Tidak sedikit penangkar pemula yang menanyakan kapan tepatnya pemasangan ring, khususnya untuk anakan burung murai batu. Dalam hal ini SKL BF membagi menjadi 2 kriteria, yaitu pada anakan :

1. Hasil loloh manusia, biasanya kami panen anakannya pada usia 8 sampai dengan 10 hari atau apabila tidak terkontrol kapan tanggal lahirnya maka bulu sayap si anakan bisa dijadikan barometernya yaitu jika sudah tumbuh seperti paku atau paling terlambatnya ujung dari sayap sudah mulai pecah adalah waktu yang tepat untuk memanen si anakan.

Terhitung mulai hari pertama dari memanen anakan biasanya kami mengambil waktu sekitar 3 mingguan sampai 4 minggu lagi untuk memasangkan ringnya. Mungkin ada yang bertanya-tanya apakah masih bisa dipasangkan? Jelas masih bisa tetapi dengan sedikit perjuangan.

Jika kita memasang ringnya terlalu dini dikhawatirkan kondisi anakannya masih lemah sehingga bisa mengakibatkan kakinya pengkor dikarenakan posisi tidur di sarangnya berubah dari posisi awalnya, kadang juga ringnya bisa naik keatas sampai lutut sehingga bisa menggangu pertumbuhan batangan kakinya.

Kadang juga bisa turun lagi sehingga jari belakangnya sampai kejepit. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang disebutkan diatas maka kami memasangkan ringnya sengaja selalu pada usia yang sudah cukup saja yaitu minimal pada usia sebulanan atau bahkan jika lagi malas malasan malah bisa lebih dari sebulan. Dijamin lebih aman dan masalah yang timbul lebih minim.

2. Hasil loloh indukannya, nah disini kami memasangkan ringnya malah pada usia lebih mapan yaitu minimal 1,5 sampai 2 bulan sekalian memanen anakannya. Otomatis kami masuk kandang ternaknya hanya sekali saja dan memegang anakannya juga hanya sekali saja yaitu ketika menangkap untuk memanennya dan sekalian memasang ringnya.

Memang diakui ada beberapa anakan burung hasil lolohan indukan yang sifatnya agresiv hingga sampai matukin ringnya tapi itu sifatnya hanya untuk sementara saja. Yang menjadi permasalahan utama dalam bab ini bukanlah memasang ringnya melainkan adalah menjinakkan burungnya karena karakter burung persis seperti hasil tangkapan hutan saja alias kedabrak kedubruk liar sekali tapi asyik kok.

Diameter ring yang kami pakai ukuran standard yaitu 4 mm, jangan lebih karena dari segi estetika kurang bagus. Perlu digaris bawahi bahwa memasang ring (umumnya) pada usia dini bukanlah salah atau kurang tepat tetapi semuanya ini hanya masalah selera saja.

Mudah-mudahan sharing yang singkat dan sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081395407415, 087727505831 dan 085733695959

24 Comments

  1. mantaf infonya…. mksh

  2. Om,klo umur bru 4 bln kira” masih bisa nggk di pasang ring,mohon informasiny om.

    • @M.Randhy Setiawan, saya belum pernah mencoba, tapi kayaknya ribet atau malah gak bisa yah. Kan kakinya juga seusia segitu sudah besar. Berisiko tinggi.

  3. Om, pesan ring nya dimana ya om, berkat artikel dari SKL BF murai batu saya udh menetas, tsk atas artikel nya

    • @Hans BF, sekarang banyak yang bikin kok. Ibrahim Ring, Raja Ring.
      Alhamdulillah, kami turut senang mendengarnya.

  4. Om skl, sy kan pasang ring murai umur 6bulanan trus bagian kuku belakang sy potong kedaleman, apakah kuku murai bisa memanjang lgi.

    Trimakasih

    • @Dedi, selama tidak copot semuanya InsyaAllah akan memanjang lagi, tapi butuh waktu.

  5. halo om SKL…
    saya mau bertanya apakah saat kita memanen anakan MB yng baru usia 8hari harus diambil skalian sama sangkar buatan induknya..?? dan apakah kalo kita ambil sarangnya nanti induknya mau bertelur lagi..?? mohon penjelasanya om terimakasih

    • @Ollan, betul sekali. Pasti akan membuat yang baru, dan akan mau bertelur lagi.

  6. hallo om SKL,utk pemasangan ring pada trotol MB apa ada ketentuan harus di kaki kiri atau kanan? mohon ptunjuknya, pemula lagi belajar ternak.tengkiu

  7. asalamualaikum pak haji…
    saya baca artikel diatas kalo piyikan yng diloloh indukan dipanen umur 1,5-2bulan.. kalo misalkan kita pasang ring sbelum dipanen umur 1bulanan,trus kita satuin lagi sama indukan apakah ada resikonya.. semisal indukan gk ngeloloh piyikan atw piyikan di hajar gara2 dikaki piyik dipasangin ring… mohon pencerahan’y pak.. mudah2an pak haji slalu dimudahkan rezekinya.. aminn

    • @Asep, wlkmslm…gak masalah.
      Jangan anggap enteng burung MB, mereka itu sangat cerdas. Wong suara burung lain saja bisa ditirukan, masak iya sama anak sendiri yg merupakan darah dagingnya tidak bisa mengenalinya?

  8. Pak haji, berarti gak masalah ya pasang ring umur 25 – 30 hari? Loloh indukan.

    • @Tofan, gak masalah, tapi kadang dg sedikit perjuangan, jika kaki anakan burungnya agak besar.

  9. Ada yg tips gk pas masang ringnya, pak haji? Soalnya td sy coba masuk kandang deketin anakannya, indukan mlh galak. Mirip ayam gitu kl dideketin anaknya. Gmn tuh pak haji?

    • @Topan, tangkap saja, masak iya kalah dg burung? He…he.

  10. Ahaha make sense juga ya

  11. Anakan usia satu bulan, udah masukin kekakinya, ga jadi, masukin lagi ga jadi lagi, kasian ma burungnya,
    Gimana caranya ya pa haji?

    • @Abe, harus dengan sedikit perjuangan. Gak apa2 harus ditegakan. Pakai minyak goreng sedikit saja agar menjadi licin.

  12. om, gimana caranya pemasang Ring untuk burung betina…..di kiri atau di kanan

    • @Arjun, suka2 saja Om.
      Kalau di tempat saya dipasang di sebelah kiri agar mudah membedakannya.

  13. Om tunjukin cara masang ring umur 1 bln +

    • @Refki, kadang memang harus dg perjuangan yg keras, tergantung besar kecilnya masing2 anakan itu sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *