Banyak yang bertanya berapa lama proses menjodohkan sepasang burung murai batu, jawabannya sederhana saja yaitu proses penjodohan burung murai batu tidak bisa ditargetkan seminggu, dua minggu dan seterusnya tapi yang jelas lebih lama lebih baik. Ditempat kami proses menjodohkan MB masih konvensional yaitu alon alon asal kelakon.

Jadi meskipun keduanya sudah nampak berjodoh kami lanjutkan saja proses penjodohannya, kami tidak terburu buru melepaskan keduanya kedalam kandang ternak karena menurut pengalaman kami toh waktu yang mereka butuhkan sampai kejenjang pelaminan hingga bertelur jatuhnya sama dengan jika kita cepat cepat melepaskan keduanya kedalam kandang ternak.

Tetapi ada pula yang baru seminggu bahkan tiga hari menjodohkan tahu tahu sudah berjodoh bahkan seminggu kemudian sudah bertelur tetapi ibarat orang pasang togel, lebih banyak yang tidak dapatnya dari pada yang dapatnya bukan? He…he.

Ada yang bertanya lain, selama proses penjodohan sebaiknya pada malam hari dikerodong atau dibiarkan terbuka? Kami sarankan lebih baik dibiarkan terbuka saja asal keduanya ditaruh didalam ruangan yang aman dari segala hama terutama kupu putih atau serangga lainnya yang beracun, tidak usah khawatir dengan adanya nyamuk karena MB kita mengatasinya.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

49 Comments

  1. Dear Pak Haji,
    Terima kasih sudah berkenan berbagi informasi
    Sangat bermanfaat…
    Ternyata filosofi jawa sangat tepat untuk diterapkan pada MB “Wijining trisno amargo soko kulino”

    Wassalam
    Setyo

  2. berarti, kalau belum segera jodoh, bukan berarti salah satunya tidak suka satu sama lain kan ya? artinya juga, butuh waktu untuk saling mengenal. Takutnya sudah lama dijodohkan, masih gak mau juga…apa ganti calon indukan bisa jadi solusi?

    makasih

    • @Mamad, solusi pertama dicoba lagi dan dibiarkan dulu unt beberapa wkt, kalau sdh waktu yang lama tidak berjodoh juga pakai solusi kedua yaitu ganti pasangan. Kalau saya menerangkannya dengan menulis jawabannya disini, agak repat dan hanya bisa menjelaskan kulitnya saja, tidak detail karena masalahnya banyak variabelnya. Jadi lebih baik telpon saja langsung Om Mamad.

  3. pagi Om…mau nanya nih, mohon maaf jika mengganggu waktunya
    Mb saya sudah saya pisahkan setelah seminggu saya satukan karena terlihat belum benar2 jodoh…hanya masuk keluar sarang tapi belum juga bikin sarang (unjal), dan sekarang ingin saya jodohkan ulang (sebelum saya ganti pasangannya)

    Yang ingin saya tanyakan tentang proses penjodohan. Apakah bapak pernah melakukan/mendengar tentang penjodohan dalam kandang tetapi ditutup rapat dalam gelap? saya waktu memelihara burung merpati di desa dulu, ketika menjodohkan mudah sekali, yaitu langsung memasukkan keduanya dalam pagupon (kandang merpati), ditutup rapat dengan makan-minum secukupnya selama kurang lebih seminggu, kemudian dilepas…alhamdulillah merpati2 tsb pasti sudah jodoh dan pomah (ingat kandangnya)

    apakah teknik penjodohan tsb bisa diterapkan ke murai batu?

    sekali lagi terima kasih atas waktu dan jawabannya…

    • @Mamad, maaf, tidak bisa kasih komentar karena terus terang saya belum pernah mencobanya.

      • sy sedang menjodohkan murai, sdh ,2 minggu jantan-betina tidur jejer/ berdekatan.. ketika ke2nya dimasukkan kandang si jantan nguber / ngajar yg betina. sdh 2x ganti betina bgt terus.. gimana ngatasi murai jantan yg galak bgn ?

        • @Sugi, jangan bosan memisahkan dan menjodohkannya lagi saja. Kuncinya hanya satu yaitu KESABARAN.

  4. maap mas mau minta saran ny,…murai yang sudah jodo berapa waktu minimal ny untu bertelur,….mohon jwbannya….

    • @Muhamad Yusuf, sekitar paling lama 2 mingguan, jika si betinanya bener2 siap bertelur yah.

  5. Salam knal Om dr bekasi, mau tanya om mb jantan dan betina sdh sy masukan kndang penangkaran jd satu permasalahannya setiap sy ksh ef jankrik atau kroto betina selalu galak sm jantannya saling berebut makanan dan jantannya selalu menghindar klo ada betina, minta pencerahannya om trima kasih sebelumnya.

    • @Opik, gak apa2. Malah itu pertanda bagus, dr pd jantannya yg galak. He…he.
      Yg jantan jelas sayang sama betinanya, karena sampai mengalah. Sama saja dg kita manusia, pasti mengalah sama istri kan?

      • maaf menggangu waktu nya pak haji, jantan dan betina sudah masuk kandang penangkaran, setiap jantan nya mendekati betina nya sambil berbunyi betina nya malah mengusir si jantan dan jantan nya, memlilih menghindar dan ketika jantan nya menyamperin betina nya malah jantan nya di serang sama betina nya, apakah tanda nya belom berjodoh, pas tidur nya juga saling berjauh2an. sekarang sudah saya pisahkan, solusi yang tepat untuk menjodohkan nya, pejantan takut sama cewean nya alias gk mau melawan betina nya malah milih menghindar sambil berbunyi/ merayu.

        • @Yudha, beruntung bukan jantannya yg menyerang betina. Sekarang bisa saja diteuskan begitu, dibiarkan bersama sama lagi. Semuanya cuman butuh proses waktu saja.
          Atau, kalau sudah terlanjur dipisahkan, yg jantan disangkarkan lagi kemudian digantung di dalam kandang ternaknya. Sedangkan yg betina dibiarkan terbang bebas di dalam kandang ternaknya.
          Jika sibetina hinggap di atas sangkar yg jantannya, dan sdh berang nangkring di atasnya dan yg jantan selalu merayunya maka yg jantan bisa dilepaskan kembali.
          Jika setelah dilepaskan terjadi seperti semula lagi, maka dicoba lagi dr awal spt yg saya jelaskan itu sampai mereka akhirnya mau akur dan saling jatuh hati.
          Tinggal siapa duluan yg bosan, kita sebagaibpemiliknya atau siburungnya. He…he.
          Jangan mau kalah sabar sama burungnya saja.

  6. maaf om mau nanya..mb jantan dan betina sdh sy masukan kndang penangkaran jd satu permasalahannya setiap sy ksh ef jankrik atau kroto betina selalu galak sm jantannya saling berebut makanan dan jantannya selalu menghindar klo ada betina,tetapi setelah 5 hari ini kok malah gantian yg betina yg digalakin sama jantan,.. apakah ini dibilang lom jodoh apa gmna ya om??
    minta pencerahannya om trima kasih sebelumnya.

    • @Hidayat, masih wajar2 saja Om.
      Wong kita manusia yg sdh membina keluarga 10 thn lamanya dan sdh punya keturunan, bahkan cucu, masih bisa bercerai kan?
      Kalau betinanya dibantai, yah tinggal dilerai saja dg cara si jantan ditangkap lagi, kemudian di sangkarkan harian, tapi digantang di dalam kandang ternaknya agar keduanya masih bisa saling pandang.
      Ibarat pada kita pasangan manusia yang sedang bertikai sih mencari jalan islah yg baik.
      Kurang lebihnya begitu…
      Mudah kan? Optimis saja, semoga sukses selalu. Amiiinnn…

      • Sore om maaf mau tanya murai saya dah saya masukkan kandang ternak sudah sekitar 3 minggu tapi betinanya mau mabung ekornya dah rontok apakah bolet disatukan dalam kandang ternak sama cowoannya. Boleh apa tdk om makasih

  7. aminn mkasih om atas saranya.

  8. assalam…om mohon maaf saya mau sharing lagi soal MB saya…MB saya sudah 1 bulan saya satuin disangkar ternak kok selama ini lom ada tanda2 nyusun sarang/perkawinan..padahal udh satu bulan ini saya satuin..itu gmna ya om solusinya..apakah burung terpaksa harus dipisahin lgi apa gmna?.mohon bimbinganya.

    • @Hidayat, biarkan saja dulu begitu Om.
      Perlu kesabaran dalam menangkar MB.

  9. nih malah cowoknya bulu ekornya copot 2 helai om yg panjang..trus yg betina copot 1 helai juga..nih tetap dibiarkan apa gmna om..mohon petunjuknya..tapi kondisi burung bulunya tidak rontok cuma bulu ekor saja yang rontok.

    • @Hidayah, bulu seekor burung yg rontok, meskipun bukan mabung, mempengaruhi birahi burung itu sendiri.
      Biarkan saja dalam kandang ternaknya, gak masalah.

  10. assalam..salam jumpa kembali om admin.maaf nih om aku mau nanya lagi..klu pejantan udh katarak apakah dia mau kawin lagi dengan betina?mohon solusinya.

  11. om mau tanya menghadapi telur udh 4x invertil harus gmna yah

    • @Indra, disabarin saja. Kalau sampai 6x gagal terus, terpaksa harus diganti yg jantannya.

  12. maaf bang saya mau tanya ni pertama saya masukan keduanya yg jantan ngejar ngejar betina terus setelah 3 hari kemudian bergati malah yang betina ngejar yg jantan, mb jatannya malah kalah sama betina itu gamana yah terus yang jantan juga ekor paling panjang juga ucul kecabut sendiri apakah bisa birahi atau ngga mohon pencerahan nya suhu

    • @Dabid, itu hal yg wajar dan visa terjadi pd semua pasangan.
      Kalau ekor panjangnya copot, biasanya agak susah unt mencapai puncak birahinya.

  13. klo udah copot masih mau kawin ngga ya

    • @Dabid,kan tadi sdh saya bilang, susah unt mencapapai puncak birahinya.

  14. Mau nanya mas,murai jantan dan betinah sdh masuk sarang tangkar kira 3 minggu tp murai jantan selalu menghindar padahal waktu msh di sangkar harian keliatan yg jantan ganas banget pas udah masuk kandang tangkar malah yg jantan menghindar kalau di dekati betinahnya apakah itu masaih bisa jodoh mas tp kemaren waktu penjodohan dari sangkar harian hanya satu malam mas sesudahnya langsung masuk kandang tangkar waktu ke duanya masuk kandang tangkar keduanya ngga berkelahi mas.Tolong penjelasanya mas

    • @Prengki, proses penjodohannya terlalu cepat. Butuh waktu yg cukup unt bisa saling mengenal dan tertarik satu sama lainnya.
      Coba diulang saja proses penjodohannya.
      Apakah yg jantan usianya masih muda hak?

      • Mf om, mau nanya jantan sudah mapan – + 2 tahun umurnya, sudah sebulan ditempelkan tpi belum tidur berjejer, JK 10 yg lanang, 5 JK yg betina, tpi kendalanya pas mau dijodohkan yg betinanya mabung sudah sebulan mabung dan berjejer kandangnya, tpi sudah saling saut2 bercetek2kan, bagaimana solusinya om, ditunggu aja apa dilepaskan dlm karangtina. Terima kasih om suhu MB

  15. Ijin pemula bertanya, sy punya Mb jantan usia sekitar 2 tahunan, Mb betina usia 8 bulanan. Masa penjodohan kurang lebih dua Minggu. Setelah disatukan dikandang ternak keduanya akur dan saling masuk Glodok dengan suara ciitt..ciitt…, Setelah itu dapat 4 hari betina sdh angkut sarang. Dan hitungan hari ketujuh sejak disatukan dikandang ternak betina sdh bertelur bertahap hingga tiga butir dan akhirnya skr mengeram. Yang jd pertanyaan sy apakah normal usia seminggu sejak disatukan sdh bertelur dan akhirnya mengeram??, kira-kira itu telur hasil perkawinan atau memang Krn betina bertelur dengan sendirinya??. Soalnya selama ini tidak pernah memantau dikandang karena kerja pagi pulang sore. Trims atas penjelasannya 🙏

    • @Pungky, positiv thinking saja Om, yang lain2-nya diabaikan saja. Aamiiinnn…

      • Siap pak Haji, pemula bertanya-tanya, semoga sj sesuai harapan. Lihat sdh bertelur sj sdh seneng pk haji.

        • @Pungky, disyukurin saja Om.
          Urusan jadi atau tidaknya kita pasrahkan saja kepada Yang Maha Kuasa. Aamiiinnn…

  16. Amiiinnnn…….🙏🙏

  17. Sore bos saya penangkar baru kata temen untuk perjodohan disaat jantan mabung malah bagus…mohon keteranganya…

    • @Aan, semua jenis burung kalau lagi proses mabung kondisi birahinya tidak stabil, bahkan bisa dibilang menurun. Mungkin yg dimaksud rekannya itu, lebih aman menjodohkan sepasang MB tatkala jantannya lagi mabung agar si jantan tidak membantai betinanya, tapi tidak unt tujuan kawin.

  18. Ass Wr wb..
    selamat pagi pa, saya menjodojkan murai yang jantan Muda hutan dan takut sama manusia, yang betina hasil ternakan, saya lepas jantan karena selalu giras,betina dalam kandang setelah satu minggu saya lepas betina, dan terlihat jantan akur tetapi saat di kasih makan jangkrik jantan selalu menyerang betina,, mohon solusinya..

    • @Dadang Setiawan, berarti belum 100% suka sama sukanya. Terpenting si jantan tidak membantai betinanya kan?
      Kalau siap, silahkan dijodohkan ulang seperti semula lagi. Pasangannya pasangan yg sama.

  19. Saya lagi melakukan proses perjodohan murai batu sudah 10 hari namun yg terjadi si jantan cabut bulu ekor bagaimana solusinya pak haji apakah bisa jodoh jika si jantannya cabut bulu. Terima kasih

    • @Syaifudin, secara teori susah, karena itu berarti birahi si jantan tidak stabil tapi ada satu konsumen SKL yg berhasil menangkarkannya.

  20. Om mau tanya murai saya sudah masuk dikandang ternak nih yg mau saya tanyakan kalo bulu ekor yg betina yg putih lepas dua apa bisa berproduksi?
    mohon pencerahannya

    • @Hendra Prasetya, secara teori Tidak Bisa, tapi manusia hanya bisa memprediksi saja. Selebihnya, yaitu Hak Prerogatif hanya di tangan Allah SWT saja.

  21. Om mau tanya mb saya sudah saya lepas di sangkar ternak tapi yang betina di dekatin sama jantan menjauh
    Pertanyaan saya apa itu enggak jodoh???
    Perlu di gantikah jantan/betina

    • @Ratna Sari, ada yg perlu waktu unt bisa saling mengenal satu sama lainnya, tapi ada yg cepat juga PDKTnya. Persis sama spt kita manusia saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *