MB jantan kandang BIRAWA ini memiliki panjang ekor tidak kurang dari 23,5cm, mental fighternya tidak usah diragukan lagi. Yang terpenting dalam memilih kriteria MB adalah mentalnya dulu, KTP MB adalah nomer berapanya. Kebetulan MB BIRAWA ini kami dapatkan dari seorang Hobis di Medan, konon katanya MB ini berasal dari Padangsidempuan, tetapi sekali lagi KTP MB bagi kami tidaklah penting.

Pemilik pertamanya rencananya mau menangkarkannya juga tetapi karena masalah teknis akhirnya dibatalkannya. Kebetulan kami mendapatkan info tentang keberadaan MB ini dari seorang broker, awalnya kami tidak percaya bahwa ada seekor MB dengan ekor panjang 24cm mau dilego, apalagi dari seorang Hobis di Medan. Tetapi si broker ini meyakinkan kepada kami bahwa info ini akurat.

Demi menghormati upaya si broker ini akhirnya kami berkunjung ke rumah pemiliknya tetapi dengan langkah yang mengambang, karena awalnya kami masih belum yakin dengan ukuran akurat ekornya. Sesampai di rumahnya kami disambut kurang hormat oleh tuan rumahnya.

“Kapan pembayaran burung yang tempo hari kamu bawa mau diselesaikan?” tanya si tuan rumah kepada si broker.

Walah…kami hanya bisa melongo saja melihat adegan ini, pantesan saja ketika kami pertama kali menginjakan kaki di rumahnya, kami disambutnya dengan raut wajah yang kurang bersahabat. Keadaan semakin tidak jelas karena terjadi perdebatan kecil diantara mereka berdua, untuk mencairkan suasana akhirnya kami mengutarakan maksud kedatangan kami yang sebenarnya dan terpaksa saya bicara langsung to the point.

“Jangan khawatir Bu, kami adalah orang lain lagi yang tidak tersangkut masalah keuangan ini. Kami mau beli burung murai batu, kami dari Jawa dan kami juga bawa uang kontan,” saya menjelaskan. Kebetulan kami berhadapan dengan istrinya, suaminya masih belum pulang kerja.

Alhamdulillah…sang ibu akhirnya mengangguk angguk sambil menunjukan raut wajah yang agak ramah : “Oh dari Jawa!” jawabnya agak tertegun. Nah sekarang justru raut wajah saya yang agak lain jika ada orang yang memperhatikannya, mungkin lebih mirip agak ketakutan. Biasanya orang Sumatera, tepatnya orang Medan, dalam bertransaksi MB jika bertemu pembeli orang dari Jawa langsung saja pasang harga yang relativ tinggi, harga yang tidak umum. He…he. Wajar lah !!! Penjual buah mangga di Indramayu juga pasti akan memberikan harga yang lebih tinggi jika pembelinya adalah orang dari luar daerah.

Benar saja seperti yang kami duga, si ibu menceritakan bahwa burung murai batunya memiliki panjang ekor sampai 25cm, saya potong saja pembicaraannya.

“Bu, tolong keluarkan saja burungnya, kita lihat bersama-sama saja,” sela saya.

Begitu burungnya dikeluarkan saya sudah bisa langsung memprediksi berapa panjang ekornya, yang jelas tidak sampai 25cm. “Ok Bu…jika panjang ekornya mencapai 25cm saya langsung bayar tanpa menawarnya tetapi jika kurang dari 25cm konsekuensinya apa?” tanya saya. Si ibu diam merenung sejenak, akhirnya dia melemah dengan berkata : “Abangnya mau nawar berapa?”

Nah kalau suasananya sudah mencair begini kita akan lebih mudah untuk mencapai mufakat, akhirnya tanpa menunggu kedatangan suaminya sang ibu sudah bisa mewakilinya, singkat kata akhirnya terjadi kesepakatan diantara kami berdua.

Untuk memenuhin pangsa pasar MB di Jawa akhirnya SKL BF menyediakan juga MB-Mb berekor panjang untuk komunitas tertentu, memang diakui saat ini sudah sangat sulit sekali mendapatkan MB berekor diatas 23cm, kebanyakan sih 21cm atau sampai 22cm saja. Jika bukan lagi rejekinya maka akan sangat sulit menemukannya. Banyak rekan-rekan dekat kami yang bertanya mengapa stok MB-MB ekor panjang SKL BF pada dilegoin, jawabannya sangat sederhana yaitu kami mensupport penangkaran MB dan jika kapan-kapan kami membutuhkan keturunan MB ekor panjang masak iya sih rekan-rekan yang pernah kami support tidak menjualnya kepada kami.

j BIRAWA DSC04093 SKL BF

j BIRAWA DSC04091 SKL BF

j BIRAWA DSC04086 SKL BF

j BIRAWA DSC04097 SKL BF

j BIRAWA DSC04111 SKL BF

j BIRAWA DSC04108 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>