Ini baru bener bener murai batu fantastis, dua duanya tetapi terutama yang jantannya. Indukan murai batu jantannya kami dapatkan langsung hunting dari wilayah Tangse, NAD.

Belum genap tiga bulan semenjak tertangkapnya siMB jantan kandang BATAVIA ini langsung sudah mampuh berproduksi, ini menunjukan bahwa mental MB jantannya bener bener heboh. Seperti tampak pada foto dibawah ini keadaan ekornyapun masih berantakan, khas MB yang baru saja tertangkap. Ekor panjangnya putus semua.

Umumnya MB-MB (jantan/betina) yang baru saja tertangkap boro-boro mau bunyi dalam waktu yang singkat, hidup saja sudah bagus. Lha MB yang satu ini malah bisa langsung kawin dan telurnya menetas lagi, dua butir. Padahal ditempat kami banyak sekali MB-MB yang sudah mapan yang memang sudah menjadi penghuni asli di penangkaran kami tapi BATAVIA ini tidak perduli dengan lingkungan barunya yang sebenarnya merupakan sarang macan.

Malah dia tidak kalah suaranya dengan MB yang lainnya di penangkaran SKL BF, dia malah ikut meramaikan suasana disekitarnya. Volumenya kasar dan kuenceng sekali, sampai hari ini BATAVIA belum makan voer total karena kami tidak sempat melatihnya makan voer.

Awal ceritanya memang kami order khusus kepada pemikat setempat bahwa kami hanya menginginkan MB penguasa wilayah saja karena terus terang MB kami di rumah sudah ratusan ekor jumlahnya. Pada suatu hari kami mendapatkan kabar bahwa mereka telah menangkap dua ekor MB penguasa wilayah tetapi beda wilayah kekuasaannya.

Kami positiv thinking saja karena sudah saling mengenal baik tetapi sipemikat itu memberikan jaminan bahwa setelah seminggu dipastikan kedua MB tersebut sudah akan bunyi. Eh belum genap satu minggu, tepatnya baru 4 hari, kedua MB itu sudah mau bunyi ngeplong dan kenceng lagi padahal mereka berdua masih kedabrak kedubruk jika melihat manusia.

Setelah berunding dengan Tim kami akhirnya kedua MB tersebut kami masukan kedalam kandang penangkaran, ternyata keesokan paginya keduanya sudah berani saling sahut sahutan dengan MB penduduk asli penangkaran kami. FANTASTIS…

Setelah melewati proses penjodohan yang relativ singkat setiap pasangnya sudah rajin mengangkutin daun daun pinus ke kotak sarangnya masing masing. Surprise untuk kami hanya dalam dua bulan lebih saja kedua kandang baru ini telah menetas. Walah kalau sudah rejekinya memang tidak akan kemana kemana.

Menurut penuturan tukang pikatnya setiap bertemu dengan kedua MB tersebut di hutan selalu mereka tinggalkan karena kedua MB tersebut selalu meledek mereka atau tepatnya selalu berbunyi tetapi tidak mau turun kebawah alias tidak mau mendekati alat jerat. “Untuk menangkap mereka hanya menghabiskan waktu saja Bang, untuk apa lah,” tutur mereka.

Masih menurut penuturan mereka lagi, “Ternyata setelah Abang yang order kedua burung itu kok gampang tertangkapnya”. Suara mereka kesannya agak terheran heran meskipun hanya via Hp. Aneh bin Ajaib…

Sekarang jika mereka masuk hutan lagi selalu minta didoakan oleh kami agar supaya selamat dan juga pulang selalu membawa berkah. Amin…

Mungkin sebentar lagi SKL BF akan membuka jasa konsultasi ilmu penerawangan murai batu. Amit amit jabang bayi. He…he.

Perhatikan tebal sayap siMB jantannya, tidak bisa dipungkiri itu salah satu kelebihannya. Kemungkinan itu diciptakan untuknya agar supaya bisa selalu terbang jauh/lama untuk berpatroli di wilayah kekuasaanya setiap saat. Saya yakin kepakan sayapnya sangat aerodynamis dan jarang, bahkan sangat jarang, saya pribadi melihat MB dengan struktur sayap seperti itu. Itu salah satu ciri MB dengan tenaga diatas rata rata.

MB betinanya sengaja kami pilihkan dari trah CHODET dan kandang BATAVIA ini sudah menjadi milik seorang penangkar di Ibukota JAKARTA.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

27 Comments

  1. indukan yg mantap pak haji,jd ngiler ni mau indent anakan batavia,kira2 kpn ni sy bisa indent anakan dari kandang Batavia pak haji,,,,

    • @Sutanto, yang baru menetas ini anakan pertamanya tapi sudah dibooking kerabat dari Jakarta.

  2. wah saya ketinggalan start ni pak haji,tp kira2 kpn saya bs dpt momongan dari SKL pak haji & berapa lama indentnya,,,terima kasih pak haji

  3. Sayap yang tebal juga menandakan MB petarung, senjata MB saat bertarung fisik adalah cakar, paruh dan pukulan sayap…luar biasa MB ini. kalo nanti kuota pak haji sudah tercapai saya selaku orang aceh sangat berharap banyak agar ada rencana pelestarian kembali ke hutan aceh minimal satu pasang.

  4. ass. pa saya klo mau beli murai dari SKL yg udah mkn pur brapa pa. trims

  5. Met pagi Pak Haji…

    Wah mantaps banget katuranggan si Batavia
    Saya juga mo indent anakan Batavia yang Top Markotop ya
    Mohon dicatat dlm daftar tunggu ya Pak Haji
    Hatur nuhun pisan

    Wassalam,
    Setyo

  6. Burung bagus, bisa ya sayapnya tebal begitu? apa memang kalau di alam liar jadinya seperti itu?

    • @Eddy_Jkt, tidak semuanya begitu sayapnya Mas Edy, cuman yang ini kebetulan saja.

  7. Luar biasa indukan ini, saya yakin anakan yang dihasilkan juga luar biasa

  8. Saya ikut inden betinanya pak haji…hehe

  9. Saya sangat humbled dan respect SKL Bird Farm yang sangat mendukung penangkaran Murai Batu, serta kebesaran hati p.Haji. Speechless p. Haji….. sukses SKL BF.

    • salam penggemar MB SKL BF, mohon maaf kalau saya sudah ambil BATAVIA untuk menjadi ternakan saya. Suwun p. Haji….

      • Batavia udah ditakeover neh pak haji?

  10. Saya ikut inden pak haji …..

  11. Aq juga ♍ªƱ inden, kirim luar kota bisa tidak apa harus ambil sendiri di peternakan, salam sukses pak haji

    • @Sonny, bisa kirim jg Om Sonny, keluar pulau jg bisa…

  12. ass. pak haji … anakan mb Batavia msih da pa rus nunggu pak haji lo mw beli hrga ny brpa pk hji …. yng jntan

    • @Yusuf, Alaikumsalam…kandang BATAVIA sudah ditake over P Kris penangkar dari Jakarta P Yusuf.

  13. ou gtu ya pa haji… trus slain batavia msih da yng mantaff lgi ng pa haji…. lo da bisa pesn di mana pa haji …

  14. Ass Pa Haji, kira ada tidak ya pak MB nya yg sdh ngevoor..atau ada yg batal gitu pa haji. Terima kasih

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>