Apa arti dari singkatan SGM hanyalah Om WILLY Belitung sendirilah yang tahu, kami hanya mencantumkannya saja di pintu kandang ternaknya. MB nama SGM sendiri berasal dari wilayah kaki Gunung SEULAWAH – NAD. Konon burung tersebut di hutannya volumenya kenceng dan durasi kerjanya juga sangat mumpuni.

Masih menurut penuturan tukang pikatnya, ketika burung ini akan ditangkap dia selalu menunjukan perlawanan yaitu dengan selalu menjawab siulan tukang pikatnya, bahkan kadang datang langsung menghampirinya kemudian menghilang lagi tetapi burung tersebut masih meninggalkan suaranya dan tetap berbunyi.

Hal inilah yang membuat hati tukang pikatnya semakin penasaran, jadi seolah-olah burung ini meledeknya. Kadang cerita tukang pikatnya inilah yang membuat saya juga semakin tertarik dengan karakter masing masing burung murai batu yang ditawarkan kepada kami. Burung ini konon memiliki suara seperti orang tertawa cekikikan melengking tinggi.

“Burung ini memiliki suara semacam suara tertawanya kuntilanak Bang,” tutur si tukang pikatnya sambil meraba lengannya yang tampak merinding, bulu kuduknya berdiri. Nah, kalau yang ini menurut saya sudah mulai agak berlebihan. Mungkin di hutannya sana ada sejenis burung lain yang suaranya melengking tinggi yang mirip dengan suara orang cekikikan kemudian burung murai ini merekamnya. Maaf…saya sendiri terus terang belum pernah mendengar suara tertawanya kuntilanak, jadi otomatis saya sendiri tidak bisa membandingkannya. He…he.

Memang di wilayah kaki Gunung SEULAWAH atau di hutan Gunung SEULAWAH masih banyak kejadian kejadian diluar akal sehat kita. Hal ini diyakinkan juga oleh beberapa oknum aparat kita yang sedang bertugas piket malam di pos jaganya. Beberapa tahun yang lalu ketika Tanah Rencong ini masih bergolak, benar-benar lebih parah lagi karena jalanan lintas Banda Aceh – Medan ini mulai jam 17.00 sudah sangat sepi sekali.

Kadang cerita mistik ini bisa menghibur di kala hati ini sedang galau, meskipun saya anggap semuanya ini hanyalah cerita isapan jempol belaka tapi lumayan untuk di dengarnya sih. He…he.

Terus terang saya turut prihatin dengan apa yang dialami aparat kita dan orang GAMnya sendiri yang saling kejar mengejar atau main kucing-kucingan di dalam hutan sewaktu Aceh masih bergolak. Bayangkan saja, masuk keluar hutan belantara yang benar benar masih liar dimana nyawa mereka yang jadi taruhan. Ujung-ujungnya tetap saja keluarga, istri dan anak mereka yang akan terkena dampaknya.

Aparat kita dari masing masing kesatuannya hanyalah menjalankan tugasnya saja, sedangkan pihak GAM sendiri hanya mempertahankan ideologinya, beruntunglah sekarang keadaannya sudah kondunsiv, aman dan tentram. Bravo NAD…

Saya pribadi sudah terlanjur jatuh cinta pada Tanah Rencong ini, alamnya sangat indah dan terkesan masih alami. Cuman jika menuju ke suatu tempat masih jauh-jauh sekali jarak tempuhnya, jika kita mengunjungi Aceh tidak cukup hanya 2 malam. Yang membuat hati saya kagum, dimana-mana terlihat kedai kopi dan rumah makan. Saya sempat berpikir apakah orang Aceh tidak suka memasak sendiri di rumahnya? Pokoknya kedai kopi dan rumah makan berceceran sepanjang jalan, di Tanah Jawa sendiri saya belum pernah menemukan kota yang begitu semaraknya dengan tempat makanan dan jajanannya. Benar-benar orang Aceh ini sangat konsumtiv.

Tentunya keberadaan burung MB di NAD juga sudah sangat memprihatinkan karena kerap di eksploitasi, sebelum benar benar punah apakah Anda-Anda tidak tertatik untuk menangkarkannya? Burung MB mempunyai nilai ekonami yang tinggi selain itu jika kita menangkarkannya tanpa kita sadari kita juga turut andil melestarikannya. Semakin banyak orang yang menangkarkannya otomatis kebutuhan untuk mengeksploitasi MB di habitatnya juga akan semakin berkurang. Setuju???

Kandang SGM ini sudah menjadi milik Om WILLY, JP HERO BF di Belitung.

j SGM DSC03323 SKL BF

j SGM DSC03322 SKL BF

j SGM DSC03318 SKL BF

j SGM DSC03316 SKL BF

j SGM DSC03314 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

4 Comments

  1. Serem juga nih kalo menyangkut yg goib2 hehehe…bisa2 lawanya SGM kalo di lapangan pada merinding donk pak haji

  2. Sekedar saran saja untuk SKL BF. Untuk profil indukannya menurut saya perlu diupdate lagi, dikarenakan indukan-indukan yang ada diprofil indukan, sudah banyak yg ditake over. Saya yakin SKL BF masih banyak memiliki calon-calon indukan atau indukan yg berkwalitas lainnya yg belum ditampilkan diprofil indukan. Terimakasih.

    • @Dian Hendrayana, terima kasih untuk sarannya Mas Hendra. Masalahnya beberapa indukan MB ada yang masih belum berproduksi atau masih menjalani proses mabung atau bahkan belum dijodohkan karena keterbatasan kandang.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>