MB jantan kandang OMEGA ini kami dapatkan dari hunting langsung MB ke habitatnya, yaitu dari wilayah Raja Bulan – MARIKE, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara. Orang jaman dulu mengatakannya MB Medan. He…he. Jadi dalam kesempatan ini sekalian akan kami luruskan bahwa sebetulnya tidak ada MB Medan itu. Yang ada hanyalah kota Medan itu sebagai sentra pendistribusian burung murai batu karena letak geografisnya yang strategis. Selain itu seperti kita ketahui Medan adalah ibukota Provinsi Sumatra Utara, kota terbesar no.3 di Indonesia, yang otomatis menjadi sentra perdagangan wilayah Provinsi Sumatra Utara.

Jadi jangan beranggapan bahwa kota Medan itu salah satu habitat burung murai batu. Pendapat seperti ini 2000% salah total. Burung MB yang diperjual belikan di Medan di datangkan diantaranya dari wilayah BOHOROK, Marike, Tapanuli Selatan (Tapsel) dan saat ini mayoritas dari wilayah Aceh. Dari wilayah Bohorok sudah mulai susah di dapatkan karena dari dulu sudah sering di eksploitasi, demikian juga dari wilayah Marike. Khusus untuk MB dari wilayah Marike lebih susah di dapatkan karena penduduk setempat sudah mulai melarang untuk menangkap burung murai batu. Pemikat dari luar wilayah Marikepun tidak ada yang berani masuk kesitu, terkecuali ada pemikat setempat yang mendampinginya.

MB-MB yang berasal dari Bohorok atau Marike di kenal memiliki sifat fighter yang sangat tinggi, tetapi harus di akui tidak semua MB dari wilayah tersebut istimewa semua. Kita harus pandai-pandai memilihnya. Identik…tidak semua buah durian Medan itu enak semua kan?

Indukan jantan OMEGA ini memiliki panjang ekor yang sedang saja karena kami tidak fokus pada panjang ekornya, melainkan hanya kami fokuskan pada vokalnya saja. Typikal suaranya sangat tajam dan kristal, bukaan paruhnya sangat lebar. Selain itu memiliki tulangan yang kasar untuk ukuran MB seperti dia. Tetapi dari semua kriteria yang disebutkan tadi yang terpenting adalah mentalnya dulu. Percuma saja kita memiliki MB dengan suara dahsyat tetapi mentalnya tempe, lha kalau mentalnya tempe kapan suaranya mau di keluarkannya, wong lihat MB lain saja sudah gemeteran. He…he. MB kandang OMEGA ini di tempat kami sudah 2 kali berproduksi.

MJ DSC05286 SKL BF

MJ DSC05289 SKL BF

MJ DSC05290 SKL BF

MJ DSC05293 SKL BF

MJ DSC05297 SKL BF

MJ DSC05299 SKL BF

 

Kontak kami: SklBirdfarm.com, Jalan Ahmad Yani No. 37 – 70 Jatibarang, Indramayu. Telepun: 081220072191, 087727505831 dan 085733695959

2 Comments

  1. bang haji…harga trotol Omega brp y? bisa krim2 tdk y pak haji? terimakasih

    • @Aris Purwanto, bisa kirim. Silahkan telpon langsung saja.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>