung ? Ada cara untuk mempercepat mabung siburung ? Apakah penggunaan UH yang berlebih bisa merontokan bulu burung ? Trims

  27. Assalamu’alaikum pak haji..
    Pak mb sy lg dorong ekor, skrg panjangnya -+ 5cm, sama di bagian kpala msh ada sedikit bulu2 jarum baru tumbuh. Apa metode full krodong (sesekali d buka separuh) harus terus d terapkan? Kapan ya pak waktu yg tepat buat buka krodong(krodongnya hanya malam) seperti settingan hari2 bisa?

  28. Aslm,

    Pak haji, mb sy sedang mabung. Bulu ekor sudah lepas semua. Ekor panjang yg hitam sudah keluar bung/tunas sekitar 0.5cm. Apa sudah perlu diberi kroto? Posisi bulu halus masih ada yg jatuh. Ef selama mabung cuma jk 3/3. Untuk ef lanjutan seperti apa setelannya? Nuwun.

    • @Toffan, lebih baik jangan dulu, tunggu sampai bulu2 lainnya tidak ada yg rontok lagi Om.
      Tidak dikasih krotopun tidak akan mati kok burungnya. He…he.

      • Baik, pak haji.

        Terus setelan ef yg baik spt apa kalau bulu halus sudah tidak jatuh lagi, pak haji?

        • @Toffan, unt sementara diteruskan juga gak masalah kok, sampai nanti tuntas dorong ekornya.

  29. Pak Haji, saya baru angkat murai dari temen, kondisi sekarang ekor gelombang dan bulu sayap warnanya ada warna coklatnya, apakah ini sudah selesai mabung atau mabung baru berjalan 50%nya? untuk bulu halus sudah tidak ada yang rontok lagi, ekor sekarang panjang -+ 15 -16 cm. dan apakah ekornya akan lurus tidak bergelombang jika sudah selesai ? mohon advisenya pak, karena ketidak tahuan saya Brung tsb saya kasih kroto tiap hari + Jemur tiap hari,,,

    • @Hani Saoki, ekor bergelombang itu disebabkan, karena burung dalam kondisi bulunya masih basah, tapi sudah buru2 segera dirawat intensiv.
      Saya tidak tahu dulu belinya masih dalam keadaan mabung atau baru mau mabung, Anda mesti menanyakan kepada pemilik sebelumnya.
      Kalau bulu sayapnya masih ada yang berwarna coklatnya, berarti dulu sayap tersebut tidak sempat jatuh.

      • Oo..klo bulu sayap tidak sempat jatuh, apakah nantinya bisa lepas dengan alami Pak dan kira2 sampai memakan waktu berapa lama yah ? dan sekarang Untuk saat ini kondisi burung bulunya tidak singset, lebih sering ngembangin bulu dan malas untuk aktifitas,saya udah coba kasih obat infeksi dan minum ebod fit tapi tetep bulunya ngembang..apa ini normal Pak Haji ?

        Mohon advisenya…

        • @Hani Saoki, ini burung hasil tangkaran atau tangkapan hutan?
          Manja tidak burungnya?

  30. Assalamualaikum,

    Pak haji, saya lagi nih. Hehe
    MB sy yg mabung skg sedang dorong sayap 75% dan dorong ekor 90%, masih terus full krodong atau gimana? Trus sudah boleh mandi atau jemur ya, pak haji?

    Nuwun, pak haji.

    • @Toffan, sdh boleh dibuka kerodongnya dan dimandikan seminggu 2x saja, tapi jgn dijemur, jd cukup diangin-anginkan saja.
      Buka kerodongnya juga jangan lama2 selama bulu2nya belum tuntas, secukupnya saja. Sekitar 1 jam saja, kemudian full kerodong lagi.

  31. asalamualaikum…
    om kalo pergantian bulu trotol ke bulu dewasa biasanya pada usia brpa bulan..??

    • @Asep, wlkmslm…biasanya sekitar usia 7bulanan, tapi kadang ada yg lebih cepat atau bahkan lebih lama dr usia 7bulanan itu.

  32. Ass, pak haji, mb saya usia kurleb 9 bulanan hasil penangkaran, 1 minggu lalu 2 ekor bulu terpanjangnya jatuh, sedangkan bulu halus maupun bulu sayap sama sekali tdk ada yg jatuh.. sekarang ekor terpanjang sdg nyulam 0,5 cm.. bagaimana untuk perawatanya ? Apakah menggunakan perawatan mabung atau memakai perawatan harian ? Trims

    • @Panatagama, apakah si burung sdh pernah berganti bulu dr trotolan ke bulu coklat pertamanya, ataukah ini baru mau berganti bulu anaknya?

  33. Saya beli dari umur 7 bulan sudah bulu coklat pertama pa haji, untuk saat ini saya masih menggunakan rawatan harian, cuma tidak saya jemur dan mandikan..

    • @Panatagama, kalau menurut penuturan Anda semuanya, yaitu beli dari umur 7 bulan sdh bulu coklat pertama, kemudian sekarang usianya menginjak 9 bulan dan ada sebagian bulunya yg lepas lagi, itu bisa jadi nyulam saja. Kalau mabung lagi, tidak akan secepat itu.

  34. Jadi apakah untuk perawatan yang saya berikan sudah benar pa haji ? rawatan harian tanpa mandi dan jemur, mengingat sedang dorong ekor 1,5 cm an.. trims atas jawabannya pa haji :)

    • @Panatagama, kalau masih lagi dorong ekor full kerodong saja, sembari dimaster.

  35. Assalamu’alaikum pak Haji, ane penggemar murai tp msh awam, ane br beli trotol balak 6 dari peternak,umur +- 4bln kondisi sekarang lagi mabung, tinggal sayap kanan kiri beberapa helai saja, bulu dada, leher, dan ekor sudah jatuh semua, trotol yg disayap jg udah hilang semua, ekor tumbuh br 1cm, yg ingin sy tanyakan pak Haji, kenapa rontok sayapnya agak lama ya pak, kadang sampe 5 hari baru jatuh, kadang2 cm sehelai, jangkrik 4p/3s, dan skrg saya genjot pake UH 10p/s, kroto sy stop. selang 2 hari langsung jatuh 4 helai sayap, apakah ini normal perawatan yg saya lakukan, untuk saat ini ttp sy full krodong dan tidak mandi. mohon pencerahannya pak haji.

    • @Anoe, itu wajar2 saja, proses mabung di alam bebasnya jg begitu. Jika rontok bulu sayapnya sekaligus seperti yang kita inginkan, nanti dia di habitatnya ada fase dimana dia gak bisa terbang sama sekali dong.
      Kalau dia gak bisa terbang, karena bulu sayapnya lagi ngedorong serentak, terus gimana nanti dia bisa menghindari serangan2 dr predator lainnya di hutan? Allah SWT menciptakan semua mahluk hidup di dunia ini sdh sedemikian sempurnanya kan?

      • assalamu’alaikum pak haji, mohon pencerahannya lg, mb sy yg lepas trotol,kok sayapnya belum rontok lagi y pak haji, setingannya jangkrik 4/3ps, UH yg udah ganti bulu kadang2 kasih 5 ekor, kroto stop.apakah perlu ganti setingan pakan, masih ada bulu sayap tua skitar 5 helai kanan/kiri, kl ekor udah panjang 8cm,apakah perlu dikasih kroto&mandi pak haji, terimakasih atas masukannya.

        • @Anoe, ditonton saja. Yg penting burungnya sehat2 saja.

  36. Assalamualakum pak Haji, saya baru beli mb borneo yg kata penjualnya sudah mabung lepas trotolan, tp setelah saya perhatikan di rumah kok masih ada bintik trotolannya pada sayap dan sayapnya pun berwarna colat tapi bulu dada sdh tdk ada trotolannya lg, kemudian pjg ekor atas sma ekor bawah (hitam)cuma selisih sedikit kyk spt masih dorong ekor, jd menimbulkan pertanyaan saya apakah mb trotolan mabung pertama memang meninggalkan bintik / bulu trotolan ? atau mb saya belum mabungnya belum tuntas…. utk jelasnya sy sertakan link foto mb saya

    http://i484.photobucket.com/albums/rr203/Fahru_Zzaini_Afsr/20150819_110050_zpscltkorcd.jpg

    http://i484.photobucket.com/albums/rr203/Fahru_Zzaini_Afsr/20150819_111236_zpsdll4yf7f.jpg

    semoga pak Haji berkenan memberikan komentar agar sy bisa memberikan perawatan yg sesuai, karena sy bingung mau jemur klu2 blum tuntas.
    untuk rawatan jk 5/5 uh 5/5 kroto 1 sdk mkn

    terimakasih

    • @Fahru, wlkmslm…burung tersebut sdh mabung lepas trotolnya, tapi masih menyisakan beberapa bulu anaknya. Hal itu bisa terjadi, tapi tidak masalah.
      Sdh boleh dimandikan, tapi unt sementara tidak usah dijemur dulu, melainkan cukup diangin anginkan saja. Unt MB muda tidak usah diberikan UH, jadi cukup jangkrik dan kroto saja.

      • Terimakasih atas jawaban pak Haji, klu sdh diangin2kan apakah dikrodong atau tidak pak ? dan kira2 kpn sy bisa jemur mb sy

        • @Fahru, bisa dua2nya, dikerodong atau dibuka saja. Kalau dilihat dari kondisi bulunya sekitar sebulannan lagi.

          • Makasih pak haji atas saran dn masukan :)

          • @Fahru, sama2…semoga sukses. Amin…

  37. assalamualaikum pak
    saya punya mb anakan betina bulu sayapnya sudah ada yang berjatuhan saya bingung setingannya soalnya sebelum mabung di beri full ef dan voer tetap di sediakan apa tidak apa2 setingannya di rubah di kasih jangkrik 3/3?
    terima kasih pak

    • @Hendri Setiawan, tidak masalah setingannya dirubah selama burung tersebut masih doyan makan voer.

  38. maaf pak saya mau tanya lagi, mb anakan yang lagi mabung kenapa klo setelah saya kasih jangkrik sore hari dan saya kerodong lagi mbnya malah marah2 sambil ngeluarin suara crecetanya jadinya klo malam tidak saya krodong, cuma siang saya kerodong apa tidak apa2 pak dan apa ada solusinya?

    • @Hendri Setiawan, apakah lampu di ruangannya dimatikan pada malam harinya?

  39. lampunya tidak saya matikan pak.

    • @Hendri Setiawan, kemungkinan dia belum terbiasa di kerodong malam hari. Harus dibiasakan, ini penting, karena pada malam hari banyak serangga beracun pada bermunculan. Salah satunya yang pasti muncul adalah nyamuk.
      Justru pada siang hari kerodong harus dibuka saja.

      • pak saran bapak udah saya lakukan pak, tapi mb anakan betina yang lagi mabung ngeriwik dan ngeplong terus pak dari jam 8-4sore berhenti jam 11-2siang apa tidak mengganggu proses mabungnya.

        • @Hendri Setiawan, gak masalah.

          • terima kasih pak.

  40. Ass pak haji, mb saya dorong ekornya lancar, tapi tidak ada bulu lain lagi yg jatuh, mungkin belum masuk mabung.. cuman suara ketrekan mb ini tidak nyaring (dari awal beli) usia 7 bulan, ukuran letrekannya biasa tidak nyaring malah terkesan ngebas dan variasi suaranya monoton,, apakah memang karena mental masih muda (9 bulan), kurang isian, atau memang bahan yg kurang bagus, jika bisa diperbaiki bagaimana treatment nya ?
    Suwun jawabanya pak haji

    • @Panatagama, jujur,saya tidak mau langsung memvonis begitu, apalagi tidak melihat burungnya secara langsung.
      Dipantau dan disabarin saja dulu. Kan baru 2 bulan dimilikinya yah?

  41. Iya mungkin perlu sabar ya pak haji,, hehe.. tapi apakah suara ketrekan mempengaruhi kualitas suara dari burung tsb?

    • @Panatagama, kalau suara cetrekannya kenceng pasti suaranya kenceng, tapi yang suara cetrekannya pelan belum tentu suaranya pelan loh. Jadi dipantau saja dulu.

  42. Untuk saat ini masih adaptasi pa haji, karena burungnya belum mau bunyi di depan orang, treatment nya cuma ditaro di ruangan yg sering lalu lalang orang, apakah efektif cara seperti ini pa haji ? Mohon maaf banyak bertanya, maklum pemula,, 1 lagi kalo no hp pa haji apa melayani juga konsultasi.. sepertinya enak ngobrol hehehe

  43. Maaf pak haji melenceng dr pembahasan, sdh sy cari gak nemu soal mb drop.
    Sy bru beli mb drop dgn hrg yg lmyan murah, umur kira2 sdh 2x mabung kaki sdh mulai nyisik terutama jari” nya, kira” gmana pak haji perawatan utk mb drop? Dan apakah semua isian yg dimilikinya akan hilang?
    Mksh sy ucpkan sblmnya

    • @Fahru, yang jelas harus dimabungkan lagi. Lebih baik penempatannya disendirikan saja dulu. Rawatan kesehariannya seperti merawat MB-MB lainnya saja. Tidak perlu dikerodong lagi, karena dia hanya seekor MB sendirian di rumah kan.

  44. pak haji pemberian UH setiap hari pada mb mabung apakah baik apa jelek..??

    • @Peystone, pendapat pribadi saya, lebih baik dihindari. Kan kalau lagi menjalani masa mabung birahinya tidak perlu dipicu.

  45. satu lg pak haji,klo misalkan lg proses ngurak pemberian Uh setiap hari ga apa2..??
    banyak orng bilang bahwa UH sifatnya panas,jd katanya bisa mempercepat proses nguraknya,benar apa salah pak haji..
    mohon pencerahaan nya pak haji..
    terima kasih..

    • @Peystone, kalau sdh mulai ngurak gak usah pake UH lagi.

  46. oowh gt,oke siap pak haji..
    terima kasih pencerahaannya pak haji..

  47. assalamuallaikum pak
    sepasang mb saya sudah di pindahkan ke kandang ternak sudah 2minggu dan sekarang mb jantan mabung apa ef harus saya kurangi apa seperti biasa.

  48. Murai batu saya lg proses lepas trotol ekor yg ambrol baru 2-3 helai 2mingguan yg lalu, skrng blm ambrol lg itu knp pak haji?

    • @Varic, masih wajar2 saja. Ditunggu dan disabarin saja.

  49. Siap pak haji, masih sabar kok. Hhe
    Untuk rawatannya porsi jangkrik sedikit atau ditambah, pak?
    Boleh dimandikan atau tidak?

    Terimakasih yo pak haji .

    • @Varic, jangkrik 5/5 ekor.
      Gak apa2, dimandikan 2x seminggu. Kalau mulai ambrol full, baru full kerodong saja.

  50. Pagi pak haji, klo utk kasus trotol sprti om varic itu boleh dikasih vitamin + dijemur apa enggak ?

    • @Abi, gak apa dikasih vit, tapi cukup seminggu 2x saja.
      Lebih baik diangin-anginkan saja, karena sdh ada bulu2nya yang jatuh.

  51. Bulu2 sudah jatuh dan sekarang sudah agak rapih, kecuali ekor sama bulu sayap sdikit yg blm pd jatuh .
    Sprti macet

    • @Abi, masih normal.
      Kadang ada burung MB yg proses mabungnya begitu.

  52. pak haji…kl untuk burung yg ga di voer, perawatan pas mabung gimana pak?

    • @Wisnu, itulah problemnya jika seekor MB tidak ngevoer.
      Mengapa tidak divoerin? Kan malah merepotkan kita.
      Setingan hariannya gimana?

      • jk 5/5, uh 5/5, uk pagi aja 1 sendok, kroto siang aja 1 sendok, cacing 2x seminggu

        • @Wisnu, jangkrik tetap saja. Kroto unt sementara wkt bisa distop dulu selama proses mabungnya.
          Bisa dicoba selama mabungnya diajarin makan voer lagi.

  53. Asalamualaikum pak haji, tolong pencerahannya, murai sy sdh selesai mabung tapi msh ada sisa bulu sayap yang blm lepas,kpn waktu yang tepat utk bawa ke latber,apa hrs tunggu sayapnya lepas semua,mohon pencerahannya

  54. Udah 2bln ini pak MB trotolan saya belum ambrol” ekor sama sayapnya, padahal bulu kepala dada dan punggung udah rapih, ini bisa dikatakan normal apa macet
    solusinya gmna pak?

    • @Varic, saran saya…jangan dibikin pusing hanya oleh seekor burung. Kita rawat saja sebaik-baiknya, nanti juga akan mabung sempurna dg sendirinya.
      Itu sdh ada siklusnya masing2.

  55. Makan Voer sama Jangkrik p/s 3 doang

  56. Assalamu alaikum, Mohon petunjuk pak haji, MB Borneo saya mabung sdh 3 mingguan, bulu halus,bulu sayap dan ekor sudah rontok.selama mabung EF cuma jangkrik P 2 ekor + voer 2 hari sekali. Sekarang bulu ekor yg putih sdh rontok habis dan bulu ekor hitam yg baru sudah mulai kelihatan muncul sekitar 4 cm dan bulu halus masih ada yg rontok. apakah sekarang sudah bisa saya beri kroto atau gimana, apakah pemberian cacing tanah boleh ?, tks Wassalam

    • @Herman, lebih baik jangan dulu. Burungnya doyan makan voer kan? Gak dikasih kroto juga gak akan mati kok. He…he.
      Hitung2 sekarang lagi proses detox saja.

      • jadi pemberian jangkriknya pak haji untuk harian berapa ya? skrng posisi murainya dorong ekor hitam kurang lebih 4 cm yang putihnya habis rontok bulu kecil ada sebagian rontok sayapnya sebagian ada yng masih mau rontok.gimana menu EF Jangkriknya ada perubahan kah pemberian jumlahnya pak haji?

  57. Maaf pak haji mau bertanya nih. Saya baca. Diartikel diatas pembersihan Sangkar 4 hari sekali apa kotorannya gak pengaruh dikesehatan mbnya soalnya 4 hrkan kotorannya uda ckp banyak ya pak.heheh

    • @Darmady, betul sih kurang hygienis, tapi kalau 3-4 hari masih belum berisiko tinggi.
      Tidak dibersihkan selama itu, tujuannya tidak lain agar membantu bulu2nya cepat rontok, karena kotoran yang sdh menginap itu akan mengeluarkan amoniak yang mengakibatkan suhu udara di dalam sangkarnya menjadi lebih panas.
      Selain itu agar burung bisa lebih mendapatkan ketenangan dr pd sangkarnya yg setiap harinya dibersihkan sehingga bisa memperlancar masa mabungnya.
      Kan pada ayam BK yg sedang mabung juga akan dilakukan hal yg sama P Dar.

  58. Misi om izin bertanya,,, saya baru punya murai sebulan yg lalu baru beli setelah seminggu ada bulu sayap yg copot dan bulu bulu kecil rontok… Nah udah sebulan belum kliatan lagi rontoknya… Apakah rontok total itu berapa lama waktunya??? Tapi burung masih suka ngriwik juga . . Trimakasi sebelumnya semoga para suhu bisa membalas…

    • @Airfandi, memang begitulah proses mabung seekor burung. Disabarin saja.

