Sebelum indukannya diboyong ke Magetan, Alhamdulillah kami masih sempat ditinggalin anakan betina trah BAHAMAZ. Bagi kalangan penangkar burung murai batu MB betina tidak kalah besar artinya dengan seekor MB jantan karena MB jantan tanpa adanya MB betina kemudian mau dikawinkan dengan burung apa lagi?

Justru untuk mendapatkan seekor MB betina yang handal lebih sulit dari pada mendapatkan seekor MB jantan yang bagus. Untuk mendapatkan seekor atau bahkan puluhan MB jantan tinggal bawa uang yang banyak saja kemudian selapangan lomba diborong semua, saya JAMIN 120% itu ASLI MB jantan semua. He…he.

Tetapi untuk mendapatkan seekor Mb betina yang bagus kita harus harus rela menunggu satu tahun atau bahkan lebih untuk melihat bagaimana hasil anakan jantannya yang dicetak olehnya. Setelah kita melihat hasil anakan yang dicetaknya barulah kita bisa berkomentar apakah MB betina tersebut bagus atau tidak.

Banyak diperdebatkan bahwa MB betina hasil tangkapan hutan lebih pintar merawat anak anaknya atau sebaliknya. Menurut hemat saya Allah SWT menciptakan setiap mahluk hidup yang ada di Bumi ini sudah yang terbaik menurutNYA, jadi setiap mahluk hidup yang berjenis kelamin betina memang sudah diciptakan dari sananya untuk bisa lebih intens merawat anak anaknya, ini sudah nalarnya semua mahluk hidup yang berjenis kelamin betina. Sedangkan yang jantan mempunyai kewajiban menjaga dan melindungi keluarganya atau pakem yang berlaku pada menusia termasuk juga yang pria harus/diusahakan mampuh menafkahinya. Sederhana saja kan?

Banyak juga MB betina hasil tangkapan hutan yang belum mampuh beradaptasi dengan lingkungannya yang memakan telornya atau bahkan membuang anakannya, juga bisa terjadi pada MB betina hasil tangkaran. Itu karakter, seperti pada kita manusia saja yaitu ada yang sangat perhatian dan biasa biasa saja merawat anaknya tetapi pada umumnya seorang ibu/orang tua pasti akan menyayangi semua anaknya, bukankah begitu pada kenyataanya?

Untuk kelancaran tingkat produksinya yah kita bisa berpikir dengan logika saja apakah burung yang baru tertangkap dari hutan bisa menjadi birahi??? Mereka kan masih stres, boro boro mau birahi bisa hidup saja sudah bagus. He…he.

Sekali lagi untuk kelancaran produksinya yah tidak ada jalan lain harus kita bantu dengan pemberian suplemen yang memadai dan mencukupi kebutuhan nutrisinya, baik itu MB betina hasil tangkapan hutan ataupun hasil penangkaran. Testimoni hanya dari seorang penangkar saja tidak bisa dijadikan barometer secara umum. Semuanya bisa dipikirkan dengan logika kok dan ingat Hukum Genetika berlaku pada setiap mahluk hidup dan juga pada tumbuh tumbuhan.

Sebagai contoh yang primitiv kita menanam pohon durian yang isinya tipis jangan berharap nanti isinya tebal, atau yang isinya berwarna putih  jangan berharap akan berubah menjadi kuning meskipun kita mati matian rajin memupuknya.  Silahkan merenungkannya kembali…

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>