Muraimania SPANYOL asal Indonesia terpesona dengan penampilan MONGOLIA, tetapi MONGOLIA ini tidak hanya penampilannya saja yang memukau melainkan typikal suaranya juga yang sangat tajam. Semuanya ini tidak akan berarti jika tidak disertai mental figternya yang tinggi.

Om WARA ini bercita cita menjadi penangkar burung murai batu handal setelah pulang ke tanah air. Menangkar murai batu ini bisa dikatakan salah satu usaha yang bisa ditinggalkan, jadi semakin kita jarang melihat/mengintip kandang-kandang ternak kita maka siburung akan merasa lebih tenang untuk kawin. Lain halnya dengan usaha lain misal memiliki toko atau warung yang setiap harinya harus ditungguin, baik itu ramai atau sepi pengunjung. Sangat simple dan nyaman bukan?

Salah satu faktor inilah yang membuat beberapa Muraimania Indonesia yang masih berada diluar negeri berniat untuk mulai menangkarkan murai batu. Sipemiliknya masih tetap bisa beraktivitas di negeri orang dan burungnyapun tetap bisa berproduksi. Beberapa rekannya juga berniat menyusul jejak Om WARA ini. Tetapi saya sarankan usaha menangkar murai batu ini jangan dianggap sepele atau dianggap usaha sampingan, jadi kita harus tetap konsentrasi dan fokus pada penangkaran ini.

InsyaAllah…jika kita selalu serius menangani segala sesuatu tentunya akan membuahkan hasil yang memadai. Banyak penangkar MB yang telah berhasil membuahkan anakan tetapi gagal membesarkannya, sebetulnya itu hanyalah masalah teknis saja, jadi bukan karena faktor apa-apa. Yang terpenting kita jangan gampang putus asah.

Sayapun awalnya mengalami hal yang sama tetapi seiring dengan berjalannya waktu akhirnya kami menemukan resep yang ideal, sama dengan orang belajar menyetir mobil. Kami hanya berharap semoga semakin banyak saja muncul penangkar penangkar baru dan hal ini jangan dianggap sebagai pesaing kita. Justru dengan semakin banyaknya muncul kompetitor baru maka kita akan lebih terpacu untuk melakukan inovasi-inovasi baru. Inilah dinamika kehidupan yang sesungguhnya.

Semoga saja Om WARA beserta rekan-rekannya bisa selalu sukses menangkarkan burung murai batu. Amin…

 

k MONGOLIA DSC03772 SKL BF

k MONGOLIA DSC03773 SKL BF

k MONGOLIA DSC03774 SKL BF

k MONGOLIA DSC03782 SKL BF

k MONGOLIA DSC03776 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

One Comment

  1. Dear Pak Haji
    Wuuih mantaps nih si Kubilai Khan dari Kerajaan Mongolia
    Sukses ya Pak Haji…

    Wassalam
    Setyo

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>