Perawatan MB setelah mabung memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi, salah langkah bisa berakibat fatal untuk siMB. Dibawah ini akan diulas perawatan versi SKL BF yang tentu saja bisa berbeda dengan perawatan oarang lain, jadi point point mana yang menurut pembaca positiv silahkan dicoba tetapi kalau tidak yah gampang saja yaitu tinggal diabaikan saja.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

1. Selama 2 bulan pertama setelah selesai mabungnya yang penting kita jangan gatelan buru-buru ngegenjot MB kita agar supaya bisa mencapai top formnya kembali seperti sedia kala, MB pasca mabung seolah-olah baru terlahir kembali jadi harus lebih hati hati jika kita bandingkan dengan perawatan selama mabung.

Biasanya bulu ekor yang paling belakangan tuntas karena memang merupakan bulu terpanjang yang dia miliki jadi ini bisa menjadi salah satu acuan apakah MB kita sudah selesai mabungnya atau belum. Nah satu bulan pertama setelah bulu ekornya tuntas kita harus sabar merawatnya, terutama yang berkaitan dengan penjemurannya.

Jadi penjemurannya cukup diangin-anginkan saja dulu, tidak perlu langsung terkena sinar matahari. Burung MB yang baru selesai mabung dijemurpun pasti akan sangat cepat menjadi gelisah sehingga cepat menjadi megap megap nafasnya karena MB pasca mabung identik dengan kita manusia yang baru saja sembuh dari sakit jadi membutuhkan recovery yang cukup.

Mengapa awalnya hanya diangin-anginkan saja? Sekalian juga kita memberi kesempatan kepada bulu bulunya yang lain yang mungkin tanpa sepengelihatan kita ternyata memang belum tuntas 100%.

2. Setelah satu bulan pertama baru kita jemur dengan cara bertahap, pada hari hari pertama bisa kita coba dulu selama 10 menit, saya jamin burung MB tersebut akan cepat menjadi gelisah sekalipun MB itu MB Jawara atau kita jemur dengan ancer ancer waktunya jika mulut siburung sudah mulai membuka pertama (megap megap pertama ) kemudian kita tunggu dan pantau lagi sampai mulai gelisah setelah itu langsung kita angkat saja untuk diangin anginkan. Penting! Jangan langsung dikerodong.

Untuk lama waktunya penjemuran setiap MB pasti berbeda, jadi jangan sampai ikut ikutan celotehan rekan rekan sendiri yang bercerita bahwa MBnya kuat dijemur sampai 2 jam lamanya atau bahkan lebih kemudian terus kita langsung mencoba pada MB kita supaya nafasnya menjadi kuat. Ini jelas jelas salah kaprah!

Di habitatnya tidak ada burung yang setiap harinya langsung berjemuran dibawah teriknya matahari atau berlama lamaan bermandikan matahari. Mereka bermandikan matahari seperlunya/secukupnya saja kemudian berlindung dibawah dedaunan yang rindang sambil didis atau merapihkan bulu bulunya.

Ingat, penjemuran yang berlebihan bisa mengakibatkan MB tersebut menjadi serak apalagi bulu MB tersebut masih terkesan basah (istilah lain untuk kondisi bulu MB yang barusan selesai atau belum lama selesai mabung) akan berakibat lebih fatal lagi.

3. MB yang barusan selesai mabung atau bulunya masih basah jangan main umbar dulu karena kemungkinan masih ada sebagian bulu yang kondisinya masih ngedorong atau belum tuntas sekali pertumbuhannya sehingga sebagian energinya masih diperlukan untuk itu.

4. Memandikan burung MB tidak perlu setiap hari, jadi kita ikutin saja kemauan siburung. Apabila MB kita pada jadwal mandinya ternyata tidak mau mandi yah sudah kita angkat lagi saja dari keramba mandinya untuk dimasukan kembali kedalam sangkarnya.

Disarankan jangan main semprot air  sebagai pancingan dengan harapan jika kakinya atau salah satu anggota bagian tubuh MB tersebut menjadi basah akhirnya mau mandi. Penyemprotan yang salah bisa membuat mental siMB NGEDROP!

Demikian saja ulasan singkatnya semoga bisa bermanfaat, amin…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

129 Comments

  1. om…mb saya abis mabung ..kira kira uda 2 bulan kok,,ekor panjang nya masih belum tuntas ( masih ada 1 ekor hitam yg pendek )kira kira caranya gimana om biar MB saya bulu ekor nya sempurna…thank

    salam hormat

    • @Restuerlangga, mungkin ekor panjang yang satunya yang lebih pendek itu jatuh ekornya belakangan selain dulunya pernah dicabut oleh pemiliknya.

  2. maaf pak mengganggu waktunya… sy mohon pencerahan… mb sy waktu proses dorong ekor sy master dan mau ngeriwik dan ngeplong tapi kenapa pas sudah tuntas tidak mau berkicau ngeriwik pun enggak (apakah kegemukan jadi mb malas bunyi karna dari beberapa mb yg pernah sy lihat mb ini termasuk berbadan besar kira2 sebesar kutilang terlihat seimbang karna berekor panjang)…..

    • @Jibril, butuh proses waktu, coba pelan pelan mulai dirawat tapi satu bulan pertama setelah mabung jangan main jemur dulu. Kadang ada MB yg memang karakternya begitu.

  3. Salam kenal SKL…., mohon pencerahan…saya punya MB aceh hasil barter sama kawan, perawatan waktu di kawan walaupun kondisi sedang mabung tiap hari di mandikan dan jemur, setelah pindah tangan ke saya, tiap hari full krodong dan ful EF tiap hari karena sudah mulai numbuh bulu dan dorong ekor. Yang jadi masalah sekarang setelah selesai dorong ekor dan rapih, bulu sekitar kaki dicabutin kembali oleh burung tersebut, kira2 kenapa ya om, gimana solusinya, trims

    • @Leod, itu dikarenakan over birahi (istilah secara umumnya). Coba setingan EFnya diturunkan, misalnya pemberian jangkrik yg awalnya pg 5 ekr, sore 5 ekr diturunkan menjadi 3-3 ekr.
      Kerodong dibuka dari pagi sampai sore sekitar jam 17.an. Pemberian EF unt sementara cukup jangkrik saja dulu tp dengan syarat siburung mau makan voer yah. Semoga sukses…

  4. slm knl ni mas,sy punya mb bakalan,knp ya bulu dibawah perut ama kaki nya rontok,sedangkan bulu yg lain nya tidak,trus burung ga mua lg makn vor,ga mau minum,kl di kasi jangrik ama kroto lahap nya luar biasa,kira2 knp ya mb saya,trus bagai mana cara menangani nya,mhn solusinya,trms..

    • @Arif, itu bulunya yakin ngerontokin sendiri atau dipatukin oleh burungnya sendiri? Coba dipantau lagi.

  5. pa haji mb saya susah sekali mandi di keramba, ada tips gak ? saya udh pancing pake jangkrik tetap susah, dari orang yg dulunya suka dis emprot 2kali seminggu.

    • Om slm knal MB nias mh sy stlah di trek dgn mb lain yg lbih tua.dgn ef jangkrik 25 uh 27 kroto 1 sndok makan.bgitu saya bawa pulang saya mandikan dgn saya semprot ga lama sblm mw d jemur nyabutun bulu dada sblah kanan trus ngerempet sampe kaki om.apa mb Mh sy kena kutu atw over birahi om mohon solusinya

      • @Oby, usia relativ masih muda jika tadi menurut penuturan Anda “MB Nias Muda Hutan”, setingan terlalu tinggi jangkrik 25 ekr, UH 27 ekr dan kroto 1 sendok makan. Untuk takaran kroto 1 sendok makan masih “ok” lah, tapi yang lain-lainnya trelalu tinggi. Solusinya? Silahkan baca artikel kami saja.

  6. om saya punya murai ygng ngebatman,turun naik kdasar sangkar and mental drop.klo dbuka krodong nggak mau bunyi,tp sebaliknya bla dkerodong mau bunyi.apa sebabnya and gimana solusinya om,trims

    • @Misran Coy, usia burungnya kira2 berapa tahunan? Coba di umbar di kandang ternek jika memungkinkan, bisa juga di taruh di suatu ruangan yang jarang di lewati orang, full kerodong. Tetapi harus di akui memang agak susah.

  7. om, saya mau tanya sekitar perawatan setelah mabung. tolong pencerahan nya om…MB saya di rumah kira2 skrng sdh 3 minggu melewati masa mabung nya. Kmarin ketika musim hujan MB hanya di angin2kan saya perhatiin bulu’y pada ngembang om posisi msh ngeriwik. Nah sekarang setelah musim panas saya coba utk di jemur secara berkala antara jam 7-9 (lama jemur 10-30 menit). EF kroto pagi, JK 4 P/S, UH 2 P/S. klo saya perhatiin sebelum ada panas matahari bulu seperti musim hujan kemarin om alias ngembang. 2 hri sekali saya mandikan keramba om dgn catatan klo sehabis mandi ga pernah saya jemur, cuma di angin2kan. Dan klo saya perhatikan MB saya kurang fit om, ga seperti tmn’y yg baru selesai mabung jg. umur MB di rumah 3x masa mabung om.

    yang ingin saya tanyakan om :

    1. Apa MB saya di katakan “ngedrop” om?
    2. Gmana ya om agar kondisi MB bisa kembali fit seperti sblm nya?

    maaf om klo kebanyakan nanya nya….
    tq om buat pencerahan.

    • @Bequre, recovery masing-masing burung setelah masa mabung berbeda-beda, ada yang cepat tetapi ada juga yang agak lambat. Yang penting makan masih doyan dulu saja. Coba dilihat lagi setelah beberapa minggu kedepan. Bisa juga ada sebagian bulunya yang masih belum tuntas. dirawat saja intensiv tapi bertahap, terutama dengan penjemurannya.
      Semoga sukses…

  8. Mas .MB saya habis mabung bulunya tumbuh ga rapi kaya mau lepas gitu dari penjualnya jarang di jemur jadi bulu masih berantakan perawatan yang tepat gmna ya mas

  9. lam kenal mas broo….mo tanya MB ak girasnya minta ampon liat orang ja kelabakan heheh,ni masih mabong jg lama bgt dah 2bln lewat tp ekornya blm tutas tinggal yg warna putih..gimana caranya biar tu MB mentalnya kuat?maap newbie ni bos…jangkrik jg ak taruh tiap hari 15 butir n kroto 1 sendok…mohon pencerahannya ya bos..makasih

    • @Bambang, biasakanlah digantang di tempat keramaian secara bertahap. Jangkrik cukup 7/7, kemudian diturunkan secara bertahap dg melihat kondisinya sampai menjadi 5/5.

  10. Ass.pak mohon pencerahannya MB saya baru beres rontok 2,5 bulan yg lalu,kira2 mabung yg ke 4 pak,beres mabung sy umbar sekalian jemur,sy cobain.bertahap 2minggu sekali bw ke lapang,alhamdullih msh bisa nampil lg,beres dari lapang tambah gacor,tapi kenapa 1 minggu kemudian jadi macet bunyi,bulu merinding,burung jd lesu agak ngembang ya pak smp saat ini kira2 sdh 2mingguan burung hanya diam,dan tiap hari kadang masih ada bulu halus sm sayap yg rontok terus,padahal masa mabungnya sudah lewat…mohon bimbingannya agar MB saya bisa gacor lg seperti semula,dan apa penyebabnya ya. terimakasih bnyk sebelumnya pak

    • @Yoe, Anda terlalu cepat-cepat melombakannya, terbukti sampai sekarang masih ada bulu-bulunya yang rontok/jatuh saja. Istirahatkan dulu, full kerodong lagi. Untuk sementara jgn dimandikan atau dijemur dulu, selama kurang lebih 1 bulanan, setelah sebulan dipantau lagi apakah kondisi bulunya masih merinding.

      • Makasih bnyk sarannya pak haji

      • Ass.pak haji mohon pencerahan..
        Mb sy lg dorong ekor -+ 5cm,apakah skrng pemberian EF kroto di berikan setiap hari/ 3 x seminggu & sementara jangkrik sy tmbh skrng 5 p/s…dari 3 p/s…?
        Mksh byk sblm’a pak haji & mhn maaf klu byk tanya.

        • @Sugiartosafa, unt sementara pembaerian kroto cukup 3x seminggu saja. Nanti kalau sudah dirawat intensiv baru setiap hari.

          • Ass.
            Terima kasih byk pak haji atas pencerahannya…..
            Sukses slalu buat
            SKL BF

  11. asalamualaikum pa haji..
    tolong minta solusi nya..saya pny MB tp kesehariannya cuma ngriwik,kl pagi aja ngpolng2,,perwatn jangkrik5-5..kroto 2kali sehari,,,say juga udh cb produk om kicau yg katanya ngos jadi joss..tp ttep aja ga ada efek…
    mksh..
    wasalam

  12. assalamualaikum, pa haji..sy bru miara burung murai sdh selesai mabung yg kedua (dah sebulan kelar mabung) sy set jangkrik p5 s5 , kroto seminggu 3x…d rmh sdh ngeriwik setiap harinya…iseng iseng sy treq sm murai anakan…dia bunyi cm pas d treq sm yg gacor cm bunyi sebentar saja…langsung sy ungsikan murai saya….pertanyaan sy ..apakah murai saya blm kondisi…bagaimana mengetahui kalo murai sy sdh kondisi…trm kasih

  13. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ pak haji mb sy posisi ngurak sudah 1 bulan ini, sayap dan ekor sudah turun semua malah udah mulai tumbuh untuk ekor kurang lebih sudah 5 CM nah yg jadi masalah bulu dada, leher dan kepala koq blm turun jg ya? Mohon pencerahannya pak. Terima kasih
    Insya اللّهُ nanti klo pulkam sy pengen main2 ke tempat pak haji, domisili sy skr di pekanbaru

  14. Assalamualikum, p. Haji sy punya MB kr2 sdh umur 2 tahun (menurut pemilik sebelumnya) trs katanya juga sudah habis mabung. Kemudian sy lakukan perawatan harian seperti memandikannya (semprot) 2-3 hari sekali, penjemuran 1-1,5 jam. Pemberian EF 5/5 dan kroto setiap hari. Setelah 1 minggu kemudian 2 bulu ekor warna hitam rontok, tetapi masih menyisakan lagi 2 bulu ekor hitam pendek. Apakah MB saya ini masih dalam kategori mabung (belum tuntas) atau seperti apa. Dan perawatannya semestinya seperti apa???
    Mohon pecerahannya …… Terima kasih

  15. Assalamualaikum pak Haji…mau minta tlng jawabannya! MB saya sebulan ini mabung tp ekor sudah ambroll semua dan sudah dorong sekitar 1cm tp msh ada bulu halus sedikit yg jatoh, apa sudah boleh dimandikan di keramba…terima kasih

