Sewaktu masih berusia satu bulanan kami menyangka bahwa CONAN ini berjenis kelamin betina karena badannya yang sangat ramping dan panjang sehingga kami pasangi ring SKL 124, sedangkan saudara satu sarangnya (kakaknya) yang terkesan lebih bongsor kami pasangi ring SKL 123. Tetapi apa mau dibilang, ajal telah menjemput kakaknya ketika masih berusia 2 bulanan. CONAN adalah anakan dari kandang CHODET vs betina salah satu anakan BAHAMAZ. Burung ini lahir pada tanggal 17 Juni 2011.

Karena kami ragu dengan jenis kelaminnya jadi kami tangguhkan penjualan CONAN ini, ternyata begitu menginjak usia 3 bulan si CONAN kecil ini mulai rajin ngeriwik, sebetulnya suatu pemandangan yang lumrah bagi kami tetapi begitu menginjak usia 5 bulan baru kelihatan kelebihannya yaitu si CONAN mulai rajin ngeplong ngeplong.

Semakin hari semakin menjadi jadi yaitu ngeplongnya tiada hentinya, tidak perduli itu ada burung MB yang mapan atau ada suara MB lainnya, padahal saat itu dia masih murni trotolan. Memasuki masa moultingnya (ganti bulu trotol ke bulu coklat) tetap saja CONAN ini masih rajin ngeplong.

Selama masa moultingnya tetap saja dia berbunyi tetapi diakui volumenya agak mengecil dan itu wajar wajar saja karena energinya sedang dipakai untuk ngedorong bubu bulu barunya. Yang tidak wajarnya si Conan ini tidak pernah ngeriwik, jadi langsung nembak ngeplong ngeplong saja. Melihat bakat vokal dan mentalnya ini membuat kami bertambah semangat menyediakan burung burung masteran handal untuk mendampinginya.

Setelah selesai moulting, Conan ini menjadi lebih guacor lagi, bahkan gacor owor owor. Sebetulnya saya pribadi sudah gatelan untuk mencobanya menurunkannya di latberan atau lomba lomba lokalan tetapi Alhamdulillah sampai hari ini hati ini tetap tabah untuk tidak menurunkannya di suatu lomba apapun juga.

Terus terang kami pernah mendapat pengalaman pahit dimana burung gacoan muda kami rusak karena gara gara belum cukup usianya tetapi kami selalu membawanya ke lomba lomba besar, bahkan tidak pernah ikut sekelas latberan sekalipun juga jadi langsung lomba skala nasional. Jadi ini semacam penyakit pada diri kita sendiri, yaitu jika memiliki burung istimewa pasti gatelan untuk melombakannya, kalau kita mau instropeksi diri intinya tidak lain kita mau pamer gacoan kita. Ini masih sangat manusiawi lah…Tetapi dorongan rekan rekan kita untuk melombakan burung gacoan kita juga sangat besar pengaruhnya.

Padahal logikanya, jika kita memiliki sesuatu yang istimewa justru sebetulnya kita harus sayang dan hati hati menghandelnya kan??? Dalam hal ini jika kita memiliki burung MB muda yang sangat istimewa tentunya kita tidak boleh sembrono melombakannya, yah sebagus bagusnya MB muda jika ketemu dengan MB yang mapan dan juga jawara pasti tidak bagus dampaknya. Yang dimaksud dengan MB muda adalah maksimal usianya baru 2 kali mabung dewasa saja.

Memang ketika di lapangan MB muda kita bisa meladeni burung burung lainnya tetapi kita tidak tahu apa yang dirasakan si burung kan? Ibarat petinju kelas terbang ketemu petinju kelas berat lah, sebagus bagusnya tehnik bermainnya petinju kelas terbang kalau terpukul oleh petinju kelas yang diatasnya pasti akan oleng atau setidak tidaknya akan terasa lain dibandingkan terpukul oleh petinju di kelasnya.

Sebetulnya usia yang aman melombakan burung MB yang kita pelihara semenjak trotolan adalah setelah mabung dewasa 3 kali. Jadi ibaratnya setidak tidaknya sudah tahan banting, cuman pertanyaanya apakah kita tidak jenuh menunggunya??? He…he.

Memasuki masa mabung dewasa pertama sengaja kami siapkan untuk CONAN ruangan khusus yang tidak tembus suara MB lainnya dan burung burung masteran handal yaitu 3 ekor Cililin, 5 ekor Love Bird yang typikal suaranya berlainan, 2 ekor Cukcak Jenggot, 2 ekor Kapas Tembak, seekor Jalak Suren, seekor Kenari F-1, seekor Kenari lokal dan seekor Pelatuk Bawang. Mudah mudahan hasilnya seperti yang kami harapkan. Amin…

CONAN ini sudah menjadi milik Om WILLY, Owner JP HERO – BF di BELITUNG.

 

j CONAN DSC03252 SKL BF

j CONAN DSC03251 SKL BF

j CONAN DSC03250 SKL BF

j CONAN DSC03245 SKL BF

j CONAN DSC03243 SKL BF

j CONAN DSC03235 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. Conan keliatannya kesayangan Pak Haji tuch…he he he

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *