Murai ini kami beri nama PANCU karena berasal dari Ujung Pancu – Aceh, yang merupakan salah satu habitat murai eksklusiv di Aceh. Saat ini MB yang berasal dari Ujung Pancu sudah sangat langka sekali, sudah sangat jarang ditemui.

MB yang berasal dari Ujung Pancu umumnya memiliki typikal suara yang tajam karena letak geografisnya yang terdiri dari pesisir dan perbukitan. Kami peroleh burung ini dari seorang sahabat di Aceh yang berkumis tebal itu beberapa tahun yang silam.

Burungnya kecil tapi volumenya ala Mak sangat sangat tajam sekali, gaya mainnya sujud sujud. Ekor juga tidak terlalu panjang. Ditempat kami sudah beberapa kali berproduksi tetapi produksinya sempat terhambat karena MB betina yang adalah istri pertamanya mati sehingga kami harus menjodohkannya lagi. PANCU ini adalah type burung yang setia terhadap pasanganya sehingga setelah kematian istrinya kami sempat kerepotan mencarikan MB betina sebagai pengganti istrinya. Begitu kami telah sukses menjodohkannya lagi eh keduanya memasuki masa mabungnya. Tetapi gak apalah yang penting sudah ketemu jodohnya lagi.

Setelah mabung yang terakhir ini warna bulunya menjadi blorok, ini tidak aneh karena cuman masalah mutasi saja tetapi harus diakui sekarang kelihatan lebih unik. Dengan istrinya yang baru ini selama masih ditempat kami sudah berbuah menghasilkan dua anakan. Alhamdulillah…

Kandang PANCU ini juga sudah ditake over Om Willy dari Belitung, Owner JP HERO BF dengan no hp. 08117174821.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *