Menangkarkan burung murai batu sebetulnya tidaklah susah seperti yang dibayangkan, betul betul tidak sulit. Seperti yang pernah diulas sebelumnya bahwa pada umumnya mahluk hidup yang berlainan jenis kelaminnya diciptakan dari sananya untuk dipertemukan di bumi ini. Begitu juga dengan burung murai batu, sebelumnya kita memastikan bagaimana caranya untuk mendapatkan burung yang terbaik menurut versinya masing masing.

Saya rasa seiring dengan berjalannya waktu sepasang burung itu akan tertarik satu sama lainnya, memang diakui ada beberapa MB jantan yang terlalu agresiv sehingga sampai membantai pasangannya hingga tewas. Itu bukan salah siMB jantannya, harus diakui itu salah kita manusianya yang memang kurang cermat atau waspada dalam memantaunya. Jangan sekali kali menyalahkan burungnya/hewan peliharaan pada umumnya karena kita sudah diciptakan olehNYA sebagai mahluk hidup yang paling sempurna diatas bumi ini.

Memang bukan salah burungnya karena di alamnya setiap insan burung akan mencari pasangannya atas dasar suka sama suka, lha kalau kita tangkarkan yang mau itu bukan burungnya tetapi manusianya/pemilik penangkarannya yang sengaja memilihkan jika MB jantan siA kalau kita jodohkan dengan MB betina siB harusnya akan keluar keturunan yang Super Istimewa. Itu kan kemauan simanusianya, bukan atas dasar pilihan masing masing burungnya kan?

Yah harap maklum saja jika proses meenjodohkannya perlu waktu, ada yang cepat jodoh tetapi ada yang memerlukan waktu yang agak lama atau bahkan sampai memelukan kesabaran yang tinggi. Kita manusia juga kalau dijodohkan bagaimana perasaannya? Buktinya ada yang sampai kawin lari kan? He…he.

Kasus ini belum seberapa, ada kasus yang lebih menjengkelkan lagi atau butuh kesabaran yang ekstra lebih yaitu ketika burung sepasang MB kita yang sudah pernah berproduksi tiba tiba macet berproduksi. Hhmm…ini baru masalah, menurut saya pribadi lho.

Ada yang menyarankan dikasih suplemen ini dan itu, dipisahkan dulu untuk sementara waktu dan sebagainya. Kami juga tentunya menginginkan pabrik MB kami tetap berjalan lancar terus, jadi tentunya segala upaya sudah kami tempuh tetapi kenyataan tinggal kenyataan yang memang kadang harus kita hadapi dan harus ditelan begitu saja.

Jadi jangan kaget kalau sepasang MB kita tiba tiba macet berproduksi, hal ini bisa terjadi pada siapapun juga. Kita sabarin saja, bisa kita coba dengan memberikan berbagai suplemen yang banyak beredar di pasaran. Kalau masih tetap saja macet alternativ yang paling terakhir kita pisahkan saja pasangan tersebut untuk sementara waktu.

MB jantan kita rawat dulu sebaik baiknya seperti layaknya MB untuk persiapan lomba, intinya kita pulihkan dulu kondisinya. Begitu juga dengan MB betinanya kita perlakukan sama seperti MB jantannya selama minimal satu bulan, idealnya dua bulan dan yang terpenting adalah mereka berdua jangan saling bertemu dulu.

Mungkin ada yang bertanya jika kita pisahkan nantinya harus kita jodohkan lagi, memang begitulah kenyataannya yang harus kita hadapi. Tetapi jangan khawatir karena tidaklah sesulit seperti kita menjodohkan sepasang MB yang baru, jika tetap saja masih macet tidak ada jalan lain harus kita ganti pasangannya. Oleh karena itu tidak akan rugi jika kita invest beberapa MB betina sebagai pemain cadangan, karena pada kenyataannya untuk mendapatkan MB betina yang bagus seperti yang kita inginkan lebih sulit dari pada mendapatkan MB jantan yang bagus.

Mengapa untuk mendapatkan anakan MB hasil tangkaran dimana mana harus inden? Kenyataanya dalam menangkar ada saja masalah masalah yang muncul diluar dugaan kita tetapi itu kenyataan yang harus kita hadapi, begitu juga dalam kehidupan kita sehari hari yang tidak lepas dari segala macam masalah.

Tetapi kalau kita memiliki lahan yang kosong prospek menangkarkan MB sangat menjanjikan sekali karena permintaan akan anakan MB hasil tangkaran masih jauh lebih tinggi dari produksi yang dihasilkan. Selain itu kita secara langsung ikut melestarikan MB di habitatnya.

Ayo kita galakan dan dukung bersama sama program menangkarkan burung murai batu yang kita cintai ini. Siapa takut!!!

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>