Inilah profil salah satu murai betina dari wilayah eksklusiv murai batu BOHOROK, Kabupaten Langkat – Provinsi Sumatera Utara. Kebetulan bodynya bongsor, panjang disertai ekornya yang relativ panjang juga untuk seekor murai betina. Sangat menawan dan sangat cocok sekali untuk ditangkarkan. Tidak semua murai betina asal Bohorok itu ekornya panjang, tetapi ada juga yang berekor standard saja seperti pada umumnya murai betina.

Sekali lagi, jangan sampai keliru dengan ciri-ciri physik murai Bohorok yang mana banyak yang beranggapan bahwa MB BOHOROK yang identik sebagai MB Medan adalah selalu berbadan besar dan berekor panjang. Murai asal Aceh juga banyak kok yang mempunyai ciri-ciri physik seperti murai Bohorok. Dan pada kenyataannya murai Aceh lah yang banyak, bahkan dominan menguasai pasokan murai yang diperjual belikan di Medan. Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa murai Medan identik dengan murai yang berekor hitam putih, sedangkan murai Aceh adalah murai yang berekor full hitam, istilahnya sekarang murai BT (Black Teil).

Terutama, banyak Pemula yang menelpon saya yang selalu menayakan dari mana asal murai kami : “Murainya ASLI murai Medan kan Pak?” Terus terang awalnya saya serba salah untuk menjawabnya tetapi seiring dengan berjalannya waktu saya bisa survive dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Terus terang, saya bersama Om Kicau melalui websitenya omkicau.com beberapa waktu yang lalu pernah mengadakan semacam sayembara bagi siapa saja yang bisa menunjukan kepada kami asal KTP 10 ekor MB dengan benar, maka akan mendapat hadiah menarik dari kami. Bukannya kami mau mengetest, tetapi memang sampai hari ini kami sendiri masih belum bisa membedakan mana murai Medan atau murai Aceh, bertambah bingung lagi ketika kami hunting murai langsung ke habitatnya, dalam hal ini ke Medan. Ternyata di Medan kami tidak menemukan hutan belantara melainkan hanya bangunan-bangunan bertingkat atau yang sejenisnya seperti ruko (rumah dan toko). Justru karena kami sangat menghargai suatu ilmu, termasuk ilmu membedakan KTP seekor murai, sehingga kami sampai membuat sayembara itu sebagai ajang mohon petunjuk dari mereka yang sudah sangat ahli membedakan KTP atau asal murai batu, terutama murai yang berekor hitam putih.

Hhmm…bingung kan? Saya juga ikut bingung. He…he. Jadi sekali lagi kita tidak usah dibingungkan dengan asal muasal murai atau KTPnya. Yang terpenting MB tersebut adalah bagus dan istimewa, bagi saya sudah cukup. Terkecuali memang kita hunting sendiri ke habitatnya. Semoga sharing singkat ini bisa bermanfaat.

Murai betina ini sudah menjadi milik Om RONY BANDUNG.

b Bohorok DSC03937 SKL BF

b Bohorok DSC03939 SKL BF

b Bohorok DSC03942 SKL BF

b Bohorok DSC03943 SKL BF

b Bohorok DSC03946 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

5 Comments

  1. ma’af pak haji saya mau tanya…
    Ekor mb di atas panjangnya berapa CM….
    Dan setau bapak ekor mb betina paling panjang sampai berapa CM….
    Apa ada MB betina dengan Ekor 21CM (baik MB betina bahorok/aceh)

    • @Zahzuh, panjangnya 15cm tapi itu ukuran yang akurat. Selama ini yang pernah saya punya hanya mencapai 16,3cm saja, kalau sampai 21cm terus terang saya pribadi belum pernah lihat.

  2. Kya preman mirip bangeet

    • @Mustofa, iya Mas Haji…

      • Bos pesen betina super seperti diatas..saya mau tangkar di Bali

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>