Tidak sedikit Muraimania yang mengeluh atau istilahnya curhat kepada kami mengapa anakan murai batu hasil penangkarannya hampir semuanya menjadi manja atau perorangan yang telah membeli anakan MB hasil penangkaran tiba-tiba setelah dewasa menjadi manja atau ngelowo.

Masalah ini sangat serius karena burung murai batu yang menjadi manja sudah hampir dipastikan tidak bisa diturunkan di arena lomba. Kami juga bukan berarti enak-enakan saja menghadapi masalah ini, terutama jika terpaksa harus melolohi sendiri anakan murai tersebut, karena sifat manja ini banyak terjadi pada anakan murai batu tangkaran hasil loloh manusia.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Seperti yang kita ketahui anakan murai yang akan diloloh oleh manusia dipanen pada usia 7-9 hari setelah menetas, keadaan mata anakan murai pada saat itu masih menutup/meram atau jika sudah terbukapun penglihatannya masih samar-samar. Sebaliknya, jika sampai terlambat memanennya maka kita akan mendapatkan kesulitan melolohnya karena si anakan burung ini sudah mengenal siapa induk semang yang sebenarnya.

Jika semenjak usia dini kita sudah salah menerapkan methode melolohnya, maka anakan burung ini akan mengetahui induk semangnya adalah yang melolohnya itu. Dikarenakan semenjak kecil dia sudah terbiasa berinteraksi dengan kita, maka dia tidak mempunyai rasa takut lagi dengan manusia. Dampaknya jika kita dari awal sudah salah merawatnya maka hal ini bisa berakibat buruk pada karakter burung yang cenderung menjadi manja. Apalagi jika pemiliknya merawatnya dengan penuh kasih sayang sekali, ada yang sampai mengelus-elus badan atau bulunya atau bahkan sampai mengajak bicara si burung dengan maksud agar supaya si burung benar-benar mengenal sang majikannya.

Pertanyaanya adalah untuk apa tujuan kita memiliki burung murai batu ini, untuk lomba ataukah untuk kelangenan? Kalau untuk kelangenan memang tidak salah memiliki murai yang manja, ada rekan kami yang memiliki murai yang bisa dilepas di alam bebas tetapi jika disiulin atau dipanggil yang empunya maka dia langsung menghampiri dan masuk kembali ke dalam sangkarnya. Memiliki murai yang seperti ini tidak kalah indahnya juga dengan memiliki seekor murai jawara, ini hanya masalah selera saja.

Jika kita ingin memiliki murai batu untuk tujuan lomba, maka si burung harus benar-benar jauh dari sifat manja. Mengapa demikian? Karena murai yang manja memiliki karakter yang jelek, salah satunya yaitu ketika sedang berlaga berbunyi di lapangan akan langsung berhenti bersuara dan turun dari tangkringannya jika juri datang mendekatinya, istilahnya menyapa juri yang sedang memantaunya. Nah bagaimana juri akan memberikan koncer jika si burung tidak bersuara lagi, melainkan hanya ingin berinteraksi dengan juri yang mendekatnya. Burung ini akan mengikuti arah kemana juri bergerak, jika si juri bergerak ke kiri maka dia akan mengikuti kekiri juga. Yang lebih parah malah langsung membuka sayap seolah-olah mau mengajak berantem dan tentunya setelah itu tidak akan berbunyi lagi. Jika mengeluarkan suarapun hanya ngeriwik seperti orang yang berguman saja.

Solusinya? Tentunya kita harus menerapkan methode melolohnya yang benar dan tepat semenjak awal. Diantaranya :

1. Jangan terlalu berlama -lamaan waktu melolohnya, jadi usahakan secepatnya agar burung lolohan ini cepat menjadi mandiri, bisa makan jangkrik sendiri.

2. Selalu full kerodong. Alangkah lebih baiknya jika burung-burung ini mempunyai ruangan atau kamar khusus, jadi setelah kita memberi makan langsung full kerodong lagi, kita langsung beranjak pergi dari kamar tersebut dan tutup pintunya.

Jadi penempatan burung ini sangat penting untuk benar-benar diperhatikan. Meskipun selalu full kerodong tetapi anakan burung murai ini masih mendengar suara kita di dekatnya atau tempat di gantangkannya burung itu banyak lulu lalang manusia maka peluang untuk menjadi manjanya masih besar atau masih ada. Agak ribet yah? Tapi itulah kenyataan dan konsekuensi yang harus kita hadapi.

Bagaimana jika ruangan di rumahnya terbatas? Yah silahkan direnungkan sendiri, ini cuman masalah tekhnis saja. Solusinya yaitu kita gantangkan sangkar anakan murai tersebut setinggi mungkin mendekati plafon rumah.

3. Jangan sering-sering dilihat jika bukan jadwal memberi makan. Banyak terjadi, terutama jika kedatangan tamu, pasti tamu kita ini akan memohon untuk melihatnya atau (maaf !!!) justru kitanya yang mau pamer. He…he. Sama, dulu saya juga begitu kok! Masih manusiawi lah. Nah kembali ke point nomer dua tadi, penempatan anakan burung sangat penting. Jadi jika memungkinkan anakan burung yang masih di bawah usia 2 bulan jangan ditaruh di tempat umum atau yang bisa dilihat manusia untuk menghindari setiap orang untuk melihatnya.

4. Jika memungkinkan, yang meloloh jangan selalu satu orang yang sama agar supaya si burung tidak menjadi dekat dengan satu orang tersebut.

5. Sewaktu mengajari makan jangkrik jangan langsung dari tangan kita, melainkan melalui media lidi atau yang sejenisnya yang agak panjang supaya kita memberikan jangkriknya bisa dari kejauhan.

6. Jika membuka kerodong jangan sampai kita berhadapan langsung dengan burungnya, melainkan posisi kita membelakangi resleting kerodongnya.

7. Perlakukan anakan murai itu biasa-biasa saja, jangan terlalu disayang, bila perlu agak dikasarin karena mereka calon burung lapangan atau burung fighter.

8. Ditempat kami, setelah anakan-anakan ini sudah lancar bisa mandiri makan jangkrik maka akan kami lepaskan di kandang umbaran khusus untuk anakan. Dan selanjutnya pemberian makan jangkriknya dilempar begitu saja ke dasar kandang, jadi si burung dilatih untuk mengejar-ngejar jangkrik yang berhamburan lari seperti di alamnya.

Semoga sharing singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf jika masih ada kekurangan-kekurangan karena kamipun sambil berjalan masih belajar.

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

51 Comments

  1. tanya pak haji…
    Di lepas liarkan di tempat umbaran itu sampai umur berapa/ mulai umur berapa sampai umur berapa
    dan seumpama dalam satu tetasan itu ada 3 ekor mb
    apa semuanya itu di lepas dalam satu
    kandang umbaran/satu kandang satu ekor burung
    dan kandang umbarang yang cocok buat si bayi mb itu ukuranya berapa kali berapa
    ma’af banyak banget pertanya’anya

    ‘NB’
    kalau bisa pak haji buat artikel khusus tentang merawat anakan mb
    mulai dari awal memanen bayi MB + cara meloloh + MENUnya
    sampai si bayi MB tersebut masuk kandang umbarang
    kemudian di keluarkan lagi
    thanks…

    • @Zahzuh, artikel mengenai merawat anakan MB kan sudah banyak yang membuatnya, begitu-begitu saja kok, maksudnya hampir sama. Saya juga sudah pernah menulisnya tapi memang tidak terlalu detail. Anakan MB jantan kami pisahkan dengan saudara kandungnya setelah menginjak usia 6 minggu untuk menjaga sifat fighternya.

  2. Mf pak haji,,,mau tanya utk full kerodong sampai usia brp bulan dr anakan netas ??suwun

    • @Tri, tepatnya pantau dulu karakter masing-masing anakan MB hasil lolohan manusia itu, tetapi kalau versi kami sampai dia tuntas ganti bulu dari trotolan ke bulu coklat. Jangan khawatir anakan tersebut nantinya takut sama manusia, MB hasil tangkaran bisa cepat beradaptasi kok.

  3. Asalamualaikum pak haji saya punya burung mb di rumah kebetulan burung saya hasil tangkaran,usia burung sekarang sekitar 18 bulan,burung jinak pastinya pernah saya coba di trek sama burung punya teman dia mau ngelawan bahkan fighter banget,pernah saya coba sangkarnya di gebuk2in pake sendal bukannya takut malah ngelawan seoalah fight sama murai lain untuk perwatan saya jalankan seperti orang lain di buka hanya saat jemur,mandi dan ngasih makan saja sisanya di kerodong. Yang mau saya tanyakan adalah
    1.Burung saya gak pernah mau mandi di keramba padahal dari kecil udah saya ajari setiap hari tetap gak mau nyemplung,tapi kalo di sangkarnya saya kasih misting/wadah dia langsung mandi.apa ada efek buruk dari perilaku burung saya?
    2.Dari apa yg saya tulis di atas apa burung saya termasuk burung yg jinak/manja
    3.Apa usia burung saya sudah cukup untuk di bawa lomba?

    NB:saya selalu waswas jika suatu saat di arena lomba burung saya jadi ngelowo/ngebetmen.

    Mungkin itu saja mohon minta pencerahan ato sedikit tambahan tips perawatan yg baik bagi mb saya

    Wasalammualaikum…

    • @Denny, Alaikumsalam…jika dilihat dari penuturan Mas Denny burung tersebut termasuk kategori jinak. Lakukan saja rawatan yg menurut burungnya nyaman. Jika dia mau mandinya di cepuk, yah sudah jalankan saja. Tetapi pelan2 harus diajari mau mandi di keramaba, mumpung masih muda. Jika pada minggu pertama dia tetap tidak mau nyemplung ke air, yah sdh diangkat lagi saja. Begitu seterusnya, tapi dalam pelatihan ini jangan sekali-kali di kasih cepuk mandi di dalam sangkarnya. Pokoknya kuat-kuatan antara kita dengan si burung, selama dia gak mau mandi di keramba kita angkat lagi. Lama kelamaan dia akan mempunyai kebutuhan sendiri, tetapi kita harus disiplin “tidak ada cepuk mandi dalam sangkarnya”. Tega gak? Harus tega dan harus bisa.
      Sudah mabung dewasa belum? Kadang usianya sudah 18 bulan tetapi ada burung yang belum memasuki mabung dewasanya (dari bulu coklat pertama ke bulu coklat kedua).
      Di tempat saya usia segitu belum tak lombain. Semoga sukses…

  4. Asalamualaikum pak, saya punya murai sudah produk, minggu kemaren saya telat mengambil piyik mb dan pada saat itu mata piyik tsb udah ke buka sehingga takut kalo melihat orang. pada malam hari saya beranikan untuk mengambil piyik tsb dan pada pagi harinya piyik tsb saya loloh tetapi gak mau makan, y terpaksa saya kembalikan keinduknya. pertanyaannya umur berapa piyik mb tsb dpt di ambil lagi, dan bagaimana cara mengetahui piyik tsb sudah siap di ambil. terimakasih.

    -idam, kediri-
    wassalam

  5. Asalamualaikum pak, saya punya murai sudah produk, minggu kemaren saya telat mengambil piyik mb dan pada saat itu mata piyik tsb udah ke buka sehingga takut kalo melihat orang. pada malam hari saya beranikan untuk mengambil piyik tsb dan pada pagi harinya piyik tsb saya loloh tetapi gak mau makan, y terpaksa saya kembalikan keinduknya. pertanyaannya umur berapa piyik mb tsb dpt di ambil lagi, dan bagaimana cara mengetahui piyik tsb sudah siap di ambil. terimakasih.
    -idam, kediri-
    wassalam

    • @Idam, Alaikumsalam…jadi biarkan saja di loloh indukannya. Kalau loloh indukan biasanya kita panen pada usia 1,5 bulanan, atau minimalnya sudah bisa makan jangkrik sendiri di kandang ternaknya.

  6. assalamuailakum , pak saya mau tanya , saya punya muray anakan umur 1,5 bulan burung muray saya taruh ditempat tidak terlalu tinggi sekitar 3,5 meter dari tanah dan setiap hari banyak orang yang lewat , apakah pengaruh pada burung muray bisa menjadi jinak&ngelowo .

    saya minta solusi untuk merawat burung muray

    terima kasih .

    • maap pak salah tingginya 1,5 meter tari tanah

    • @Harry, pertanyaan saya, apakah anakan mb tersebut hasil penangkaran? Jika iya, maka mb tersebut akan cenderung menjadi manja.
      Full kerodong saja, digantangkan di tempat yg sepi manusia dan agak tinggi.

  7. assllm pak hajo..mau tanya mb saya umur 2bln kok belum mau bunyi ya,ngriwek pun nggak..pdahal jenis klamin jantan..nuwun pak haji

    • @Sapto Susilp, oaalllaaahhh…MB usia 2 bulan mau dituntut bisa apa Om? Yah belum bisa apa2 dong.

  8. Ass.wr.wb
    Mau tanya bpk saya beli mb umur 4 bulan.dan jinak dab cuma diam saja hingga gk mengeluarkan suara kretekanny sama sekalikalau tdk d gebrak kndangny gk mau loncat2 cuma diam aja.Apa burung saya betina bpk. Tks wass.

    • @Hardi, tidak ada hubungannya dg jenis kelaminnya. MB tersebut jinak, jadi begitulah karakternya.

      • saya juga punya mb anakan bengong aja sampe skrng umur 8 bulan masih bengong gmn solusinya.ef jangkrik 3.2 kroto tiap hari 2 sendok teh pagi sore

  9. Ass.wr.wb

    selamat sore pak haji saya mau minta solusi untuk anakan mb usia 6minggu an lebih yang suka miyik2 kalo liat saya minta di kasih makan dan belum juga bisa makan voer sendiri untuk sementara cukup dulu pertanyaan dari sayah terimakasih

    • @Obi H, pisahkan saja ke ruangan lain yg tidak banyak dilalui manusia.
      Kalau tidak dr sekarang diantisipasi, maka bisa berdampak akan menjadi manja. Kalau sdh manja, maka akan sulit diobatinya.

      • terimakasih pak haji atas sarannya
        ada lagi yang saya mau tanyakan apa tidak bakalan ada efek ngativ apa bila mb usia 6 minggu tiap hari di kasih keroto ?
        terus kalo boleh minta trik nya buat melatih anakan mb agar mau makan voer
        sekian dan trimakasih

        • @Obi H, gak masalah…
          Voer ditumbuk halus, kemudian semau EF ditaruh di cepuk voer tersebut. Dg kesabaran nanti juga si anakan MB akan doyan makan voer dg sendirinya.

  10. siap pak haji makasih banyak atas infonya

    • selamat pagi pak haji
      maap pak haji saya mau bertanya kembali
      Apak boleh anakan murai batu yang baru beru sia 6 minggu lebih di mandikan dan di tempatkan di sangkar khusus untuk murai
      sekian dan terimakasih

  11. Salam,

    Pak haji, sy mau angkat anakan umur 30 hari loloh indukan. Setelah diangkat menu hariannya apa aja dan bagaimana? JazakumulLaahu khair..

    • @Tofan, anakannya di kandang ternaknya sdh bisa makan jangkrik sendiri belum?
      Masalahnya kalau memanennya masih terlalu kecil, bisanya mereka masih takut sam jangkrik.
      Kalau sdh mandiri bisa makan sendiri, setelah dipanen kasih saja jangkrik yg agak kecil ukurannya dan kroto.

  12. Sudah, pak haji. Sudah makan jangkrik dan uh sendiri
    Meski kadang masih mangap2 minta diloloh bapaknya. Untuk tahap pengevooran brp lama stlh dipanen?

    • @Tofan, tergantung masonh2 tangan kita orang.
      Biasanya paling lama 2-3 minggu sdh ngevoer kok.

  13. Asalamualikum pak haji .
    Umur 4 bulan apakah sudah bisa di tempatkan kandang umbaran , di giring sana sini . untuk melatih nafas dan sayap . apakah sudah cuku p umur ya ? Wo

    • @Solikhinbrow, baca artikel yang terkait di website ini.

  14. Asslmualaikum…..Merujuk dr artikel pa haji d atas….berarti kalau tujuannya mmpunyai mb yaitu untuk ditangkarkan/dijodohkan,ngelowo piyikan mb itu ada kemungkinan di bolehkankah??
    (Kebetulan sy mempunyai piyikan mb usia 》15hari satu pasang)
    Trimakasih …mdah2n ada pencerahnnya

  15. Assalamu alaikum pahaji..saya mempunyai mb umur9bln.tapi sampai sekarang suara hanya itu2 saja (monoton)itu juga setiap pagi dan sore.padahal udah ada burung mastetannya(kenari,ciblek alas,jenggot,rambatan)dan setiap malam d master pake masteran audio.prediksi burung jantan.ektrafood jk 4 pagi sore,kroto 2hari sekali.yg mau saya tanyakan 1.apakah masteran untuk mb saya tidak masuk ke burung tsb? 2.apakah umur 9bln mb belum bisa rajin bunyi(padahal temen saya umur 7bln aja udah rajin bunyi) 3.bagaimana agar mb rajin bunyi?(padahal mandi jemur sudah saya terapkan seperti halnya perawatan mb)..mohon bimbingannya….terima kasih .wassalamualaikum wr.wb

    • @Soi, Wlkmslm…
      Pertama, jangan pesimis dulu, tidak sedikit burung yg tidak pernah mengeluarkan suara isian di rumah, tapi tatkala di lapangan muntah semua. Setiap MB yg dimaster intensiv pasti masuk direkamnya, karena dia salah satu jenis burung yg paling cerdas di dunia.
      Kedua, rajin dan tidak rajin itu kadang karakter masing2 burungnya, seperti pada kita manusia saja, ada yg doyan ngomong dan ada yg lebih banyak diamnya. Bisa juga karena masa pubernya datangnya agak terlambat. Sabar saja.
      3. Tidak ada jalan lain kecuali dirawat…dirawat dan dirawat terus. Kalau kita naikkan pemberian EFnya, sayang2 burungnya karena usianya masih muda sekali. Dan perlu diingat MB dg usia 9 bulan tidak bisa kita menuntutnya terlalu banyak. Semoga sukses. Amiiinnn…

  16. Amiinnn.terima kasih atas sarannya pakhaji.

  17. assalamualakikum Pak Haji
    saya mau bertanya apakah mohon pencerahannya/solusi untuk mb yang gak doyan voer apakah ada efek buruk jika mb tidak makan voer sama sekali
    atas perhatiannya terima kasih
    wassalamualaikum wr wb

  18. Assallammuallaikum.. pak haji..
    Slmt malam pak.. saya mau tanya,saya punya murai trotol usia 3bln.jari kakinya bengkak gara2 terjepi jeruji kndg,dan kr sering diangkat kaki yg sakit nya. Kira2 obat nya apa y pak yg coxok.. dan apakah klo dibiarkan saja nantinya busa nirmal kembali..
    Sblm nya trimakasih y pak..

    • @Doni, bisa dikasih salep Garamycin 5 mg. Dioleskan saja pada bagian yg bengkaknya sampai merata.
      Burung lebih baik dipindah ke sangkar yg lebih kecil supaya burung lebih sedikit ruang geraknya agar bisa cepat sembuh.

  19. Assalam….pak,kemarin sy baru beli anakan murai peternakan umurny 6 bulan dan skrg udah rontok trotolan dan sedang dorong ekor. Masalahnya, burungnya kalo pas masukin tangan untuk ngasih makan n minum, sayapnya turun. Sy sudah gunakan kain untuk menakuti dan memukul sangkar agar dia takut, tp dia malah tetap nangkring di tenggeran dan sesikit membuka sayap. Kemudian pada saat sangkarnya di gantung atau di lantai, pada saat sy dekati dia cm diam, tdk sperti murai lain jika didekati akan brgerak kesana kemari. Mohon bantuannya treatmen apa yg harus sy lakukan, dan kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan agar treatment itu sukses. Terima kasih pak

    Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef

    • @Nico, sdh artikelnya tentang kasus ini di website kami.

    • @Nico, wlkmslm…sdh artikelnya tentang kasus ini di website kami.
      Silahkan disimak…

      • Trims pak, artikelnya bermanfaat sekali. Namun di artikel tsb tidak dijelaskan berapa lama (brp minggu/bulan) waktu penerapannya sehingga MB jd ga jinak/manja. Tp masih ada sedikit pertanyaan sy pak, efektifkah cara mengganggu kandang dengan kain atau yg lainnya?

        • @Nico, mengganggu dg sesuatu agar burung tersebut menjadi liar adalah sangat salah, justru dia akan semakin berani dan dampaknya akan bertambah manja.
          Diumbar selama setahunan atau bahkan lebih merupakan solusi yang lebih baik, tapi mengumbarnya benar2 diumbar tidak diambil-ambil loh.
          Jadi makan, minum dan tidur disitu selama setahunan.

  20. Asslmlkum..p.Haji Symsul..Untuk pemberian jankrik sm Murai MH dg disodorkn lngsung pke tangn apkh nnti bisa mnjadikn manja.??.krn burng msh sdkit giras..
    -apkh harianya hrs dikrodong untk mnjga sifat figter atau hariannya dgantang tmpt yg ramai ??
    Trmksih

    • @Anto, bertahap saja.
      Ini MB sdh dewasa yah?

      • Perkiraan setengah dewasa..
        -maksudnya yg brtahap apanya P.Haji..?

  21. Jinak ato Ngelowo bisa jadi bawaan dari indukannya juga, saya pernah punya indukan yg seperti itu, makanya saya ganti indukan dr SKL. Alhamdulillah anakannya giras2….walaupun tdk pernah dikrodong tapi g ada yg jinak, giras abiiisss…

    • Tngkapn Hutan om..Murai borneo saolny blm ada yg Nangkar..kyapa y proses pnjinakannya spya tdk smpai manja..

  22. ass. pak haji
    saya mau nanya nih,
    saya punya trotol MB , usianya sekarang memasuki 2bulan, udh makan voer sendiri , tapi dia klo ngeliat orang, ngeak ngeak trus, mintak di suap, kadang ngeak sambil buka mulut ny mintak di suap, nah ini gmna cara ngatasin nya nih pak haji? tolong solusiny untuk sayasipemula

    • @Tika, digantang agak tinggi, atau di tempatkan di ruangan yg jarang dilalui manusia sehingga dia gak ngeak2 terus minta makan.
      Kalau dibiarkan terus menerus bagini burung akan menjadi manja/jinak.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>