Yang ini sebetulnya bukan ASLI burung murai batu, melainkan silangan antara murai batu dengan sejenis Monster Luar Angkasa. Hasilnya jadi begini ini, tampangnya kayak burung Garuda atau mirip WIROG (jenis tikus yang besar itu). Saya juga tidak berani lama-lama melihatnya karena terus terang saya takut/jijik melihatnya, teringat akan Wirog itu(foto no.1). Saya juga heran, mengapa Om Willy kok bisa suka sekali sama burung murai yang satu ini, sedangkan saya pribadi merasa ngeri kalau melihatnya.

Ini yang namanya selera? Bagaimana dengan terawangan Anda? Itu body murai atau body petarung full body contact (UFC) yah? Hhmm…tapi diakui baru pertama kali saya memiliki model murai batu yang seperti ini. Jika mendengar cetrekannya, walah kayak AK-47. Bodynya super panjang, jadi bukan panjang lagi, tetapi juga ngejantung. Paruhnya mengerikan, sehingga menghasilkan bukaan mulutnya yang luar biasa lebar. Kepalanya cepak abis, kayak ditebas pake golok saja, besar batangan kakinya tiada tandingannya. Tulangannya…walah kasar sekali kayak WIGOG itu, luar binasa kasarnya seperti tampak pada foto-foto di bawah ini. Akibatnya volumenya tiada takarannya lagi.

Bicara mental, jika Anda memiliki MB dengan tampang seperti ini, apa pendapat Anda? Kayaknya prediksi kita tidak akan jauh berbeda. Ketika masih trotolan, suatu pagi kami mandikan burung ini di keramba mandi, begitu mendengar suara tembakan murai kami yang sudah mapan usianya, CHODET, dia langsung responsiv meladeninya. Sekali lagi, saat itu dia sedang berada di dalam keramba mandi dan usianya masih trotolan. Kami awalnya sengaja mau mematangkan usianya, jadi selama ini kami liarkan saja di kandang umbaran.

Eh…seperti biasa Om Willy berkunjung rutin ke penangkaran kami, dan selama ini memang kami tidak pernah menyembunyikan seekor burungpun juga. Kebetulan burung murai ini sedang diumbar, jadi Om Willy bisa melihatnya langsung.

“Yang ini milik siapa Pak?” tanyanya.

“Belum ada yang memilikinya,” jawab saya singkat. “Masih mau saya pantau dulu,” sambung saya. Memang ini benar-benar koleksi langka. Hanya orang-orang yang benar-benar Muraimaniak, bukan hanya Muraimania saja lho, yang mau mengoleksinya. Asal tahu saja, usia burungnya baru lepas trotol saja, tepatnya 15 bulanan. Coba perhatikan bagian dalam mulutnya yang masih merah jelas.

“Giamana kalau untuk saya Pak,” pinta Om Willy via handphone selang beberapa hari setelah berkunjung ke penagkaran kami.

“Waduh bisa habis bibit-bibit unggulan murai saya, terus terang saya masih suka menimang-nimangnya Boss,” jawab saya diplomatis.

Sebetulnya DA VINCI ini, begitulah nama burungnya, adalah salah satu anakan kandang PANORAMA, yang mana indukannya juga sudah diboyong oleh Om Willy sendiri, tapi orang ini masih saja mengejar anakannya juga. Memang kami akui, Om WILLY bukan hanya sekedar seorang Muraimania saja, tetapi sudah merupakan seorang Muraimaniak. Kandang-kandang unggulan SKL BF juga hampir diboyongnya semua, meskipun begitu…jika melihat murai batu yang istimewa tetap saja mata Om Willy masih tertarik, inilah ciri-ciri seorang Muraimaniak. Tidak jauh berbeda dengan saya pribadi !!! He…he.

“Nantilah Boss, jika saya sudah puas menimangnya pasti akan saya berikan kepada Anda,” hanya itulah jawaban yang bisa saya berikan saat itu kepadanya.

Selang beberapa minggu kemudian Om Willy menanyakan lagi tentang DA VINCI, terus terang kali ini saya tidak bisa mengelak lagi karena Om Willy sudah begitu loyalnya kepada SKL BF. Akhirnya terjadi kesepakatan harga diantara kami, dimana kami sama-sama ikhlas dan DEAL !. Seperti biasanya, burungnya masih di parkir di tempat kami, memang beginilah karakter Om Willy. Siapa yang bisa mengelak ??? Kami sudah sama-sama tahu tentang selera dan karakter masing-masing, semoga persahabatan kami bisa selalu berjalan mulus untuk seterusnya. Amin…

ja PANORAMA DSC03577 SKL BF

ja PANORAMA DSC03576 SKL BF

ja PANORAMA DSC03573 SKL BF

ja PANORAMA DSC03572 SKL BF

ja PANORAMA DSC03571 SKL BF

ja PANORAMA DSC03568 SKL BF

ja PANORAMA DSC03564 SKL BF

 

 

 

 

 

 

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. gak ada vidio nya pak…
    Saya jadi pingin liat aksinya kalau DA VINCI sedang bernyanyi… Hehehhhh

  2. wahh pak haji, kalo anakan yang top berangkat semua…
    bisa bisa ga kebagian yang top nih ha… ha…..

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>