Cacat kaki atau pengkor pada anakan MB adalah salah satu permasalahan yang banyak dijumpai pada anakan MB hasil tangkaran. Beberapa penangkar atau pakar MB mendiagnosa penyebabnya adalah karena kekurangan salah satu unsur mineral yaitu Kalsium. Betul, tetapi tidak seratus persen benar.

Ada beberapa faktor penyebab lainnya yang memang harus kita perhatikan, diantaranya yaitu :

1. Ketika kita memanen anakan harus dengan sarang aslinya atau bawaannya, sarang aslinya ini tidak bisa tergantikan dengan sarang imitasi apapun juga. Ibaratnya sarang aslinya ini adalah kasur bawaannya yang memang sudah dibentuk oleh indukannya menurut seleranya masing-masing agar terasa nyaman untuk anakanya. Jadi, jika kita hanya memanen anakannya saja tanpa membawa sarang aslinya kemudian kita taruh si anakan tadi pada sarang buatan kita sendiri, maka sangat besar prosentase kaki anakannya akan tumbuh tidak normal atau pengkor atau bahkan tidak bisa berdiri normal sampai pada akhirnya berujung pada kematian si anakan burung.

Mengapa sarang aslinya tidak bisa tergantikan? Coba kita amati dengan cermat bekasan sarang aslinya, sangat tertata rapi sekali. Tidak ada satu helaipun daun cemara yang posisinya berdiri, karena indukannya dengan nalarnya tahu bahwa daun cemara yang posisinya berdiri akan menusuk tubuh anakannya yang belum memiliki bulu pada badannya sehingga anakannya tidak akan merasa nyaman tidurnya. Tetapi sarang imitasi buatan manusia pasti ada saja daun cemara yang tidak tertata rapih, mungkin menurut kita sudah rapih sekali tetapi belum tentu untuk si burung kan? Nah daun cemara yang berdiri ini atau yang tidak tertata rapih inilah yang membuat si anakan tidak merasa nyaman tidurnya sehingga mereka atau dia akan selalu bergerak atau bergeser mencari posisi yang yang nyaman. Karena sering bergeser-geser inilah posisi kakinya sering berubah-ubah, sedangkan anakan MB pada usia dibawah 12 hari kondisinya atau tenaganya masih lemah, jadi ketika badannya bergeser kadang tidak diikuti dengan pergeseran kaki yang memadai, sehingga posisi kaki yang teraktuel salah tidak sesuai dengan posisi badannya. Posisi tidur dengan kaki yang salah yang berkepanjangan ini yang bisa mengakibatkan pertumbuhan kaki si burung tidak normal.

2. Jadwal pemberian makan yang tidak teratur bisa mengakibatkan kaki anakan burung menjadi pengkor juga. Mengapa demikian? Karena kelaparan anakan burung yang masih lemah akan teriak-teriak memanggil-manggil kita meminta makan, kadang sampai berusaha berdiri, padahal belum waktunya dia itu berdiri. Intinya burung yang kelaparan pasti akan lebih banyak bergerak dari pada burung yang sudah merasa kenyang. Karena banyak bergerak inilah bisa berakibat posisi tidurnya salah seperti yang dijelaskan pada point pertama diatas tadi.

3. Usahakan penempatan anakan burung yang usianya masih dibawah 2 mingguan jangan ditempat yang sering dilewati kita manusia, karena burung pada usia tersebut jika mendengar suara kita pasti akan memanggil-manggil minta disuapin lagi. Dampaknya akan banyak bergerak juga bukan? Jadi usahakan anakan burung pada usia dini harus banyak tidurnya, kalau usianya sudah cukup maka tidak masalah lagi jika burung itu banyak bergerak karena tulang kakinya otomatis sudah kuat dengan sendirinya.

4. Indukan yang kurang perhatian terhadap anak-anaknya juga bisa mengakibatkan pertumbuhan anaknya menjadi tidak normal, salah satunya pertumbuhan kakinya yang tidak normal. Ada indukan yang malas-malasan meloloh anakannya, karena kelaparan otomatis anakannya tadi banyak bergerak sehingga posisi tidurnya salah. Kadang kita sudah merasa selalu tepat waktu menyuapin anakan burung ini tetapi kok masih saja pengkor. Kemungkinan sebelum anakannya kita panen, indukannya jarang atau malas-malasan meloloh anakannya atau porsi pemberian EF tidak mencukupi untuk menyuapin mereka sekeluarga sehingga anakannya selalu merasa kelaparan sehingga selalu banyak bergerak.

Semoga sharing ini bisa bermanfaat. Amin…

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

9 Comments

  1. Om Haji, MB anakan yang kiri kakinya bengkok (tidak bisa mencengkram), umur kira2 10 hari. Apa solusinya..Makasih Om Haji

    • @Mawan,kalau bawaan dari kecil agak susah/susah tetapi coba dibawa ke tukang urut patah tulang yang pintar. Terdengarnya agak aneh tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba bukan?

  2. om permisi mau tanya, saya dapet anakan MB umur kurleb 3bulan, tapi baru sadar kalau kakinya mati sebelah, apakah berefek fatal nantinya. kondisi burung jinak,mulai rajin bunyi.

    • @Pakdhe Broto, jika betul kakinya mati sebelah, jelas berpengaruh pada kinerja burung apalagi si burung memiliki karakter manja/jinak.

  3. pakde knpa mb tdr dengan stu kaki ajj itu

  4. Kira2 obatya apa om

  5. Mau tanya pak haji. Murai saya kakinya melebar sebelah apakah masalah. Untuk d ternak

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>