Setelah menyelesaikan mabungnya kandang DAGO ini langsung bisa berproduksi lagi dan menetaskan anakan yang kami pasangin ring SKL 750 warna biru/ungu. SKL 750 ini kebetulan sekali menyerupai indukan jantannya DAGO yang kami peroleh dari wilayah TIRO, NAD. Yang sangat menonjol dari penampilan SKL 750 ini adalah bukaan paruh dan sorot matanya yang sangat tajam. Dengan modal sorot mata yang tajam ini kita sudah mengantongi satu kriteria paling penting dalam memilih seekor calon MB lapangan yaitu mental si burung.

Awalnya pemiliknya , ASWIN dari Cibiru Bandung, tidak berencana untuk mengambil seekor anakan MB, apalagi anakan MB hasil tangkaran. Menurutnya MB hasil tangkaran kebanyakan manja, bulunya mengembang dan lain sebagainya. Om Aswin ini hanya ikut mendampingi temannya, Om Dony, untuk menjemput anakan MB yang sudah di pesan sebelumnya yaitu anakan REGGE SKL 788.

Setibanya di Jatibarang, mereka berdua kepingin melihat performa CONAN, MB milik Om Willy Belitung. Sebetulnya berat hati ini untuk menunjukkan CONAN, pertama MB tersebut bukan milik kami lagi dan kedua saat itu CONAN masih lagi ngedorong ekor. Apa yang akan terjadi jika semua tamu kita kepingin melihat si CONAN itu? He…he. Atas pertimbangan mereka berdua datang dari jauh akhirnya kami tunjukkan CONAN, seperti biasa begitu buka kerodong si CONAN langsung beraksi teriak-teriak kencang padahal saat itu panjang ekornya masih sekitar 13 cm. Om Aswin sempat di buat terkagum-kagum oleh si CONAN, dari situ Om Aswin mulai jatuh cinta dengan burung MB hasil tangkaran.

“Saya tidak menduga kalau burung hasil tangkaran bisa begitu Pak!” tegasnya.

“Lha bayangan Anda seperti apa MB hasil tangkaran itu?” tanya saya balik.

“Saya pikir volumenya tidak bisa kencang, manja alias ngelowo dan sebagainya. Tetapi setelah melihat penampilan CONAN tadi pendapat saya tentang MB hasil tangkaran berubah,” ujarnya.

“Yuk kita melihat-lihat burung lainnya di penangkaran kami, ” ajak saya.

Sesampainya di penangkaran kami, langsung kami tunjukkan kandang indukan dan anakan-anakan MB hasil penangkaran kami. Setelah melihat-lihat semuanya Om Aswin langsung tertarik untuk meminang seekor anakan MB hasil tangkaran kami, tetapi Om Aswin masih mempertimbangkan keberadaan MB-MB yang masih ada di rumahnya.

Selang beberapa hari Om Aswin menelpon saya lagi dan kali ini mengutarakan niatnya untuk mentake over seekor trotolan hasil tangkaran kami. Saya pilihkan saja anakan DAGO SKL 750 yang merupakan salah satu anggota MB Kopassus SKL BF. MB ini lahir pada tanggal 07 Mei 2013 dan semoga kedepan bisa memuaskan hati sang majikannya. Amin…

ta DSC05053 SKL BF

ta DSC05054 SKL BF

ta DSC05055 SKL BF

ta DSC05057 SKL BF

ta DSC05062 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. Saran pertama bisa pas om, tanggal dan bulan lahir sama dengan saya, tapi burungnya belum dodoh dengan saya tapi saya yakin saya dan skl sudah jodoh.
    makasih om syamsul

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>