Hhmm…burung yang satu ini benar-banar super liar, sepertinya yang terliar yang pernah kami pelihara tetapi kelebihannya dia mau berbunyi baik ngeriwik maupun ngeplong. Volumenya kuenceng mantaapp.

Sebetulnya saya pribadi lebih condong memilih typikal burung murai batu yang seperti ini, jadi liar tetapi rajin bunyi. Perlu diperhatikan bahwa liar disini bukan liar seperti burung tangkapan hutan yang baru tertangkap melainkan liar terkendali. Itu pertanda dia tidak bisa/tidak mau bersosialisasi dengan kita manusia tetapi justru kalau dia melihat burung yang sejenisnya maka dia akan langsung beraksi.

Ada yang bertanya apakah nanti di lapangannya tidak takut dengan manusia sehingga tidak mau berbunyi? Burung MB adalah burung fighter jadi kalau sudah melihat musuhnya maka dia tidak perduli dengan keadaan disekitarnya tapi dengan syarat asal burung tersebut bukan hasil tangkapan hutan yang baru tertangkap kemudian kita bawa lomba. Yang kita bicarakan disini adalah MB hasil penangkaran.

Justru burung MB  hasil penangkaran yang sudah terbiasa berinteraksi/bersosialisasi dengan manusia yang harus hati hati menghandelnya karena bisa terjadi dia hanya mau berbunyi jika berada dekat dengan manusia tetapi jika melihat burung sejenisnya justru dia diam seribu bahasa. Hal yang seperti ini kerap terjadi pada kenyataannya.

Yang penting kita jangan terlalu menyayang MB kita ini, jadi setelah kita memberinya makan atau melakukan perawatan rutine yah langsung saja kita tinggalkan atau kembali dikerodong. Jangan sekali kali kita godain atau siulin karena siulan kita sangat berbeda dengan suara MB yang sebenarnya. Burung MB tidak perlu kita pancing pancing mentalnya, seiring dengan berjalannya waktu mental siMB akan terbentuk dengan sendirinya. Itu sudah kodratnya sebagai salah satu burung fighter terbaik di dunia ini.

Perawat burung ditempat kami dilarang menggodain atau menyiulin burung burung kami, jadi tugas mereka hanya memberi makan dan sebagainya setelah itu ditinggal. Beruntung ditempat kami terdapat banyak sekali burung murai dan burung masteran jadi berdampak positiv juga sehingga mereka juga harus selalu bergegas menyelesaikan tugasnya dari tugas yang satu ketugas yang lainnya.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

8 Comments

  1. Ass Pa Haji, punten mau tanya apakah anakan phantom 606 ini sdh ada yg punya, terima kasih sebelumnya

    • @Febri, sudah Mas Febri, milik Hendra Depok. Nanti setelah Lebaran ada beberapa lagi.

  2. Pa Haji boleh di kabarin ke saya pak siapa tau saya bisa berjodoh punya anakan jantan dari phantom pak..hatur nuhun sateacanna… Ini no hp saya pak haji 0811998015

  3. Baik pak Haji, terima kasih banyak sebelumnya

  4. Siang Pa Haji, mau tanya yg seperti anakan phantom 606 ini ada tdk ya pak.. Jujur sy kepincut liat MB nya..

  5. Kapan ya bisa minang produk SKL

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>