Untuk merealisasikan Visi dan Misi SKL BF mensupport konservasi burung murai batu, khususnya program penangkaran, kami harus rela melepaskan beberapa indukan handal di penangkaran kami kepada Muraimania dan sesama penangkar MB Om Willy HERO dari Belitung. Hal ini juga sesuai dengan arti Penghargaan Dalam Bidang Konservasi Puspa dan Satwa yang telah kami terima dari Pemerintah Kabupaten Indramayu beberapa waktu yang lalu langsung dari Bupati Indramayu Ibu Hj. Anna Sophana.

Kita jangan pernah bosan, terutama putus asa, dalam menangkarkan burung murai batu. Hasil survei kami langsung ke habitatnya keberadaan burung murai batu memang sudah sangat meresahkan. Semua pengepul bahkan pemikat menceritakan hal yang sama, “Sudah sangat susah untuk mendapatkannya Pak !” keluh mereka.

Om Willy sendiri sebelumnya sudah menangkarkan murai batu dan sudah sukses dengan penangkarannya tetapi karena rasa cintanya yang sejati terhadap MB Om Willy memutuskan meminang indukan indukan MB SKL BF untuk menambah koleksi indukannya.

Menurut penuturannya di Belitungpun terdapat burung murai PRIBUMInya, maksudnya murai batu ASLI Belitung tetapi penampilan physiknya ada perbedaan yang mencolok dengan MB dari wilayah Sumut atau dari NAD yaitu pada ekornya. Jadi MB asli Belitung ekornya relativ pendek, body juga lebih kecil tetapi mempunyai sifat fighter yang sangat tinggi.

Di penangkarannya terdapat pula indukan MB Asli Belitung yang akan ditangkarkan, untuk hal yang satu ini Om Willy patut diacungi jempol karena beliau sadar betul bahwa keberadaan MB Belitung juga sudah mendekati titik kepunahan.

Sebelum take over indukan SKL Om Willy sudah memiliki 10 kandang ternak MB, selain menangkarkan MB Om Willy juga sudah sukses menangkarkan Love Bird juga masih sangat aktiv mengikuti lomba burung berkicau.

Burung Murainya berserakan dimana mana, setahu saya di Jakarta saja tidak kurang dari 20 ekor burung murai batu lombanya yang dirawat oleh masing masing Joki. Benar benar ASLI Muraimania.

Kami sangat senang mempunyai seorang rekan nun jauh di Belitung sana tetapi mempunyai hoby, Visi dan Misi yang sama. Semoga sukses dengan penangkarannya Om Willy. Amin…

Kandang kandang indukan MB SKL BF yang dijebol JP HERO BF milik Om  Willy :

1. Kandang PANORAMA,

2. Kandang SAMIAJI,

3. Kandang BARONG,

4. Kandang MONTENEGRO.

 

 

 

                                                                           PANORAMA in action

 

SAMIAJI kondisi bulu sudah kering                                          MONTENEGRO

 

                                                                                         BARONG

                                                

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. kapan ya pak haji saya bisa nagkar MB….modal sama lingkungan yg blm mendukung ni,sukses buat om willy dan SKL BF

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *