Sesuai dengan namanya LIMOUSINE yang mempunyai arti/kesan segala sesuatu yang erat kaitanya dengan kemewahan, yah memang beginilah kesan burung MB jantan kandang LIMOUSINE yang satu ini. Badannya panjang sekali menyesuaikan dengan panjang ekornya yang tidak kurang dari 25 cm. Burung ini berasal dari wilayah JANTO, NAD. Kami mendapatkannya secara tidak sengaja dari seorang sahabat lama yang kebetulan burung ini adalah salah satu koleksinya. Suatu hari kami mampir ke rumahnya saat berkunjung ke Aceh dan kala itu memang kami sengaja datang ke Aceh hanya untuk hunting MB ekor panjang.

“Bang, punya pandangan MB ekor panjang yang diatas rata-rata?” tanya saya setelah beramah tamah dengan si empunya rumah.

“Untuk apa, kan SKL BF orientasinya lebih fokus pada MB yang memiliki vokal diatas rata-rata saja?” tanya dia balik sambil mengerutkan dahinya.

“Yah, lagi kepengen saja Bang dan kebetulan akhir-akhir ini banyak juga yang menanyakan MB ekor panjang kepada kami, masak iya SKL tidak memilikinya satu atau dua ekor saja Bang,” jawab saya.

Sejenak sahabat saya ini masuk ke dalam rumahnya dan keluar lagi sambil menenteng sangkar yang masih di kerodongi, hati sayapun ikut tegang untuk menyaksikan apa yang ada di balik kerodong itu. Saya memprediksi, pasti si Abang ini mau memberikan surprise kepada kami dengan MB ekor panjangnya yang menjuntai panjang. Setelah dibuka, memang di akui kami sempat terkejut dengan apa yang kami lihat, ternyata si MB bukan MB yang berekor panjang seperti yang kami bayangkan melainkan hanyalah seekor MB yang ekornya masih pendek karena saat itu masih lagi ngedorong ekor. Saat itu panjang ekornya hanyalah pada kisaran 3 cm saja.

“Saya pikir MB ekor panjang Bang?” celetuk saya agak kecewa.

“Yah memang ini MB ekor panjang, cuman lagi masih ngedorong ekor Bang,” jawabnya. “Hhmmm….” saya hanya bisa berguman saja.

“Bakal mencapai berapa ekornya?” tanya saya balik. Si pemiliknya menuturkan bahwa inilah MB yang pernah dia lihat setelah tahun 2000’an yang paling panjang yaitu tidak kurang dari 25 cm. Banyak pemikat yang mencoba untuk mendapatkannya tetapi selalu gagal, sampai akhirnya berita mengenai MB ekor panjang ini terdengar olehnya.

“Terpaksa deh saya turun gunung lagi,” lanjutnya sambil menceritakan, bahwa dia sempat kaget ketika tiba di lokasi burung dan melihat burung ini terbang dengan ekor indahnya menghindari kedatangan manusia. Yang tak kalah menarik adalah suaranya yang memang dahsyat pula. Hatinya sempat tergetar melihat ekor si burung ketika terbang kesana kemari sambil teriak-teriak mengeluarkan suara khasnya, karena diakuinya dulu dia adalah spesialis pemikat MB ekor panjang tetapi belakangan ini sudah sangat sulit sekali di temukan MB berekor panjang diatas 25 cm, sekalipun sampai masuk ke hutan yang dalam.

Dipasang lah berbagai perlengkapan alat jerat yang dia milikinya, semuanya. Setelah 3 hari hasilnya tetap nihil, akhirnya dia menerapkan methode terakhir yaitu memikatnya dengan getah, tetapi cara ini ada risikonya yaitu bulu burung pasti ada yang rusak. Segala sesuatunya sudah dia perhitungkan, yang terpenting MB ini harus tertangkap. Saat itu memang sewaktu-waktu masih turun hujan meskipun sudah mulai memasuki musim kemarau, jadi terpaksa dia harus mengganti berkali-kali getah yang telah dipasangnya karena daya lengketnya sudah tidak maksimal lagi setelah terkena air hujan. Beginilah suka duka seorang pemikat burung, kebetulan rute terbang LIMOUSINE ini bermainnya selalu pada level ketinggian yang lumayan, jadi dia pun harus naik turun pohon untuk memasang getah yang baru lagi.

Setelah penantian yang lama akhirnya LIMOUSINE ini tertangkap juga tetapi sayang ekornya copot semua terkena getah, meskipun begitu hatinya sangat puas dengan hasil tangkapannya tersebut. Memang jika sudah berjodoh tidak akan kemana-mana. Sebetulnya berat hatinya untuk melepaskan MB ini, hal ini nampak dari ekspresi wajahnya tetapi berkat loby kita yang halus akhirnya MB Limousine ini dengan ikhlas dilepaskannya kepada kami.

MB Limousine ini sekarang sudah menjadi milik H. KIKI, Danies BF di Pekalongan.

jk LIMOUSINE DSC03787 SKL BF

jk LIMOUSINE DSC03786 SKL BF

jk LIMOUSINE DSC03785 SKL BF

jk LIMOUSINE DSC03784 SKL BF

jk LIMOUSINE DSC03791 SKL BF

jk LIMOUSINE DSC03793 SKL BF

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>