  16. Assalamulaikum wa haji,sy punya MB usia sekitar 3bulan lebih,sekarang sedang proses dorong ekor setelah selesai mabung,kmrn sy ganti kandang dipasang tangkringan atas,dan posisi mb ada didalam kandang,nah yg jadi masalah kenapa MB sy ga mau naik ke tangkringan atas?gimana solusinya ?mohon pencerahan

  17. Assalamualaikum. …salam kenal…pak mohon pencerahannya…Mb saya udah masuk bulan ke 3 proses mabungnya, awalnya bulu ekor rontok nyisain 1 helai..waktu ngedorong ekor sampai saat ini ekor baru kok masih ketinggalan jarak 2 cm dari ekor lamanya…bagaimana solusinya ya…mksh

  18. Om mau mntak pecrahan, ane punyak mb medan muda hutan. Ni uda ane rawat setahun lebih kagak mau ngeplong, cumak ngeriwik, mohon solusinya om. Satu lagu om.apa murai batu sehabis mabung ekornya menambah panjang?

    • @Iwan, itu mentalnya belum stabil, atau birahinya belum stabil. Dirawat aja terus, disabarin saja. Yang bunyi ngeplongnya belakangan belum tentu lebih jelek kok.
      Umumnya sih manjangin, asal jgn salah rawat saja. Kalau salah rawat bisa tekor ekornya, jadi bukannya mendekin loh.

  19. @skl: mohon pencerahan nya. Saya ditawarkan MB Medan dengan kondisi bulu punggung belakang yang tumbuh naik ke atas tepat di posisi sayap sebelah kanan. Yg saya mau tanyakan apa bulu tsb akan tumbuh kembali normal nanti setelah mabung? Mksh

  20. @skl: dari perkiraan saya mungkin 2-3 helai. Karena MB tidak boleh ditangkap/pegang. Posisi tepat diatas bulu warna putih.

    • @Johny, terus yg dirisaukan apanya Om? Seandainya gak bisa kembali lg seperti bulu yg lainnya, yah gak masalah kan Om. Yang penting kinerja si burungnya.

      • @skl: kinerja nya belum tau Mas. Karena baru melihat sekilas tapi volume cukup besar dan harga nya relativ tinggi (5rb). Mohon pencerahan nya. Maaf banyak bertanya sebelumnya karena saya pemula Mas. Terima kasih banyak sebelumnya sudah banyak menganggu.

  21. Salam,
    pak haji, setelan pakan setelah mabung gmn ya?

    • @Toffan, jangkrik 5/5 dan kroto 1 sendok makan setiap hari.

  22. Pak mhon pencerahan nya p
    Saya punya mb aceh sebelum rontok edjor panjang nya kisaran 22-23
    Umur dah 4x rontok sama saya
    Nah yg mau saya tanyakan knapa yg rontok terakhir ini waktu pasca mabung gak gacor kyak biasa nya
    Ef nya 10 banding 10 uh 3
    Mohon bimbingan nya

  23. Salam krnal pak..

    Saya mau tny.. di rmh ada mb yg lg dorek.. tp saya ga tau awal doreknya kapan.. karna ku beli sewaktu dia lg proses dorek.. yg jd pertanyaanku brp lama ya ekornya mentok? Ef saya p/s jk 5 5 dan kroto 2 x seminggu

    Dan ciri2 uda mentoknya gmn dia? Kondisi walau sedang dorek.. moncer trus dia.. jd saya susah nebak kapan top form dia pak.. saya uda take over sudah 2 minggu di rmhku.. mohon sarannya.. trims..

    • @Hasan Rusli, yg ini juga bisa dipakai sebagai patokan/ancer2, yaitu bisa dikatakan mentok, jika selisih panjang ekor hitam yg no.2 dan ekor jagonya sekitar minimal 3,5/4cm.

  24. assalamualaikum WrWB
    salam kenal om
    saya mempunyai burung murai batu aceh yang selesai mabung dan murai batu nias, selama masa mabung porsi efnya saya seting 2-2 dan kroto full ekor sudah panjang alhamdulilah sekarang mulai berbunyi,yang saya mau tanya kenapa setiap saya angin-2kan dan mendengar murai batu nias murai acehnya selalu loncat ke jeruji kandang dan bertengger lagi tapi tidak berbunyi, sedangkan jarak murai niasnya saya gantung didalam rumah, kurang apa ya om dengan murai acehnya ?
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih
    wasalam

    • @Budi Setiawan, kondisi MB Acehnya jelas masih belum fit, kan baru selesai mabungnya saja.
      Hanya butuh proses waktu saja.

  25. Assalam mulaikum pak haji.. mohon petunjuk.. murai saya bulu ekor lagi ngedorong sekarang panjangnya sudah 10cm kurang lebih.. tapi kenapa bulu dikepalanya belum tumbuh” pak haji.?? Dan sayapnya juga ga rontok” padahal sudah kusam warna sayapnya.. Makasih pak haji..

    • @Asari, wlkmslm…itu bukan mabung, melainkan hanya nyulam saja, jika sampai tuntas ngedorong ekornya tidak ada bulu lainnya yg jatuh.

  26. Ooh..terus gimana cara penangannya pak haji.?? Apa perawatannya sama seperti dulu lagi, mandi tiap hari dan jemur.?? Terus gimana cara menumbuhkan bulu di kepalanya yaa pak haji.?? Makasih pak haji..

  27. Om saya mau tanya mb saya setelah mabung kalau di adu ngembung seperti borneo

    • @Mirza, kemungkinan kondisi MBnya belum fit. Jadi bulunya masih ngembang.

  28. Om mau tanya kalo perwatan mb mabung yg lepas voor gmna ya

  29. om mau tanya, saya punya murai yg sebelum mabung sangat jinak, tp sekitar 2 minggu setelah mabung kok jadi liar ya?takut sama orang. kalo kandang diangkat pasti gelabakan. kalo diluar rumah pasti cuman mondar mandir gak tenang dan gak mau bunyi, tp kalo didalam rumah selalu ngriwik. mohon solusinya om. terima kasih

    • @Bondan, mungkin pengaruh selama mabung full kerodong kan? Jadi selama mabung jarang lihat manusia.

      • iya om selama mabung full krodong, jadi gimana solusinya biar kembali seperti semula?

        • @Bondan, kembali dibuka saja kerodongnya secara rutin.

          • berarti nanti bisa kembali dgn sendirinya atau butuh perawatan khusus om?

          • @Bondan, harus dirawat seperti dulu lagi.

  30. mlm om. mau tny nih…. mb saya saat ini habis mabung & lg dorong ekor.tp setiap habis bunyi kog trus jd nglowo y om,itu mb sy kenapa om n solusinya gmn? makasih om

  31. minta saran’y pak haji..
    agar proses ngurak mb bisa cpt bagaimana tips n’ trick’y..

  32. Ass.wr.wb
    Pak haji mohon koreksinya.karena saya termasuk pemula dan baru 5 bulan menyenangi memelihara MB dari trotolan.
    dirumah saya ada empat ekor murai yaitu :
    Satu Murai Nias yang sedang mabung
    satu murai medan trotolan yang mau mabung
    dua murai medan trotol yang sedang dorong ekor
    ke empatnya saya perlakukan kurang lebih sama yaitu
    pagi jam 6 saya buka krodongnya terus saya angin anginkan kemudian saya kasih jangrik masing2 lima ekor.
    jam 6.30 atau jam 7 saya krodong lagi karena saya harus berangkat kerja.
    siang sekitar jam 1 sepulang kerja saya buka lagi krodongnya dan saya jemur sekitar 15-30 menit (itupun kalau panas)
    saya buka krodongnya sampai jam 4 sore.
    setelah jam 4 sore saya kasih lagi jangkrik 5 ekor. terus saya krodong kembali sampai pagi.
    untuk kroto paling seminggu 3 kali
    untuk ulat hongkong juga seminggu 3 kali
    saya juga memberi vitamin dan mineral ke minumannya seminggu 3 kali
    semuanya doyan voor tapi banyak juga voor yang dijatuhin di dasar kandang.
    semuanya sudah mulai ngeriwik dan sekali kali ngeplong tapi kebanyakan mau ngeriwiknya kalau dikrodong saja.
    apakah perlakuannya saya terhadap Mb tersebur termasuk normal atau masih ada yang kurang..mohon pencerahannya.
    kira kira nunggu berapa bulan dorongnya bisa tuntas.

    • @Kang Ato, normal2 saja. Kalau memang begitu sikon Anda ya mau gimana lagi? Terpenting istiqomah.
      Cuman ada saran sedikit saja, kasih jangkriknya sebelum burungnya diangin anginkan di luar.
      Umumnya masa mabung itu berlangsung sekitar 3 bulanan.

  33. assalamualaikum pak haji..
    mohon minta pencerahaannya pak haji,sampai sekarang saya msh bertanya2,banyak orng bilang pasca burung mabung nah di situlah burung bisa di setting sesuai keinginan kita..maksudnya gimana tuh pak haji..

  34. iya maksudnya setting ulang gmna pak haji..??
    misal,setingan mb yg di rmh sblm mabung ef saya set dgn Jk 10 p/s kroto saya ksh 2X seminggu..
    nah apakah mb saya pasca mabung bisa saya set dgn ef lbh sedikit dr sebelumnya,misal Jk 5 p/s..
    mohon pencerahannya pak haji..

    • @Peystone, iya. Bisa dicoba dilakukan begitu, tapi butuh proses waktu yg agak lama unt beradaptasinya. Kadang hasilnya juga tidak mutlak 100%, tapi tetap bisa dicoba.
      Perubahan setingan yang mendasar kadang butuh waktu sampai 2x mabung unt penyesuaiannya.

  35. oowh lumayan lama jg prosesnya ya..
    nah satu lg pak haji,untuk proses penumbuhan bulu pasca mabung,ada artian di genjot dgn EF,untuk porsinya tak terhingga atau ada takarannya..
    nah apakah nantinya ga bakalan ketergantungan,takutnya nanti di seting rendah malah jd down..

    • @Peystone, kalau Anda misalkan setiap harinya hanya makan tahu tempe, kemudian pada suatu hari ada org yang memberikan daging sapi. Bagaimana reaksi badan Anda setelah mengkonsumsi daging tersebut? Tambah bertenaga atau tambah loyo?
      Sekarang, kalau Anda misalkan setiap harinya makan daging sapi, apa yang dirasakan oleh badan Anda?
      Pertanyaan saya kepada Anda, reaksi badan kita lebih responsiv unt kasus yang pertama atau yg kedua? Itulah makna dr setingan harian dan lomba.

  36. yg saya maksud pak haji setingan ef untuk mb yg lg dorong ekor,kan katanya mesti di genjot dgn Ef,supaya mempercepat pertumbuhan bulu baru..
    apa ada takaran tertentu,trs gmna klo setingan setelah proses dorong ekornya tuntas apa msh sama dgn setingan waktu dorong ekor..??

  37. Ass pk…
    Untuk murai yang sedang proses dorek itu kan bisa sekalian di master ya pk? Apakah memang benar si burung bisa nangkep suara Masteran nya?
    Kemudian kapan waktu yang tepat untuk memaster tersebut… perkiraan jam brp dan brp lama?
    Termikasih atas petunjuk nya.

  38. dorek = dorong ekor pak haji,,,, hehehe….

    • @Akmal, ooohhhh…
      Tidak terpikirkan sampai kesitu Mas Akmal. He…he.

  39. Asalamuaikum,,,
    Pak haji mau nanya saya punya murai udah 1bulan dorong ekor sekarang kira” panjang ekor 10cm btuh brapa lama lagi ekor tersebut mentok

    • @Brjo, biasanya (jika semuanya berjalan lancar) mulai dari jatuh bulu pertama sampai tuntas mabung itu memerlukan waktu 3 bulanan.

  40. Ini dari jatuh bulu sampai sekarang kira” udah 2 bulan lebih pak haji
    Dan ekprnya kok ga panjang karna saya beli mb muda hutan
    Apakah ada mb medan yg ekot pendek pak haji mohon pencerahan makasih

    • @Ali, sy tidak tahu seberapa pendek ekornya menurut kaca mata Om Ali. Masalah ekor itu sangat relativ, siapa yang melihatnya.

  41. Diantara 15cm pak haji
    Kata temen yg udah pakr katanya medan
    Tapi ada yg bilang lampung
    Klo diliht dari ekor hitamnya miring membentuk huruf U pak haji
    Klo menurut pak haji murai apa punya saya pak haji mohon pencerahan

    • @Ali, jangan terkecoh dg MB itu Medan atau bukan, yg penting MB itu bagus. Titik, urusan selesai.

  42. Ok pak haji maksih
    Mau nanya lagi pak haji setelah dorong ekor selesai dan udah dijemur sekitar 1bulan bolehkah diumbar dan dilombakan

    • @Ali, di tempat sy biasanya setelah 3 bulan tuntas. Kita gak main umbar.

  43. Gitu ya pak haji maksh masukanya pak haji

  44. Assalam mualaikum.. pak haji mohon petunjuk, MB saya sedang mabung sudah 2 bulan dan saat ni sedang dorong ekor, tapi kenapa bulu dada masih rontok yaa.? Dan klo bulu dada itu, harus turun semua or cuma sebagain yaa pak haji yg turun bulunya.?? Dan ciri” MB selesai mabung gimana yaa pak haji ciri”nya.?? Makasih banyak pak haji petunjuknya.

    • @Asari, kan sdh dijelaskan semua pada artikel yg terkait.

  45. Maaf pak aji mohon saran nya..
    Mb saya sekarang proses dorong ekor.
    perawatan kroto jangrik 5 tiap
    hari…madih perlukah mb nya di krodong full?
    Dan sudah boleh dimandikan serta
    di jemur belum?

    • @Jhofan, kalau dorong ekornya masih pendek lebih baik full kerodong saja dulu sambil dimaster intensiv, agar bulu2nya tumbuh bagus, terutama ekornya.

  46. Om ku …MB ku kan awalnya suka nyabutin bulu ekor, akibatnya beberapa jadi rusak..tak cabut aja yg rusak biar tumbuh baru..setelah tumbuh tunas,kok malah di patukin sendiri gt..mau tak kurangi EF kawatir bulu nggak tumbuh maksimal karena kurang EF ..setelan jangkrik p/s 5/5 …minta solusinya omku

    • @Bloger Kecepit, burung makan vorr kan? Jika burung makan voer, pemberian jangkrik harus langsung diturunkan menjadi 2/2 ekr saja. Kroto stop dulu.
      Jangan khawatir ada apa2, selama dia sdh makan voer.
      Kerodong dibuka full. Setiap hari dimandikan, tapi jangan dijemur, melainkan diangin-anginkan saja.
      Semoga sukses. Amiiinnn…

      • untuk proses dorong ekor dari tunas sampe selesai dengan setelan jangkrik 2/2, kira2 butuh waktu berapa lama Omku ?

        • @Bloger Kecepit, tanyalah kepada rumput yg bergoyang Bro.
          Yah gak ush ditunggu tunggu lah, nanti juga akan selesai dengan sendirinya. Seperti pada umumnya, proses mabung itu biasanya berlangsung sekitar 3 bulanan.

          • Om ku..maksud dari kerodong dibuka full, itu 24 jam ato pagi-sore saja ?

          • @Bloger Kecepit, lah dibuka kerodongnya 24 jam sehari itu berarti apa Om?

  47. Maaf pak aji…minta saran…murai baru selesai dorong
    ekor masih perlu di krodong apa nggak ya pak aji kalo siang hari?

    • @Jhofan, tergantung sdh seberapa panjangnya dan karakter burungnya.
      Sdh berapa panjangkah ekornya?
      Apakah karakter burungnya masih liar, semi liar atau sdh duduk?
      Berapa usia burungnya,kira2 saja?

  48. Bos mohon petunjuknya dong knapa murai batu saya kalo di kasih kroto malah merinding n ngelowor sedangkan kroto yang saya kasih kroto sogrokan mohon petunjuknya y timakasih

    • @Nico, bagaimana dengan kondisi bulunya? Masih bagus kah, atau sudah kering kah? Atau kemungkinan bisa juga kondisi si burung memang sedang kurang fit.

  49. Pak Skl bird farm” saya mau tanya, saya punya murai borneo selesai mabung, ekor udah kliatan panjang, awalnya saya beli MH masih liar trs saya rawat sampe sekarang udah 7 bulan, selama 3 bulan terahir saya ful krodong karna mabung buka 3 hari 1x buat ngasif vor, minuman, sekarang baru selese mabung ekor udah panjang 17cm, kalo tangan takmasukin ke dalam sangkar sambil bawa jangkrik udah mau ngambil jangkrik dari tangan saya, yg mau saya tanyakan kenapa murai saya cuma ngeriwik kadang kasar kadang pelan, trs kalo liat saya dari duduk di bawahnya trs berdiri itu ngeriwiknya trs berhenti tp kl cm di pandangi sambil duduk duduk dia masih tetep ngeriwik, mau ngeplongnya cuma kalo subuh, solusinya biar burung cepet mau ngeplong gemana y pak?. trs setingan efnya gemana?, thx..

    • @Mannan, mentalnya belum stabil, tapi bukan berarti memvonis mentalnya kurang bagus yah.
      Masih perlu proses waktu saja unt merawatnya. Kadang ada yg cepat beradaptasi, tapi yg lambat bukan berarti lebih jelek yah.
      Disabarin saja, selain itu ada pengaruh dia baru saja selesai diring ekor kan. Semua burung yg baru saja selesai dr mabungnya pasti tenaganya velum optimal, atau masih kurang fit.

  50. Salam bang,
    Sy ada murai bahorok lg posisi dorong ekor,
    2 bulu terpanjangnya (ujungnya) seperti menggumpal,
    Tidak bulat, dan agak jarang,
    Tolong pencerahannya bang,
    Apakah pengaruh proses dorong ekor belum tuntas?
    Atau apakah sebab lain?
    Mb nya gacor, selama dorong ekor sy beri 5/5 p/s jk,
    Cacing tanah 3 ekor,
    Kroto 2x seminggu,
    Terima kasih sebelumnya bang.

  51. makasih pak” bener pak baru 4hari ini mulai saya buka krodongnya tp blm tak jemur.
    terus rawatan harianya yg tepat gemana pak? vor yg bagus apa? soalnya selama mabung tu vornya ku kasih vor ayam. o iya kemaren saya coba kasih masteran suara kolibri dari jam 6 – 9 pagi. siangnya tu langsung di tiru tp ya gitu nirunya sambil ngriwik kasar.

  52. Misi om numpang tanya, saya baru ambil murao balak 8.jinak bener, kondisi pas diambil orangnya ngmg mau mabung. Bulu ekor paling atas lepas. Udah 2minggu disaya buli ekor mulai numbuh, masih gacor cuma saya heran bulu yg lain masih bagus dan ga kering. Saya tanya ama yg pinya katanya br mau mabung. Tp temen2 yg ngerti burung ngmg kalo itu bru kelar mabung… Burung guacor bener..tdnya masu saya stop kroto, kurangi jangkrik full UH. Tp setelah seminggi temen bilang ini lg dokor akhirnya saya full Kroto, naikin jangkrik, UH dikurangi. Tanya om..apa ciri2 baru selesai mabung, dan berapa lama dorong ekor..maaf kebanyakan..masij culun om..hehe

    • @Iwan Kurniawan, biasanya kalau bulu ekornya baru mulai tumbuh sampai benar2 tuntas memerlukan wkt sekitar 2 bulan.
      Ciri2nya, warna bulu masih gelap/hitam kelam dan agak mengkilat, itu yg diistilahkan bulu masih basah.

  53. slmt pagi pak..
    saya mau tanya nih.. say punya murai medan skr lg dorong ekor,skr pnjg ekor kira2 2cm bolehkan saya memandikan murai di keramba mandi.
    dan untuk ef setiap pagi/sore saya kasih 5/5.
    untuk kroto kata org yg punya pertama cukup dikasi 2minggu sekali saja. mnurut bapak apakah pemberian kroto boleh saya tambah porsinya krna posisi sdg dorong ekor..?
    mohon pencerahan nya y pak.. sblm nya trimakasih…

  54. oh iya pak saya lupa.. usia murai saya bru mau lepas trotol mabung pertama

  55. Pak, kan saya baru beli MH sebulan yang lalu posisinya lagi dorong ekor, kan itu burung masih giras. Kira-kira perawatannya gimana ya? apa boleh sambil proses penjinakan atau harus full kerodong karna saya takut itu ekor rusak atau lepas lagi karna nabrak nabrak? makasih sebelumnya pak

  56. Ass, pak haji
    Mohon pencerahannya…
    Saya punya MB anakan kalau di siulin dan di deketin bulunya ngembung semuanya dan sayapnya gerak gerak turun sambil ngibas ngibas terkadang ngriwik.
    Itu sesuatu yg biasa atau bermasalah ya,,,?
    Terima kasi

    • @Yudi, calon bermasalah. Itu pertanda dia kelak akan, atau bahkan sekarang sdh manja.

  57. assalamualaikum pak haji
    mohon pencerahannya. mb saya sudah melewati masa mabung selama 3 bulan tp kenapa ekornya malah lbh pendek dr sebelum mabung. sebelum mabung ekor panjang 17cm. apa itu masih dlm proses dorobg ekor?
    terima kasih

    • @Hasan BG, ekor seekor MB itu bisa menjadi lebih pendek juga, dikarenakan ada gangguan selama proses mabungnya ada ganguan.
      Saya sdh pernah menulis artikel terkait hal ini.

  58. Ass om skl…om mhon pncerahannya,sy punya murai yg sedang mabung,bru berjln kurng lbih mau 1bln,yg mau sy tnyakan ialah utk pmberian jngkriknya pg dan sore 3-3,apkah pmbrian jngkrik stiap pg dan sore berpengaruh trhadap proses rontoknya bulu atw tdk?…dan apkah pmbrian porsi jngkrik tdk berlbihan klw 3-3pg dan sore?….dan selama stiap pmberian jngkrik klw pg sy perhtikan utk bulu sllu rontok,blm ada tnda2 macet utk rontoknya…..demikian om dan sblmnya trmksh ats pencerahanya

  59. Mau tanya gan, sy punya MB 2ekor. yang 1 MB umur msh muda tapi sdh selesai mabung, yang ke 2 MB umur mapan dan lumayan gacor tapi lg dorong ekor. kronologisnya seblm ada MB ke 2, MB 1 sdh mulai suara dan kadang ngeplong tetapi semenjak ada MB 2 yg lumayan gacor, Mb 1 kok hanya diam kadang cuma bunyi trek trek doang. yang jadi pertanyan sy apakah MB 1 sy kalah mental dengan MB 2 padahal kedua2nya sy full krodong supaya tdk terlihat dan sy tempatkan terpisah tapi msh terdengar suara MB 2 ? (catatan MB 2 baru ada ditempat kira2 3 hari)
    Menurut agan gmn saran dan petunjuknya. mudah2an saja MB 1 hanya adaptasi saja karena ada burung MB baru yang datang.

    • @Ferdy, MB yg mudanya jelas tertekan.
      Tanpa saling melihatpun, hanya dr suara saja seekor MB bisa tertekan oleh MB yg lebih dominan.
      MB yg tertekan itu akan merasa merdeka lagi, jika dia dipisahkan rumah.

  60. assalamuallaikum pak.
    mau bertanya tentang penangkaran, sepasang mb yg salah satu mabung tidak di pisahkan tetap di kandang penangkaran dan porsi ef diturunkan, untuk menaikan porsi efnya lagi apa setelah dorong ekor tuntas atau setelah dorong ekor tuntas lebih seminggu/sebulan ?
    terima kasih pak

    • @Hendry, baru setengah main dorong ekornya juga gak masalah, asalkan mayoritas dr semua bulunya sdh jatuh.

      • maaf pak mau tanya lagi,sepasang mb mabung tidak bersamaan beda2minggu lalu saya pisahkan karena mb betina sakit dan sekarang mb jantan sudah selesai dorong ekor dan betina baru 1/2 dorong ekor apa bisa saya satukan lagi/nunggu mb betina selesai dorong ekor.
        terimakasih

        • @Hendry, gak apa2.

          • apa perlu penjodohan ulang pak.

          • @Hendry, lebih aman begitu.

  61. mas saya punya murai saya nggk tau mabung atau nggk maklum pemula ,
    bulunya mulai rontok (bulu syap,bulu halus) terus saya krodong 2 mingguan kok bulunya nggk mau rontok lg yah ?
    tpi setelah saya buka kerodong belum ada seminggu mulai rontok lg mas ,
    ini bagusnya dikerodong ato nggk usah yh ??
    mohon pencerahannya maklum pemula . . . .

    • @Wahab, dikerodong saja.
      Gantang di tempat yg sepi dan tenang agar proses mabungnya bisa berjalan dg lancar.

      • ok mas saya coba , maksih atas pencerahannya . . .

  62. Siang pak haji..pak saya punya mb medan OB terkadang mau bunyi dan galak pak serta ngelowo juga..gmn cara agar bisa normal lagi yah pak…mohon pencerahannnya…

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>