Sebetulnya kandang PIKAT ini sudah beberapa waktu yang lalu di bedol oleh Om WILLY, Owner JP HERO Belitung, tetapi baru sekarang kami tampilkan beberapa fotonya. Nama PIKAT ini bukan berarti MB ini bekas MB pemikat, nama PIKAT ini kami berikan begitu saja karena pesan dari tukang pikatnya agar burung ini disimpan untuk sendiri saja.

Jadi untuk memberikan ciri tersendiri pada burung ini si pemikatnya sengaja mengikatkan tali rapiah yang sangat tipis dan rapih sehingga hampir tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Perawat burung saya pun tidak bisa melihatnya jika saya tidak memberitahunya. Meskipun sudah diberitahu tetap saja mata dia melotot melotot untuk menemukannya. Saat di fotopun MB ini masih ada tali ikatannya pada kaki sebelah kanannya tetapi tidak nampak kan??? Hhmm…benar benar canggih cara mengikatnya.

Saya sampai dibuatnya kagum ketika dia menceritakan bahwa dia sendirian saja yang mengikatnya, walaaahhh…Memegang burung sambil mengikatkan tali pada kaki burung dan hasilnya rapih lagi.

Konon burung ini sangat menarik perhatiannya ketika mau ditangkapnya, jadi burung dan si pemikatnya sempat berlaga suara dulu sampai lebih dari 2 jam. Si pemikat mengeluarkan suara siulan apa dan si burung kontan menjawabnya dengan suara yang lain.

Dari sekian banyaknya burung MB yang saya dapatkan dari dia baru kali ini dia memberi ciri tali ikatan yang seperti itu. Bentuk physik burungnya tidak ada yang menonjol seperti yang sudah sudah, malah cenderung biasa biasa saja. Tapi…tidak lama, hanya hitungan hari saja sesampainya di rumah saya dia langsung bunyi ngeplong ngerol dan bawa lagunya panjang panjang. Fantastis…Baru sekarang saya “ngeh” dengan apa yang dimaksud si tukang pikat itu.

Otomatis saya masih perlu belajar lagi untuk bisa mengamati seekor MB yang super canggih karena katuranggan MB ini tidak ada yang menonjol, badan biasa saja, apalagi ekornya. He…he. Pokoknya saya sempat dibikin bingung olehnya, kayak kayaknya kalau tidak ada masukan dari tukang pikatnya dijamin saya tidak akan memilih burung murai batu ini. He…he.

Menimba ilmu memang tidak ada habis habisnya, sekalipun menjelang ajal  kita. Dan burung ini sudah menjadi milik Om WILLY, Owner JP HERO di Belitung.

j PIKAT  DSC03309 SKL BF

j PIKAT  DSC03312 SKL BF

j PIKAT  DSC03310 SKL BF

j PIKAT  DSC03308 SKL BF

j PIKAT  DSC03307 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Anakny sipikat kykny blom kluar kepelanggan skl nih pakaji.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>