SiJACK adalah salah satu anakan dari kandang COSTARICA, typikal suaranya mengikuti suara bapaknya yaitu sangat tajam dan memekakkan telinga. Semuanya benar benar mengikuti bapaknya, mulai dari bodynya sampai panjang ekornya. Kondisinya saat ini sedang dorong ekor.

Burung ini bagi kami memiliki nilai historis sendiri, jadi beberapa waktu yang lalu siJACK ini pernah lepas dari kandangnya karena kelalaian perawat burung kami. Burung sempat dikejar kejar seharian sampai akhirnya tidak ditemukan lagi jejaknya sehingga kami semua menghentikan pencariannya.

Tiba tiba menjelang Maghrib putra dari salah satu tetangga kami memberikan informasi bahwa di lorong/gang belakang tempat penangkaran kami yang merupakan batas tanah antara rumahnya dan rumah kami ada suara burung bagus dan kenceng sekali. Betul betul tetangga rumah yang tauladan sampai memberikan informasi yang berharga ini.

Setelah mendapat informasi ini kami bergegas mengambil posisi masing masing agar supaya siJACK ini mau masuk ke dalam  rumah, saya sempat sharing via handphone dengan salah satu tukang pikat di Bohorok sana bagaimana cara yang paling tepat untuk mendapatkan sasaran ini. Akhirnya kami putuskan memasang MB betina di tengah tengah pintu masuk untuk menahan sebisa mungkin agar supaya burung tidak terbang menjauh lagi, selain itu kami tebar jangkrik juga di lantai. Bersyukur dengan hari yang mulai gelap sehingga burung tanpa digiring akhirnya mau masuk ke dalam rumah.

Kalau sudah masuk ke dalam rumah semuanya menjadi serba gampang, Alhamdulillah…akhirnya burung siJACK ini bisa tertangkap lagi. Setelah direnungkan, harus diakui memang MB siJACK ini memiliki mental fighter tinggi, terbukti meskipun sudah terbang jauh eh dia mendekat lagi ke wilayah rumah kami. Itu tidak lain karena memang di tempat penangkaran kami banyak burung MB yang selalu teriak teriak sehingga hal ini yang menjadi salah satu faktor siJACK sampai datang lagi.

Dugaan kami diperkuat dengan informasi dari tetangga yang juga mendengar siJACK teriak teriak merespon suara MB MB kami. Sewaktu kami mengamati pergerakannya dia sempat juga mengeluarkan senjatanya yaitu tembakan Cukcak Jenggot dan Kapas Tembak. Kalau masih milik kita maka tidak akan kemana mana dan memang Allah masih mempercayai kami untuk merawat burung siJACK ini. Amin…

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. kabarnya siJACK ini gimana pakaji

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *