Penampilan physiknya bener-bener excellent sesuai namanya PANORAMA, badan panjang, leher panjang, bentuk ekor nyaris sempurna, batangan kaki besar, besar kepala propotional dan tatapan mata tajam.

Kami dapatkan langsung dari seorang tukang pikat di Tangse NAD, burung ini merupakan burung simpanan satu satunya dirumahnya. Terasa capek saya merayunya untuk mendapatkan burung murai ini, saya bertanya mengapa saya tidak boleh membelinya, dia menjawab dengan sederhana, “Mohon jangan yang ini Bang, yang lainnya saja”.

Saya balik nanya, “Iya, tapi mengapa?”.

“Burung ini mempunyai ikatan bathin tersendiri Bang?”, jawab dia.

“Keistimewaanya apa sih?”, tanya saya dengan mulai agak kesal. Eh dia klesam klesem saja sembari menyeringai.

Kegagalan ini bukan pertama kalinya bagi saya selama hunting burung murai batu sampai dengan hari ini. Sesampainya di Tanah Jawa saya masih selalu teringat dengan burung ini karena penampilannya memberikan aura dan kharisma tersendiri. Saya selalu teringat pesan orang tua kalau memang sudah jodohnya tidak akan kemana-mana.

Selang sebulan kami bertandang lagi ketanah Rencong, salah satu tujuan kami memang akan ke Tangse lagi. Sesampainya di Tangse kami berkunjung ke rumah situkang pikat itu lagi sekalian menengok nengok koleksi terbarunya, kebetulan orangnya lagi tidak ada di rumah jadi kami hanya disambut oleh istrinya yang sangat ramah.

Kami bertanya apakah ada burung burung baru yang bagus, dia menjawab dua mingguan yang lalu ada beberapa ekor yang cantik (itu identik dengan “bagus” menurut orang Aceh) tapi sudah dibawa ke Medan semua. Tiba tiba dari serambi belakang rumahnya terdengar suara murai yang sangat keras dan tajam, jadi saya balik bertanya, “Lho, itu burung yang mana Bu?”,

“Itu burung suami saya yang tempo hari itu, Abang kan sudah pernah melihatnya?”, jawab istrinya.

“Kok masih ada Bu, kenapa gak sekalian dibawa ke Medan saja?” tanya saya lagi.

“Itu gak dijual oleh suami saya, sudah banyak orang minta tapi tak pernah dikasihnya”. Sebetulnya saya sudah tahu murai tersebut tidak akan dijualnya, hati saya semakin bertambah mantap saja dengan burung ini karena selang sebulan tetap saja dipertahankan sedangkan burung yang baru lainnya selalu dijual oleh pemiliknya, berarti memang seharusnya murai ini bener bener memiliki keistimewaan tersendiri karena setiap tukang pikat pasti tahu akan karakter masing masing burung murainya didalam hutan sana.

Akhirnya kami melakukan pendekatan melalui istrinya, menjelaskan bahwa kami datang jauh jauh dari Tanah Jawa hanya untuk mendapatkan burung murai yang istimewa, dengan loby yang kuat akhirnya istrinya setuju mendukung kami untuk bisa mendapatkan murai ini dari suaminya.

Begitu suaminya datang lansung kami utarakan niat kami seperti semula bahwa kami masih berniat serius untuk memboyong murai ini tetapi sebelumnya memang saya lihat sendiri saat mereka di serambi belakang rumahnya sepertinya istrinya sudah mengutarakan niat kedatangan kami untuk kedua kali ini ke rumahnya.

Jawaban yang sedang kami tunggu tunggu akhirnya terlontarkan dari mulut sang suaminya, “Kira kira abang berani berapa?”, saya jawab saja, “Silahkan Abang kasih harga, jika saya mampuh saya angkat tapi jika tidak yah mau gimana lagi”.

Singkat cerita akhirnya terjadi kesepakatan diantara kami berdua, wah rasanya hati ini bener bener plong. Memang betul kalau sudah rejekinya tidak akan kemana mana. Amin…

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

10 Comments

  1. Bisa ini Pak Haji besok pesen anakan dari PANORAMA,. Hehehe

  2. Ass wr wb Pak Haji,
    saya sdh indent bisa gak dpt dari indukan panorama kalo gak bisa terserah Pak Haji aja deh yang penting saya dikasih yg TOP MARKOTOP….

    Wass,
    bambang ms
    +6584003484

    • @Bambang, gini saja yang penting Mas Bambang dapat anakan yang istimewa

      • Terima Kasih sebelumnya Pak Haji…

        Wassalam,

        Bambang MS
        +6584003484

  3. Ass. Pak Haji…. Panorama dipasakan dengan betina asal tangse juga?
    Wass

    • @Dadan, iya, sudah jodoh dengan betina asal Tangse juga, warna bulu blorok. Indukan PANORAMA (sepasang) sudah ditake over Om Willy HERO Belitung.

      • waduh gk bisa inden dong pak haji

        • @Dadan, tentunya bisa. Nanti no hp Om Willy akan kami tampilkan di website sklbirdfarm.com.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>