MB jantan MANCHURIA ini kami dapatkan dari seorang Hobis yang tinggal di wilayah Kapras, Marike – Sumatra Utara. Pemandangan disekitar Marike sangat indah, disitu juga terdapat air terjun yang lumayan tinggi, tidak kurang dari 10m tingginya. Air terjun ini merupakan salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Langkat.

Terdapat juga gua gua yang saling menghubungkan satu sama lain, salah satunya ada yang sampai mencapai kedalaman 50 meter. Selain itu durian Marike sangat terkenal manis dan lezatnya, beruntung ketika kami berkunjung kesana bertepatan dengan musim durian. Terus terang jumlahnya sangat berlimpah ruah, jadi ketika itu kami beli 2 buah tapi bonusnya dapat 3 buah, mana ada penawaran yang kayak gitu kita dapatkan di Tanah Jawa. He…he.

Masyarakat Marike mempunyai kesadaran yang tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungannya, termasuk diantaranya tidak sembarang orang gampang menangkap burung murai batu disana. Pemilik tanah adatnya kadang tidak mengijinkannya.

Salah satu wilayah favorit MB disana adalah daerah Kapras karena kebanyakan MBnya berekor dengan panjang diatas rata rata tetapi konon murai dari wilayah Kapras agak susah untuk dibikin duduk. Salah satu koleksi MB asal Kapras kami adalah MANCHURIA, tetapi Manchuria ini sudah dipelihara tidak kurang dari 3 tahun semenjak trotolan oleh pemilik pertamanya. Memang harga meminangnya saat itu lumayan tinggi karena terus terang kami tidak mau mengambil risiko dengan mengambil MB yang belum makan voer, risiko tingkat kematiannya masih sangat tinggi.

Typikal suara Manchuria ini ngerol tembak makanya meskipun ditawarkan dengan harga yang tinggi kami tetap memboyongnya. Suara MB yang memiliki karakter ngerol nembak  terus terang jarang kita temui jadi begitu kami memantaunya langsung saja kami jatuh cinta. Untuk volumenya tidak usah diragukan lagi, perlu dicatat saja setiap MB pasti akan teriak kenceng jika bertemu lawannya dan jangan khawatir para juri tidak akan mendengarnya karena mereka berdiri tepat dibawah sangkar lomba burung burung kita.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

6 Comments

  1. Assalamualaikum pak Haji..
    Mantabs Indukannya.. da ada anakan betinanya… hehehe…

  2. ass.om…..btw mau tanya kalo utk anakan betinanya dari kisaran harga brp y?….

  3. Subhanallah…cantik bener burungnya pak haji, semoga saya bisa kebagian turunannya..Aamiin

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>