Burung Murai Batu nama MAUSER ini meskipun belum lama sekali kami perlihara tetapi sudah nampak seperti burung yang sudah lama dipelihara. Burung yang berasal dari TIRO – NAD ini memiliki postur badan yang panjang dan bulu dada berwarna kuning cerah seperti tampak pada foto dibawah ini.

Sesuai namanya MAUSER ini memiliki suara yang sangat tajam seperti desing peluru, kebetulan setelah kami bawa ke Tanah Jawa burung ini menampakan gejala bulunya yang mau rontok, terlihat dari warna bulunya yang sudah mulai kusam. Burung juga bukan typikal yang jahat terhadap lawan jenisnya malah terkesan mengalah terhadap pasangannya dan betinanya juga jatuh bulunya bersamaan dengan Mausernya sehingga nanti masa birahinya bisa datang bersamaan.

Datangnya masa mabung yang tidak bersamaan bisa memperlambat masa produksinya, jadi bisa atau sering terjadi misal sijantan sudah selesai mabung, eh yang betinanya mulai memasuki masa mabungnya. Gimana mereka mau berproduksi? Burung yang dalam kondisi mabung atau nyulam tentunya tidak akan bisa menjadi birahi. Kami merasa lega jika masa mabung keduanya datang bersamaan, jadi tidak perlu menunggu bergantian ganti bulunya.

Jika ternyata mabungnya tidak bersamaan terpaksa kami ganti dengan pasangan yang baru lagi untuk mempercepat tingkat produksinya, memang harus menjodohkan lagi seperti sebelumnya.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *