Kami beri nama ROLEX karena penampilan physik murai batu jantan ini sangat memukau meskipun panjang ekornya relativ tidak panjang sekali tetapi bagi kami sudah lebih dari cukup yaitu sekitar 17 cm saja. Secara keseluruhan sangat proportional sekali.

Kami dapatkan MB Jantan ini dari seorang teman salah satu sahabat kami di Medan yang kami beli setengah memaksa (he…he), yah begitulah kalau seseorang sudah jatuh cinta melihat seekor burung yang disukainya, segala cara akan ditempuh tetapi tentunya dengan cara cara yang halal.

Pertama kami sangat tertarik dengan penampilan physiknya ditambah setelah mendengar suara tembakan tembakannya yang diselingi suara ngerolnya yang panjang. Kala itu volumenya belum terdengar kencang karena burung hampir tidak pernah dimandikan otomatis dijemur juga ala kadarnya saja. Kami berkeyakinan jika burung ini dipelihara intensiv akan berubah signifikan.

Benar saja seperti praduga kami begitu kami berminat dengan burung ini pemiliknya berkeberatan untuk melepaskannya dengan segala macam alasan, eh dia malah menawarkan burung murai batu lain miliknya, saat itu dia memiliki 3 ekor burung MB.

Yah saya bilang saja apa adanya bahwa di rumah sendiri kami sudah memiliki ratusan ekor MB (maaf agak sedikit sombong), jadi buat apa kami harus mengoleksi burung MB yang kelasnya masih dibawah yang ada di rumah. Dia hanya tersenyum saja sembari menganguk angguk kepalanya, saya sendiri tidak tahu apa arti anggukan kepalanya itu. Memberikan burungnya atau…???

Saya bertanya lagi, “Jadi cemana nih kepastiannya Bang?”. Eh dia menjawabnya hanya dengan senyum senyum saja seperti semula, saya pikir nih orang low batt atau gimana kok tidak ada omongan yang keluar dari mulutnya sama sekali.

Terus terang lama kelamaan hati agak kesal juga melihat prilakunya, beginilah kadang atau sering terjadi jika kita ketahuan orang dari Jawa hunting langsung burung murai batu. Rata rata mereka pada jual mahal, jika terjadi sebaliknya pada kita tentu kita juga sama akan bersikap begitu. He…he. Yah saya sih bisa memakluminya karena saya sudah banyak mengalami pengalaman pahit selama hunting MB.

Pada hari itu akhirnya kami tinggalkan saja karena kami sudah memiliki agenda lain yang tidak kalah menariknya yaitu hunting durian istimewa khas Medan. Hhmm…

Sesampainya di hotel kami berunding lagi, akhirnya sahabat kami yang orang Medan itu mempunyai ide bahwa dia yang akan melobinya malam itu juga. Dia mengomentari masalahnya cuman di harga saja karena rekannya itu tahu bahwa kami datang jauh jauh dari Jawa hanya untuk hunting MB. Karena sudah terlanjur suka dengan MBnya itu akhirnya saya menyebut saja angka yang memang seharusnya layak untuk bandrol MB tersebut.

Singkat cerita keesokan harinya kami mendapat telpon dari sahabat orang Medan itu bahwa pemiliknya maunya ketiga MBnya itu dibeli semua. Walah untuk apa kami harus membeli yang lainnya, prinsip kami kalau kami sudah tidak suka dikasih dengan harga murahpun kami tidak akan mengambilnya. Jadi kami sampaikan saja pakem kami itu.

Mungkin kali ini kami harus mengalah, jadi kami tambahkan harganya saja daripada harus mengangkat ketiganya. Agak setengah memaksa dengan lobi lobi yang tinggi akhirnya MB ini diserahkan kepada kami, sebetulnya hati sudah agak kesal juga sih jadi nada bicara kami terkesan bener bener serius tegas, dikasihkan atau tidak sama sekali.

Eh ternyata burungnya memang istimewa seperti yang kami harapkan dan cepat berjodoh sekali, dia memiliki karakter yang tidak jahat terhadap lawan jenisnya. Gelagat bagus untuk dipoligami, mudah mudahan anakannya bisa menjadi burung yang bisa dibanggakan. Amin…

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Met Pagi Pak Haji….
    Wah mantaps tenan…keliatan ningratnya.

    Salam
    Setyo

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>