Perawatan MB setelah mabung memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi, salah langkah bisa berakibat fatal untuk siMB. Dibawah ini akan diulas perawatan versi SKL BF yang tentu saja bisa berbeda dengan perawatan oarang lain, jadi point point mana yang menurut pembaca positiv silahkan dicoba tetapi kalau tidak yah gampang saja yaitu tinggal diabaikan saja.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

1. Selama 2 bulan pertama setelah selesai mabungnya yang penting kita jangan gatelan buru-buru ngegenjot MB kita agar supaya bisa mencapai top formnya kembali seperti sedia kala, MB pasca mabung seolah-olah baru terlahir kembali jadi harus lebih hati hati jika kita bandingkan dengan perawatan selama mabung.

Biasanya bulu ekor yang paling belakangan tuntas karena memang merupakan bulu terpanjang yang dia miliki jadi ini bisa menjadi salah satu acuan apakah MB kita sudah selesai mabungnya atau belum. Nah satu bulan pertama setelah bulu ekornya tuntas kita harus sabar merawatnya, terutama yang berkaitan dengan penjemurannya.

Jadi penjemurannya cukup diangin-anginkan saja dulu, tidak perlu langsung terkena sinar matahari. Burung MB yang baru selesai mabung dijemurpun pasti akan sangat cepat menjadi gelisah sehingga cepat menjadi megap megap nafasnya karena MB pasca mabung identik dengan kita manusia yang baru saja sembuh dari sakit jadi membutuhkan recovery yang cukup.

Mengapa awalnya hanya diangin-anginkan saja? Sekalian juga kita memberi kesempatan kepada bulu bulunya yang lain yang mungkin tanpa sepengelihatan kita ternyata memang belum tuntas 100%.

2. Setelah satu bulan pertama baru kita jemur dengan cara bertahap, pada hari hari pertama bisa kita coba dulu selama 10 menit, saya jamin burung MB tersebut akan cepat menjadi gelisah sekalipun MB itu MB Jawara atau kita jemur dengan ancer ancer waktunya jika mulut siburung sudah mulai membuka pertama (megap megap pertama ) kemudian kita tunggu dan pantau lagi sampai mulai gelisah setelah itu langsung kita angkat saja untuk diangin anginkan. Penting! Jangan langsung dikerodong.

Untuk lama waktunya penjemuran setiap MB pasti berbeda, jadi jangan sampai ikut ikutan celotehan rekan rekan sendiri yang bercerita bahwa MBnya kuat dijemur sampai 2 jam lamanya atau bahkan lebih kemudian terus kita langsung mencoba pada MB kita supaya nafasnya menjadi kuat. Ini jelas jelas salah kaprah!

Di habitatnya tidak ada burung yang setiap harinya langsung berjemuran dibawah teriknya matahari atau berlama lamaan bermandikan matahari. Mereka bermandikan matahari seperlunya/secukupnya saja kemudian berlindung dibawah dedaunan yang rindang sambil didis atau merapihkan bulu bulunya.

Ingat, penjemuran yang berlebihan bisa mengakibatkan MB tersebut menjadi serak apalagi bulu MB tersebut masih terkesan basah (istilah lain untuk kondisi bulu MB yang barusan selesai atau belum lama selesai mabung) akan berakibat lebih fatal lagi.

3. MB yang barusan selesai mabung atau bulunya masih basah jangan main umbar dulu karena kemungkinan masih ada sebagian bulu yang kondisinya masih ngedorong atau belum tuntas sekali pertumbuhannya sehingga sebagian energinya masih diperlukan untuk itu.

4. Memandikan burung MB tidak perlu setiap hari, jadi kita ikutin saja kemauan siburung. Apabila MB kita pada jadwal mandinya ternyata tidak mau mandi yah sudah kita angkat lagi saja dari keramba mandinya untuk dimasukan kembali kedalam sangkarnya.

Disarankan jangan main semprot air  sebagai pancingan dengan harapan jika kakinya atau salah satu anggota bagian tubuh MB tersebut menjadi basah akhirnya mau mandi. Penyemprotan yang salah bisa membuat mental siMB NGEDROP!

Demikian saja ulasan singkatnya semoga bisa bermanfaat, amin…

Kontak kami: Toko Mas Shakila Putra, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

30 Comments

  1. om…mb saya abis mabung ..kira kira uda 2 bulan kok,,ekor panjang nya masih belum tuntas ( masih ada 1 ekor hitam yg pendek )kira kira caranya gimana om biar MB saya bulu ekor nya sempurna…thank

    salam hormat

    • @Restuerlangga, mungkin ekor panjang yang satunya yang lebih pendek itu jatuh ekornya belakangan selain dulunya pernah dicabut oleh pemiliknya.

  2. maaf pak mengganggu waktunya… sy mohon pencerahan… mb sy waktu proses dorong ekor sy master dan mau ngeriwik dan ngeplong tapi kenapa pas sudah tuntas tidak mau berkicau ngeriwik pun enggak (apakah kegemukan jadi mb malas bunyi karna dari beberapa mb yg pernah sy lihat mb ini termasuk berbadan besar kira2 sebesar kutilang terlihat seimbang karna berekor panjang)…..

    • @Jibril, butuh proses waktu, coba pelan pelan mulai dirawat tapi satu bulan pertama setelah mabung jangan main jemur dulu. Kadang ada MB yg memang karakternya begitu.

  3. Salam kenal SKL…., mohon pencerahan…saya punya MB aceh hasil barter sama kawan, perawatan waktu di kawan walaupun kondisi sedang mabung tiap hari di mandikan dan jemur, setelah pindah tangan ke saya, tiap hari full krodong dan ful EF tiap hari karena sudah mulai numbuh bulu dan dorong ekor. Yang jadi masalah sekarang setelah selesai dorong ekor dan rapih, bulu sekitar kaki dicabutin kembali oleh burung tersebut, kira2 kenapa ya om, gimana solusinya, trims

    • @Leod, itu dikarenakan over birahi (istilah secara umumnya). Coba setingan EFnya diturunkan, misalnya pemberian jangkrik yg awalnya pg 5 ekr, sore 5 ekr diturunkan menjadi 3-3 ekr.
      Kerodong dibuka dari pagi sampai sore sekitar jam 17.an. Pemberian EF unt sementara cukup jangkrik saja dulu tp dengan syarat siburung mau makan voer yah. Semoga sukses…

  4. slm knl ni mas,sy punya mb bakalan,knp ya bulu dibawah perut ama kaki nya rontok,sedangkan bulu yg lain nya tidak,trus burung ga mua lg makn vor,ga mau minum,kl di kasi jangrik ama kroto lahap nya luar biasa,kira2 knp ya mb saya,trus bagai mana cara menangani nya,mhn solusinya,trms..

    • @Arif, itu bulunya yakin ngerontokin sendiri atau dipatukin oleh burungnya sendiri? Coba dipantau lagi.

  5. pa haji mb saya susah sekali mandi di keramba, ada tips gak ? saya udh pancing pake jangkrik tetap susah, dari orang yg dulunya suka dis emprot 2kali seminggu.

    • Om slm knal MB nias mh sy stlah di trek dgn mb lain yg lbih tua.dgn ef jangkrik 25 uh 27 kroto 1 sndok makan.bgitu saya bawa pulang saya mandikan dgn saya semprot ga lama sblm mw d jemur nyabutun bulu dada sblah kanan trus ngerempet sampe kaki om.apa mb Mh sy kena kutu atw over birahi om mohon solusinya

      • @Oby, usia relativ masih muda jika tadi menurut penuturan Anda “MB Nias Muda Hutan”, setingan terlalu tinggi jangkrik 25 ekr, UH 27 ekr dan kroto 1 sendok makan. Untuk takaran kroto 1 sendok makan masih “ok” lah, tapi yang lain-lainnya trelalu tinggi. Solusinya? Silahkan baca artikel kami saja.

  6. om saya punya murai ygng ngebatman,turun naik kdasar sangkar and mental drop.klo dbuka krodong nggak mau bunyi,tp sebaliknya bla dkerodong mau bunyi.apa sebabnya and gimana solusinya om,trims

    • @Misran Coy, usia burungnya kira2 berapa tahunan? Coba di umbar di kandang ternek jika memungkinkan, bisa juga di taruh di suatu ruangan yang jarang di lewati orang, full kerodong. Tetapi harus di akui memang agak susah.

  7. om, saya mau tanya sekitar perawatan setelah mabung. tolong pencerahan nya om…MB saya di rumah kira2 skrng sdh 3 minggu melewati masa mabung nya. Kmarin ketika musim hujan MB hanya di angin2kan saya perhatiin bulu’y pada ngembang om posisi msh ngeriwik. Nah sekarang setelah musim panas saya coba utk di jemur secara berkala antara jam 7-9 (lama jemur 10-30 menit). EF kroto pagi, JK 4 P/S, UH 2 P/S. klo saya perhatiin sebelum ada panas matahari bulu seperti musim hujan kemarin om alias ngembang. 2 hri sekali saya mandikan keramba om dgn catatan klo sehabis mandi ga pernah saya jemur, cuma di angin2kan. Dan klo saya perhatikan MB saya kurang fit om, ga seperti tmn’y yg baru selesai mabung jg. umur MB di rumah 3x masa mabung om.

    yang ingin saya tanyakan om :

    1. Apa MB saya di katakan “ngedrop” om?
    2. Gmana ya om agar kondisi MB bisa kembali fit seperti sblm nya?

    maaf om klo kebanyakan nanya nya….
    tq om buat pencerahan.

    • @Bequre, recovery masing-masing burung setelah masa mabung berbeda-beda, ada yang cepat tetapi ada juga yang agak lambat. Yang penting makan masih doyan dulu saja. Coba dilihat lagi setelah beberapa minggu kedepan. Bisa juga ada sebagian bulunya yang masih belum tuntas. dirawat saja intensiv tapi bertahap, terutama dengan penjemurannya.
      Semoga sukses…

  8. Mas .MB saya habis mabung bulunya tumbuh ga rapi kaya mau lepas gitu dari penjualnya jarang di jemur jadi bulu masih berantakan perawatan yang tepat gmna ya mas

  9. lam kenal mas broo….mo tanya MB ak girasnya minta ampon liat orang ja kelabakan heheh,ni masih mabong jg lama bgt dah 2bln lewat tp ekornya blm tutas tinggal yg warna putih..gimana caranya biar tu MB mentalnya kuat?maap newbie ni bos…jangkrik jg ak taruh tiap hari 15 butir n kroto 1 sendok…mohon pencerahannya ya bos..makasih

    • @Bambang, biasakanlah digantang di tempat keramaian secara bertahap. Jangkrik cukup 7/7, kemudian diturunkan secara bertahap dg melihat kondisinya sampai menjadi 5/5.

  10. Ass.pak mohon pencerahannya MB saya baru beres rontok 2,5 bulan yg lalu,kira2 mabung yg ke 4 pak,beres mabung sy umbar sekalian jemur,sy cobain.bertahap 2minggu sekali bw ke lapang,alhamdullih msh bisa nampil lg,beres dari lapang tambah gacor,tapi kenapa 1 minggu kemudian jadi macet bunyi,bulu merinding,burung jd lesu agak ngembang ya pak smp saat ini kira2 sdh 2mingguan burung hanya diam,dan tiap hari kadang masih ada bulu halus sm sayap yg rontok terus,padahal masa mabungnya sudah lewat…mohon bimbingannya agar MB saya bisa gacor lg seperti semula,dan apa penyebabnya ya. terimakasih bnyk sebelumnya pak

    • @Yoe, Anda terlalu cepat-cepat melombakannya, terbukti sampai sekarang masih ada bulu-bulunya yang rontok/jatuh saja. Istirahatkan dulu, full kerodong lagi. Untuk sementara jgn dimandikan atau dijemur dulu, selama kurang lebih 1 bulanan, setelah sebulan dipantau lagi apakah kondisi bulunya masih merinding.

      • Makasih bnyk sarannya pak haji

      • Ass.pak haji mohon pencerahan..
        Mb sy lg dorong ekor -+ 5cm,apakah skrng pemberian EF kroto di berikan setiap hari/ 3 x seminggu & sementara jangkrik sy tmbh skrng 5 p/s…dari 3 p/s…?
        Mksh byk sblm’a pak haji & mhn maaf klu byk tanya.

        • @Sugiartosafa, unt sementara pembaerian kroto cukup 3x seminggu saja. Nanti kalau sudah dirawat intensiv baru setiap hari.

          • Ass.
            Terima kasih byk pak haji atas pencerahannya…..
            Sukses slalu buat
            SKL BF

  11. asalamualaikum pa haji..
    tolong minta solusi nya..saya pny MB tp kesehariannya cuma ngriwik,kl pagi aja ngpolng2,,perwatn jangkrik5-5..kroto 2kali sehari,,,say juga udh cb produk om kicau yg katanya ngos jadi joss..tp ttep aja ga ada efek…
    mksh..
    wasalam

  12. assalamualaikum, pa haji..sy bru miara burung murai sdh selesai mabung yg kedua (dah sebulan kelar mabung) sy set jangkrik p5 s5 , kroto seminggu 3x…d rmh sdh ngeriwik setiap harinya…iseng iseng sy treq sm murai anakan…dia bunyi cm pas d treq sm yg gacor cm bunyi sebentar saja…langsung sy ungsikan murai saya….pertanyaan sy ..apakah murai saya blm kondisi…bagaimana mengetahui kalo murai sy sdh kondisi…trm kasih

  13. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ pak haji mb sy posisi ngurak sudah 1 bulan ini, sayap dan ekor sudah turun semua malah udah mulai tumbuh untuk ekor kurang lebih sudah 5 CM nah yg jadi masalah bulu dada, leher dan kepala koq blm turun jg ya? Mohon pencerahannya pak. Terima kasih
    Insya اللّهُ nanti klo pulkam sy pengen main2 ke tempat pak haji, domisili sy skr di pekanbaru

  14. Assalamualikum, p. Haji sy punya MB kr2 sdh umur 2 tahun (menurut pemilik sebelumnya) trs katanya juga sudah habis mabung. Kemudian sy lakukan perawatan harian seperti memandikannya (semprot) 2-3 hari sekali, penjemuran 1-1,5 jam. Pemberian EF 5/5 dan kroto setiap hari. Setelah 1 minggu kemudian 2 bulu ekor warna hitam rontok, tetapi masih menyisakan lagi 2 bulu ekor hitam pendek. Apakah MB saya ini masih dalam kategori mabung (belum tuntas) atau seperti apa. Dan perawatannya semestinya seperti apa???
    Mohon pecerahannya …… Terima kasih

  15. Assalamualaikum pak Haji…mau minta tlng jawabannya! MB saya sebulan ini mabung tp ekor sudah ambroll semua dan sudah dorong sekitar 1cm tp msh ada bulu halus sedikit yg jatoh, apa sudah boleh dimandikan di keramba…terima kasih

  16. Assalamulaikum wa haji,sy punya MB usia sekitar 3bulan lebih,sekarang sedang proses dorong ekor setelah selesai mabung,kmrn sy ganti kandang dipasang tangkringan atas,dan posisi mb ada didalam kandang,nah yg jadi masalah kenapa MB sy ga mau naik ke tangkringan atas?gimana solusinya ?mohon pencerahan

Leave a Reply