  59. Oh berarti ya memang lama ya om proses rontoknya, tapi dark kemarin ini saya tetap kasi kroto… berarti gpp gausah dikasi kroto dulu ya???

    • @Airfandi, silahkan baca artikel terkait di website kami.

  60. Dan untuk mandi jangan dimandi mandiin dulu gpp ?? Makasi sebelumnya nih cos maap pemula baru pelihara murai

  61. kalo denger suara kacer dan trucuk boleh ga ya?? kebetulan tetngga depan rumah punya kacer dan trucuk..

    • @Airfandi, gak masalah, cuman kalau masuk ke MB suara trukcuk itu kurang bagus.

  62. Dear SKL

    Murai betina sy sebulan lalu rontok bulu ekor, saat ini bulu ekor sdh sekitar 5 cm, yg jadi pertanyaan knp bulu sayap,dada dan kepala hanya sedikit yg rontok, menurut penilaian saya masih mulus, apakah ini normal? Apakah usia murai betina mempengaruhi jumlah bulu yg rontok saat mabung? Mohon pencerahan dr SKL team

    • @Eko, itu masih dalam batas2 kewajaran Om. Disabarin saja yah…

  63. Salam Pa Haji,
    Saya mau nanya Murai trotol saya usia 4 bulan sudah mabung setelan jangkrik 5p/s dan voer.. Setiap pagi sampai sore ngeplong terus.pertanyaan saya setelan pakannya sudah benar? Dan sering ngplong pada saat mabung gak masalah?
    Terima kasih

    • @Hendra, gak masalah…
      Mungkin burungnya minta dilego tuh Om?
      He…he.

  64. Semoga jadi sesuatu ke depannya Pa Haji

  65. Mau tanya Om ini Murai baru saya dalam kondisi mabung, yang saya tanyakan kenapa bulu ekornya kok blm mau jatuh ditambah sekarang jadi nyerit kayak kena kutu. Mohon dibantu sarannya. Trmksh

  66. Assalamualaikum.. Saya mau tanya pak..saya punya mb muda hutan baru 1 bln… Blm ngepur.. Bulu halus warna hitam sama bulu sayapnya rontok satu…Apa mb saya Mao proses mabung.. Kl iya gmn dengan kondisi mb saya Yg blm ngepur sudah mau proses mabung… Tolong diberikan cara penanganan nya.. Terima kasih.. Assalamualaikum

  67. tips di atas apa berlaku juga untuk burung yang baru mabung dari bulu trotol ke bulu dewasa pak ?

  68. Sore om. Saya sdah mnrpkan smua yg ada diartikel diatas, dan hasilnya mmuaskan om. Saya mnta msukan settingan harian yg ideal untuk mb saya skarng om. Tipe burung ngeban klo drumah. Klo di latber bongkar isian. Setingan awal jk4/4 krto 2hari sekali. Posisi sekarng slsai mabung ke2. Masih kurang kata saya mah pformnya. Mksih om. Smga shat selalu.

    • @Andi, Alhamdulillah…
      Pemberian jangkrik unt sementara cukup dulu, atau jika mau dicoba bisa ditingkatkan sampai 5/5 ekor.
      Kalau sdh mulai dirawat intensiv, kroto bisa diberikan setiap hari jika memungkinkan.

  69. Ok om. Trmakash.

  70. Assalamualaikum pak haji , saya beli mb sekitar 1 bln lalu menurut is penjual skrg berumur 1,5 thn , skrg lg proses mabung. Yg ingin sy tanyakan mengapa timbul suara aneh pada mb sy , sprt suara tertahan (ngekk) , suara kretekannya ada tp pelan , Apakah ini wajar saat proses mabung. Mohon pencerahannya , trima ksh pak ..

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>