Baru sekarang kami tampilkan profil indukan jantan kandang MONEX karena masalah tekhnis, diantaranya adalah ganti bulu yang setengah jalan sehingga penampilan physiknya kurang menarik, ekor panjangnya copot semua sewaktu proses pemikatan dan beberapa ekor putih serta bulu halus dibawah sayap juga putus, terkoyak juga. Tetapi Alhamdulillah penampilannya sekarang sudah layak untuk diposting.

Kami masukan MONEX ke kandang pada bln Mei 2012, jadi sudah cukup lama juga menjadi penghuni salah satu kandang ternak kami dan sudah beberapa kali berproduksi tetapi saat itu ekor panjangnya puntung semua. Bisa berproduksi tetapi tidak pantas untuk ditampilkan.

MONEX juga konon menurut penuturan pemikatnya adalah bapak dari DMC Sr di habitatnya sana, jadi pas sekali semuanya. Memang kami sengaja mengorder untuk bisa mendapatkan siMONEX ini.

Proses mendapatkannya memerlukan waktu yang cukup panjang juga, kami mulai order burung ini sejak Oktober 2011 dan baru tertangkap bln Mei 2012 jadi harus bersabar selama 8 bulanan. Memang burung ini sudah menjadi target operasi para pemikat di Keude Bieng – NAD, bahkan mereka sudah tahu keberadaan burung ini semenjak 8 tahun yang silam.

Banyak yang sudah mencoba menangkapnya tetapi selalu gagal sampai sampai burung murai ini sempat dilupakan oleh para pemikat disana, kebetulan kami selalu rajin mencari tahu keberadaan burung murai batu yang jagoan di hutannya sehingga akhirnya info mengenai burung ini sampai ketelinga kami.

Tanpa basa basi lagi kami langsung order untuk bisa mendapatkannya, 8 bulan kami menunggunya sampai sampai ketika sipemikat yang mendapatkan burung ini menelpon kami sempat lupa juga siapa yang berbicara disana karena saya sudah beberapa kali ganti hand phone sehingga nomer hpnya tidak tersimpan lagi. Sekali lagi kalau sudah jodohnya maka tidak akan lari jauh jauh. Amin…

Sebetulnya bisa saja sipemikat itu menjualnya kepada orang lain, siapa sih yang tidak mau MB bagus. Tetapi tiba tibanya penampilan siMONEX ini awalnya sangat tidak menarik sama sekali, mungkin sipemikatnya kalau menawarkannya kepada yang lain mungkin tidak PD apalagi memang harganya relativ lebih tinggi dari harga murai batu pada umumnya.

Ketika dia menelpon : “Bang, burungnya sudah dapet,” saya sempat bingung siapa ini lawan bicara saya dan apa hubungannya dengan kalimat “burungnya sudah dapet” karena nomer yang muncul dihp saya asing.

“Ini siapa?” tanya saya balik.

“Saya Bang dari Keude Bieng, burungnya sudah dapet,” dia menegaskan kembali. Baru saya teringat kembali.

“Burung yang suka main main di ladang orang itu?” tanya saya balik.

“Betul Bang, tapi ekornya puntung dan sebagian bulunya agak rusak karena saya nangkapnya terrpaksa pakai getah,” jelas dia.

Rupanya sipemikat tersebut sudah mencoba dengan berbagai cara tetapi selalu gagal akhirnya dipakailah cara terakhir yaitu dengan getah karena siburung tidak mau turun untuk memakan umpan tetapi menggunakan methode ini risikonya bulu burung bisa ada yang terganggu alias rusak. Bagi saya penampilan burung yang baru saja tertangkap tidaklah penting yang terpenting adalah katuranggan dan kharisma burungnya.

Dari awal sipemikatnya bercerita bahwa ekornya cantik dan panjangnya sekitar 20-an cm, suaranya tajam dan wilayah kekuasaanya juga luas, saat itu saya percaya saja lah. Setelah burung itu sampai ditangan saya baru kelihatan badannya panjang, paruhnya istimewa sehingga menghasilkan sobekan mulut yang lebar sekali. Dan lebih hebohnya lagi hanya setelah beberapa hari menginap di rumah saya dia sudah berani mengeluarkan suara ngeplong yang keras.

Oleh karena itu meskipun saat itu masih liar langsung saja kami tangkarkan dan ternyata selang tidak lama betinanya sudah mulai bertelur dan menetas. Ini salah satu ciri mental dan bukti  murai yang ampuh, lebih cepat menyesuaikan diri.

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

5 Comments

  1. mantap pak haji indukan monex. mudah-mudahan like father like son. amin.

  2. Malem Pak Haji…
    Oh ini tho si Monex yg sebulan lalu Pak Haji critain ke saya
    Wah mantaps tenan…
    Saya indent anakan Monex yg jos gandos ya…\

    Wassalam
    Setyo

  3. om setyo

    Anakan monex memang jos gandos konyos-konyos….

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>