Typikal fighternya persis seperti bapaknya, burung ini adalah anak Tunggal dari Telor Tunggal yang merupakan trah kandang JATAYU, sepasang indukannya telah di bedol oleh Om WILLY Belitung. Profil JATAYUnya sendiri sudah pernah kami posting beberapa waktu yang lalu. Seperti biasanya, Om Willy selalu memberikan kesempatan kepada saya untuk mendapatkan keturunannya sebelum sepasang indukan kandang JATAYU kami kirim ke Belitung.

Ini bener-bener asli calon burung lapangan, mudah-mudahan pemiliknya tidak cepat-cepat menurunkannya ke suatu lomba jika kelak burung ini nanti sudah menginjak usia remaja. Burung ini adalah salah satu anakan murai batu produk kami yang masuk jajaran daftar Murai Batu Pasukan Khusus SKL BF. Mengapa bisa disebut begitu? Kami sudah mengantongi kriteria-kriterianya, salah satunya yaitu suara cetrekannya yang pedas, kenceng. Dan yang paling menonjol pada burung ini adalah semangat tempurnya yang sangat tinggi.

Penampilan burung ini biasa-biasa saja, tetapi rasa arogannya yang mana tahan, tatapan burung ini seakan-akan penuh percaya diri seperti gaya berdirinya itu. Seperti pemiliknya, Om RONY Bandung, meskipun baru saja berkiprah di dunia murai batu tetapi ambisi dan semangatnya untuk bisa turut serta meramaikan lomba burung kicauan sangat besar. Hal ini di realisasikannya dengan mengoleksi beberapa burung andalan dari kami seperti CHODET, yang merupakan cikal bakalnya CONAN, kemudian salah satu anakan F-1(One) dan terakhir trotolan anakan JATAYU ini. Tetapi juga sebelumnya sudah mengoleksi murai pasangan dari kami yang berjumlah 7 pasang.

Sebelum terjun ke dunia murai batu, Om Rony ini adalah seorang kolektor ikan Arwana, yang konon jumlahnya tidak kurang dari 30 ekoran. Cuman EO ikan Arwana, menurut penuturannya, kurang aktiv mengadakan pameran atau yang sejenisnya sehingga si kolektor kurang bisa menunjukan kebolehan ikan gacoannya. Tidak seperti Lomba Burung Kicauan yang sudah menjamur dimana-mana, sehingga si pemilik burung bisa mengatur kapan saja untuk menerjunkan burung gacoannya. Memang lomba burung bisa dikategorikan salah satu pesta rakyat, yang mana pesertanya dari semua golongan/lapisan masyarakat.

Anak Tunggal kandang JATAYU ini lahir pada tanggal 03 Juni 2013.

rb TA DSC04920 SKL BF

rb TA DSC04914 SKL BF

rb TA DSC04921 SKL BF

rb TA DSC04922 SKL BF

rb TA DSC04915 SKL BF

rb TA DSC04918 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

3 Comments

  1. sip pa ma kasih

    • @Rony, ok Pak Rony, semoga burung ini bisa menjadi sesuatu kedepannya. Amin…

  2. Ikut merasa manttaaaap membaca uraian dan analisa anakan jatayu ini.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>