Hhm…burung ini benar benar berpenampilan garang. Panjang ekor sangat proportional dengan panjang badannya, katuranggannya juga tidak ada yang bisa dikritisi. Maaf mungkin agak berlebihan memujinya tetapi begitulah kenyataannya. Perhatikan betapa besar bola matanya (foto paling atas).

MB LENIN ini kami dapatkan seorang pemikat di Keumala NAD, besertanya kami dapatkan juga MB betinanya 2 ekor yang menurut penuturan pemikatnya adalah istri istri si LENINnya sendiri tetapi sayang istri istrinya ini telah wafat sebelum dijodohkan kembali dengan si Leninnya.

Masih menurut penuturan pemikatnya konon suara LENIN ini sewaktu masih di hutannya tembus kemana mana dan seolah olah suara dari beberapa burung murai batu. Memang begitulah suara MB di hutannya, akan lebih membahana, karena ada pantulan dari pohon pohon besar yang rindang di sekitarnya. Kemudian kadang siburung terbang sambil mengeluarkan suara sehingga mengecohkan tukang pikatnya, mungkin inilah yang didengar oleh pemikatnya seolah olah suara dua burung murai.

Yang jelas LENIN ini adalah salah satu MB pentolan di sekitar wilayah habitatnya. Dan jika diwilayah tersebut ada seekor MB yang jagoan biasanya didapat pula rekan sparingnya. Jadi jika seekor MB kehilangan rekan sparingnya, misalkan mati maka dia akan mencari lagi rekan sparing yang baru, jika diperlukan dia sampai bergeser posisinya untuk mendapatkan rekan sparing yang baru atau bahkan sampai ada yang berpindah tempat hanya untuk ngebelain mendapatkan rekan sparing yang baru.

Dari situ kita bisa berkesimpulan betapa fighternya burung burung murai batu ini, rasanya mereka tidak bisa hidup tanpa sparing partner. Jadi menurut penuturan pemikatnya mereka yang berlaga itu menang kalahnya bisa bergantian tergantung dari masing masing kondisinya saat itu. Kalau sudah ada yang kalah pasti salah satunya akan menghindari yang lainnya tetapi jika bertemu lagi mereka akan berlaga lagi, jadi kalau dipikir pikir seperti di lapangan lomba saja. He…he.

Sudah banyak tamu yang berkunjung ke SKL BF yang tertarik dengan penampilan LENIN ini tetapi mungkin berjodohnya dengan Mas SETYO, seorang Hobis dan Owner JIKKO BF di JAKARTA.

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. Kya preman nie pak haji…….! Dilihat dr segi fisiknyaa

  2. Selamat pagi Pak Haji,

    Wuuiiih tampangnya Lenin sangarr tenan…mantaps.
    Thks berat ya Pak Haji sudah rela me-release si Lenin utk saya
    Salut…two thumbs up !!!

    Salam,
    Setyo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *