Akhir akhir ini kami sering dihadapkan dengan masalah kematian mendadak para indukan MB betina di penangkaran kami yang sudah rajin berproduksi. Penyakitnya beraneka ragam, ada yang muntah darah tapi yang sering adalah masalah telor yang tidak bisa keluar alias telurnya terlalu lembek.

Yang namanya vitamin sudah kami sediakan dari segala macam merek, asupan nutrisi dijamin tidak kurang. Kemungkinan besar yang paling bisa terjadi adalah para perawat burung yang tidak terjadwal dalam memberikan suplemen tambahannya.

Diakui memang pekerjaan merawat burung adalah pekerjaan yang mudah, istilahnya hanya masalah rutinitas saja akan tetapi tingkat kejenuhannya sangat tinggi karena merupakan pekerjaan yang monoton. Mungkin satu minggu, sebulan dua bulan masih ok lah tetapi kalau sudah tahunan lain lagi masalahnya, kita harus memakluminya karena mereka hanya orang berkerja dan masih manusia biasa.

Beruntung ditempat kami proses penjodohan adalah bukan pekerjaan yang susah lagi, intinya kita jangan terlalu menanti nanti kapan kedua burung tersebut akan berjodoh atau bertelur. Biarkan saja berjalan alami sesuai kebutuhan mereka. Itu saja resep kami dalam menjodokan burung, khususnya burung murai batu.

Yang jadi pikiran kami burung betina ini sudah bukan milik kami lagi, MB betina ini adalah salah satu milik salah satu penangkar yang kebetulan belum diambil dari tempat kami dan lebih malangnya lagi burung tersebut sedang memiliki telur, tiga butir lagi.

Kalau sampai terjadi kematian yah mau gimana lagi, anggap saja burung tersebut diambil sama yang PUNYA. Kenyataannya memang semua barang/mahluk hidup yang ada di bumi ini memang milikNYA yang kebetulan dititipkan kepada kita. Yang penting kita harus bisa tetep bersyukur saja, InsyaAllah akan diberikan yang lebih olehNYA. Amin…

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

5 Comments

  1. Turut prihatin om.. Mudah-mudahan MB yang lainnya sehat walafiat.. Amiin..

  2. waduh pak Haji ane turut berdua nih , tetap semangat ya pak Haji

  3. turut belasungkawa pak haji,tetap semangat,mati satu tumbuh seribu,insya allah’amin

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>